Info Sekolah
Wednesday, 08 Feb 2023
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Pelajari Cara Berdoa dan Apa Manfaatnya

Diterbitkan : - Kategori : Blog

Pelajari Cara Berdoa dan Apa Manfaatnya

Dalam agama Islam, ketika kita ingin belajar sesuatu, kita harus berpikir hati-hati tentang perilaku kita sebelum kita mulai melakukan sesuatu. Tidak hanya selama aktivitas, tetapi juga selama aktivitas. Adalah baik untuk berdoa sebelum kita memulai kegiatan kita dan juga setelah kita menyelesaikannya. Dalam sesi ini kita membahas pentingnya doa sebelum dan setelah belajar, dan pentingnya untuk kita berdoa terus-menerus ketika kita mampu melakukan hal-hal yang berarti dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kita.

Belajar hukum dalam Islam lebih bermanfaat daripada melakukan semua yang bisa kita lakukan. Mungkin bermanfaat bagi kita untuk mempelajari sesuatu yang ingin kita pelajari, tetapi belajar ilmu pengetahuan dapat menyebabkan kita menjadi kesepian. Hal ini karena belajar memang sulit. Belajar adalah salah satu kewajiban yang harus dimiliki setiap muslim agar dapat menjadi sadar. Al-Qur’an dan Al-Qur’an adalah kitab-kitab yang jelas dan jelas.

Mampu menjadi cerdas, menjadi bijaksana, menjadi sangat cerdas, menjadi sangat cerdas, menjadi sangat cerdas, menjadi sangat cerdas, menjadi sangat pintar, menjadi sangat kaya Bahkan dengan asumsi bahwa semua yang kita lakukan adalah mempelajari politik dan agama, adalah bijaksana untuk mengetahui apa yang kita butuhkan untuk menjadi bijaksana.

Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai pentingnya belajar, yakni :

“Barangsiapa yang pergi untuk menuntut ilmu, maka dia telah termasuk golongan sabilillah (orang yang menegakkan agama Allah) hingga sampai ia pulang kembali.” (HR Tirmidzi)

Pentingnya Doa Sebelum dan Sesudah Belajar
Berdoa merupakan salah satu hal yang melekat dalam semua umat beragama. Kita dapat berdoa dan memberikan hati kita kepada Tuhan dengan melakukannya. Bahkan anak-anak juga harus berdoa setiap hari. Sangat penting bagi orang-orang untuk belajar berdoa setiap hari. Semua yang Anda lakukan akan bermanfaat bagi orang lain.

Sebelum kita mulai berdoa, kita harus terlebih dahulu dengan hati-hati mempelajari adab yang digunakan dalam doa, agar jawaban yang kita dapatkan dari Tuhan lebih berharga. Menjadi mahasiswa yang baik dan seorang ilmuwan adalah manusia yang harus bekerja keras untuk belajar ilmu pengetahuan. Siswa ingin menjadi baik dan memiliki pengetahuan yang baik, dan mereka harus memahami betapa pentingnya menjadi ilmuwan. Dalam hal ini, orang-orang Muslim diajarkan untuk berdoa setelah mereka telah belajar sesuatu.

Pada zaman modern, ilmu pengetahuan telah menjadi salah satu aspek yang paling penting yang menentukan masa depan suatu bangsa. Ilmu pengetahuan harus diajarkan kepada orang untuk memungkinkan mereka untuk memahami dan memahami dunia seperti yang sebenarnya dan juga untuk membantu mereka untuk terlibat dalam kegiatan yang penting dalam kehidupan mereka. Menggunakan ilmu pengetahuan membantu orang untuk menjadi teman yang lebih baik dengan alam dan dengan orang lain.

Mampu melakukan hal-hal yang membantu orang menjadi baik sama pentingnya dengan kemampuan untuk berpikir secara rasional, menjadi baik dalam lingkungan, dan memiliki keterampilan yang baik lainnya. Islam adalah agama yang tidak berumur. Tidak peduli seberapa tua orang itu. Selain diwajibkan secara hukum, setiap manusia harus mencoba untuk belajar tentang dunia.

Dalam Al-Qur’an surat al-Ghafir ayat 60 telah disinggung tentang anjuran berdoa. Dalam ayat tersebut disebutkan bahwa Allah akan mengabulkan permintaan bagi orang yang berdoa kepada-Nya.

“Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembahKu akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina’,” demikian arti dari ayat tersebut.

