Info Sekolah
Saturday, 20 Jul 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah Mengaktifkan dan Menggunakan Virtual Background di Zoom

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial

Table of Contents

Cara Menggunakan Virtual Background Di Zoom

Cara menggunakan virtual background di Zoom: Pilih opsi Virtual Background pada pengaturan Zoom, lalu unggah gambar yang ingin kamu gunakan sebagai latar belakang.

Bagi pengguna Zoom, fitur virtual background dapat menambahkan kesan profesional dan menarik saat melakukan video call dengan klien atau kolega. Namun, tidak semua orang tahu cara menggunakan fitur ini dengan optimal. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menggunakan virtual background di Zoom. Dari mulai memilih gambar yang tepat hingga mengatur pencahayaan agar tampilan Anda semakin sempurna, semua akan dibahas secara detail.

Pengantar

Zoom adalah salah satu aplikasi video konferensi yang paling populer saat ini. Dalam pandemi COVID-19, Zoom telah menjadi platform utama untuk mengadakan pertemuan virtual, kelas online, dan bahkan acara keluarga. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh Zoom adalah Virtual Background, yang memungkinkan pengguna untuk mengganti latar belakang mereka selama panggilan video. Artikel ini akan memberi tahu Anda cara menggunakan Virtual Background di Zoom.

Persyaratan

Persyaratan

Sebelum memulai, pastikan Anda memenuhi persyaratan berikut:

1. Versi Zoom Terbaru

Pastikan Anda telah mengunduh versi terbaru dari aplikasi Zoom. Anda dapat mengunduh versi terbaru dari situs web resmi Zoom.

2. Spesifikasi Komputer

Pastikan komputer Anda memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan Virtual Background. Zoom merekomendasikan spesifikasi minimum berikut:

  • Prosesor: i5 quad-core atau lebih baik
  • RAM: 4GB atau lebih
  • OS: Windows 7 atau lebih baru, macOS X 10.10 atau lebih baru

3. Virtual Background yang Tepat

Pilihlah Virtual Background yang tepat untuk digunakan selama panggilan video. Zoom menawarkan beberapa pilihan Virtual Background bawaan, atau Anda dapat mengunggah gambar Anda sendiri.

Cara Menggunakan Virtual Background di Zoom

Virtual

1. Aktifkan Virtual Background

Untuk mengaktifkan Virtual Background, buka aplikasi Zoom dan klik ikon roda gigi di sudut kanan atas untuk membuka Pengaturan. Klik opsi Virtual Background dari menu di sebelah kiri.

2. Pilih Virtual Background

Pilih salah satu dari beberapa Virtual Background bawaan yang disediakan oleh Zoom, atau unggah gambar Anda sendiri dengan mengklik tombol Tambah Gambar.

3. Periksa Kompatibilitas Virtual Background

Pastikan bahwa Virtual Background yang Anda pilih kompatibel dengan sistem operasi dan perangkat keras Anda. Jika tidak, Anda mungkin mengalami masalah dengan kualitas gambar atau kinerja umum selama panggilan video.

4. Uji Virtual Background Anda

Sebelum memulai panggilan video, pastikan Virtual Background Anda berfungsi dengan baik. Klik tombol Pratinjau di jendela Virtual Background untuk melihat bagaimana virtual background Anda akan terlihat selama panggilan video.

5. Aktifkan Virtual Background Selama Panggilan Video

Setelah memulai panggilan video, klik tombol Virtual Background di bilah alat bawah layar. Pilih Virtual Background yang ingin Anda gunakan selama panggilan video.

6. Atur Virtual Background Anda

Setelah memilih Virtual Background, Anda dapat menyesuaikan sedikit tampilannya. Gunakan opsi Latar Belakang Hijau di jendela Virtual Background untuk mengatur area yang akan dihapus dari gambar Anda.

7. Pastikan Cahaya yang Cukup

Pastikan ruangan Anda cukup terang dan tidak terlalu gelap saat menggunakan Virtual Background. Cahaya yang cukup membantu Zoom mengenali tepi tubuh Anda dengan lebih baik, sehingga membuat Virtual Background terlihat lebih halus dan realistis.

8. Hindari Gerakan yang Terlalu Cepat

Hindari gerakan yang terlalu cepat saat menggunakan Virtual Background. Gerakan yang terlalu cepat dapat membuat Zoom kesulitan mengenali tepi tubuh Anda, sehingga membuat Virtual Background terlihat tidak realistis atau bahkan menghilang.

