Info Sekolah
Saturday, 13 Jul 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Ampuh Mengatasi File Explorer yang Tidak Merespon

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Ampuh Mengatasi File Explorer yang Tidak Merespon
Cara Mengatasi File Explorer Not Responding

Cara mengatasi File Explorer yang tidak merespon di Windows 10. Ikuti langkah-langkah mudah ini untuk memperbaiki masalah tersebut.

Banyak yang merasa kesal ketika sedang menggunakan komputer dan tiba-tiba file explorer mereka tidak merespon. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan, seperti program yang tidak responsif atau masalah pada sistem operasi. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Pertama-tama, Anda dapat mencoba untuk menutup semua program yang sedang berjalan dan memeriksa apakah file explorer sudah berfungsi normal atau tidak. Selain itu, cobalah untuk memperbarui sistem operasi Anda dan periksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk aplikasi yang sering Anda gunakan. Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat mencoba untuk melakukan scanning virus dan malware pada komputer Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mencoba untuk membersihkan cache dan cookies di browser Anda. Terkadang, hal kecil seperti ini dapat mempengaruhi kinerja file explorer pada komputer Anda. Jangan lupa untuk memastikan bahwa komputer Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menjalankan program dan aplikasi dengan lancar.

Secara keseluruhan, mengatasi file explorer yang tidak merespon memang bisa menjadi tugas yang sulit, namun dengan sedikit usaha dan beberapa langkah sederhana, masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah. Jangan ragu untuk mencoba beberapa cara yang telah disebutkan di atas dan pastikan komputer Anda selalu dalam kondisi yang baik.

Jakarta, INDONESIA – Bagi pengguna komputer, File Explorer adalah salah satu aplikasi yang penting untuk mengatur file-file yang tersimpan di dalamnya. Namun, terkadang aplikasi ini bisa bermasalah dan tidak merespons ketika dibuka. Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

File

Memperbaiki File Explorer dengan Task Manager

Salah satu cara untuk mengatasi File Explorer yang tidak merespons adalah dengan menggunakan Task Manager. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard Anda.
  2. Pilih tab Processes dan cari Windows Explorer.
  3. Klik kanan pada Windows Explorer dan pilih Restart.

Dengan menggunakan Task Manager, Anda dapat memperbaiki File Explorer yang bermasalah tanpa harus mematikan komputer Anda.

Task

Menghapus File Explorer History

File Explorer akan menyimpan history pencarian dan jendela terakhir yang dibuka, sehingga memori cache yang terkumpul bisa menyebabkan aplikasi menjadi lambat dan tidak merespons. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menghapus history File Explorer dengan cara berikut:

  1. Buka File Explorer dan klik File di pojok kiri atas.
  2. Pilih Change folder and search options.
  3. Pada tab General, klik pada tombol Clear di bawah Privacy.

Dengan menghapus history File Explorer secara berkala, Anda dapat mempercepat kinerja aplikasi dan menghindari masalah tidak merespons.

Delete

Menonaktifkan Ekstensi File Explorer

Jika File Explorer terus-menerus bermasalah dan tidak merespons, kemungkinan besar ada ekstensi yang menyebabkan hal tersebut. Anda dapat menonaktifkan ekstensi tersebut dengan cara berikut:

  1. Buka File Explorer dan klik View di pojok kiri atas.
  2. Pilih Options dan pilih Change folder and search options.
  3. Pada tab View, cari opsi Hide extensions for known file types dan hilangkan tanda centangnya.
  4. Klik Apply dan OK.
  5. Kembali ke tab View dan klik Options lagi. Kali ini, pilih Change folder and search options.
  6. Pada tab View, cari opsi Hide extensions for known file types dan berikan tanda centang kembali.

Dengan menonaktifkan ekstensi File Explorer, Anda dapat mengetahui apakah masalah tidak merespons disebabkan oleh ekstensi tertentu atau bukan.

Disable

Menjalankan SFC Scan

Jika File Explorer masih tidak merespons setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda bisa mencoba menjalankan SFC (System File Checker) scan untuk memeriksa integritas sistem file. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt sebagai administrator dengan menekan tombol Windows + X pada keyboard Anda dan memilih Command Prompt (Admin).
  2. Ketik perintah sfc /scannow dan tekan Enter.
  3. Tunggu hingga proses scan selesai.

Setelah proses scan selesai, restart komputer Anda dan coba buka kembali File Explorer untuk melihat apakah masalah sudah teratasi.

SFC

Menghapus Cache Gambar Tumbnail

File Explorer akan membuat thumbnail gambar untuk mempermudah pengguna dalam mencari file. Namun, cache thumbnail tersebut bisa menjadi besar dan menyebabkan File Explorer menjadi lambat dan tidak merespons. Untuk menghapus cache thumbnail, Anda bisa menggunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka folder tempat gambar tersimpan.
  2. Pilih semua gambar dengan menekan tombol Ctrl + A.
  3. Tekan tombol Delete pada keyboard Anda.

Dengan menghapus cache thumbnail secara berkala, Anda dapat mempercepat kinerja File Explorer dan menghindari masalah tidak merespons.

Delete

Menggunakan Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah aplikasi bawaan Windows yang dapat membersihkan file sampah dan cache yang tidak diperlukan. Anda dapat menggunakan Disk Cleanup untuk membersihkan file-file tersebut secara otomatis dengan cara berikut:

  1. Buka File Explorer dan klik kanan pada drive sistem (biasanya drive C:).
  2. Pilih Properties dan klik pada tombol Disk Cleanup.
  3. Tunggu hingga proses scan selesai dan pilih file-file yang ingin dihapus.
  4. Klik pada tombol OK untuk menghapus file-file tersebut.

Dengan menggunakan Disk Cleanup secara berkala, Anda dapat mempercepat kinerja komputer dan menghindari masalah tidak merespons pada File Explorer.

Disk

Menggunakan CHKDSK

Jika masalah pada File Explorer disebabkan oleh kerusakan pada sistem file, Anda bisa menggunakan CHKDSK (Check Disk) untuk memperbaikinya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt sebagai administrator dengan menekan tombol Windows + X pada keyboard Anda dan memilih Command Prompt (Admin).
  2. Ketik perintah chkdsk c: /f (jika drive sistem Anda adalah drive C:) dan tekan Enter.
  3. Tunggu hingga proses scan selesai dan restart komputer Anda.

Setelah proses scan selesai dan komputer Anda di-restart, coba buka kembali File Explorer untuk melihat apakah masalah sudah teratasi.

CHKDSK

Menggunakan Registry Cleaner

Registry adalah database yang menyimpan konfigurasi sistem Windows. Namun, registry bisa menjadi besar dan rusak sehingga menyebabkan masalah pada File Explorer. Untuk memperbaiki masalah tersebut, Anda bisa menggunakan registry cleaner seperti CCleaner dengan cara berikut:

  1. Unduh dan instal CCleaner.
  2. Buka aplikasi CCleaner dan pilih Registry pada panel sebelah kiri.
  3. Klik pada tombol Scan for Issues.
  4. Tunggu hingga proses scan selesai dan klik pada tombol Fix selected issues….
  5. Simpan backup registry Anda dan klik pada tombol Fix All Selected Issues.

Dengan menggunakan registry cleaner secara berkala, Anda dapat mempercepat kinerja komputer dan menghindari masalah tidak merespons pada File Explorer.

CCleaner

Memperbarui Driver

Driver adalah perangkat lunak yang menghubungkan hardware dengan sistem operasi Windows. Jika driver tidak diperbarui, bisa menyebabkan masalah pada aplikasi seperti File Explorer. Untuk memperbaiki masalah tersebut, Anda bisa memperbarui driver dengan cara berikut:

  1. Buka Device Manager dengan menekan tombol Windows + X pada keyboard Anda dan memilih Device Manager.
  2. Pilih hardware yang ingin Anda perbarui driver-nya dan klik kanan pada hardware tersebut.
  3. Pilih Update driver dan ikuti petunjuk yang muncul.

Dengan memperbarui driver secara berkala, Anda dapat memperbaiki masalah pada aplikasi seperti File Explorer dan meningkatkan kinerja komputer Anda secara keseluruhan.

Device

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi masalah File Explorer yang tidak merespons. Dengan melakukan langkah-langkah di atas secara berkala, Anda dapat mempercepat kinerja komputer Anda dan menghindari masalah pada aplikasi lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Cara Mengatasi File Explorer Tidak Merespon

File Explorer pada komputer adalah fitur yang sangat penting untuk mengakses dan mengelola berbagai file atau dokumen. Namun, terkadang File Explorer dapat mengalami masalah seperti tidak merespon. Penyebab dari masalah ini bisa bermacam-macam, mulai dari kesalahan sistem operasi hingga virus. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi File Explorer yang tidak merespon.

1. Lakukan Restart Pada Komputer

Jika File Explorer tiba-tiba tidak merespon, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan restart pada komputer. Hal ini bisa membantu dalam membersihkan cache dan memperbaiki masalah sederhana pada sistem operasi. Setelah restart, coba buka kembali File Explorer dan periksa apakah masalah sudah teratasi.

