Info Sekolah
Thursday, 25 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

5 Cara Mudah Mematikan Mic di Zoom pada HP untuk Privasi Anda

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Mematikan Mic Di Zoom Hp

Cara mematikan mic di Zoom hp sangat mudah. Cukup klik tombol mic di layar dan pilih matikan suara mikrofon untuk menonaktifkan.

Bicara mengenai Zoom, pasti kita sering menggunakan fitur mic atau mikrofon untuk berkomunikasi dengan rekan kerja atau teman-teman kita. Namun, terkadang kita juga membutuhkan cara mematikan mic di Zoom HP agar tidak terdengar suara kita saat sedang tidak berbicara. Nah, untuk itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Pertama-tama, jika kamu ingin mematikan mic secara langsung saat sedang berada di dalam panggilan Zoom, kamu bisa menekan tombol mic atau mikrofon yang terletak di bagian bawah layar. Namun, jika kamu ingin mematikan mic secara permanen, kamu bisa masuk ke pengaturan Zoom di HP kamu dan pilih menu Audio. Di sana, kamu akan menemukan opsi untuk mematikan mic secara permanen.

Bagaimana, mudah bukan? Dengan mengikuti cara-cara di atas, kamu bisa dengan mudah mematikan mic di Zoom HP kamu. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya ya!

Cara Mematikan Mic Di Zoom Hp

Zoom adalah aplikasi video conference yang saat ini sedang populer digunakan di berbagai kalangan, termasuk di dunia pendidikan dan bisnis. Dalam menggunakan Zoom, kita dapat melakukan video conference dengan lawan bicara dari jarak jauh. Namun, terkadang kita ingin mematikan microphone pada saat kita sedang tidak berbicara atau menghindari noise yang tidak diinginkan. Berikut cara mematikan microphone pada Zoom melalui HP.

1. Buka Aplikasi Zoom

Zoom

Pertama-tama, buka aplikasi Zoom pada HP Anda. Pastikan aplikasi Zoom sudah terinstall pada HP Anda. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, masuk ke aplikasi Zoom dengan akun yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

2. Masuk ke Ruang Meeting

Zoom

Setelah Anda masuk ke aplikasi Zoom, masuk ke ruang meeting yang sudah Anda buat atau yang Anda ikuti. Pilih ruang meeting yang ingin Anda masuki, kemudian klik Join.

3. Klik Mute

Zoom

Setelah Anda masuk ke ruang meeting, klik tombol Mute yang berada pada bawah layar. Tombol Mute ini berfungsi untuk mematikan microphone Anda sehingga lawan bicara tidak dapat mendengar suara Anda.

4. Klik Unmute

Zoom

Jika Anda ingin berbicara lagi, klik tombol Unmute yang berada di bawah layar. Tombol Unmute ini berfungsi untuk mengaktifkan kembali microphone Anda sehingga lawan bicara dapat mendengar suara Anda.

5. Gunakan Shortcut Key

Zoom

Selain menggunakan tombol Mute dan Unmute yang berada di bawah layar, terdapat juga shortcut key yang dapat Anda gunakan untuk mematikan dan mengaktifkan kembali microphone Anda. Shortcut key untuk mematikan microphone adalah Ctrl + M (untuk Windows) atau Command + Shift + A (untuk Mac). Sedangkan shortcut key untuk mengaktifkan kembali microphone adalah Ctrl + Shift + M (untuk Windows) atau Command + Shift + A (untuk Mac).

6. Klik More

Zoom

Selain menggunakan tombol Mute dan Unmute serta shortcut key, terdapat juga fitur More yang berfungsi untuk mematikan microphone Anda. Klik tombol More yang berada di bawah layar, kemudian pilih Mute Audio.

7. Klik Join Audio

Zoom

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali microphone Anda setelah sebelumnya dimatikan, klik tombol Join Audio yang berada di bawah layar.

8. Pilih Mute on Entry

Zoom

Terdapat juga fitur Mute on Entry yang berfungsi untuk mematikan microphone Anda secara otomatis ketika Anda masuk ke ruang meeting. Fitur Mute on Entry ini dapat diaktifkan dengan cara klik Settings, kemudian pilih Audio. Setelah itu, pilih Mute microphone when joining a meeting.

