Info Sekolah
Monday, 22 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Efektif Membuat Abstrak Karya Ilmiah yang Baik di Mata Pembaca

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Membuat Abstrak Yang Baik

Cara membuat abstrak yang baik: fokus pada tujuan penelitian, ringkas dan jelas, serta sertakan hasil utama dan kesimpulan.

Cara membuat abstrak yang baik adalah keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap penulis. Abstrak adalah ringkasan dari sebuah tulisan atau makalah yang memberikan gambaran singkat mengenai tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan dari penelitian tersebut. Dalam membuat abstrak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar abstrak yang dibuat dapat menarik perhatian pembaca dan memberikan gambaran yang jelas mengenai isi tulisan.

Pertama-tama, penting untuk memperhatikan kata-kata kunci yang terdapat dalam tulisan. Kata-kata kunci ini harus disertakan dalam abstrak karena mereka memberikan gambaran singkat tentang topik yang dibahas. Selain itu, menggunakan kalimat singkat dan jelas juga sangat diperlukan dalam membuat abstrak yang baik. Hal ini akan memudahkan pembaca untuk memahami isi tulisan dengan cepat.

Selain itu, penggunaan kalimat aktif juga sangat disarankan dalam membuat abstrak. Kalimat aktif memberikan kesan bahwa penulis lebih terlibat dalam penelitian dan lebih menonjolkan hasil yang dicapai. Di sisi lain, penggunaan kalimat pasif cenderung memberikan kesan bahwa penelitian dilakukan secara tidak langsung atau tidak langsung terlibat dalam penelitian tersebut.

Terakhir, pastikan untuk menyertakan kesimpulan yang jelas dan ringkas pada akhir abstrak. Kesimpulan ini harus dapat memperjelas tujuan dan hasil penelitian yang dilakukan. Dengan demikian, pembaca dapat memahami isi tulisan dengan lebih baik dan memberikan gambaran yang jelas mengenai manfaat dari penelitian tersebut.

Pengertian Abstrak

Abstrak atau abstract adalah ringkasan singkat dari sebuah tulisan, penelitian, makalah, atau laporan yang berisi tentang pokok-pokok penting dari tulisan tersebut. Abstrak biasanya terdapat pada bagian awal dari sebuah tulisan dan harus mampu memberikan gambaran yang jelas tentang isi dari tulisan tersebut.

Gambar

Tujuan Membuat Abstrak

Tujuan utama dari membuat abstrak adalah untuk membantu pembaca memahami inti dari tulisan tersebut tanpa harus membaca keseluruhan tulisan. Dengan adanya abstrak, pembaca dapat mengetahui secara cepat dan singkat apa yang akan diulas dalam tulisan tersebut. Selain itu, abstrak juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi para pembaca untuk menentukan apakah tulisan tersebut relevan atau tidak dengan topik yang sedang dibahas.

Cara Membuat Abstrak

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam membuat abstrak yang baik dan sesuai dengan standar:

Pahami Isi Tulisan Secara Keseluruhan

Sebelum mulai membuat abstrak, pastikan bahwa Anda sudah memahami isi tulisan secara keseluruhan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan poin-poin penting yang harus disebutkan dalam abstrak.

Pahami

Tentukan Panjang Abstrak

Sesuai dengan standar, panjang abstrak sebaiknya tidak lebih dari 250 kata. Pastikan bahwa abstrak yang Anda buat tidak terlalu panjang atau terlalu pendek sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas tentang isi tulisan.

Panjang

Singkat dan Jelas

Abstrak harus ditulis secara singkat dan jelas. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang dan rumit. Sebaiknya gunakan kalimat-kalimat sederhana yang mudah dipahami oleh pembaca.

Singkat

Jangan Menambahkan Kutipan atau Referensi

Abstrak sebaiknya tidak mengandung kutipan atau referensi. Hal ini karena abstrak hanya berisi tentang pokok-pokok penting dari tulisan dan tidak perlu memberikan informasi tentang sumber referensi yang digunakan.

Kutipan

Pilih Kata-kata yang Tepat

Pilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan topik yang sedang dibahas dalam tulisan. Hindari penggunaan kata-kata yang ambigu atau tidak jelas sehingga dapat membingungkan pembaca.

Kata-kata

Tuliskan Fokus dan Tujuan Penelitian

Abstrak juga sebaiknya mencantumkan fokus dan tujuan dari penelitian yang dilakukan. Hal ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang tujuan dari tulisan tersebut.

Fokus

Masukkan Hasil Penelitian Terbaru

Jika tulisan yang Anda buat memiliki hasil penelitian terbaru, sebaiknya masukkan hasil penelitian tersebut dalam abstrak. Hal ini akan menambah nilai dari tulisan Anda dan membuat abstrak lebih menarik bagi pembaca.

