SEKILAS INFO
: - Wednesday, 21-08-2019
  • 1 tahun yang lalu / Tema Akademi daplam proses update, dengan beberapa perbaikan pada sistem penambahan style warna baru bernama Donker
  • 2 tahun yang lalu / Tema Akademi untuk Sekolah berbasis CMS WordPress, Rilis tanggal 11 Juli 2017

Pendidikan ialah hal yang sungguh-sungguh dianggap penting di dunia, karena dunia butuh akan orang-orang yang berpendidikan agar dapat membangun Negara yang maju. Tetapi selain itu karakter bahkan sangat diutamakan sebab orang-orang pada zaman ini tak hanya memperhatikan pada alangkah tinggi pendidikan ataupun gelar yang telah ia raih, melainkan juga pada karakter dari pribadi dari tiap orang.

Proses pengajaran di sekolah masih banyak yang mementingkan aspek kognitifnya daripada psikomotoriknya, masih banyak guru-guru di setiap sekolah yang cuma asal mengajar saja agar nampak formalitasnya, tanpa mengajarkan bagaimana moral-budi pekerti yang baik yang patut dikerjakan.

Di dalam buku perihal Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences), Daniel Goleman membeberkan terhadap kita bahwa kecerdasan emosi dan sosial dalam kehidupan dibutuhkan 80%, sementara kecerdasan intelektual hanyalah 20% saja. Dalam hal inilah maka pendidikan karakter dibutuhkan untuk membangun kehidupan yang lebih bagus dan bermoral, bukan kehidupan yang justru dipenuhi dengan perilaku biadab. Maka terpikirlah oleh para cerdik trampil tentang apa yang diketahui dengan pendidikan karakter (character education).

Banyak pilarkarakter yang wajib kita tanamkan kepada si kecil – buah hati penerus bangsa, diantaranya merupakan kejujuran, yah kejujuran ialah hal yang paling pertama semestinya kita tanamkan pada diri kita ataupun si kecil – si kecil penerus bangsa karena kejujuran adalah benteng dari semuanya, Demikian juga ada pilarkarakter seputar keadilan, karena seperti yang dapat kita lihat banyak sekali ketidakadilan secara khusus di Negara ini. Kecuali itu mesti ditanamkan juga pilarkarakter seperti rasa hormat. Hormat terhadap siapa saja itu, contohnya adik kelas mempunyai rasa hormat kepada kakak kelasnya, dan kakak kelasnya bahkan menyayangi adik – adik kelasnya, begitu juga dengan sahabat seangkatan rasa saling menghargai semestinya ada dalam diri setiap murid – murid agar terciptanya dunia pendidikan yang tidak ramai akan tawuran.

Sekarang mulai banyak sekolah – sekolah di Indonesia yang mengajari pendidikan karakter menjadi mata pembelajaran khusus di sekolah tersebut. Mereka dididik bagaimana cara bersifat kepada orang tua, guru –guru ataupun lingkungan daerah hidup.

Gampang – mudahan dengan diterapkannnya pengajaran karakter di sekolah segala potensi kecerdasan anak –si kecil akan dilandisi oleh karakter – karakter yang bisa membawa mereka menjadi orang – orang yang diharapkan sebagai penerus bangsa. Bebas dari korupsi, ketidakadilan dan lainnya. Dan makin menjadi bangsa yang berpegang teguh kepada karakter yang kuat dan berakhlak. Meskipun mendidik karakter tidak semudah membalikan telapak tangan, oleh karena itu ajarkanlah kepada si kecil bangsa pengajaran karakter sejak saat ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

SMK MUHAMMADIYAH 3 WELERI

Jalan Bahari No.345, Weleri, Kendal, Jawa Tengah, 51355
Telp: 0294641743
Fax: 0294641743
email: info@smkmugaweleri.sch.id

MAPS SEKOLAH