Untuk menjadi pengetahuan, orang harus belajar untuk waktu yang lama. Menjadi malas bisa terjadi ketika seseorang ingin menjadi bijak dengan tidak tahu banyak hal. Berhati-hati dengan apa yang Anda pelajari sangat berguna. Sangat berharga untuk berdoa sebelum Anda belajar dan sebelum Anda tidur di malam hari.

Kewajiban untuk menuntut ilmu dan belajar ini sudah dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang dikutip dari buku 1100 Hadits Terpilih oleh Muhammad Faiz Almath, yang artinya :
“Tuntutlah ilmu dan belajarlah untuk ketenangan dan kehormatan diri. Bersikaplah rendah hati ke orang yang mengajarimu.” (HR. Thabrasi Seseorang akan memiliki bekal dalam menjalani hidup dan menyelesaikan masalah apabila memiliki ilmu dan wawasan yang luas. Ilmu yang bermanfaat juga menjadi ladang amal jariah yang tidak terputus.

Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Jika seseorang meninggal dunia, terputuslah amalannya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang saleh.” (HR. Muslim nomor 1631).

Doa Sebelum Belajar

Bacaan Doa Sebelum Belajar Pertama

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii ‘ilman Warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minash-shoolihiin

Artinya:

“Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu serta berilah aku kemampuan untuk memahaminya, serta jadikanlah aku termasuk golongan dari hamba-Mu yang saleh.”

Bacaan Doa Sebelum Belajar Kedua

Alloohumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah’alainaa Bima’rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-lika Ya Arhamar Roohimiin
Artinya:

“Ya Allah, bebaskanlah kami dari segala kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu kepada kami serta bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Zat Yang Maha Penyayang.”

Bacaan Doa Sebelum Belajar Ketiga

Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan

Artinya:

“Kami rida bahwa Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, serta Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah terhadapku ilmu serta berikanlah aku pengertian yang baik.”

Doa Sesudah Belajar

Tidak hanya dianjurkan untuk berdoa sebelum belajar saja, tetapi umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa setelah belajar. Berikut ini doa sesudah belajar yang perlu kamu ketahui

Doa Sesudah Belajar Pertama

اَللّ هُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnattibaa’ahu. Wa Arinal batila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaba bahu

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah terhadap kami kebenaran sehingga kami bisa mengikutinya serta tunjukkanlah terhadap kami kejelekan sehingga kami bisa menjauhinya.”

Doa Sesudah Belajar Kedua

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii astaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansani hihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam”.

Doa Sesudah Belajar ketiga

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa’naa bima ‘allamtana ladzi yanfa’una wa zidna ‘iman alhamdulillahi ‘ala kulli hal

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami mengenai apa yang bermanfaat untuk kami dan tambahkan ilmu terhadap kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap kondisi.”

Setelah membaca apa yang telah Anda pelajari, penting untuk meminta Allah untuk memungkinkan kita memahami apa yang baik. Doa membantu orang mengingat bahwa Allah menciptakan langit dan bumi, dan membantu mereka memahami bahwa Allah menciptakan segala sesuatu yang ada.

Untuk bertindak secara etis dan dengan demikian diterima sebagai hamba Allah SWT, seseorang harus selalu berdoa. Jika Anda sibuk melakukan sesuatu yang penting, lakukan itu sering! Lakukan secara teratur!

Islam mengajarkan setiap Muslim untuk selalu berdoa sebelum maupun sesudah melakukan sesuatu kegiatan, termasuk saat menuntut ilmu. Minimal apabila akan mengerjakan sesuatu membaca “basmalah”. Agar dalam belajar dilindungi dari godaan syaitan dan diberi kemudahan serta mendapat ridho dari Allah SWT. Berdoa sebelum belajar memiliki keutamaan supaya diberi kelancaran dan kemudahan dalam memahami materi yang dipelajari.

Adab dan Tata Cara Ketika Belajar

Adab diperlukan dalam hidup, apalagi kita berdoa memohon kepada Allah SWT. Oleh karena itu, kita perlu mengatakan: Tolong berdoa, dan setelah Anda mengatakan itu, Tolong berdoa, Tolong berdoa, dan… Jika Anda mengatakan, Tolong berdoa, kami bermaksud, tolong katakan, saya minta maaf. Penting untuk selalu berdoa dengan suara yang tenang sehingga orang bisa merasa nyaman dan memiliki perasaan yang baik tentang hal-hal yang akan datang.