Hasil

Rangkum Kesimpulan yang Diperoleh

Abstrak juga sebaiknya mencantumkan kesimpulan yang diperoleh dari tulisan tersebut. Hal ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang hasil dari tulisan tersebut dan memberikan insight yang berguna bagi pembaca.

Kesimpulan

Periksa Kembali Abstrak yang Telah Dibuat

Setelah selesai membuat abstrak, pastikan untuk memeriksa kembali abstrak yang telah dibuat. Periksa apakah abstrak sudah sesuai dengan standar atau tidak. Pastikan juga untuk memperbaiki tata bahasa dan ejaan yang kurang sesuai.

Periksa

Kesimpulan

Membuat abstrak yang baik dan sesuai dengan standar tidaklah sulit. Dengan mengikuti beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membuat abstrak yang baik dan sesuai dengan standar. Ingatlah bahwa abstrak adalah bagian penting dari sebuah tulisan dan dapat mempengaruhi pembaca untuk membaca keseluruhan tulisan atau tidak.

Cara Membuat Abstrak yang Baik

Abstrak adalah bagian penting dalam penulisan ilmiah yang berfungsi untuk memberikan gambaran singkat tentang isi keseluruhan tulisan. Agar abstrak Anda efektif dan mudah dipahami, berikut adalah beberapa cara membuat abstrak yang baik:

1. Memahami Tujuan Abstrak

Sebelum menulis abstrak, pastikan Anda memahami dengan jelas tujuan dari abstrak itu sendiri. Abstrak seharusnya memberikan gambaran singkat dan jelas tentang isi tulisan ilmiah Anda.

2. Menentukan Ukuran dan Gaya Tulisan

Ukuran dan gaya tulisan pada abstrak harus mengikuti format yang sudah ditetapkan. Pastikan untuk memilih ukuran dan gaya tulisan yang sesuai agar abstrak Anda mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca.

3. Memilih Kata-Kata Kunci yang Tepat

Kata-kata kunci pada abstrak sangat penting karena membantu pembaca untuk memahami isi tulisan Anda secara lebih cepat. Pilih kata-kata kunci yang tepat dan relevan untuk memudahkan pembaca dalam mencari informasi.

4. Jenis Abstrak yang Tepat

Ada beberapa jenis abstrak seperti deskriptif, informatif, dan kombinasi keduanya. Pilih jenis abstrak yang paling sesuai dengan jenis tulisan dan tujuan penulisan Anda.

5. Memperhatikan Struktur Kalimat

Abstrak harus memiliki struktur kalimat yang jelas dan mudah dipahami. Pastikan setiap kalimat dalam abstrak memuat informasi yang relevan dengan isi tulisan.

6. Tidak Terlalu Panjang

Abstrak seharusnya singkat dan padat, sehingga pembaca dapat memahami isi tulisan dengan cepat dan efisien. Hindari membuat abstrak terlalu panjang dan mengulang-ulang informasi yang sudah disampaikan dalam tulisan.

7. Hindari Penggunaan Istilah Teknis yang Terlalu Banyak

Penggunaan istilah teknis pada abstrak sebaiknya dibatasi agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Gunakan istilah teknis yang penting dan relevan saja.

8. Mengikuti Aturan Penulisan Abstrak

Setiap jenis tulisan ilmiah memiliki aturan tersendiri dalam penyusunan abstrak. Pastikan untuk mempelajari aturan penulisan abstrak secara menyeluruh dan mengikutinya dengan tepat.

9. Memperhatikan Audience

Abstrak bukan hanya ditujukan untuk para ilmuwan, tetapi juga untuk pembaca biasa seperti mahasiswa atau orang awam yang membutuhkan informasi tentang suatu topik. Perhatikan audience Anda dalam penulisan abstrak agar lebih mudah dipahami.

10. Jangan Menambahkan Informasi Baru

Abstrak seharusnya hanya memuat informasi yang sudah disampaikan dalam tulisan, dan tidak menambahkan informasi baru. Hindari menambahkan informasi yang belum disampaikan dalam tulisan agar abstrak tetap singkat dan padat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat abstrak yang baik dan efektif untuk tulisan ilmiah Anda.

