Info Sekolah
Thursday, 22 Feb 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah Menghilangkan Background di Photoshop untuk Hasil Maksimal

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Menghilangkan Background Di Photoshop

Cara menghilangkan background di Photoshop: gunakan tool seleksi, buat layer baru, lalu hapus background dengan brush atau magic eraser.

Cara Menghilangkan Background Di Photoshop? Pasti banyak yang bertanya-tanya. Namun, tahukah kamu bahwa menghapus background di Photoshop bisa menjadi trik yang sangat berguna untuk meningkatkan kualitas foto ataupun desain grafis kamu. Tak perlu khawatir, kali ini kami akan memberikan beberapa langkah mudah dan cepat untuk menghilangkan background di Photoshop. Tapi sebelumnya, ada baiknya kamu menyiapkan foto atau gambar yang ingin kamu edit terlebih dahulu.

Memulai Proses Menghilangkan Background di Photoshop

Photoshop

Photoshop adalah software yang sangat populer untuk keperluan editing foto dan gambar. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah menghilangkan background atau latar belakang pada sebuah gambar. Berikut adalah cara menghilangkan background di Photoshop.

1. Buka File Gambar di Photoshop

Gambar

Buka file gambar yang ingin dihilangkan background-nya di Photoshop. Jika belum punya, bisa mencari di internet atau menggunakan kamera sendiri. Pastikan gambar sudah berformat .jpg atau .png agar bisa dibuka di Photoshop. Kemudian, buka aplikasi Photoshop dan pilih menu File – Open atau tekan tombol Ctrl+O pada keyboard.

2. Pilih Alat Magic Wand

Magic

Setelah gambar terbuka, pilih alat Magic Wand pada toolbar di sebelah kiri layar. Alat ini berfungsi untuk memilih area tertentu pada gambar berdasarkan warna yang sama. Klik pada area background yang ingin dihapus.

3. Sesuaikan Toleransi Alat Magic Wand

Toleransi

Toleransi adalah ukuran seberapa luas area yang akan dipilih oleh alat Magic Wand. Semakin besar toleransi, semakin banyak area yang terpilih termasuk area yang memiliki warna yang berbeda-beda. Atur toleransi sesuai dengan kebutuhan. Jika background memiliki warna yang sama, tingkatkan toleransi agar lebih cepat dan mudah.

4. Pilih Menu Select – Inverse

Invert

Jika sudah memilih area background yang ingin dihapus, pilih menu Select – Inverse atau tekan tombol Shift+Ctrl+I pada keyboard. Hal ini akan membalikkan pemilihan menjadi objek gambar utama.

5. Pilih Menu Edit – Cut atau Tekan Tombol Delete

Cut

Setelah seleksi dibalik, pilih menu Edit – Cut atau tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus background. Bagian yang sudah dipotong akan berubah menjadi transparan.

6. Atur Opacity Layer

Opacity

Jika ingin mengatur tingkat transparansi gambar, klik pada layer gambar di panel Layers dan atur Opacity pada bagian atas panel. Semakin rendah nilai Opacity, semakin transparan gambar.

7. Simpan File Hasil

Save

Jika sudah selesai menghilangkan background, simpan file hasil dengan memilih menu File – Save atau tekan tombol Ctrl+S pada keyboard. Pilih format file yang diinginkan seperti .jpg atau .png.

8. Gunakan Masking untuk Detail yang Sulit

Masking

Jika ada detail pada gambar yang sulit dipilih menggunakan alat Magic Wand, bisa menggunakan teknik masking. Teknik ini melibatkan penggunaan layer mask yang digunakan untuk menyembunyikan atau menunjukkan bagian tertentu dari layer. Caranya adalah dengan membuat layer mask baru dan menggambar pada bagian tertentu untuk menyembunyikan atau menunjukkan objek tertentu.

9. Menggunakan Alat Lasso untuk Seleksi Tepat

Lasso

Selain Magic Wand, bisa juga menggunakan alat Lasso untuk memilih area tertentu pada gambar yang sulit dijangkau atau memiliki detail yang rumit. Alat ini berfungsi seperti pensil dan bisa digunakan untuk gambar kurva atau seleksi bebas.

10. Gunakan Alat Refine Edge untuk Hasil yang Lebih Baik

Refine

Jika ingin hasil yang lebih baik, gunakan alat Refine Edge yang terdapat pada toolbar seleksi. Alat ini berguna untuk memperhalus seleksi dan menghapus bagian-bagian kecil yang masih tersisa. Setelah rampung menggunakan alat ini, bisa langsung menggunakan langkah-langkah sebelumnya untuk menghapus background.

Demikianlah cara menghilangkan background di Photoshop. Selamat mencoba!

Cara Menghilangkan Background Di Photoshop

Di era digital saat ini, banyak orang lebih tertarik untuk membuat desain grafis sendiri dan berkreasi dengan bantuan aplikasi edit foto seperti Photoshop. Salah satu tugas penting dalam edit foto adalah menghilangkan background gambar agar tampilan menjadi lebih menarik.

Pengenalan

Sebelum memulai proses menghilangkan background di Photoshop, pastikan terlebih dahulu Anda telah memasang aplikasi tersebut di komputer atau laptop. Setelah itu, buka file gambar yang ingin dihilangkan background-nya.

Buka Photoshop

Pertama, pastikan sudah membuka aplikasi Photoshop yang terpasang di komputer atau laptop Anda. Setelah itu, buka file gambar yang ingin dihilangkan background-nya.