Adab atau akhlak menjadi sesuatu yang penting dalam kehidupan manusia. Dengan adanya adab adab yang baik tentu saja yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Dari adanya adab, seseorang akan dimuliakan oleh Allah. Selain itu, secara tidak langsung akan dihormati oleh sesama manusia. Begitu juga dalam belajar ada adabnya yang baik agar mendapat Ridha Allah SWT.

Dalam suatu hadis disebutkan mengenai adab untuk umat muslim.

“Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari kiamat dari pada akhlak yang mulia.” (HR. Tirmidzi)

Sebelum seorang muslim melakukan kegiatan belajar, maka perlu melakukan beberapa adab dan tata cara berikut ini.

Niat belajar untuk mencari ridha Allah

Saat hendak belajar, harus diniatkan dari dalam hati secara ikhlas sehingga ilmu yang kita peroleh dari proses belajar tersebut kelak dapat bermanfaat bagi diri sendiri atau bagi orang lain.

Membaca doa ketika sebelum dan sesudah belajar

Setelah meniatkan hati untuk belajar dengan ikhlas, kita harus membaca doa sebelum belajar terlebih dahulu. Kemudian, saat belajar sudah selesai, kita baru melafalkan doa sesudah belajar.

Konsentrasi dan tidak main-main saat belajar

Ketika sedang belajar, kita harus konsentrasi dan bersungguh-sungguh supaya memperoleh hasil belajar yang baik.

Fokuskan pandangan pada buku atau sesuatu yang sedang Anda pelajari
Saat belajar, mata kita harus fokus pada buku atau sesuatu yang sedang kita pelajari tersebut. Jangan biarkan pikiran kita oleng.

Fakta Tentang Doa

Doa dan Penyembuhan

Apakah Anda tahu bahwa di dunia kedokteran Barat dan peneliti keagamaan saat ini tengah berusaha keras untuk membuktikan mengenai dampak berdoa bagi upaya penyembuhan penyakit.

Berdoa secara teratur, disinyalir dapat meningkatkan mutu kesehatan dan mempercepat kesembuhan penyakit. Biasanya bagi mereka yang berdoa dan shalat secara teratur, dikatakan lebih jarang terserang penyakit kanker, jantung, dan tekanan darah tinggi.

Memang pernyataan tersebut sebelumnya menuai banyak pro dan kontra. Namun, penelitian di California telah menunjukkan bahwa mereka yang taat beribadah mempunyai hidup rata-rata tujuh tahun lebih panjang. Fenomena mengenai doa dan penyembuhan dapat dibuktikan secara ilmiah.

Barangsiapa menerima penuh Tuhan sebagai pengendali nasibnya, maka ia akan merasa lebih tenang, tidak stres, dan lebih terikat secara sosial. Dari adanya pendapat itu, pemeluk agama yang taat dapat dengan sendirinya menjauhkan diri dari pengaruh alkohol, narkotika, praktik seksual yang menyimpang serta tindak kejahatan lain yang dapat merusak kesehatan.

Berdoa Saat Mendapatkan Kebaikan dari Orang Lain

Seperti halnya mengucapkan “Alhamdulillah” menjadi kata pujian kepada Allah SWT saat kita mendapatkan hal kebaikan atau kesenangan. Ada adab atau etika yang telah menjadi kebiasaan dan sangat dianjurkan dalam Islam apabila ada orang yang telah berbuat baik kepada kita, yakni kita harus mendoakan orang tersebut.

Doa yang dianjurkan adalah “Jazakallahu khairan”, yang artinya Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan.

Doa tersebut dianggap sudah dapat menjadi pujian bagi orang yang telah melakukan hal baik. Serta doa ini juga menjadi dasar pada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi.

Memahami Spiritualitas Doa

Peran besar berdoa dalam membentuk ketenangan jiwa manusia. Doa dapat memperkuat jalinan tali kasih antara Allah SWT dengan hamba-Nya yang taat. “Doa adalah inti ibadah”, demikian sabda Rasulullah SAW.

Berdoa sebaiknya dilakukan dengan menghadap kiblat sambil mengangkat kedua tangan. Setelah itu, saat sudah selesai memanjatkan doa kepada Allah SWT, usapkan kedua tangan kita ke wajah. Etika doa tersebut juga dijelaskan kembali oleh Imam Ghazali (dalam kitabnya yaitu Ihya ‘Ulumuddin). Menurut beliau, pada telapak tangan manusia terdapat suatu energi yang dapat ditransferkan ke wajah kita.

Selain itu, juga terdapat hadis yang mengatakan bahwa ketika ada anak kecil yang menangis, Ibunya mengusap-usapkan tangan ke wajah anak kecil tersebut, lalu sang anak akan berhenti menangis.