9. Pilih Turn off my video

Zoom

Selain mematikan microphone, terkadang kita juga ingin mematikan video saat sedang melakukan video conference. Caranya sangat mudah, yaitu dengan klik tombol Turn off my video yang berada di bawah layar.

10. Keluar dari Ruang Meeting

Zoom

Setelah selesai melakukan video conference, jangan lupa untuk keluar dari ruang meeting. Caranya dengan klik tombol Leave Meeting yang berada di bawah layar.

Itulah cara mematikan microphone pada Zoom melalui HP. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang menggunakannya. Terima kasih telah membaca.

Cara Mematikan Mic di Zoom HP

Ketika melakukan video conference di Zoom menggunakan HP, terkadang mic yang aktif dapat mengganggu atau memancing terjadinya kebisingan. Oleh karena itu, pada tulisan kali ini akan dibahas cara mematikan mic di aplikasi Zoom pada perangkat HP.

Langkah Pertama

Buka aplikasi Zoom pada perangkat HP anda.

Pengaturan Audio

Setelah masuk ke aplikasi Zoom, klik menu Pengaturan Audio yang biasanya terletak di sudut kanan bawah layar.

Pilihan Suara

Setelah membuka Pengaturan Audio, pilih opsi Suara yang terdapat di bagian atas.

Klik Mikrofon

Pada bagian Suara, akan terdapat opsi mikrofon. Klik pada opsi Mikrofon untuk mematikan suara input.

Nonaktifkan Mikrofon

Setelah mengklik opsi Mikrofon, anda akan melihat toggle switch yang berfungsi untuk mengaktifkan atau mematikan mikrofon. Pastikan toggle switch pada posisi mati atau off untuk mematikan mikrofon.

Kembali ke Senyap

Apabila anda ingin kembali mengaktifkan mikrofon, cukup geser toggle switch pada posisi hidup atau on. Mikrofon anda akan kembali aktif.

Pengaturan Lanjutan

Apabila anda ingin mengatur pengaturan lainnya, seperti mengetuk pengaturan pengurangan suara latar belakang atau mengatur sensitivitas mikrofon, cukup klik opsi Pengaturan Lanjutan.

Matikan Suara Menggunakan Tombol Tengah

Anda juga dapat mematikan dan mengaktifkan mikrofon selama meeting menggunakan tombol tengah. Cukup klik tombol tersebut untuk mematikan atau mengaktifkan suara input anda.

Intisari

Demikian adalah cara mudah mematikan mikrofon di aplikasi Zoom pada perangkat HP anda. Semoga tulisan kali ini bermanfaat bagi anda yang memerlukan.

Cara mematikan mic di Zoom pada perangkat seluler dapat membantu pengguna untuk menjaga privasi dan mengurangi gangguan suara yang tidak diinginkan selama panggilan video. Namun, ada pro dan kontra dalam menggunakan cara ini.

Pro:

  1. Menjaga privasi: Dengan mematikan mikrofon, pengguna dapat memastikan bahwa suara mereka tidak terdengar oleh orang lain. Ini dapat berguna ketika pengguna berada di tempat umum atau ingin membicarakan hal-hal pribadi.
  2. Mengurangi gangguan suara: Dalam panggilan video dengan banyak orang, suara latar belakang atau suara yang tidak diinginkan dapat menjadi mengganggu. Dengan mematikan mikrofon, pengguna dapat mengurangi gangguan suara yang tidak diinginkan dan membuat panggilan video lebih produktif.
  3. Memperpanjang masa pakai baterai: Mematikan mikrofon dapat membantu menghemat daya baterai pada perangkat seluler pengguna. Ini karena mikrofon adalah salah satu komponen yang membutuhkan daya baterai cukup besar.

