Info Sekolah
Monday, 26 Feb 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Ampuh Menghapus Latar Belakang Gambar di Word dengan Mudah

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Menghilangkan Background Gambar Di Word

Cara menghilangkan background gambar di Word dengan mudah! Ikuti langkah-langkah praktis yang disajikan dalam panduan ini.

Cara menghilangkan background gambar di Word memang bisa menjadi sebuah tantangan bagi beberapa orang. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Pertama-tama, kita bisa menggunakan fitur remove background di Word yang sangat mudah digunakan. Selain itu, kita juga bisa menggunakan aplikasi edit foto seperti Photoshop atau GIMP untuk mengedit gambar secara lebih detail. Namun, jika Anda tidak memiliki akses ke aplikasi tersebut, Anda juga bisa mencoba untuk mengubah gambar menjadi format PNG yang biasanya memiliki latar belakang transparan. Bagaimanapun caranya, menghilangkan background gambar di Word dapat membantu meningkatkan kualitas dokumen Anda dan membuatnya terlihat lebih profesional.

Memahami Fungsi Background Gambar di Word

Saat membuat dokumen menggunakan Microsoft Word, kita seringkali menambahkan gambar sebagai background. Namun, ada kalanya kita ingin menghapus background gambar tersebut agar dokumen lebih terlihat profesional dan rapi. Nah, untuk menghilangkan background gambar di Word, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Pilih Gambar yang Akan Diubah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih gambar yang akan diubah background-nya. Kemudian, klik kanan pada gambar tersebut dan pilih opsi ‘Set as Background’.

2. Klik Kanan Gambar

Jika Anda ingin menghapus background gambar, langkah selanjutnya adalah dengan mengklik kanan gambar tersebut. Setelah itu, pilih opsi ‘Format Picture’.

3. Pilih Opsi Remove Background

Setelah masuk ke opsi ‘Format Picture’, pilihlah opsi ‘Remove Background’. Kemudian, Word akan langsung mengidentifikasi background dari gambar tersebut.

4. Hapus Background dengan Alat ‘Mark Areas to Keep’

Agar dapat menghilangkan background gambar di Word, gunakan alat ‘Mark Areas to Keep’. Alat ini berfungsi untuk menandai area di dalam gambar yang ingin Anda pertahankan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyeret kursor pada area yang ingin dipertahankan.

5. Hapus Background dengan Alat ‘Mark Areas to Remove’

Setelah selesai menggunakan alat ‘Mark Areas to Keep’, gunakan alat ‘Mark Areas to Remove’. Alat ini digunakan untuk menandai area di dalam gambar yang ingin Anda hapus. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan menyeret kursor pada area yang ingin dihapus.

6. Klik Preview untuk Melihat Hasil Akhir

Setelah menyelesaikan proses ‘Mark Areas to Keep’ dan ‘Mark Areas to Remove’, klik tombol ‘Preview’ untuk melihat hasil akhir dari gambar tersebut. Jika sudah sesuai dengan keinginan Anda, klik ‘OK’ untuk menyimpan perubahan.

7. Menggunakan Alat Lain

Tidak hanya alat ‘Mark Areas to Keep’ dan ‘Mark Areas to Remove’ saja, terdapat beberapa alat lain yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan background gambar di Word. Misalnya, alat ‘Smart Cutout’ untuk memotong gambar secara otomatis atau ‘Background Remover’ untuk menghapus background secara cepat dan mudah.

8. Pilih Opsi ‘Restore Original Image’

Jika Anda ingin mengembalikan gambar menjadi seperti semula, pilih opsi ‘Restore Original Image’. Dengan begitu, gambar akan kembali ke bentuk aslinya dan background-nya akan terlihat lagi.

9. Menyimpan Perubahan

Saat sudah selesai menghilangkan background gambar di Word, jangan lupa untuk menyimpan perubahan tersebut. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol ‘Ctrl + S’ atau klik ‘File’ dan pilih opsi ‘Save’.

10. Ulangi Proses untuk Gambar Lainnya

Jika Anda memiliki banyak gambar yang ingin diubah background-nya, ulangi proses yang sama untuk setiap gambar. Dengan begitu, dokumen Word Anda akan terlihat lebih rapi dan profesional.

Cara Menghilangkan Background Gambar di Word

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan background gambar di aplikasi Word. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, oleh karena itu, Anda perlu mencoba satu per satu dan menentukan metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah Pertama: Buka Dokumen Word yang Ingin Diedit

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka dokumen Word yang ingin di edit. Setelah itu, klik tanda panah di sebelah opsi ‘Gambar’ pada tab ‘Insert’.

Klik Tanda Panah di Sebelah Opsi ‘Gambar’

Pilihan berikutnya adalah memilih ‘Pengaturan gambar’ di menu yang muncul. Di sini, Anda bisa memilih opsi ‘Tidak Ada’ pada bagian ‘Style’ dan ‘Warna’. Selanjutnya, Anda bisa melakukan crop atau potong bagian yang tak diinginkan.

Lakukan ‘Crop’ atau Potong Bagian yang Tak Diinginkan

Anda juga bisa mengatur ukuran gambar secara manual. Pilih gambar yang akan diubah, lalu klik kanan dan pilih ‘Ukuran gambar’. Selanjutnya, atur sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Gunakan VBA Macro untuk Menghapus Background dengan Cepat

Jika Anda ingin menghapus background dengan cepat, Anda bisa menggunakan VBA Macro. Namun, Anda membutuhkan pengetahuan tentang VBA Macro untuk dapat melakukannya.

