Info Sekolah
Thursday, 25 Jul 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah Mengatasi Masalah E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument)

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Mengatasi E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument)

Cara mengatasi masalah E: failed to mount /efs (invalid argument) pada perangkat Android. Solusi lengkap dan mudah untuk Anda coba.

Banyak pengguna Android mengalami masalah ketika mencoba membuka file EFS di perangkat mereka. Salah satu masalah yang paling umum adalah E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument). Masalah ini seringkali membuat pengguna Android frustasi karena mengakses file-file penting di perangkat Android mereka menjadi tidak mungkin.

Namun, jangan khawatir! Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mudah dan cepat. Ada beberapa cara untuk mengatasi E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument) tanpa perlu membayar biaya mahal atau mengunjungi toko perbaikan perangkat Android.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara untuk mengatasi masalah E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument). Kami akan memberikan tips dan trik terbaik yang dapat membantu Anda memperbaiki masalah ini dengan mudah dan cepat. Jadi, tetaplah bersama kami dan pelajari cara mengatasi masalah E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument) pada perangkat Android Anda.

Memahami E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument)

Bagi pengguna Android, terkadang ada masalah yang muncul seperti pesan “E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument)”. Masalah ini sering kali terjadi saat menginstall custom ROM atau melakukan rooting pada perangkat. Pesan ini menunjukkan bahwa sistem operasi tidak dapat membaca partisi EFS di perangkat. Partisi EFS penting untuk fungsi jaringan telepon dan perangkat lunak, sehingga masalah ini harus segera diatasi. Artikel ini akan memberikan panduan tentang cara mengatasi pesan “E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument)”.

Melakukan Backup Partisi EFS

backup

Saat menghadapi masalah “E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument)”, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan backup partisi EFS. Backup dilakukan agar data tidak hilang selama proses pemulihan. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan backup partisi EFS, seperti ROM Manager atau TWRP Recovery. Proses backup cukup mudah dan hanya membutuhkan beberapa menit saja.

Install File EFS Repair Tool

efs

Jika backup partisi EFS sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah menginstall file EFS Repair Tool. File ini bisa diunduh dari situs web atau forum yang berisi tutorial tentang cara memperbaiki masalah “E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument)”. Setelah file diunduh, ekstraklah dan pindahkan ke kartu SD perangkat Android. Selanjutnya, masuk ke Recovery Mode dengan menekan tombol volume dan tombol power secara bersamaan.

Masuk ke TWRP Recovery

twrp

Jika sudah masuk ke Recovery Mode, pilih opsi “Install” dan cari file EFS Repair Tool yang sudah diunduh. Setelah file ditemukan, pilih file tersebut dan konfirmasi untuk memulai instalasi. Proses instalasi akan memakan waktu beberapa menit. Setelah selesai, reboot perangkat Android.

Masuk ke Modus Pemulihan Android

recovery

Setelah perangkat Android reboot, masuklah ke Modus Pemulihan Android dengan menekan tombol volume dan tombol power secara bersamaan. Pada menu Modus Pemulihan, pilih opsi “Advanced” dan kemudian pilih “Fix Permissions”. Proses ini akan memperbaiki semua izin sistem yang mungkin rusak.

Masuk ke Mode Download

download

Jika proses “Fix Permissions” sudah selesai, masuklah ke Mode Download dengan menekan tombol volume dan tombol home secara bersamaan. Pada menu Mode Download, sambungkan perangkat Android ke PC menggunakan kabel USB. Setelah perangkat terdeteksi oleh PC, buka aplikasi Odin dan masukkan file firmware yang sesuai dengan perangkat Android. Klik tombol “Start” untuk memulai proses flashing.

Flash Firmware Baru

flashing

Setelah proses flashing selesai, reboot perangkat Android. Jika pesan “E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument)” masih muncul, coba flash firmware baru dengan versi yang berbeda. Kemudian, ulangi langkah-langkah di atas sampai pesan tersebut hilang dari perangkat Android.