Seleksi Background

Setelah membuka file gambar, langkah selanjutnya adalah memilih background yang akan dihilangkan. Ketika telah memilih, klik sekali pada background yang akan dipisahkan dari gambar.

Pilih Magic Wand Tool

Untuk memudahkan dalam proses penghapusan background, gunakan Magic Wand Tool pada bagian toolbar Photoshop. Kemudian, klik pada area background gambar.

Penyesuaian Seleksi

Apabila hasil seleksi tidak optimal dan terdapat area yang belum tersentuh, Anda dapat menyesuaikan pengaturan tool pada opsi Select pada bagian toolbar. Lakukan penyesuaian hingga didapatkan hasil seleksi sesuai dengan keinginan.

Masking Area

Setelah proses seleksi selesai, buatlah layer mask pada gambar yang ingin dihilangkan background-nya. Pilih menu New Layer Mask pada bagian Layers dan mask area selected background yang telah dipilih.

Hapus Background

Langkah selanjutnya ialah dengan menghapus background pada gambar. Cukup pilih layer background dan hapus layer tersebut. Hasil akhir akan terlihat seperti gambar dengan pemotongan latar belakang yang sudah dibuat.

Membersihkan Tampilan

Untuk menghilangkan sisa-sisa background, Anda dapat membersihkan tampilan gambar dengan penggunaan Spot Healing Brush atau Clone Stamp Tool di bagian toolbar. Gunakan tool tersebut untuk menghapus sisa-sisa background yang tertinggal.

Mengatur Tampilan

Jika sudah aman dari sisa background, atur kembali tampilan gambar sesuai dengan keinginan. Pilih layer yang tersisa dan sesuaikan efek dan penyesuaian gambar seperti yang dimaksud.

Simpan Hasil

Setelah Anda berhasil menghilangkan background pada gambar, jangan lupa untuk menyimpan hasil karya agar dapat digunakan dalam berbagai keperluan. Pilih opsi Save As pada bagian File Menu dan pilih format file sesuai dengan keinginan.

Sebagai seorang jurnalis, saya ingin berbagi pandangan mengenai cara menghilangkan background di Photoshop. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Kelebihan Cara Menghilangkan Background Di Photoshop

  1. Mudah dan cepat dilakukan.
  2. Menghasilkan gambar dengan background yang bersih dan rapi.
  3. Bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membuat poster, banner, atau gambar produk.
  4. Memungkinkan pengguna untuk mengganti background dengan yang lebih sesuai dengan tema atau konteks gambar.

Kekurangan Cara Menghilangkan Background Di Photoshop

  • Mungkin membutuhkan waktu dan kesabaran ekstra jika gambar memiliki detail yang rumit atau kompleks.
  • Hasil akhir tergantung pada keahlian pengguna dalam menggunakan alat-alat Photoshop.
  • Menghilangkan background bisa merusak kualitas foto asli jika tidak dilakukan dengan hati-hati.
  • Memerlukan software Photoshop yang tidak gratis dan hanya tersedia untuk pengguna PC atau Mac.

Dalam kesimpulan, cara menghilangkan background di Photoshop memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum digunakan. Namun, dengan kemampuan yang tepat dan waktu yang cukup, hasil akhir bisa sangat memuaskan dan berguna untuk berbagai keperluan.

Salam pembaca, itu adalah informasi yang sangat berguna bagi pengguna Photoshop untuk menghilangkan background dari gambar. Semua informasi di atas harus sangat membantu Anda dalam memahami teknik dasar untuk menghilangkan background dan membuat gambar menjadi lebih menonjol dan profesional.

Jangan lupa untuk selalu berlatih dan mencoba teknik ini dengan menggunakan gambar yang berbeda-beda. Karena seperti biasa, latihan yang berulang-ulang akan membantu Anda memperoleh keahlian yang lebih baik. Teruslah belajar dan menjelajahi fitur-fitur baru pada Photoshop agar Anda dapat membuat gambar yang benar-benar profesional dan menarik.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk terus mengunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai dunia digital dan teknologi.

Sebagai seorang fotografer atau desainer grafis, menghilangkan background pada sebuah gambar merupakan salah satu tugas rutin yang harus dilakukan. Nah, kali ini kami akan membahas tentang cara menghilangkan background di Photoshop, dan berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

  1. Bisakah background dihapus dengan cepat dan mudah?

    Jawab: Ya, background dapat dihapus dengan cepat dan mudah menggunakan tool Magic Wand atau Quick Selection pada Photoshop.

  2. Apakah ada cara yang lebih akurat untuk menghilangkan background?

    Jawab: Ya, penggunaan tool Pen atau Lasso pada Photoshop dapat memberikan hasil yang lebih akurat dalam menghilangkan background. Namun, cara ini memerlukan waktu yang lebih lama dan lebih membutuhkan ketelitian.

  3. Bagaimana jika background yang ingin dihapus memiliki warna yang sama dengan objek utama?

    Jawab: Pada kasus seperti ini, penggunaan tool Refine Edge atau Select and Mask pada Photoshop dapat membantu memperhalus tepi objek dan memisahkan objek dari background dengan lebih baik.

  4. Apakah terdapat alternatif lain selain menggunakan Photoshop untuk menghilangkan background?

    Jawab: Ya, terdapat beberapa aplikasi atau software lain seperti GIMP, Pixlr, atau Canva yang juga dapat digunakan untuk menghilangkan background pada sebuah gambar.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara menghilangkan background di Photoshop. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memperbaiki kualitas gambar atau desain grafis Anda.