9. Jaga Jarak dengan Latar Belakang

Pastikan Anda menjaga jarak yang cukup dari Virtual Background Anda untuk membuatnya terlihat alami. Terlalu dekat dengan Virtual Background dapat membuatnya terlihat dipaksakan, sementara terlalu jauh dapat membuatnya terlihat kabur atau tidak jelas.

10. Tutup Virtual Background Anda Setelah Panggilan Video

Setelah panggilan video selesai, pastikan Anda menonaktifkan Virtual Background Anda. Klik tombol Virtual Background lagi di bilah alat bawah layar dan pilih opsi Tidak Ada untuk kembali ke latar belakang asli Anda.

Kesimpulan

Dengan menggunakan Virtual Background di Zoom, Anda dapat meningkatkan pengalaman panggilan video Anda dan membuatnya lebih menarik. Pastikan Anda memenuhi persyaratan yang dibutuhkan dan mengikuti langkah-langkah di atas untuk menggunakan Virtual Background dengan benar dan efektif.

Apa itu Virtual Background di Zoom?

Virtual Background di Zoom adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengganti latar belakang saat melakukan video conference atau meeting. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat menampilkan berbagai gambar atau video sebagai latar belakang, sehingga membuat meeting menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Fitur Virtual Background juga sangat membantu bagi mereka yang tidak ingin menampilkan lingkungan sekitar mereka saat melakukan video conference.

Bagaimana Cara Mengakses Virtual Background di Zoom?

Untuk mengakses Virtual Background di Zoom, pertama-tama pengguna harus masuk ke aplikasi Zoom terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan

Pada tampilan awal Zoom, klik ikon Settings yang berada pada pojok kanan atas layar. Kemudian, pilih opsi Virtual Background.

2. Aktifkan Fitur Virtual Background

Pada halaman Virtual Background, pastikan bahwa fitur tersebut sudah diaktifkan. Jika belum, klik tombol Enable Virtual Background.

3. Pilih Virtual Background

Pilihlah salah satu Virtual Background yang tersedia di Zoom. Untuk melihat lebih banyak pilihan, klik tombol More yang berada di bawah daftar Virtual Background. Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan Virtual Background sendiri dengan cara mengikuti langkah selanjutnya.

Bagaimana Cara Mengganti Virtual Background di Zoom?

Jika pengguna ingin mengganti Virtual Background di Zoom, caranya sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Menu Virtual Background

Pada tampilan video conference, klik tombol Virtual Background yang berada di bawah layar. Kemudian, pilih opsi Choose Virtual Background.

2. Pilih Virtual Background Baru

Pilihlah salah satu Virtual Background yang tersedia di Zoom atau tambahkan Virtual Background sendiri dengan cara mengikuti langkah selanjutnya.

Apa saja Virtual Background yang Tersedia di Zoom?

Zoom menyediakan berbagai macam Virtual Background yang dapat dipilih oleh pengguna. Beberapa contoh Virtual Background yang tersedia antara lain: kantor, ruang tamu, pantai, dan lain sebagainya. Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan Virtual Background sendiri dengan cara mengunggah gambar atau video dari perangkat mereka.

Bagaimana Cara Menambahkan Virtual Background Sendiri di Zoom?

Untuk menambahkan Virtual Background sendiri di Zoom, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Menu Virtual Background

Pada tampilan video conference, klik tombol Virtual Background yang berada di bawah layar. Kemudian, pilih opsi Choose Virtual Background.

2. Tambahkan Virtual Background Baru

Klik tombol Add Image or Video yang terletak di pojok kanan bawah layar. Kemudian, pilih gambar atau video yang ingin ditambahkan sebagai Virtual Background.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Virtual Background di Zoom?

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih Virtual Background di Zoom antara lain:

1. Kualitas Gambar atau Video

Pilihlah Virtual Background yang memiliki kualitas gambar atau video yang baik. Hal ini sangat penting agar tidak mengganggu kualitas video conference.

2. Warna Latar Belakang Pakaian Pengguna

Pilihlah Virtual Background yang cocok dengan warna latar belakang pakaian pengguna. Hal ini akan membuat tampilan pengguna menjadi lebih harmonis dan menyatu dengan Virtual Background.