Gunakan Aplikasi Partisi EFS

partisi

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan namun masalah “E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument)” masih muncul, gunakan aplikasi partisi EFS. Aplikasi ini dapat ditemukan di Google Play Store atau forum Android. Pastikan menggunakan aplikasi yang terpercaya dan memiliki ulasan positif. Setelah aplikasi diunduh, ikuti panduan yang diberikan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Perhatikan Saat Menginstall Custom ROM

custom

Jika pesan “E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument)” muncul saat menginstall custom ROM, pastikan untuk memilih ROM yang cocok dengan perangkat Android. Selain itu, pastikan juga untuk mengikuti panduan instalasi dengan benar dan melakukan backup partisi EFS sebelum melakukan instalasi. Hal ini sangat penting untuk mencegah kerusakan pada perangkat Android.

Kesimpulan

Masalah “E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument)” bisa terjadi pada perangkat Android saat menginstall custom ROM atau melakukan rooting. Pesan ini menunjukkan bahwa sistem operasi tidak dapat membaca partisi EFS di perangkat. Partisi EFS penting untuk fungsi jaringan telepon dan perangkat lunak, sehingga masalah ini harus segera diatasi. Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan backup partisi EFS, menginstall file EFS Repair Tool, masuk ke Modus Pemulihan Android, masuk ke Mode Download, flash firmware baru, dan menggunakan aplikasi partisi EFS. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan saat menginstall custom ROM dan selalu melakukan backup partisi EFS sebelum melakukan instalasi.

Cara Mengatasi E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument)Menghadapi masalah pada ponsel Android memang sangat mengganggu, terutama jika kita tidak tahu cara mengatasinya. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah EFS yang gagal dipasang pada ponsel Android. Jangan khawatir, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.Langkah pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memulai ulang ponsel Anda. Cara ini berhasil mengatasi masalah pada beberapa ponsel Android. Jika masih belum berhasil, periksa versi sistem operasi yang kompatibel dengan ponsel Anda. Android memiliki banyak versi OS dan beberapa ponsel mungkin tidak mendukung beberapa versi OS tertentu.Anda juga bisa mencoba masuk ke Recovery Mode dan memilih opsi Wipe Cache Partition, yang akan menghapus semua file cache di ponsel Anda. Jika masalahnya tetap ada, cobalah untuk mem-flash firmware pada ponsel Anda. Langkah pertama adalah download firmware yang kompatibel dengan ponsel Anda dan pastikan Anda memiliki akses ke PC.Jika semua cara di atas telah Anda coba dan masih belum berhasil mengatasi masalah EFS yang gagal dipasang, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli atau membawa ponsel Anda ke service center resmi. Ahli akan membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini.Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi EFS Professional untuk mengatasi masalah EFS yang gagal dipasang. Dalam aplikasi ini, Anda bisa melakukan backup dan restore data EFS. Namun, pastikan Anda melakukan backup data terlebih dahulu, sebelum menggunakan aplikasi ini.Jika Anda memiliki akses root pada ponsel Android Anda, maka Anda juga bisa mencoba menggunakan aplikasi ES File Explorer untuk mengatasi masalah EFS yang gagal dipasang. Cara ini terbilang mudah dan simpel untuk dilakukan. Anda juga bisa mencoba untuk meng-install ulang custom ROM pada ponsel Anda. Setelah install ulang, pastikan Anda juga melakukan backup data terlebih dahulu agar tidak kehilangan data penting.Terakhir, jangan lupa untuk memeriksa kabel USB ketika Anda mencoba mem-flash firmware pada ponsel Anda. Kemungkinan besar, masalahnya adalah kabel USB yang rusak. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda bisa mengatasi masalah EFS yang gagal dipasang pada ponsel Android dengan mudah dan cepat.

