Info Sekolah
Tuesday, 28 May 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Panduan Menciptakan Abstrak Skripsi yang Menakjubkan

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
panduan membuat abstrak skripsi

Panduan membuat abstrak skripsi merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah skripsi. Abstrak skripsi adalah ringkasan singkat dari skripsi yang berisi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan. Abstrak skripsi yang baik akan memudahkan pembaca untuk memahami isi skripsi secara keseluruhan.

Apakah Anda pernah merasa kesulitan dalam membuat abstrak skripsi? Anda tidak sendirian. Banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam membuat abstrak skripsi. Hal ini disebabkan karena abstrak skripsi harus ditulis dengan singkat dan padat, namun tetap harus informatif.

Untuk membantu Anda membuat abstrak skripsi yang baik, berikut ini adalah panduan membuat abstrak skripsi:

  1. Pahami tujuan penelitian Anda.
  2. Identifikasi metode penelitian yang akan Anda gunakan.
  3. Kumpulkan data yang diperlukan untuk penelitian Anda.
  4. Analisis data yang telah Anda kumpulkan.
  5. Tarik kesimpulan dari hasil penelitian Anda.
  6. Tulis abstrak skripsi Anda.
  7. Bahasa yang digunakan harus jelas dan concise.
  8. Gunakan kalimat yang efektif dan efisien
  9. Hindari menggunakan jargon atau istilah teknis yang tidak umum.
  10. Pastikan abstrak skripsi Anda tidak lebih dari 250 kata.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat membuat abstrak skripsi yang baik dan informatif. Abstrak skripsi yang baik akan memudahkan pembaca untuk memahami isi skripsi Anda secara keseluruhan.

abstrakskripsimencurahkanintipenelitiandengantepatdanefektif”>Panduan Membuat Abstrak Skripsi: Mencurahkan Inti Penelitian dengan Tepat dan Efektif

Membuat abstrak skripsi bukanlah tugas yang mudah. Diperlukan keterampilan khusus untuk merangkum seluruh isi skripsi ke dalam beberapa ratus kata saja. Namun, dengan memahami struktur dan jenis abstrak, serta mengikuti beberapa tips, Anda dapat membuat abstrak skripsi yang menarik dan informatif.

Struktur Abstrak Skripsi

Abstrak skripsi pada umumnya terdiri dari empat bagian utama, yakni:


Struktur Abstrak Skripsi

1. Pendahuluan

Bagian pendahuluan berisi latar belakang masalah yang melatarbelakangi penelitian. Bagian ini harus singkat dan padat, serta fokus pada masalah yang akan dibahas dalam skripsi.

2. Rumusan Masalah

Bagian rumusan masalah berisi pertanyaan-pertanyaan penelitian yang ingin dijawab melalui skripsi. Rumusan masalah harus jelas dan spesifik, serta dapat diuji secara empiris.

3. Tujuan Penelitian

Bagian tujuan penelitian berisi tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian. Tujuan penelitian harus dirumuskan dengan jelas dan spesifik, serta sejalan dengan rumusan masalah.

4. Metode Penelitian

Bagian metode penelitian berisi penjelasan tentang metode penelitian yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah. Metode penelitian harus dipilih dengan tepat dan sesuai dengan sifat masalah yang akan diteliti. Metode penelitian yang digunakan juga harus dijelaskan secara detail dan jelas.


Jenis-jenis Abstrak

Jenis-jenis Abstrak

Abstrak dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

1. Abstrak Informatif

Abstrak informatif berisi ringkasan singkat dari seluruh isi skripsi. Abstrak jenis ini biasanya digunakan untuk skripsi yang bersifat deskriptif atau eksploratif.

2. Abstrak Indikatif

Abstrak indikatif hanya berisi gambaran umum tentang isi skripsi. Abstrak jenis ini biasanya digunakan untuk skripsi yang bersifat eksperimental atau penelitian pengembangan.

3. Abstrak Evaluatif

Abstrak evaluatif berisi ringkasan singkat dari isi skripsi, disertai dengan penilaian atau komentar penulis terhadap hasil penelitian. Abstrak jenis ini jarang digunakan.