Hapus Background dengan Fitur ‘Remove Background’

Fitur ‘Remove Background’ juga bisa digunakan untuk menghapus background dengan mudah. Pilih gambar, lalu pilih ‘Remove Background’. Atur area yang ingin dihapus dan bagian yang ingin dipertahankan.

Gunakan Aplikasi atau Program Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menghilangkan background gambar dengan hasil yang lebih baik, Anda bisa menggunakan aplikasi atau program pihak ketiga seperti Adobe Photoshop atau GIMP. Namun, ini memerlukan waktu dan keahlian khusus dalam penggunaan aplikasi tersebut.

Gunakan Layanan Online untuk Menghilangkan Background secara Instant

Terakhir, gunakan layanan online seperti Remove.bg untuk menghilangkan background secara instant. Anda hanya perlu mengunggah gambar dan layanan ini akan secara otomatis menghapus background-nya.

Jadi, itulah beberapa cara menghilangkan background gambar di aplikasi Word. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Berikut adalah pandangan saya tentang cara menghilangkan background gambar di Word:

  1. Cara Menghilangkan Background Gambar Di Word sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana untuk melakukan hal tersebut.
  2. Dengan menggunakan Cara Menghilangkan Background Gambar Di Word, Anda dapat membuat dokumen yang lebih menarik dan profesional. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas dokumen Anda dan membuatnya lebih menarik bagi pembaca.
  3. Selain itu, menggunakan Cara Menghilangkan Background Gambar Di Word juga dapat membantu mempercepat proses pembuatan dokumen. Anda tidak perlu lagi mengedit gambar secara manual untuk menghapus background-nya.

Namun, seperti halnya dengan kebanyakan teknologi, Cara Menghilangkan Background Gambar Di Word juga memiliki beberapa kekurangan:

  • Proses penghapusan background gambar mungkin tidak selalu sempurna. Dalam beberapa kasus, latar belakang gambar mungkin masih terlihat di sekitar objek utama.
  • Menggunakan Cara Menghilangkan Background Gambar Di Word juga dapat memakan waktu yang cukup lama terutama jika Anda memiliki banyak gambar dalam satu dokumen.
  • Menghilangkan background gambar juga dapat mengurangi kualitas gambar asli. Jika Anda harus melakukan editing gambar secara teratur, maka ada kemungkinan bahwa kualitas gambar akan terpengaruh.

Dalam kesimpulannya, Cara Menghilangkan Background Gambar Di Word dapat menjadi alat yang berguna untuk meningkatkan kualitas dokumen Anda. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan kelemahan dalam penggunaannya dan memutuskan apakah metode ini cocok untuk kebutuhan Anda.

Selamat malam pembaca setia blog kami. Sebelum kami menutup artikel ini, kami ingin memberikan rangkuman singkat tentang cara menghilangkan background gambar di Word. Sebagai seorang jurnalis, kami selalu berusaha memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi pembaca.

Setelah melakukan penelitian dan uji coba, kami telah menemukan beberapa cara untuk menghilangkan background gambar di Word dengan mudah. Pertama, Anda dapat menggunakan fitur Remove Background yang disediakan oleh Microsoft Word. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memilih gambar yang ingin dihapus background-nya, lalu klik menu Remove Background dan atur sesuai keinginan Anda.

Jika cara pertama tidak berhasil, Anda dapat mencoba cara kedua yaitu menggunakan fitur Set Transparent Color. Caranya hampir sama dengan cara pertama, namun pada saat memilih menu Remove Background, pilihlah menu Set Transparent Color dan pilih warna background yang ingin Anda hapus.

Demikianlah rangkuman singkat tentang cara menghilangkan background gambar di Word. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca untuk menyelesaikan tugas-tugas atau pekerjaan sehari-hari. Terima kasih telah membaca artikel kami, sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang tentang cara menghilangkan background gambar di Word:

  1. Bagaimana cara menghilangkan background gambar di Word?
  2. Jawabannya, untuk menghilangkan background gambar di Word, Anda dapat menggunakan fitur Remove Background. Caranya adalah dengan mengklik gambar yang ingin dihapus backgroundnya, kemudian pilih tab Format pada ribbon. Di sana, Anda akan menemukan tombol Remove Background. Setelah itu, Anda dapat mengatur area yang ingin dihapus atau dipertahankan dari gambar tersebut.

  3. Apakah ada cara lain untuk menghilangkan background gambar di Word?
  4. Ya, selain menggunakan fitur Remove Background, Anda juga dapat menggunakan alat seleksi seperti Magic Wand atau Lasso Tool untuk memilih area yang ingin dihapus. Setelah itu, tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus background tersebut.

  5. Apakah semua gambar bisa dihapus backgroundnya di Word?
  6. Tidak semua gambar bisa dihapus backgroundnya di Word. Gambar dengan latar belakang kompleks atau banyak detail mungkin sulit dihapus backgroundnya secara sempurna. Namun, dengan pengaturan yang tepat dan beberapa penyesuaian, Anda dapat mencoba menghilangkan background gambar tersebut.

  7. Bagaimana jika saya tidak memiliki pengalaman dalam mengedit gambar di Word?
  8. Tidak perlu khawatir, karena Word menyediakan banyak tutorial dan artikel yang dapat membantu Anda mempelajari cara mengedit gambar, termasuk cara menghilangkan background gambar. Anda juga dapat mencari tutorial di internet atau meminta bantuan dari teman atau kolega yang lebih berpengalaman dalam mengedit gambar.