Abstrak adalah bagian penting dari sebuah karya ilmiah, seperti skripsi, tesis, ataupun jurnal. Abstrak berfungsi sebagai ringkasan dari keseluruhan isi karya ilmiah dan menjadi penentu apakah pembaca tertarik untuk membaca lebih lanjut atau tidak. Oleh karena itu, penting untuk menulis abstrak yang baik dan menarik. Berikut adalah cara membuat abstrak yang baik:

  1. Tentukan tujuan

    Sebelum menulis abstrak, tentukan terlebih dahulu tujuan dari karya ilmiah yang kamu buat. Apa yang ingin kamu sampaikan? Apa yang ingin kamu jelaskan? Tujuan ini akan membantu kamu dalam menentukan informasi apa saja yang harus disertakan dalam abstrak.

  2. Gunakan bahasa yang jelas dan singkat

    Bahasa yang digunakan dalam abstrak harus jelas dan mudah dipahami. Hindari menggunakan istilah yang sulit atau terlalu teknis. Selain itu, gunakan kalimat yang singkat dan padat agar mudah dipahami oleh pembaca.

  3. Jelaskan metodologi

    Metodologi adalah prosedur atau teknik yang digunakan dalam karya ilmiah. Jelaskan metodologi yang kamu gunakan dalam abstrak. Ini akan membantu pembaca memahami bagaimana kamu melakukan penelitian atau analisis.

  4. Sertakan hasil dan kesimpulan

    Sertakan hasil yang telah kamu dapatkan dalam abstrak. Jangan lupa juga untuk menyertakan kesimpulan dari karya ilmiah yang kamu buat. Hal ini akan membantu pembaca memperoleh gambaran yang jelas tentang apa yang telah kamu temukan.

  5. Periksa kembali

    Setelah menulis abstrak, periksa kembali keseluruhan isi abstrak. Pastikan abstrakmu sudah mencakup informasi penting dan mudah dipahami. Jangan ragu untuk melakukan revisi jika diperlukan.

Dalam membuat abstrak yang baik, penting untuk menggunakan suara yang jelas dan terorganisir. Gunakan suara penjelasan yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu teknis atau sulit dipahami. Selain itu, gunakan nada yang positif dan optimis untuk menunjukkan bahwa karya ilmiah yang kamu buat memiliki nilai penting. Dengan menggunakan suara yang baik dan terorganisir, abstrakmu akan lebih menarik dan memikat bagi pembaca.

Terima kasih telah membaca artikel ini tentang cara membuat abstrak yang baik. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana membuat abstrak yang efektif dan menarik.Sebagai penulis, saya ingin menekankan pentingnya membuat abstrak yang singkat, padat, dan jelas. Abstrak harus mampu memberikan gambaran singkat tentang isi makalah atau penelitian yang dilakukan. Oleh karena itu, penting untuk memilih kata-kata dengan cermat dan menjaga agar abstrak tidak terlalu panjang.Selain itu, dalam membuat abstrak yang baik, kita harus menghindari menggunakan bahasa yang terlalu teknis atau sulit dipahami oleh pembaca awam. Sebaiknya gunakan bahasa yang mudah dimengerti, agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pembaca.Dalam kesimpulannya, membuat abstrak yang baik adalah kunci untuk menarik minat pembaca dan memperoleh perhatian mereka. Dengan mengikuti tips yang telah disebutkan di atas, diharapkan dapat membantu Anda dalam membuat abstrak yang efektif dan menarik bagi pembaca. Terima kasih telah membaca dan semoga sukses!

Orang-orang juga bertanya tentang Cara Membuat Abstrak Yang Baik:

  1. Apa itu abstrak?
  2. Abstrak adalah ringkasan singkat dari sebuah karya tulis yang berisi informasi penting tentang topik atau isi karya tersebut.

  3. Apa tujuan dari abstrak?
  4. Tujuan abstrak adalah untuk memberikan gambaran singkat dan jelas tentang isi karya tulis kepada pembaca potensial. Ini membantu pembaca memutuskan apakah mereka ingin membaca seluruh dokumen atau tidak.

  5. Apa saja yang harus disertakan dalam abstrak?
  6. Abstrak harus mencakup tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan dari karya tulis Anda. Jangan lupa untuk menyebutkan topik atau masalah yang dibahas dalam karya tulis Anda.

  7. Berapa panjang abstrak yang ideal?
  8. Abstrak yang baik seharusnya hanya 150-250 kata. Pastikan untuk menghindari detail yang tidak perlu dan hanya fokus pada poin penting.

  9. Bagaimana cara menulis abstrak yang baik?
  10. Untuk menulis abstrak yang baik, pastikan untuk merangkum semua poin penting dari karya tulis Anda dengan singkat dan jelas. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan hindari penggunaan kalimat yang terlalu rumit atau teknis. Selain itu, pastikan untuk menyebutkan kata kunci yang relevan dengan topik Anda untuk mempermudah pembaca menemukan karya tulis Anda.