Info Sekolah
Monday, 22 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah Membuat QRIS untuk Usaha dan Transaksi Online

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Membuat Qris

Cara Membuat QRIS mudah dilakukan. Ikuti langkah-langkahnya untuk membuat kode QR yang dapat digunakan untuk transaksi pembayaran digital.

Cara membuat QRIS sangatlah mudah dan praktis. QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan bentuk barcode digital yang dibuat untuk mempermudah transaksi non-tunai. Pertama-tama, kita harus memiliki aplikasi pembayaran digital yang mendukung QRIS seperti Gopay, OVO, dan DANA. Setelah itu, pilih opsi pembayaran dengan QRIS pada aplikasi yang dipilih dan pindai kode QRIS yang terdapat pada merchant atau tempat pembayaran. Melalui QRIS, pelanggan dapat melakukan transaksi secara cepat dan efisien tanpa perlu membawa uang tunai. Dengan adanya QRIS, transaksi non-tunai semakin aman dan nyaman bagi pelanggan serta memudahkan para pedagang dalam bertransaksi. Jadi, ayo mulai gunakan QRIS untuk kemudahan transaksi Anda!

Pendahuluan

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS sendiri adalah sistem pembayaran elektronik yang mampu mengakomodir berbagai macam metode pembayaran elektronik, seperti payment gateway, mobile banking, e-wallet, dan lain-lain. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara membuat QRIS untuk bisnis Anda.

1. Mendaftarkan Bisnis di Bank

Logo

Langkah pertama dalam membuat QRIS adalah mendaftarkan bisnis Anda ke bank. Bank yang ditunjuk oleh Bank Indonesia untuk mengelola QRIS adalah bank-bank yang telah memenuhi persyaratan teknis dan non-teknis yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia. Anda dapat memilih bank mana yang ingin Anda daftarkan bisnis Anda.

2. Melakukan Verifikasi Data Bisnis

Logo

Setelah mendaftarkan bisnis Anda ke bank, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi data bisnis Anda. Verifikasi data bisnis dilakukan untuk memastikan bahwa data bisnis Anda yang telah didaftarkan ke bank benar dan sesuai dengan data yang sebenarnya.

3. Menentukan Nomor QRIS

Nomor

Setelah data bisnis Anda diverifikasi, bank akan memberikan nomor QRIS untuk bisnis Anda. Nomor QRIS ini digunakan untuk mengidentifikasi bisnis Anda dalam transaksi pembayaran elektronik menggunakan QRIS.

4. Membuat QR Code

QR

Langkah selanjutnya adalah membuat QR Code dengan menggunakan nomor QRIS yang telah diberikan oleh bank. QR Code ini digunakan untuk memfasilitasi transaksi pembayaran elektronik menggunakan QRIS.

5. Menentukan Metode Pembayaran Elektronik yang Didukung

Metode

Sebelum QR Code dapat digunakan untuk transaksi pembayaran elektronik, bisnis Anda harus menentukan metode pembayaran elektronik apa saja yang didukung oleh QRIS. Metode pembayaran elektronik yang didukung dapat berupa payment gateway, mobile banking, e-wallet, dan lain-lain.

6. Mendaftarkan Metode Pembayaran Elektronik ke Bank

Mendaftarkan

Setelah menentukan metode pembayaran elektronik yang didukung, bisnis Anda harus mendaftarkan metode pembayaran elektronik tersebut ke bank. Setiap metode pembayaran elektronik memiliki persyaratan teknis dan non-teknis yang harus dipenuhi. Pastikan bahwa bisnis Anda memenuhi persyaratan tersebut sebelum mendaftarkan metode pembayaran elektronik ke bank.

7. Melakukan Uji Coba QRIS

Uji

Setelah semua persyaratan dipenuhi, bisnis Anda dapat melakukan uji coba QRIS. Uji coba ini dilakukan untuk memastikan bahwa QRIS yang telah dibuat dapat berfungsi dengan baik dan dapat digunakan oleh pelanggan Anda.

8. Mengaktifkan QRIS

Mengaktifkan

Jika uji coba berhasil, bisnis Anda dapat mengaktifkan QRIS. QRIS yang telah diaktifkan dapat digunakan oleh pelanggan Anda untuk melakukan transaksi pembayaran elektronik menggunakan QRIS.