Tempat dan Waktu Terbaik Untuk Berdoa

Selain doa yang baik untuk belajar, ada baiknya tempat yang baik untuk berdoa. Berikut tempat yang baik untuk umat muslim berdoa:

  • Di depan dan di dalam Kabah
  • Di Masjid Rasulullah SAW
  • Di belakang makam Nabi Ibrahim AS
  • Di atas Bukit Safa dan Marwah
  • Di Arafah, di Muzdalifah, di Mina dan disisi jamarat yang tiga
  • Di tempat-tempat yang mulia lainnya seperti masjid atau musala

Berikut ini adalah waktu terbaik, untuk seorang muslim berdoa:

  • Antara azan dan Iqamat
  • Menjelang waktu shalat dan sesudahnya
  • Waktu sepertiga malam yang terakhir
  • Sepanjang hari Jum’at
  • Antara Dzuhur dan Ashar, serta Ashar dan Maghrib
  • Ketika Khatam membaca Alquran
  • Ketika turun hujan
  • Ketika melakukan tawaf
  • Ketika menghadapi musuh di medan perang
  • Dalam berdoa, sebaiknya di ulang 3 (tiga) kali

Manfaat Berdoa

Berdoa dapat membuat perasaan dalam diri kita menjadi lebih baik.

Doa ternyata mempunyai kekuatan yang dahsyat dalam diri kita menjadi lebih rendah diri dan pasrah pada Allah SWT.

Adanya sebuah penelitian mengenai “doa” yang ternyata memperoleh hasil menakjubkan. Berdoa dapat membuat diri kita menjauhi sifat egois sekaligus meningkatkan kerendahan hati kita.

Baik bagi jantung dan memperpanjang umur

Dengan berdoa, biasanya perasaan kita akan menjadi tenang. Ketika kita berdoa, itu menenangkan kita dan mencegah kita tertekan. Stres menyebabkan banyak penyakit dan ini menyebabkan orang menjadi sangat lelah.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan berdoa, diri kita akan terhindar dari stres serta dapat membuat hidup kita menjadi lebih lama.

Mendapatkan pengampunan dari Allah SWT
Ketika berdoa, umumnya orang akan meminta pengampunan dari Allah terhadap dosa-dosanya ke dalam doa yang dipanjatkan tersebut.

Apabila kita berdoa dengan sungguh-sungguh, mengakui kesalahan kita, memohon pengampunan secara ikhlas, insyaAllah dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT.

Memulihkan emosional dan fisik

Berdoa nyatanya dapat memberikan sugesti dengan berpikir bahwa apa yang dipanjatkan dalam doa tersebut tidak akan mustahil oleh Allah SWT. Dari adanya harapan tersebut, memungkinkan seseorang dapat terhindar dari keputusasaan. Keputusasaan tersebut dapat membuat stres hingga jatuh sakit.

Memulihkan emosional dan fisik

Berdoa nyatanya dapat memberikan sugesti dengan berpikir bahwa apa yang dipanjatkan dalam doa tersebut tidak akan mustahil oleh Allah SWT. Dari adanya harapan tersebut, memungkinkan seseorang dapat terhindar dari keputusasaan. Keputusasaan tersebut dapat membuat stres hingga jatuh sakit.

Bisa menyembuhkan penyakit

Berdoa bisa dijadikan sebagai suatu proses penyembuhan terutama dalam masalah kesehatan mental. Sebuah penelitian di Kanada membuktikan adanya hal tersebut dan menjadikan berdoa sebagai refleksi diri pasien supaya dapat memperoleh hidup yang semakin baik.

Memberantas rasa kesepian. Berdoa ternyata dapat menjadi salah satu metode yang efektif untuk memberantas rasa kesepian. Melalui kegiatan berdoa yang mana tidak ada batasan saat berkomunikasi dengan Allah, maka rasa kesepian kita dapat diatasi perlahan. Saat rasa kesepian tersebut berhasil dihalau, maka insyaAllah depresi yang kita alami dapat dihindari.

 

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Post Terkait

Elemen Design : Bidang

Wednesday, 1 Feb 2023

Fadhilah Serta Tata Cara Sholat Dhuha

Wednesday, 25 Jan 2023

Pemasaran Digital

Monday, 19 Dec 2022

Adjective Clause

Friday, 16 Dec 2022

Medical Check Up

Thursday, 15 Dec 2022

Contoh Iklan Produk

Thursday, 15 Dec 2022

Metodologi Penelitian

Thursday, 15 Dec 2022