Info Sekolah
Tuesday, 26 Sep 2023
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah dan Praktis Membuat Kue Nastar Keju yang Lezat di Rumah

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Membuat Kue Nastar Keju

Cara membuat kue nastar keju – resep praktis dan mudah untuk membuat kue nastar dengan rasa keju yang lezat. Yuk coba buat sendiri di rumah!

Cara membuat kue nastar keju merupakan salah satu resep yang banyak dicari oleh para pecinta kuliner. Tidak hanya lezat, tetapi kue ini juga mudah dibuat di rumah. Pertama-tama, bagi yang ingin mencoba membuat kue nastar keju, ada beberapa bahan yang harus disiapkan. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut agar kue nastar keju yang Anda buat berhasil menjadi primadona di tengah keluarga.

Cara Membuat Kue Nastar Keju

Siapa yang tidak suka dengan kue nastar keju? Kue ini memang sangat populer di Indonesia dan sering dijadikan sebagai hidangan saat Hari Raya atau acara-acara tertentu. Nastar keju memiliki rasa yang unik, yaitu manis dan gurih, serta tekstur yang lembut dan renyah. Bagi Anda yang ingin membuat kue nastar keju sendiri di rumah, berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan-bahan

Sebelum memulai proses pembuatan kue nastar keju, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa bahan yang harus disiapkan:

  1. 250 gram margarin
  2. 100 gram keju cheddar parut
  3. 100 gram gula halus
  4. 2 kuning telur ayam
  5. 350 gram tepung terigu protein sedang
  6. 50 gram tepung maizena
  7. 1/4 sendok teh garam
  8. selai nanas secukupnya
  9. kuning telur untuk olesan

Cara membuat adonan nastar keju:

Cara

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah membuat adonan nastar keju. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ambil wadah dan masukkan margarin, keju parut, dan gula halus. Kocok menggunakan mixer hingga lembut.
  2. Tambahkan kuning telur ayam ke dalam adonan dan kocok kembali hingga tercampur rata.
  3. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan garam ke dalam adonan. Aduk perlahan hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang tidak lengket di tangan.
  4. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit.

Cara membuat dan mengisi nastar keju:

Cara

Setelah adonan siap, langkah selanjutnya adalah membuat dan mengisi nastar keju. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan loyang dan olesi dengan margarin.
  2. Ambil adonan dan bulatkan dengan diameter sekitar 2 cm.
  3. Buat cekungan kecil di tengah adonan.
  4. Isi cekungan dengan selai nanas secukupnya.
  5. Tutup bagian atas adonan dengan cara merapatkan adonan dan bulatkan kembali.
  6. Letakkan nastar keju di atas loyang yang telah diolesi margarin. Lakukan hingga adonan habis.
  7. Oleskan kuning telur pada permukaan nastar keju.

Cara memanggang nastar keju:

Cara

Setelah nastar keju siap, langkah terakhir adalah memanggangnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Letakkan loyang berisi nastar keju ke dalam oven.
  2. Panaskan oven pada suhu 150 derajat Celsius selama kurang lebih 20 menit.
  3. Setelah oven terpanaskan, masukkan loyang ke dalam oven dan panggang selama kurang lebih 30-35 menit atau hingga nastar keju matang dan berwarna kuning kecoklatan.
  4. Setelah matang, angkat nastar keju dari oven dan dinginkan sejenak.
  5. Nastar keju siap disajikan.

Itulah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk membuat kue nastar keju yang lezat dan enak. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Cara Membuat Kue Nastar Keju yang Lezat dan Mengenyangkan

Siapa yang tidak suka dengan kue nastar keju? Kue yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang lezat dan mengenyangkan. Jika Anda ingin mencoba membuat kue nastar keju sendiri di rumah, berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ikuti:

Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai membuat kue nastar keju, pastikan Anda telah mempersiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan. Pastikan bahan-bahan yang digunakan berkualitas dan segar serta alat-alat dalam keadaan bersih dan siap digunakan.

Campurkan Daging Keju pada Adonan

Untuk membuat kue nastar keju yang nikmat, satu hal yang perlu dilakukan adalah mencampurkan daging keju pada adonan kue. Pastikan daging keju yang digunakan diparut dan dicampurkan secara merata agar rasa kejunya bisa terasa di setiap gigitan.

Siapkan Adonan Nastar

Untuk membuat adonan nastar sendiri, Anda hanya perlu mencampurkan beberapa bahan seperti tepung terigu, margarin, telur, dan gula halus. Aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur sempurna dan dapat dibentuk.

Bentuk Adonan menjadi Bulatan Kecil

Setelah adonan siap, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membentuk adonan menjadi bulatan kecil. Ambil adonan secukupnya dan bentuk dengan tangan hingga berbentuk bulat dan sama besar.

Isikan Adonan dengan Keju

Setelah adonan dibentuk, langkah selanjutnya adalah mengisi adonan dengan daging keju yang sudah dicampurkan pada tahap pertama. Pastikan setiap adonan terisi dengan sejumlah daging keju yang memadai.

Bentuk Adonan Seperti Cahaya Bulan

Setelah terisi dengan daging keju, adonan perlu dibentuk kembali agar menyerupai cahaya bulan atau bulatan pipih dengan bagian atas yang cekung. Gunakan sendok kecil atau alat khusus untuk membentuk adonan.

Hiasi Nastar dengan Keju Parut

Agar kue nastar keju terlihat lebih menarik dan nikmat, Anda bisa menambahkan hiasan keju parut di atasnya. Sediakan keju parut secukupnya dan taburkan di atas setiap kue nastar sebelum dipanggang.