9. Mengelola Transaksi Pembayaran Elektronik

Mengelola

Setelah QRIS diaktifkan, bisnis Anda harus dapat mengelola transaksi pembayaran elektronik dengan baik. Pastikan bahwa semua transaksi pembayaran elektronik tercatat dengan baik dan dikelola dengan baik agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Kesimpulan

Membuat QRIS untuk bisnis Anda tidaklah sulit jika Anda memenuhi semua persyaratan teknis dan non-teknis yang telah ditetapkan. Dengan QRIS, bisnis Anda dapat memfasilitasi transaksi pembayaran elektronik dengan lebih mudah dan cepat.

Pendahuluan

Assalamualaikum para pembaca yang budiman, dalam era teknologi seperti sekarang ini, semakin banyak perubahan yang terjadi dalam cara bertransaksi. Salah satu teknologi yang sedang memiliki tren adalah QRIS (Quick Response Indonesia Standard). Apa itu QRIS? QRIS adalah suatu teknologi yang memungkinkan transaksi pembayaran dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan kode QR. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana cara membuat QRIS.

Persiapan

Sebelum memulai proses pembuatan QRIS, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, di antaranya adalah:

1. Sudah memiliki rekening bank

Langkah pertama untuk membuat QRIS adalah dengan memiliki rekening bank terlebih dahulu. Pastikan rekening bank yang dimiliki aktif dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi.

2. Mengetahui cara mengakses aplikasi mobile banking

Setelah memiliki rekening bank, pastikan kamu sudah mengetahui cara mengakses aplikasi mobile banking dari bank yang kamu gunakan. Aplikasi mobile banking yang dimaksud dapat diunduh melalui App Store atau Google Play Store.

3. Sudah terdaftar sebagai merchant di bank penyedia QRIS

Pastikan kamu sudah terdaftar sebagai merchant di bank yang menyediakan QRIS. Setelah mendaftar, kamu akan diberikan akses untuk membuat kode QR.

Langkah-langkah Membuat QRIS

1. Mengakses aplikasi mobile banking

Pertama-tama, buka aplikasi mobile banking yang telah kamu unduh sebelumnya. Registrasikan nomor rekening bank yang akan digunakan sebagai rekening penerima pembayaran.

2. Memilih menu QRIS

Setelah berhasil masuk ke aplikasi mobile banking, pilih menu QRIS untuk membuat kode QR dengan mengisi informasi yang dibutuhkan seperti nama atau alamat toko.

3. Pilih jenis transaksi

Pada aplikasi mobile banking, kamu akan menemukan beberapa jenis transaksi yang bisa dipilih seperti pembayaran tagihan, transfer uang, dan lain-lain. Pilih jenis transaksi yang sesuai dengan jenis bisnis atau jasa yang dijalankan.

4. Mengisi nominal pembayaran

Setelah memilih jenis transaksi, masukkan nominal pembayaran yang diinginkan. Pastikan nominal yang dimasukkan telah sesuai dengan harga barang atau jasa yang diberikan.

5. Generate kode QR

Setelah semua informasi telah diisi dengan benar, tekan tombol generate untuk membuat kode QR. Kode QR tersebut nantinya dapat dipindai oleh pelanggan melalui aplikasi pembayaran.

6. Mencetak kode QR

Setelah kode QR berhasil dihasilkan, lakukan proses pencetakan agar kode QR dapat ditempelkan di lokasi yang mudah dilihat oleh pelanggan.

7. Menerapkan kode QR di tempat usaha

Tempelkan kode QR pada tempat yang mudah dilihat oleh pelanggan, seperti meja kasir atau etalase produk.

Penutup

Itulah cara sederhana membuat kode QR dengan menggunakan aplikasi mobile banking. Dengan QRIS, transaksi pembayaran menjadi lebih efektif dan efisien. Semoga informasi ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Ada banyak cara untuk membuat QRIS (Quick Response Indonesian Standard) yang merupakan standar pembayaran digital yang baru di Indonesia. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk membuat QRIS:

  1. Daftar sebagai merchant atau pedagang di penyedia QRIS seperti bank atau fintech.
  2. Setelah terdaftar, merchant akan diberikan kode QRIS yang unik dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran digital.
  3. Merchant dapat menempatkan kode QRIS di lokasi strategis seperti di kasir atau di meja untuk memudahkan pelanggan melakukan pembayaran.
  4. Pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan aplikasi uang elektronik seperti Gopay atau Ovo yang telah terkoneksi dengan QRIS.
  5. Jika pelanggan ingin membayar dengan menggunakan kartu debit/kredit, mereka dapat memindai kode QRIS menggunakan aplikasi perbankan mereka yang telah terintegrasi dengan QRIS.

Membuat QRIS sangat mudah dan bermanfaat bagi para pedagang dan pelanggan. Namun, dalam penggunaannya, perlu diperhatikan beberapa hal:

  • Pastikan kode QRIS yang digunakan benar-benar milik merchant yang sah dan terdaftar di penyedia QRIS yang terpercaya.
  • Pastikan perangkat yang digunakan untuk melakukan pembayaran telah terhubung dengan jaringan internet yang stabil untuk menghindari kegagalan transaksi.
  • Jangan berikan kode QRIS kepada orang yang tidak dikenal karena dapat membahayakan keamanan data dan dana yang tersimpan di akun merchant.
  • Jika terdapat kesalahan dalam transaksi, segera laporkan kepada penyedia QRIS atau layanan konsumen yang terkait.

Dengan mengikuti langkah-langkah untuk membuat QRIS dan memperhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya, QRIS dapat menjadi salah satu alternatif pembayaran digital yang aman dan mudah digunakan.

Terima kasih telah membaca artikel kami tentang cara membuat QRIS. Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai bisnis online dengan menggunakan QRIS sebagai sistem pembayaran. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan secara detail langkah-langkah untuk membuat QRIS dan mengaktifkannya.

Kami juga ingin menekankan pentingnya QRIS dalam era digital saat ini. Melalui QRIS, pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat tanpa perlu membawa uang tunai atau kartu kredit. Selain itu, penggunaan QRIS juga lebih aman karena tidak ada risiko kehilangan uang atau kartu kredit.

Kami berharap Anda dapat segera menerapkan QRIS pada bisnis online Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan atau kesulitan dalam membuat QRIS. Terima kasih lagi dan sampai jumpa!

Pertanyaan yang Sering Diajukan Mengenai Cara Membuat QRISBerikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang tentang cara membuat QRIS:

  1. Apa itu QRIS?
  2. QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard, yaitu standar kode QR yang digunakan di Indonesia. QRIS digunakan untuk mempermudah transaksi non-tunai dengan menggunakan aplikasi e-wallet atau mobile banking.

  3. Bagaimana cara membuat QRIS?
  4. Untuk membuat QRIS, Anda harus terlebih dahulu mendaftar ke bank atau penyedia jasa QRIS seperti GoPay, OVO, dan lain-lain. Setelah itu, Anda dapat membuat QRIS dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan oleh penyedia jasa tersebut. Biasanya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

    • Daftar dan verifikasi akun Anda di aplikasi penyedia jasa QRIS
    • Masukkan data bisnis Anda seperti nama usaha, nomor rekening, dan sebagainya
    • Setelah itu, aplikasi akan memberikan tautan QRIS yang bisa Anda gunakan untuk menerima pembayaran dari pelanggan
  5. Apakah ada biaya untuk membuat QRIS?
  6. Tergantung dari penyedia jasa QRIS yang Anda pilih. Beberapa penyedia jasa QRIS menawarkan layanan ini secara gratis atau dengan biaya yang relatif murah, sementara yang lainnya mungkin membebankan biaya yang lebih tinggi. Pastikan Anda memperhatikan biaya yang dikenakan sebelum membuat QRIS.

  7. Bagaimana cara menggunakan QRIS?
  8. Untuk menggunakan QRIS, pelanggan Anda harus memindai kode QR yang ada di aplikasi e-wallet atau mobile banking mereka dengan kamera smartphone. Setelah itu, mereka akan diminta untuk memasukkan jumlah pembayaran dan menyelesaikan transaksi dengan menekan tombol Bayar.

  9. Apakah QRIS aman digunakan?
  10. Ya, QRIS termasuk metode pembayaran yang aman karena data keuangan pelanggan tidak akan disimpan di perangkat penjual. Selain itu, QRIS juga dilengkapi dengan fitur keamanan seperti enkripsi data dan otentikasi ganda (2FA) untuk menghindari penipuan.