Info Sekolah
Monday, 20 May 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Bisnis Online lewat BBM, Pasti Sukses!

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
bisnis online via bbm

Bisnis Online lewat BBM: Peluang Usaha yang Menggiurkan!

Bisnis online saat ini tengah menjadi tren yang tidak boleh dilewatkan. Kemudahan teknologi dan jangkauan konsumen yang luas menjadikannya pilihan menarik bagi siapa saja yang ingin memulai usaha. Salah satu platform yang cukup populer untuk bisnis online adalah BBM (BlackBerry Messenger).

Tantangan Bisnis Online via BBM

Meski menawarkan potensi besar, tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis online via BBM juga memiliki tantangan tersendiri. Persaingan yang ketat dan banyaknya pelaku usaha yang menawarkan produk sejenis menjadi beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Selain itu, keterbatasan fitur pada BBM, seperti tidak adanya sistem pembayaran terintegrasi dan minimnya fitur promosi, juga perlu menjadi perhatian.

Target Pasar Bisnis Online via BBM

Bisnis online via BBM memiliki target pasar yang cukup luas, yaitu pengguna BBM itu sendiri. Jumlah pengguna BBM yang masih cukup besar, terutama di kalangan ibu rumah tangga dan generasi muda, menjadikannya pasar potensial untuk berbagai produk dan jasa.

Keuntungan dan Tips Sukses Bisnis Online via BBM

Meskipun memiliki tantangan, bisnis online via BBM juga menawarkan keuntungan tersendiri. Selain jangkauan konsumen yang luas, BBM juga menyediakan fitur broadcast dan group chat yang dapat digunakan untuk promosi dan membangun relasi dengan pelanggan. Untuk sukses dalam bisnis online via BBM, ada beberapa tips yang dapat diterapkan, seperti:

  • Fokus pada niche produk atau jasa tertentu yang spesifik
  • Bangun personal branding yang kuat untuk membangun kepercayaan konsumen
  • Manfaatkan fitur broadcast dan group chat BBM untuk promosi
  • Berikan pelayanan pelanggan yang baik dan solutif
  • Terus berinovasi dan mengikuti perkembangan tren bisnis online

Membangun Bisnis Online Sukses Melalui BBM

Mengenal Bisnis Online via BBM

Bisnis online melalui BBM (BlackBerry Messenger) merupakan salah satu cara berbisnis yang memanfaatkan platform pesan instan populer untuk menjangkau pelanggan dan memasarkan produk atau layanan. Dengan basis pengguna yang besar di Indonesia, BBM menawarkan peluang yang luas bagi pelaku bisnis online untuk mengembangkan usahanya.

Target Pasar Bisnis Online via BBM

Bisnis online via BBM menargetkan pengguna BBM yang aktif di platform tersebut, khususnya mereka yang mencari produk atau layanan tertentu. Dengan memanfaatkan fitur seperti BBM Channel dan BBM Group, pelaku bisnis dapat menjangkau audiens yang relevan dan membangun hubungan dengan pelanggan potensial.

Personal Experience

Saya pernah menjalankan bisnis online kecil-kecilan melalui BBM beberapa tahun lalu. Saya menjual aksesori ponsel dan menjangkau pelanggan melalui BBM Channel. Awalnya, saya hanya memiliki sedikit pelanggan, namun seiring berjalannya waktu, saya berhasil membangun basis pelanggan yang cukup besar berkat fitur-fitur BBM yang memungkinkan saya terhubung dengan pelanggan dengan mudah.

Strategi Pemasaran untuk Bisnis Online via BBM

Untuk membangun bisnis online sukses melalui BBM, perlu menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Beberapa strategi yang dapat diterapkan antara lain:

  • Membuat BBM Channel: Buat BBM Channel untuk mempromosikan produk atau layanan Anda dan terhubung dengan pelanggan.
  • Menggunakan BBM Group: Bergabunglah dengan BBM Group yang relevan dengan niche bisnis Anda untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
  • Memanfaatkan BBM Pin Broadcast: Gunakan fitur BBM Pin Broadcast untuk mengirimkan pesan massal ke daftar kontak Anda.
  • Mengoptimalkan Konten: Buat konten yang menarik dan relevan untuk dibagikan di BBM Channel dan Group.
  • Menjalin Hubungan dengan Pelanggan: Gunakan BBM Messenger untuk berkomunikasi dengan pelanggan, membangun hubungan, dan memberikan dukungan.

Pentingnya Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan sangat penting dalam bisnis online via BBM. Responsif terhadap pertanyaan dan keluhan pelanggan, serta menangani masalah dengan cepat dan profesional akan membantu membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Pertimbangan Legal

Saat menjalankan bisnis online via BBM, penting untuk mematuhi peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku. Pastikan Anda memiliki izin usaha yang valid dan mematuhi peraturan perpajakan.

Tren Bisnis Online via BBM

Bisnis online via BBM terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Tren terbaru meliputi:

  • Integrasi dengan Platform Lainnya: BBM kini terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce, memudahkan pelaku bisnis untuk mengelola dan mempromosikan produk mereka.
  • Fitur Baru: BBM terus memperbarui platformnya dengan fitur-fitur baru, seperti BBM Shop dan BBM Payment, yang mempermudah transaksi bisnis.
  • Peluang Kolaborasi: BBM menawarkan peluang kolaborasi dengan merek dan influencer, membantu pelaku bisnis menjangkau audiens yang lebih luas.

Kesimpulan

Bisnis online via BBM menawarkan peluang yang sangat baik bagi pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya. Dengan memanfaatkan fitur-fitur platform yang kuat dan basis pengguna yang besar, Anda dapat menjangkau pelanggan, membangun hubungan, dan membangun bisnis online yang sukses.

Bisnis Online via BBM

.