Sebagai seorang teknisi, masalah pada sistem operasi Android seperti E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument) adalah hal yang tidak asing. Masalah ini sering dihadapi oleh pengguna Android ketika ingin memodifikasi sistem operasi pada perangkat mereka. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara mengatasi E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument) dan pro dan kontra dari masing-masing cara tersebut.

  1. Cara Mengatasi E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument) dengan menggunakan Aplikasi Root Explorer.

    • Pros:
      • Prosesnya sangat mudah dan cepat.
      • Tidak perlu mengunduh file tambahan.
    • Cons:
      • Hanya bisa digunakan jika perangkat sudah di-root.
      • Berpotensi merusak sistem operasi jika langkah-langkahnya tidak diikuti dengan benar.
  2. Cara Mengatasi E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument) dengan menggunakan Aplikasi Terminal Emulator.

    • Pros:
      • Prosesnya juga mudah dan cepat.
      • Tidak perlu mengunduh file tambahan.
    • Cons:
      • Tidak bisa digunakan jika perangkat belum di-root.
      • Memerlukan pengetahuan dasar tentang penggunaan terminal emulator.
  3. Cara Mengatasi E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument) dengan menggunakan Aplikasi TWRP Recovery.

    • Pros:
      • Bisa digunakan pada perangkat yang belum di-root.
      • TWRP Recovery memiliki fitur backup dan restore yang berguna untuk menghindari kehilangan data.
    • Cons:
      • Mengharuskan pengguna untuk mengunduh file tambahan.
      • Memerlukan pengetahuan dasar tentang penggunaan TWRP Recovery.

Dalam menghadapi masalah E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument), tidak ada cara yang terbaik. Semuanya tergantung pada kebutuhan dan kemampuan pengguna. Namun, satu hal yang harus diingat adalah selalu berhati-hati dan teliti dalam melaksanakan setiap langkah. Terlebih jika perangkat masih dalam masa garansi, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke pihak produsen atau layanan teknisi resmi.

Salam pembaca setia blog kami,

Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda mengatasi masalah E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument) pada perangkat Android Anda. Masalah ini memang sering terjadi dan cukup menjengkelkan bagi pengguna perangkat Android. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda dapat mengatasinya dengan mudah.

Jangan lupa untuk selalu melakukan backup data secara berkala agar data Anda aman dan terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan. Selain itu, pastikan juga untuk selalu menggunakan perangkat Android Anda dengan bijak dan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak sistem perangkat tersebut.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Orang-orang juga bertanya tentang Cara Mengatasi E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument). Berikut adalah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan gaya suara dan nada jurnalis.

  1. Apa penyebab munculnya pesan kesalahan E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument)?

    Jawab: Pesan kesalahan E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument) muncul ketika sistem operasi Android tidak dapat membaca atau mengakses partisi EFS (Electronic File System) di ponsel Anda. Hal ini biasanya terjadi karena kerusakan pada partisi EFS atau masalah pada sistem berkas Android.

  2. Apakah ada cara untuk memperbaiki pesan kesalahan E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument)?

    Jawab: Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk memperbaiki pesan kesalahan E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument). Pertama, cobalah untuk melakukan restart ulang pada ponsel Anda. Jika masalah masih tetap ada, coba lakukan wipe cache partition melalui recovery mode. Jika hal tersebut tidak berhasil, kemungkinan besar partisi EFS pada ponsel Anda rusak dan perlu diganti. Namun, proses pergantian partisi EFS harus dilakukan oleh teknisi yang terampil dan berpengalaman.

  3. Bisakah saya mengembalikan data yang hilang setelah muncul pesan kesalahan E Failed To Mount /Efs (Invalid Argument)?

    Jawab: Sayangnya, jika partisi EFS pada ponsel Anda rusak, data yang disimpan di dalamnya akan hilang dan tidak dapat dikembalikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan backup secara teratur agar data Anda aman jika terjadi masalah seperti ini.