Info Sekolah
Thursday, 09 Feb 2023
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Menghitung Persentase

Diterbitkan : - Kategori : Blog

Pengantar Cara Menghitung Persentase

Selamat datang! Pada panduan ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menghitung persentase. Dengan menghitung persentase, Anda dapat mengetahui berapa banyak dari sesuatu yang berada di bawah pengaruh secara relatif. Contohnya, jika Anda ingin mengukur kemajuan suatu proyek, Anda dapat menghitung persentase keseluruhan yang telah selesai. Atau, jika Anda ingin mengetahui seberapa banyak orang yang menghadiri sebuah acara, Anda dapat menghitung persentase jumlah orang yang hadir. Penghitungan persentase dapat sangat membantu, jadi mari kita mulai!

Cara Menghitung Persentase: Langkah Demi Langkah

Langkah 1: Tentukan jumlah yang akan dibandingkan. Persentase adalah nilai yang dinyatakan dalam 100 bagian. Untuk menghitung persentase, Anda perlu menentukan jumlah yang akan dibandingkan.

Langkah 2: Tentukan jumlah yang akan dihitung. Setelah Anda menentukan jumlah yang akan dibandingkan, tentukan jumlah yang akan dihitung. Ini akan menjadi bagian dari persentase yang akan Anda hitung.

Langkah 3: Hitung jumlah yang dihitung dalam persentase. Anda dapat menghitung persentase dengan menggunakan persamaan berikut: (Jumlah yang dihitung ÷ Jumlah yang akan dibandingkan) × 100. Ini akan memberi Anda hasil dalam bentuk persentase.

Langkah 4: Rounding. Anda dapat menentukan jumlah digit desimal yang akan Anda gunakan untuk menghitung persentase Anda. Jika Anda ingin memiliki hasil yang lebih akurat, Anda dapat menggunakan lebih banyak digit desimal.

Tips dan Trik Menghitung Persentase dengan Mudahcara menghitung persentase

1. Pilih dua angka yang ingin Anda hitung persentase-nya. Misalnya, Anda ingin menghitung persentase dari 100 ke 150.

2. Ubah angka yang lebih besar (dalam kasus ini, 150) menjadi angka 100. Anda dapat melakukannya dengan membagi angka dengan angka yang lebih kecil (dalam kasus ini, 100) dan mengalikan hasilnya dengan 100. Oleh karena itu, 150 dibagi dengan 100, menghasilkan 1,5. Kemudian, 1,5 dikalikan dengan 100, menghasilkan 150.

3. Hitung selisih antara angka yang lebih besar (150) dan angka yang lebih kecil (100). Dalam kasus ini, selisihnya adalah 50.

4. Hitung persentase selisih dengan membagi selisih dengan angka yang lebih kecil (100) dan mengalikan hasilnya dengan 100. Dalam kasus ini, 50 dibagi dengan 100, menghasilkan 0,5. Kemudian, 0,5 dikalikan dengan 100, menghasilkan 50.

5. Hasil akhir adalah persentase selisih dari dua angka yang Anda pilih, yaitu 50%.

Cara Menghitung Persentase dalam Excel

Persentase dapat dihitung dengan mudah di Excel menggunakan fungsi persentase. Berikut adalah beberapa langkah untuk menghitung persentase di Excel:

1. Buka Microsoft Excel.

2. Masukkan nilai total dan nilai yang ingin Anda hitung persentasenya di dalam kolom sel.

3. Klik kolom sel yang berisi nilai persentase yang ingin Anda hitung.

4. Ketik “= (nilai yang ingin Anda hitung dibagi dengan nilai total) x 100” ke dalam kotak formula.

5. Tekan tombol Enter untuk menghitung persentase.

6. Hasilnya akan muncul di dalam kolom sel yang Anda pilih.

Cara Menghitung Persentase dengan Penjumlahan atau Pengurangan

Persentase adalah sebuah angka yang menyatakan perbandingan dari suatu jumlah terhadap jumlah lainnya. Untuk menghitung persentase dengan penjumlahan atau pengurangan, Anda perlu mengetahui angka dari jumlah total. Sebagai contoh, jika Anda memiliki 10 buah jus jeruk dan membuat tambahan 5 buah jus jeruk, maka persentase tambahan tersebut adalah 50%.

Untuk menghitung persentase dengan penjumlahan, gunakan formula berikut:

Persentase = (Jumlah Tambahan / Jumlah Total) x 100

Jadi, dalam contoh di atas, persentase tambahan akan menjadi:

Persentase = (5/10) x 100

Persentase = 50%

Untuk menghitung persentase dengan pengurangan, gunakan formula berikut:

Persentase = (Jumlah Kurang / Jumlah Total) x 100

Jadi, jika Anda memiliki 10 buah jus jeruk dan mengurangi 5 buah, maka persentase pengurangan tersebut akan menjadi:

Persentase = (5/10) x 100

Persentase = 50%

Itulah cara menghitung persentase dengan penjumlahan atau pengurangan.

Berapa Cara Menghitung Persentase dalam Kehidupan Sehari-hari?

Ada banyak cara untuk menghitung persentase dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa cara yang paling umum untuk melakukannya adalah dengan menggunakan persamaan matematika sederhana, menggunakan grafik atau diagram, atau menggunakan online atau aplikasi persentase.

1. Menggunakan Persamaan Matematika Sederhana: Persentase dapat dihitung dengan menggunakan persamaan matematika sederhana. Untuk menghitung persentase, pertama-tama tentukan nilai total yang akan dipersentasekan, kemudian tentukan nilai yang dipersentasekan. Selanjutnya, bagi nilai yang dipersentasekan dengan nilai total, dan kemudian kalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase.

2. Menggunakan Grafik atau Diagram: Grafik atau diagram dapat digunakan untuk menunjukkan persentase dengan lebih jelas. Jika Anda menggunakan grafik, Anda harus membuatnya dengan menggambar garis horisontal dan vertikal serta membuat beberapa titik dan menghubungkannya dengan garis. Setelah Anda membuat grafik atau diagram, Anda dapat dengan mudah menghitung persentase dari nilai yang diberikan.

3. Menggunakan Online atau Aplikasi Persentase: Jika Anda tidak ingin menghitung persentase secara manual, Anda dapat menggunakan online atau aplikasi persentase. Aplikasi ini dapat membantu Anda membuat diagram atau grafik dan menghitung persentase dari nilai yang diberikan. Beberapa aplikasi persentase juga dapat membantu Anda dengan mengubah persentase menjadi angka decimal atau mengubah decimal menjadi persentase.

Kesimpulan

Kesimpulan dari cara menghitung persentase adalah bahwa persentase adalah nilai relatif dari sebuah bilangan yang dinyatakan sebagai persentase dari nilai maksimum. Persentase dapat dihitung dengan menggunakan rumus persentase, yaitu (nilai/nilai maks) x 100. Ini berarti bahwa untuk menghitung persentase, Anda harus tahu nilai maks dan nilai yang akan Anda hitung persentasenya.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Post Terkait

Elemen Design : Bidang

Wednesday, 1 Feb 2023

Fadhilah Serta Tata Cara Sholat Dhuha

Wednesday, 25 Jan 2023

Pemasaran Digital

Monday, 19 Dec 2022

Adjective Clause

Friday, 16 Dec 2022

Medical Check Up

Thursday, 15 Dec 2022

Contoh Iklan Produk

Thursday, 15 Dec 2022