2. Tutup Program Lain Yang Sedang Berjalan

Saat menggunakan komputer, seringkali kita membuka banyak program sekaligus. Hal ini dapat memengaruhi kinerja komputer dan membuat File Explorer menjadi lambat atau bahkan tidak merespon. Oleh karena itu, pastikan untuk menutup program lain yang sedang berjalan saat menggunakan File Explorer.

3. Hapus Program Yang Tidak Dibutuhkan

Jika komputer terlalu banyak menginstal program yang tidak dibutuhkan, hal ini dapat memengaruhi kinerja sistem operasi dan membuat File Explorer menjadi lambat. Sebaiknya hapus program yang tidak diperlukan agar komputer bekerja dengan lebih baik dan File Explorer dapat berjalan dengan lancar.

4. Scan Komputer Dengan Antivirus Terbaru

Banyak virus atau malware yang dapat memengaruhi kinerja sistem operasi dan membuat File Explorer menjadi tidak merespon. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menginstal antivirus terbaru dan melakukan scan secara berkala untuk membersihkan virus atau malware yang mungkin ada pada komputer.

5. Perbarui Driver Komputer Secara Rutin

Driver komputer adalah program yang menghubungkan perangkat keras dengan sistem operasi. Jika driver tidak diperbarui secara rutin, hal ini dapat memengaruhi kinerja sistem operasi dan membuat File Explorer menjadi tidak merespon. Pastikan untuk selalu memperbarui driver komputer secara berkala agar dapat menjaga kinerja komputer dan File Explorer.

6. Hapus File Sampah Pada Komputer

File sampah seperti file download yang tidak diperlukan atau file sementara dapat memengaruhi kinerja sistem operasi dan membuat File Explorer menjadi lambat atau bahkan tidak merespon. Sebaiknya hapus file sampah secara berkala agar komputer dapat bekerja dengan lebih baik dan File Explorer dapat berjalan dengan lancar.

7. Gunakan Perbaikan Sistem Windows

Sistem operasi Windows memiliki fitur perbaikan yang dapat membantu memperbaiki masalah pada komputer. Jika File Explorer tidak merespon, coba gunakan fitur perbaikan sistem Windows untuk memperbaiki masalah tersebut.

8. Lakukan Defragmentasi Pada Hard Disk

Defragmentasi adalah proses yang membantu mengatur ulang data pada hard disk agar dapat diakses dengan lebih cepat. Jika hard disk terlalu penuh atau tidak teratur, hal ini dapat memengaruhi kinerja sistem operasi dan membuat File Explorer menjadi lambat atau bahkan tidak merespon. Oleh karena itu, lakukan defragmentasi pada hard disk secara berkala untuk menjaga kinerja komputer dan File Explorer.

9. Jangan Sering Menyimpan Banyak Aplikasi Pada Desktop

Menyimpan banyak aplikasi atau shortcut pada desktop dapat memengaruhi kinerja sistem operasi dan membuat File Explorer menjadi lambat atau bahkan tidak merespon. Sebaiknya hindari menyimpan banyak aplikasi pada desktop dan pindahkan ke folder yang sesuai agar komputer dapat bekerja dengan lebih baik dan File Explorer dapat berjalan dengan lancar.

Dalam mengatasi File Explorer yang tidak merespon, perlu dilakukan beberapa langkah untuk memperbaiki masalah tersebut. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, diharapkan File Explorer dapat berjalan dengan lancar dan memudahkan pengguna dalam mengakses dan mengelola berbagai file atau dokumen.

Berikut adalah pandangan mengenai cara mengatasi File Explorer Not Responding:

  1. Cara Mengatasi File Explorer Not Responding
    • Restart Komputer: Salah satu cara paling sederhana untuk mengatasi masalah ini adalah dengan me-restart ulang komputer. Terkadang, hal ini dapat membantu memperbaiki masalah yang terjadi pada File Explorer.
    • Melakukan Update: Pastikan bahwa sistem operasi dan aplikasi yang digunakan di komputer Anda selalu ter-update ke versi terbaru. Biasanya, update terbaru akan memperbaiki bug dan masalah keamanan yang ditemukan pada sistem operasi atau aplikasi.
    • Melakukan Scanning: Melakukan scanning pada komputer menggunakan antivirus dapat membantu mengidentifikasi apakah ada virus atau malware yang menyebabkan File Explorer Not Responding.
    • Menghapus File Cache: File cache yang terlalu banyak dapat menyebabkan File Explorer menjadi lambat dan tidak responsif. Oleh karena itu, sebaiknya secara teratur membersihkan file cache yang tidak diperlukan.
    • Menonaktifkan Add-ons: Beberapa add-ons pada browser atau aplikasi tertentu dapat menyebabkan File Explorer menjadi tidak responsif. Coba nonaktifkan add-ons yang tidak diperlukan dan lihat apakah masalahnya teratasi.
  2. Pro dan Kontra Menggunakan Cara Mengatasi File Explorer Not Responding
    • Pro:
      • Membantu memperbaiki masalah File Explorer yang tidak responsif.
      • Tidak memerlukan biaya tambahan, kecuali jika menggunakan software khusus.
      • Cara-cara di atas mudah dilakukan dan dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan dari teknisi komputer.
    • Kontra:
      • Tidak semua masalah File Explorer Not Responding dapat diatasi dengan cara-cara di atas. Beberapa masalah mungkin memerlukan teknisi komputer untuk memperbaikinya.
      • Melakukan update atau scanning dapat memakan waktu yang cukup lama, tergantung pada ukuran dan keadaan komputer Anda.
      • Jika tidak hati-hati, menghapus file cache atau menonaktifkan add-ons yang penting dapat menyebabkan masalah baru pada sistem operasi atau aplikasi.