Panggang Nastar dengan Suhu 150 Derajat Celcius

Setelah adonan berbentuk bulatan dan telah diisi dengan keju kemudian diberi hiasan keju parut, langkah selanjutnya adalah memanggang kue nastar dengan suhu 150 derajat Celcius selama 20-25 menit.

Biarkan Dingin Sebelum Disajikan

Setelah kue nastar keju selesai dipanggang, biarkan dingin terlebih dahulu sebelum disajikan atau dimasukkan ke dalam toples penyimpanan. Hal ini dilakukan agar tekstur kue lebih mantap dan keju dalam kue lebih mudah terasa.

Sajikan Nastar Keju Bersama Teh atau Kopi

Kue nastar keju yang siap disajikan bisa menjadi camilan yang pas saat berkumpul bersama keluarga atau teman. Siapkan teh atau kopi hangat untuk menemani nikmati kue nastar keju yang lezat dan mengenyangkan ini.

Sebagai seorang jurnalis, saya ingin membagikan pandangan saya tentang cara membuat kue nastar keju. Ini adalah resep yang cukup populer di Indonesia, terutama pada saat perayaan Hari Raya Idul Fitri atau Natal. Namun, seperti semua resep, ada kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membuat kue ini.

Pro:

  1. Rasa yang lezat: Kue nastar keju memiliki rasa manis dan gurih yang sangat enak. Keju yang meleleh di dalamnya memberikan sentuhan khusus yang sangat nikmat.
  2. Mudah dibuat: Resep ini cukup mudah diikuti dan bisa dilakukan bahkan oleh orang yang tidak ahli dalam memasak.
  3. Cocok untuk dibagikan: Kue nastar keju cocok untuk dibagikan sebagai hadiah atau oleh-oleh karena dapat disimpan dalam wadah yang kedap udara selama beberapa hari.
  4. Variasi: Selain keju, resep ini juga bisa dimodifikasi dengan menambahkan bahan-bahan lain seperti coklat atau kacang.

Con:

  • Kalori yang tinggi: Kue nastar keju mengandung banyak gula dan mentega yang bisa menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan.
  • Harga bahan yang mahal: Beberapa bahan, terutama keju, bisa cukup mahal sehingga membuat kue ini menjadi tidak terjangkau bagi beberapa orang.
  • Memerlukan waktu yang lama: Proses membuat kue nastar keju memerlukan waktu yang cukup lama, terutama jika jumlahnya banyak.
  • Resiko gagal: Seperti semua resep, ada kemungkinan bahwa kue ini tidak berhasil untuk pertama kalinya. Hal ini bisa membuat frustasi dan menghabiskan waktu dan uang yang banyak.

Jadi, sebelum memutuskan untuk membuat kue nastar keju, pertimbangkan baik-baik pro dan kontra yang sudah disebutkan di atas. Pastikan bahwa Anda memiliki waktu, uang, dan semangat yang cukup sebelum mengambil tantangan membuat kue ini. Namun, jika Anda berhasil membuatnya, rasanya akan sangat nikmat dan pasti akan memuaskan kerabat dan teman Anda.

Halo para pembaca setia blog kami, pada kesempatan kali ini kami telah membahas mengenai cara membuat kue nastar keju yang lezat dan mudah untuk dibuat di rumah. Semoga informasi yang telah kami berikan bisa bermanfaat bagi para pembaca dalam mencoba membuat kue nastar keju di rumah.

Kami harap dengan adanya artikel ini, para pembaca bisa mempraktekkan resep kue nastar keju dengan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal. Adapun beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam membuat kue nastar keju ini antara lain, selalu menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas, serta memperhatikan suhu oven agar kue tidak gosong atau tidak matang sempurna.

Terakhir, kami ucapkan terima kasih kepada para pembaca yang telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel kami. Jangan lupa share artikel ini kepada kerabat, teman, atau saudara yang membutuhkan informasi mengenai cara membuat kue nastar keju. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Banyak orang yang tertarik untuk membuat kue nastar keju, namun terkadang masih bingung dengan beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang cara membuat kue nastar keju beserta jawabannya.

  1. Bagaimana cara membuat adonan kue nastar keju?

    Untuk membuat adonan kue nastar keju, campurkan terlebih dahulu tepung terigu, gula halus, dan maizena dalam satu wadah. Tambahkan mentega dan keju parut yang telah dicairkan, kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata dan bisa dipulung. Setelah itu, diamkan adonan selama 30 menit sebelum digunakan.

  2. Apakah harus menggunakan keju parut untuk kue nastar keju?

    Ya, keju parut adalah salah satu bahan utama dalam membuat kue nastar keju. Keju memberikan cita rasa gurih yang khas pada kue nastar keju.

  3. Bagaimana cara membuat isian kue nastar keju?

    Untuk membuat isian kue nastar keju, campurkan keju parut, susu kental manis, dan telur ayam dalam satu wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan simpan di dalam kulkas hingga adonan mengeras.

  4. Apakah kue nastar keju bisa disimpan dalam waktu yang lama?

    Iya, kue nastar keju dapat disimpan dalam wadah tertutup selama 2-3 minggu di dalam suhu ruangan yang sejuk dan kering.

  5. Bagaimana cara membuat topping untuk kue nastar keju?

    Untuk membuat topping kue nastar keju, campurkan kuning telur ayam dan susu kental manis dalam satu wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan oleskan pada bagian atas kue nastar keju sebelum dipanggang.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar