Info Sekolah
Thursday, 22 Feb 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Ampuh Menghapus Background Putih di Coreldraw dengan Mudah

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Menghilangkan Background Putih Di Coreldraw

Cara menghilangkan background putih di Coreldraw dengan mudah dan cepat. Pelajari caranya di sini dan buat desainmu lebih menarik!

Cara Menghilangkan Background Putih Di Coreldraw adalah salah satu hal yang wajib diketahui bagi para desainer grafis. Bagaimana tidak, background putih yang muncul saat kita memasukkan sebuah gambar ke dalam dokumen Coreldraw kadang-kadang bisa mengganggu tampilan desain yang kita buat. Oleh karena itu, beberapa tips dan trik perlu diterapkan untuk mengatasi masalah ini.

Pertama-tama, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan background putih di Coreldraw. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur Remove Background yang tersedia di aplikasi tersebut. Fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk menghapus latar belakang dari sebuah gambar tanpa harus menggunakan tool cropping secara manual.

Namun, jika fitur tersebut tidak memberikan hasil yang sesuai dengan harapan, maka pengguna dapat mencoba cara lain seperti menggunakan mask atau clipping path. Dengan menggunakan teknik ini, pengguna bisa membuat seleksi atau path pada objek yang ingin dihilangkan background putihnya. Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan tool Magic Wand atau Quick Selection untuk memilih bagian gambar yang akan dihapus background putihnya.

Dalam proses menghilangkan background putih di Coreldraw, pengguna juga perlu memperhatikan resolusi gambar dan kualitas warna yang dihasilkan. Hal ini bertujuan agar hasil akhir desain tetap terlihat profesional dan tidak pecah atau blur ketika dicetak. Jadi, jangan sampai terburu-buru dalam menghilangkan background putih di Coreldraw tanpa mempertimbangkan faktor-faktor tersebut.

Pengenalan

CorelDRAW adalah software desain grafis yang sangat populer di Indonesia. Dalam proses desain, seringkali kita membutuhkan gambar dengan background transparan. Namun, beberapa gambar yang kita miliki biasanya memiliki background putih yang tidak diinginkan. Artikel ini akan memberikan cara menghilangkan background putih di CorelDRAW agar gambar dapat digunakan dengan lebih baik dan efektif.

Cara Menghilangkan Background Putih

Menggunakan Alat Magic Wand

Alat

Cara pertama untuk menghilangkan background putih adalah dengan menggunakan alat Magic Wand pada CorelDRAW. Alat ini dapat membantu kita memilih area yang ingin dihapus dengan mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka gambar yang ingin dihilangkan background putihnya di CorelDRAW
  2. Pilih alat Magic Wand dari toolbar
  3. Klik pada area background putih yang ingin dihapus
  4. Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus area yang dipilih
  5. Ulangi langkah 3-4 sampai semua area yang diinginkan sudah terhapus

Menggunakan Alat Eraser

Alat

Cara kedua untuk menghilangkan background putih adalah dengan menggunakan alat Eraser pada CorelDRAW. Alat ini bekerja seperti penghapus pada umumnya dan dapat membantu kita menghapus area yang tidak diinginkan dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka gambar yang ingin dihilangkan background putihnya di CorelDRAW
  2. Pilih alat Eraser dari toolbar
  3. Geser alat eraser pada area yang ingin dihapus
  4. Ulangi langkah 3 sampai semua area yang diinginkan sudah terhapus

Menggunakan Alat Color Transparency

Alat

Cara ketiga untuk menghilangkan background putih adalah dengan menggunakan alat Color Transparency pada CorelDRAW. Alat ini dapat membantu kita mengubah warna background menjadi transparan dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka gambar yang ingin dihilangkan background putihnya di CorelDRAW
  2. Pilih area background putih yang ingin dihapus
  3. Klik pada alat Color Transparency dari toolbar
  4. Geser nilai transparansi hingga background menjadi transparan

Kesimpulan

Dalam proses desain, menghilangkan background putih pada gambar sangat penting untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan efektif. Cara menghilangkan background putih di CorelDRAW dapat dilakukan dengan menggunakan alat Magic Wand, Eraser, atau Color Transparency. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan anda dalam proses desain. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

Cara Menghilangkan Background Putih Di CorelDRAW

Untuk menghilangkan background putih di CorelDRAW, Anda bisa menggunakan beberapa teknik yang mudah dan efektif. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

Langkah Awal: Membuka CorelDRAW

Langkah pertama adalah membuka aplikasi CorelDRAW di komputer atau laptop Anda. Setelah itu, buatlah sebuah dokumen kosong dengan ukuran yang sesuai dengan objek yang akan dimodifikasi.

Menyiapkan Objek yang Akan Dimodifikasi

Setelah dokumen kosong siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan objek yang akan dimodifikasi. Pastikan objek tersebut sudah dipindahkan ke dalam lembar kerja CorelDRAW.

Membuat Fungsi PowerClip

Setelah objek siap, buat fungsi PowerClip untuk memasukkan objek ke dalam sebuah wadah. Caranya adalah dengan memilih objek yang akan dimasukkan ke dalam wadah, lalu klik kanan pada objek tersebut dan pilih PowerClip pada menu dropdown.

Memasukkan Objek ke dalam PowerClip

Setelah memilih fungsi PowerClip, CorelDRAW akan memberikan petunjuk untuk memilih wadah yang akan digunakan. Pilihlah bentuk wadah yang diinginkan, misalnya kotak atau lingkaran. Setelah itu, masukkan objek ke dalam wadah tersebut dengan men-drag objek ke dalam wadah.

Mengubah Warna Latar Belakang Objek

Setelah objek dimasukkan ke dalam wadah, klik pada latar belakang objek. Pilihlah warna yang diinginkan untuk mengganti warna latar belakang tersebut.

Menggunakan Fungsi Transparency

Jika Anda ingin membuat latar belakang objek menjadi transparan, gunakanlah fungsi Transparency. Caranya adalah dengan memilih latar belakang objek, lalu pilih menu Effects > Transparency > Linear Transparency.

Memodifikasi Tingkat Transparansi

Setelah memilih fungsi Transparency, CorelDRAW akan memberikan opsi untuk mengatur tingkat transparansi. Anda bisa menyesuaikan tingkat transparansi sesuai dengan kebutuhan, misalnya 50% atau 70%.

Mengubah Nilai Brightness dan Contrast

Anda juga bisa mengubah nilai Brightness dan Contrast untuk membuat latar belakang objek lebih terang atau gelap. Caranya adalah dengan memilih latar belakang objek, lalu pilih menu Adjustment > Brightness/Contrast.

Menambahkan Efek Gaussian Blur

Jika Anda ingin membuat latar belakang objek lebih blur atau kabur, gunakanlah efek Gaussian Blur. Caranya adalah dengan memilih latar belakang objek, lalu pilih menu Effects > Blur > Gaussian Blur. Setelah itu, atur nilai radius sesuai dengan kebutuhan.

Mempelajari Teknik Masking Untuk Menghilangkan Background Putih Di CorelDRAW

Terakhir, Anda juga bisa mempelajari teknik masking untuk menghilangkan background putih di CorelDRAW. Caranya adalah dengan membuat sebuah objek baru yang akan digunakan sebagai masker. Setelah itu, masukkan objek yang akan dimodifikasi ke dalam masker tersebut menggunakan fungsi PowerClip. Kemudian, modifikasi masker dengan menambahkan efek atau perubahan warna yang diinginkan.

Dengan menggunakan teknik-teknik di atas, Anda bisa dengan mudah menghilangkan background putih di CorelDRAW dan membuat objek menjadi lebih menarik dan profesional.

Coreldraw adalah salah satu software desain grafis yang sering digunakan untuk membuat berbagai macam desain, mulai dari logo, banner, brosur, hingga kartu nama. Namun, seringkali kita dihadapkan dengan masalah background putih yang tidak diinginkan pada desain yang kita buat. Berikut ini adalah panduan cara menghilangkan background putih di Coreldraw.

Langkah-Langkah Menghilangkan Background Putih di Coreldraw:

  1. Buka file desain yang ingin dihilangkan background putihnya di Coreldraw.
  2. Pilih objek yang ingin dihilangkan background putihnya dengan menggunakan fitur Selection Tool.
  3. Klik kanan pada objek tersebut, kemudian pilih PowerClip > Place Inside Container.
  4. Setelah itu, pilih objek yang ingin digunakan sebagai container atau wadah untuk objek yang akan dihilangkan background putihnya.
  5. Background putih pada objek yang dipilih akan hilang dan objek tersebut akan terlihat seperti terpotong.
  6. Jika diperlukan, kita bisa menambahkan background lain pada bagian belakang objek tersebut dengan menggunakan fitur Rectangle Tool atau Polygon Tool.
  7. Setelah selesai, klik kanan pada objek yang sudah dipotong dan pilih Release Powerclip.

Pro dan Kontra dari Cara Menghilangkan Background Putih di Coreldraw:

Meskipun cara menghilangkan background putih di Coreldraw cukup mudah dilakukan, namun ada beberapa pro dan kontra yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya.

Pro:

  • Cara ini dapat menghilangkan background putih pada gambar dengan cepat dan mudah.
  • Kita bisa menggunakan berbagai macam objek sebagai container atau wadah untuk objek yang akan dihilangkan background putihnya.
  • Tidak memerlukan pengetahuan teknis yang sangat mendalam untuk melakukannya.

Kontra:

  • Cara ini tidak selalu berhasil menghilangkan background putih secara sempurna, terutama pada gambar dengan tingkat kejelasan yang rendah.
  • Proses pemotongan objek dalam PowerClip dapat memakan waktu yang cukup lama jika dilakukan pada gambar dengan ukuran yang besar.
  • Jika kita tidak berhati-hati dalam menggunakan cara ini, kita bisa saja merusak desain yang sudah kita buat sebelumnya.

Dalam penggunaannya, kita perlu mempertimbangkan pro dan kontra dari cara menghilangkan background putih di Coreldraw agar hasil desain yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.

Terima kasih telah membaca artikel ini tentang cara menghilangkan background putih di Coreldraw. Semoga informasi yang telah kami berikan dapat membantu Anda dalam pekerjaan desain grafis Anda. Dalam mengedit gambar, seringkali dibutuhkan untuk menghapus background agar dapat digunakan pada latar belakang yang berbeda. Namun, tidak semua orang tahu cara menghapus background dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu, kami telah menyajikan langkah-langkah yang mudah dipahami bagi Anda yang ingin menghilangkan background putih di Coreldraw.

Sebelum mengikuti langkah-langkah yang telah kami sajikan, pastikan bahwa Anda memiliki gambar yang ingin dihapus backgroundnya. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda sudah menguasai dasar-dasar menggunakan Coreldraw. Jika belum, Anda dapat mempelajarinya melalui tutorial atau kursus desain grafis online.

Sekarang, Anda sudah mengetahui cara menghilangkan background putih di Coreldraw. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami sajikan, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam proses editing gambar. Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan kualitas desain grafis Anda dengan hasil yang lebih baik dan profesional. Selalu ingat bahwa praktek dan pengalaman adalah kunci sukses dalam dunia desain grafis. Teruslah belajar dan berlatih, dan jangan ragu untuk mengembangkan kreativitas Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya tentang cara menghilangkan background putih di Coreldraw. Berikut adalah pertanyaan yang sering diajukan dan jawabannya:

  1. Bisakah saya menghapus latar belakang putih dari gambar dengan cepat?

    Jawaban:

    Ya, Anda bisa menggunakan fitur Magic Wand atau Quick Selection tool untuk memilih area latar belakang yang ingin dihapus secara cepat.

  2. Bagaimana jika gambar memiliki banyak warna dan detail yang rumit, apakah masih bisa dihapuskan backgroundnya?

    Jawaban:

    Anda bisa menggunakan fitur Pen Tool atau Bézier Tool untuk membuat seleksi yang lebih akurat dan tepat pada bagian-bagian yang kompleks dan sulit.

  3. Apakah ada cara lain untuk menghapus latar belakang putih selain menggunakan Magic Wand atau Pen Tool?

    Jawaban:

    Ya, Anda juga bisa menggunakan fitur Magnetic Lasso atau Freehand Tool untuk membuat seleksi secara manual pada bagian-bagian yang ingin dihapus.

  4. Apakah ada tips atau trik untuk menghilangkan background putih dengan lebih efektif?

    Jawaban:

    Anda bisa mencoba untuk meningkatkan kontras atau kecerahan gambar terlebih dahulu sebelum menghapus latar belakangnya agar seleksinya lebih mudah dibuat. Anda juga bisa menggunakan layer mask atau alpha channel untuk membuat seleksi yang lebih presisi.

  5. Apakah ada risiko kerusakan pada gambar saat menghapus latar belakangnya?

    Jawaban:

    Ya, tergantung pada teknik dan alat yang digunakan. Jika seleksi tidak tepat atau terlalu kasar, bisa terjadi cacat atau kehilangan detail pada gambar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berlatih dan mencoba beberapa teknik yang berbeda untuk menemukan yang paling cocok dengan gaya dan kebutuhan Anda.