3. Sesuaikan dengan Tema Meeting

Pilihlah Virtual Background yang sesuai dengan tema meeting atau conference yang sedang dilakukan. Hal ini akan membuat tampilan meeting menjadi lebih profesional dan menarik.

Bagaimana Cara Menggunakan Audio Virtual Background di Zoom?

Untuk menggunakan Audio Virtual Background di Zoom, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Aktifkan Fitur Virtual Background

Pada halaman Virtual Background, pastikan bahwa fitur tersebut sudah diaktifkan. Jika belum, klik tombol Enable Virtual Background.

2. Pilih Virtual Background dengan Audio

Pilihlah salah satu Virtual Background yang memiliki Audio di Zoom. Beberapa contoh Virtual Background dengan Audio antara lain: suara ombak, suara hujan, dan lain sebagainya.

3. Aktifkan Audio Virtual Background

Pada tampilan video conference, klik tombol Virtual Background yang berada di bawah layar. Kemudian, aktifkan opsi I have a green screen dan pilih Virtual Background dengan Audio.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Virtual Background di Zoom Tidak Berfungsi?

Jika Virtual Background di Zoom tidak berfungsi, coba ikuti langkah-langkah berikut:

1. Periksa Kompatibilitas Perangkat

Periksa apakah perangkat yang digunakan mendukung fitur Virtual Background di Zoom. Beberapa perangkat yang tidak mendukung fitur ini antara lain: Android 5.0 atau yang lebih rendah, iOS 8 atau yang lebih rendah, dan beberapa model laptop dengan spesifikasi yang rendah.

2. Periksa Koneksi Internet

Periksa koneksi internet yang digunakan. Pastikan bahwa koneksi internet stabil dan cukup kuat untuk mengakses fitur Virtual Background di Zoom.

3. Perbarui Aplikasi Zoom

Perbarui aplikasi Zoom ke versi terbaru. Fitur Virtual Background di Zoom mungkin tidak berfungsi pada versi lama dari aplikasi Zoom.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Virtual Background di Zoom?

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan Virtual Background di Zoom antara lain:

1. Jangan Gunakan Virtual Background yang Terlalu Cerah atau Gelap

Pilihlah Virtual Background yang memiliki tingkat kecerahan yang pas. Virtual Background yang terlalu cerah atau gelap dapat mengganggu kualitas video conference.

2. Gunakan Virtual Background yang Tidak Terlalu Ramai

Jangan gunakan Virtual Background yang terlalu ramai atau berisik. Hal ini dapat mengganggu fokus pengguna lain saat melakukan video conference.

3. Pastikan Pengguna Tidak Hilang di Balik Virtual Background

Pastikan bahwa Virtual Background tidak membuat pengguna terlihat seperti hilang di balik gambar atau video. Hal ini dapat mengganggu kualitas video conference dan mempengaruhi kesan profesional pengguna.

Apakah Penggunaan Virtual Background di Zoom Dapat Mempengaruhi Kualitas Video?

Penggunaan Virtual Background di Zoom dapat mempengaruhi kualitas video conference jika Virtual Background yang digunakan memiliki kualitas yang buruk atau terlalu rumit. Selain itu, penggunaan Virtual Background juga dapat mempengaruhi koneksi internet yang digunakan, terutama jika Virtual Background yang digunakan memiliki ukuran file yang besar. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah Virtual Background yang memiliki kualitas yang baik dan tidak terlalu rumit untuk mendapatkan kualitas video conference yang optimal.

Berikut ini adalah pandangan dan ulasan mengenai cara menggunakan virtual background di Zoom serta kelebihan dan kekurangan dari penggunaannya:

Kelebihan Cara Menggunakan Virtual Background di Zoom

  1. Meningkatkan profesionalisme: Dengan menggunakan virtual background, Anda dapat memberikan kesan yang lebih profesional dalam setiap pertemuan atau rapat online.
  2. Privasi yang terjamin: Anda dapat menjaga privasi ruangan atau lingkungan sekitar Anda dengan menggunakan virtual background, sehingga tidak ada informasi yang bisa didapatkan oleh peserta rapat lainnya.
  3. Menjadi lebih kreatif: Anda dapat menampilkan gambar atau video yang menarik sebagai latar belakang, sehingga membuat pertemuan atau rapat menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Kekurangan Cara Menggunakan Virtual Background di Zoom

  1. Membutuhkan perangkat yang memadai: Agar penggunaan virtual background berjalan lancar, Anda membutuhkan perangkat yang memadai seperti komputer dengan spesifikasi yang memadai dan juga internet yang stabil.
  2. Pengaturan yang rumit: Beberapa orang mungkin merasa kesulitan dalam mengatur virtual background di Zoom, terutama jika mereka tidak terbiasa menggunakan teknologi.
  3. Tidak cocok untuk semua jenis pertemuan: Ada beberapa jenis pertemuan atau rapat yang sebaiknya tidak menggunakan virtual background, seperti rapat resmi atau dengan klien yang baru pertama kali ditemui.

Jadi, penggunaan virtual background di Zoom memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, jika Anda menggunakan virtual background dengan tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi, maka hal ini dapat meningkatkan kualitas pertemuan atau rapat secara keseluruhan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Menggunakan Virtual Background di Zoom. Semoga Anda mendapatkan informasi yang bermanfaat dan dapat mempermudah penggunaan fitur ini pada aplikasi Zoom Anda.

Dalam artikel ini, kita telah membahas langkah-langkah untuk mengubah latar belakang dalam panggilan video Zoom. Dari memilih gambar virtual background hingga mengaktifkan fitur di aplikasi Zoom Anda, semuanya dijelaskan dengan jelas dan mudah dipahami.

Dengan menggunakan virtual background di Zoom, Anda dapat mengubah latar belakang video Anda sesuai dengan keinginan. Anda dapat memilih gambar dari koleksi standar yang disediakan oleh Zoom atau mengunggah gambar kustom Anda sendiri. Hal ini dapat membuat panggilan video Anda menjadi lebih menarik dan profesional.

Sekali lagi, terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga informasi yang disajikan dalam artikel ini dapat membantu Anda untuk menggunakan fitur Virtual Background di Zoom dengan lebih efektif dan efisien. Jangan ragu untuk mencoba dan bereksperimen dengan berbagai latar belakang virtual yang tersedia! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sebagai seorang jurnalis, saya sering mendapatkan pertanyaan tentang cara menggunakan virtual background di Zoom. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan dan jawabannya:

  1. Bagaimana cara mengaktifkan virtual background di Zoom?

    Jawaban: Untuk mengaktifkan virtual background di Zoom, Anda harus terlebih dahulu masuk ke pengaturan Zoom. Di sana, Anda akan menemukan opsi Virtual Background di bagian Background & Filters. Klik opsi tersebut dan pilih salah satu gambar atau video latar belakang yang sudah disediakan oleh Zoom atau unggah sendiri.

  2. Apakah semua versi Zoom mendukung fitur virtual background?

    Jawaban: Tidak semua versi Zoom mendukung fitur virtual background. Fitur ini hanya tersedia di desktop client Zoom untuk Windows, Mac, dan Linux versi 4.6.0 atau lebih baru. Jadi pastikan Anda telah memperbarui aplikasi Zoom Anda ke versi terbaru sebelum mencoba menggunakan fitur virtual background.

  3. Apakah saya perlu layar hijau (green screen) untuk menggunakan virtual background di Zoom?

    Jawaban: Meskipun Zoom merekomendasikan penggunaan layar hijau untuk pengalaman virtual background terbaik, namun tidak wajib. Anda dapat menggunakan virtual background di Zoom tanpa layar hijau. Namun pastikan Anda memiliki kondisi pencahayaan yang baik di sekitar Anda agar virtual background dapat terlihat lebih baik.

  4. Bagaimana cara menghapus virtual background di Zoom?

    Jawaban: Untuk menghapus virtual background di Zoom, Anda hanya perlu kembali ke opsi Virtual Background di pengaturan Zoom dan memilih opsi None. Virtual background akan otomatis dihapus dan latar belakang asli Anda akan muncul kembali.

  5. Apakah saya dapat menggunakan video sebagai virtual background di Zoom?

    Jawaban: Ya, Anda dapat menggunakan video sebagai virtual background di Zoom. Namun pastikan video tersebut tidak terlalu berisik atau mengalihkan perhatian peserta meeting lainnya.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara menggunakan virtual background di Zoom beserta jawabannya. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin mencoba fitur ini dalam meeting Zoom Anda.