Tips Membuat Abstrak Skripsi yang Baik

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat abstrak skripsi yang baik:

1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Ringkas

Abstrak harus ditulis dengan bahasa yang jelas dan ringkas. Hindari menggunakan kalimat yang panjang dan berbelit-belit. Gunakan kalimat pendek dan sederhana yang mudah dipahami.

2. Fokus pada Inti Penelitian

Abstrak harus fokus pada inti penelitian, yaitu rumusan masalah, tujuan penelitian, dan metode penelitian. Hindari membahas hal-hal yang tidak relevan dengan penelitian.

3. Berikan Informasi yang Cukup

Abstrak harus memberikan informasi yang cukup tentang isi skripsi. Pembaca harus dapat memahami tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian dari abstrak.

4. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Gunakan kata kunci yang tepat dalam abstrak agar mudah ditemukan oleh pembaca. Kata kunci harus relevan dengan topik penelitian dan harus ditempatkan pada posisi yang tepat.


Menyusun Abstrak Skripsi

Menyusun Abstrak Skripsi

Untuk menyusun abstrak skripsi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Tentukan Jenis Abstrak

Tentukan terlebih dahulu jenis abstrak yang akan digunakan, apakah abstrak informatif, abstrak indikatif, atau abstrak evaluatif.

2. Kumpulkan Informasi

Kumpulkan informasi yang diperlukan untuk membuat abstrak, seperti latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian.

3. Susun Abstrak

Susun abstrak sesuai dengan struktur yang telah dijelaskan sebelumnya. Pastikan abstrak ditulis dengan bahasa yang jelas dan ringkas, serta fokus pada inti penelitian.

4. Berikan Kata Kunci

Berikan kata kunci yang tepat pada abstrak agar mudah ditemukan oleh pembaca. Kata kunci harus relevan dengan topik penelitian dan harus ditempatkan pada posisi yang tepat.

5. Periksa Abstrak

Periksa kembali abstrak untuk memastikan bahwa abstrak sudah ditulis dengan baik dan benar. Pastikan abstrak tidak mengandung kesalahan tata bahasa atau kesalahan pengejaan.


Contoh Abstrak Skripsi

Contoh Abstrak Skripsi

Berikut ini adalah contoh abstrak skripsi:

Judul Skripsi: Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Konsumen

Abstrak:

Media sosial telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Media sosial dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk untuk mencari informasi, berkomunikasi, dan berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen. Media sosial dapat mempengaruhi konsumen dalam mencari informasi tentang produk, membandingkan harga, dan membuat keputusan pembelian.

Kesimpulan

Abstrak skripsi adalah ringkasan singkat dari seluruh isi skripsi. Abstrak harus ditulis dengan bahasa yang jelas dan ringkas, serta fokus pada inti penelitian. Untuk membuat abstrak skripsi yang baik, Anda dapat mengikuti struktur dan jenis abstrak, serta mengikuti beberapa tips.

Tanya Jawab

1. Apa saja manfaat abstrak skripsi?

Abstrak skripsi bermanfaat untuk memberikan informasi tentang isi skripsi kepada pembaca. Abstrak dapat membantu pembaca untuk memutuskan apakah skripsi tersebut relevan dengan minat dan kebutuhan mereka.

2. Berapa panjang abstrak skripsi yang ideal?

Panjang abstrak skripsi yang ideal adalah 200-250 kata. Namun, panjang abstrak skripsi dapat bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing kampus.

3. Apa saja hal-hal yang harus dihindari dalam menulis abstrak skripsi?

Hal-hal yang harus dihindari dalam menulis abstrak skripsi adalah menggunakan bahasa yang tidak jelas, menggunakan kalimat yang panjang dan berbelit-belit, membahas hal-hal yang tidak relevan dengan penelitian, dan tidak memberikan informasi yang cukup.

4. Bagaimana cara membuat abstrak skripsi yang menarik?

Untuk membuat abstrak skripsi yang menarik, Anda dapat menggunakan bahasa yang jelas dan ringkas, fokus pada inti penelitian, memberikan informasi yang cukup, dan menggunakan kata kunci yang tepat.

5. Apa saja jenis-jenis abstrak skripsi?

Jenis-jenis abstrak skripsi adalah abstrak informatif, abstrak indikatif, dan abstrak evaluatif.