Info Sekolah
Tuesday, 27 Feb 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Membuat Video Profesional dengan Mudah Menggunakan CapCut: 5 Langkah Mudah Mengedit Video di Aplikasi ini

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara mengedit video di CapCut

Cara mengedit video di CapCut: pilih video, tambahkan efek, trim, potong, tambahkan musik, dan simpan ke galeri. Mudah dan praktis!

Cara mengedit video di CapCut sangat mudah dan menyenangkan. Jika kamu ingin membuat video yang keren dan menarik perhatian, CapCut adalah salah satu aplikasi editing video terbaik yang bisa kamu gunakan. Dengan berbagai fitur yang tersedia, kamu dapat mengedit video dengan cara yang unik dan kreatif. Selain itu, CapCut juga memungkinkan kamu untuk menambahkan efek suara, filter, teks, serta musik yang cocok dengan tema video yang kamu buat. Jadi, tunggu apa lagi? Mari kita lihat bagaimana cara mengedit video di CapCut yang bisa membuat video kamu menjadi lebih menarik dan memukau!

Cara Mengedit Video di CapCut

Buat kamu yang suka mengedit video, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi CapCut. Aplikasi ini sangat populer di kalangan pengguna Android dan iOS karena mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara mengedit video di CapCut secara detail.

Menambahkan

1. Menambahkan Video

Langkah pertama dalam mengedit video di CapCut adalah menambahkan video yang ingin diedit. Untuk melakukannya, klik tombol Tambahkan di layar utama aplikasi. Kemudian pilih video yang ingin diedit dari galeri ponsel Anda dan klik Selesai.

Menggabungkan

2. Menggabungkan Video

Jika Anda ingin menggabungkan beberapa video menjadi satu, Anda bisa melakukannya dengan mudah di CapCut. Caranya adalah dengan menambahkan video lainnya dan menempatkannya di bawah video yang pertama. Kemudian atur urutan video dengan menekan dan menahan video lalu geser ke atas atau bawah.

Menambahkan

3. Menambahkan Musik

Agar video yang diedit terlihat lebih menarik, Anda bisa menambahkan musik latar ke dalamnya. Caranya adalah dengan klik tombol Tambahkan dan pilih lagu atau musik dari perpustakaan CapCut. Setelah itu, atur durasi musik sesuai dengan panjang video.

Menambahkan

4. Menambahkan Teks

Jika Anda ingin memberikan teks pada video, CapCut juga menyediakan fitur tersebut. Caranya adalah dengan klik tombol Teks di layar utama dan pilih jenis teks yang ingin ditambahkan. Kemudian masukkan teks yang diinginkan dan atur posisinya di video.

Menambahkan

5. Menambahkan Efek

CapCut memiliki berbagai efek yang dapat membuat video terlihat lebih keren. Caranya adalah dengan klik tombol Efek di layar utama dan pilih jenis efek yang ingin digunakan. Kemudian atur intensitas efek sesuai dengan keinginan Anda.

Mengatur

6. Mengatur Warna

Anda juga bisa mengatur warna pada video agar terlihat lebih hidup. Caranya adalah dengan klik tombol Warna di layar utama dan pilih jenis warna yang ingin digunakan. Kemudian atur intensitas warna sesuai dengan keinginan Anda.

Mengatur

7. Mengatur Kecepatan

CapCut juga memungkinkan Anda untuk mengatur kecepatan video agar terlihat lebih dramatis. Caranya adalah dengan klik tombol Kecepatan di layar utama dan pilih jenis kecepatan yang ingin digunakan. Kemudian atur durasi video tersebut sesuai dengan kecepatan yang diinginkan.

Menghilangkan

8. Menghilangkan Background

Jika Anda ingin menghilangkan background pada video, CapCut juga memiliki fitur tersebut. Caranya adalah dengan klik tombol Chroma Key di layar utama dan pilih warna background yang ingin dihapus. Kemudian atur intensitasnya hingga background benar-benar hilang.

Menambahkan

9. Menambahkan Filter

Agar video terlihat lebih menarik, Anda bisa menambahkan filter pada video. Caranya adalah dengan klik tombol Filter di layar utama dan pilih jenis filter yang ingin digunakan. Kemudian atur intensitas filter sesuai dengan keinginan Anda.

Menyimpan

10. Menyimpan Video

Setelah selesai mengedit video, Anda bisa menyimpannya dengan mudah di CapCut. Caranya adalah dengan klik tombol Simpan di bagian atas layar dan pilih kualitas video yang diinginkan. Kemudian tunggu proses penyimpanan selesai.

Demikianlah cara mengedit video di CapCut. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat video yang lebih menarik dan keren. Selamat mencoba!