Kontra:

  1. Tidak dapat berbicara: Tentu saja, dengan mematikan mikrofon, pengguna tidak dapat berbicara selama panggilan video. Hal ini dapat menyulitkan jika pengguna ingin memberikan masukan atau berpartisipasi dalam diskusi.
  2. Menyebabkan kesalahpahaman: Dalam beberapa kasus, mematikan mikrofon dapat menyebabkan kesalahpahaman. Misalnya, jika pengguna tidak memberi tahu kelompok bahwa mereka telah mematikan mikrofon, anggota lain dapat mengira bahwa pengguna tidak terlibat dalam diskusi atau tidak mendengarkan.
  3. Sulit untuk mengetahui kapan harus mematikan mikrofon: Dalam panggilan video dengan banyak orang, sulit untuk mengetahui kapan harus mematikan mikrofon dan kapan harus menghidupkannya kembali. Hal ini dapat menyebabkan gangguan dan mengganggu alur percakapan.

Dalam kesimpulannya, mematikan mikrofon di Zoom dapat membantu pengguna untuk menjaga privasi, mengurangi gangguan suara yang tidak diinginkan, dan menghemat daya baterai pada perangkat seluler. Namun, pengguna juga harus mempertimbangkan kekurangan cara ini seperti kesulitan berbicara, kemungkinan kesalahpahaman, dan sulitnya mengetahui kapan harus mematikan mikrofon. Sebagai jurnalis, penting untuk memberikan informasi yang seimbang dan objektif tentang suatu topik, sehingga pembaca dapat membuat keputusan yang tepat berdasarkan fakta yang ada.

Terima kasih telah membaca artikel kami tentang cara mematikan mikrofon di Zoom pada perangkat seluler Anda. Kami berharap informasi yang disajikan dapat membantu Anda mengatasi masalah ketika Anda ingin terdengar tetapi tidak ingin suara Anda direkam.

Sebenarnya, mematikan mikrofon di Zoom sangat mudah dan bisa dilakukan dalam beberapa langkah sederhana. Setelah Anda memasuki panggilan Zoom, cukup ketuk ikon mikrofon untuk mematikan suara Anda. Jika pada nantinya Anda ingin berbicara, cukup ketuk ikon mikrofon lagi untuk menyalakannya.

Kami mengerti bahwa seringkali kita ingin berbicara tanpa terdengar oleh orang lain, terutama ketika sedang di ruangan yang ramai atau sedang berbicara dengan orang yang tidak ingin kita dengar. Oleh karena itu, mematikan mikrofon di Zoom adalah fitur yang sangat berguna bagi banyak orang.

Sekali lagi, terima kasih telah membaca artikel kami tentang cara mematikan mikrofon di Zoom pada perangkat seluler Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan jangan ragu untuk kembali ke blog kami untuk mendapatkan informasi baru seputar teknologi dan aplikasi.

Video Cara Mematikan Mic Di Zoom Hp

Visit Video

Dalam berbagai situasi, kita mungkin ingin mematikan mikrofon saat mengikuti rapat atau pertemuan di Zoom melalui smartphone. Ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna tentang cara mematikan mikrofon di Zoom pada smartphone.

  1. Bagaimana cara mematikan mikrofon di Zoom pada HP?
  2. Untuk mematikan mikrofon di Zoom pada smartphone, pertama-tama, buka aplikasi Zoom dan masuk ke ruang rapat atau pertemuan. Kemudian, cari ikon mikrofon di bagian bawah layar dan ketuk untuk mematikan suara mikrofon.

  3. Apakah saya bisa mematikan mikrofon secara permanen di Zoom pada HP?
  4. Ya, Anda dapat mematikan mikrofon secara permanen di Zoom pada HP dengan mengakses pengaturan audio di aplikasi Zoom. Dalam pengaturan audio, pilih opsi Mute microphone when joining a meeting untuk mematikan mikrofon secara otomatis setiap kali Anda bergabung dengan rapat atau pertemuan.

  5. Apakah akan terdengar notifikasi ketika saya mematikan atau menghidupkan mikrofon di Zoom pada HP?
  6. Ya, saat Anda mematikan atau menghidupkan mikrofon di Zoom pada HP, akan muncul notifikasi kecil di layar. Notifikasi ini memberi tahu peserta rapat atau pertemuan bahwa Anda telah mematikan atau menghidupkan suara mikrofon.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna tentang cara mematikan mikrofon di Zoom pada smartphone. Dengan mengetahui cara mematikan mikrofon, kita dapat menghindari suara bising atau gangguan saat rapat atau pertemuan berlangsung.