Dalam kesimpulannya, cara mengatasi File Explorer Not Responding dapat dilakukan dengan cara sederhana seperti me-restart ulang komputer atau melakukan scanning antivirus. Namun, tidak semua masalah dapat diatasi dengan cara-cara tersebut dan perlu diperhatikan pros dan kontra dalam penggunaannya.

Halo pembaca setia blog kami, pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai cara mengatasi File Explorer yang tidak merespon. Seperti yang kita tahu, File Explorer merupakan aplikasi bawaan dari sistem operasi Windows yang berfungsi untuk menjelajahi file dan folder pada komputer kita. Namun, seringkali kita mengalami masalah dimana File Explorer tiba-tiba tidak merespon ketika dibuka.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memeriksa apakah ada program atau proses lain yang sedang berjalan di latar belakang yang dapat mempengaruhi kinerja File Explorer. Jika iya, maka sebaiknya tutup program atau proses tersebut terlebih dahulu sebelum membuka kembali File Explorer. Selain itu, pastikan juga bahwa komputer anda memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan aplikasi File Explorer dengan lancar.

Jika cara di atas masih belum berhasil, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan scan dan perbaikan pada sistem operasi Windows anda. Anda dapat menggunakan fitur System File Checker (SFC) atau Deployment Image Servicing and Management (DISM) yang tersedia pada Windows untuk melakukan hal tersebut. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu membuka Command Prompt dan mengetikkan perintah sfc /scannow atau DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi File Explorer yang tidak merespon pada sistem operasi Windows. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih sudah mengunjungi blog kami dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Sebagai seorang jurnalis, saya sering mendapatkan pertanyaan tentang cara mengatasi masalah pada komputer. Salah satu permasalahan yang sering muncul adalah Cara Mengatasi File Explorer Not Responding. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang:

  1. Apa itu File Explorer Not Responding?
  2. Mengapa File Explorer Not Responding terjadi?
  3. Bagaimana cara mengatasi File Explorer Not Responding?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari kita bahas satu per satu:

  • Apa itu File Explorer Not Responding?
  • File Explorer Not Responding adalah sebuah pesan error yang muncul ketika kamu membuka File Explorer di komputer kamu. Pesan tersebut menunjukkan bahwa File Explorer sedang mengalami masalah dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

  • Mengapa File Explorer Not Responding terjadi?
  • Ada beberapa alasan mengapa File Explorer Not Responding bisa terjadi, di antaranya:

    • Komputer kamu terlalu lambat atau tidak memiliki cukup RAM untuk menjalankan File Explorer.
    • Ada file atau folder yang rusak atau korup di dalam komputer kamu.
    • Ada masalah dengan driver atau program yang terinstal di komputer kamu.
  • Bagaimana cara mengatasi File Explorer Not Responding?
  • Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi File Explorer Not Responding:

    1. Restart komputer kamu. Kadang-kadang, masalah pada File Explorer bisa diatasi dengan melakukan restart pada komputer kamu.
    2. Lakukan scan dan perbaikan file system di komputer kamu. Kamu bisa menggunakan perintah sfc /scannow pada Command Prompt untuk melakukan scan dan perbaikan file system.
    3. Hapus file atau folder yang rusak atau korup di dalam komputer kamu.
    4. Perbarui driver atau program yang terinstal di komputer kamu.
    5. Upgrade RAM pada komputer kamu jika RAM yang terinstal terlalu kecil.

Demikianlah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang cara mengatasi File Explorer Not Responding. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu dan dapat membantu menyelesaikan masalah pada komputer kamu.