Cara Mengedit Video di CapCut

CapCut adalah aplikasi pengedit video yang populer dan mudah digunakan. Dengan CapCut, kamu bisa mengedit video dengan berbagai fitur menarik seperti menambahkan efek transisi, musik, teks, filter, dan stiker. Berikut adalah cara mengedit video di CapCut:

1. Memilih dan Menambahkan Video

Pertama-tama, buka aplikasi CapCut, kemudian pilih tombol Buat Proyek Baru. Setelah itu, tambahkan video yang ingin kamu edit dengan cara menekan tombol + di bagian bawah layar aplikasi.

2. Mengatur Durasi Video

Apabila video yang ditambahkan terlalu panjang, kamu bisa memotongnya dengan menekan video tersebut dan menahan jari di bagian kiri atau kanan. Lalu, atur durasi video yang diinginkan.

3. Menambahkan Efek Transisi

Agar video terlihat lebih menarik, tambahkan efek transisi di antara dua video. Caranya, tekan ikon transisi di bagian bawah layar aplikasi, pilih transisi yang diinginkan, dan tarik ke antara dua video.

4. Menambahkan Musik

Untuk memberi nuansa yang lebih hidup, kamu bisa menambahkan musik latar ke video. Caranya, tekan icon musik di bagian bawah layar aplikasi, pilih musik yang kamu inginkan, lalu seret ke bagian timeline video.

5. Menyesuaikan Volume Audio

Agar musik tidak mengganggu suara video, kamu bisa menyesuaikan volume audio pada masing-masing elemen. Dengan menekan audio video, kamu bisa menyesuaikan intensitas dan menambah efek suara.

6. Menambahkan Teks

Jika ingin menambahkan teks pada video, tekan ikon Teks di bagian bawah layar aplikasi. Lalu, ketik teks di kolom yang disediakan dan sesuaikan dengan posisinya di video.

7. Menambahkan Filter

Untuk hasil yang lebih profesional, bisa menambahkan filter pada video. Caranya, tekan ikon Filter di bagian bawah layar aplikasi, pilih filter yang diinginkan, lalu seret ke bagian video yang kamu inginkan.

8. Menambahkan Stiker

Selain filter, kamu juga bisa menambahkan stiker pada video. Tekan ikon stiker di bagian bawah layar aplikasi, pilih stiker yang diinginkan, dan seret ke bagian video yang kamu inginkan.

9. Menentukan Ratio Video

Sebelum menyimpan video, pastikan telah menentukan ratio video yang diinginkan. Cara melakukannya, tekan ikon pengaturan di bagian kanan atas layar, pilih rasio yang kamu inginkan, dan klik Selesai.

10. Menyimpan dan Membagikan Video

Terakhir, setelah semua proses selesai, kamu bisa menyimpan video dengan cara menekan tombol “Simpan” di sudut kanan atas layar. Selanjutnya, kamu bisa langsung membagikannya di media sosial atau platform lainnya.

CapCut adalah salah satu aplikasi pengeditan video yang sangat populer di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dan efek yang memungkinkan pengguna untuk membuat video yang menarik dan profesional. Berikut adalah cara mengedit video di CapCut:

  1. Buka aplikasi CapCut dan pilih opsi New Project.
  2. Pilih video yang ingin diedit dari galeri ponsel Anda.
  3. Tambahkan efek, filter, teks, dan musik pada video Anda. Untuk menambahkan efek atau filter, cukup klik pada ikon yang tersedia di bagian bawah layar. Untuk menambahkan teks, klik pada opsi Text dan ketik teks yang diinginkan. Untuk menambahkan musik, klik pada opsi Music dan pilih lagu yang diinginkan.
  4. Setelah selesai mengedit video, klik tombol Export untuk menyimpan dan membagikan video Anda.

Dalam menggunakan cara mengedit video di CapCut, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Pilih video yang berkualitas baik agar hasil akhirnya juga lebih baik.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan efek atau filter karena dapat membuat video menjadi terlalu berlebihan.
  • Pilih musik yang sesuai dengan mood dan tema video Anda.
  • Selalu periksa kembali video Anda sebelum menyimpan atau membagikannya untuk memastikan tidak ada kesalahan.

Dalam menjelaskan cara mengedit video di CapCut, gunakanlah suara dan nada yang ramah dan jelas agar mudah dipahami oleh pembaca. Berikan juga contoh atau ilustrasi agar pembaca lebih mudah memahami cara penggunaan aplikasi ini. Dengan demikian, pembaca akan lebih tertarik untuk mencoba aplikasi CapCut dan mengedit video mereka sendiri.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang cara mengedit video di CapCut tanpa harus menambahkan judul, penjelasan suara, dan nada tertentu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara mengedit video dengan mudah dan cepat.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penggunaan CapCut sangat mudah dan praktis. Bahkan untuk pemula sekalipun dapat menggunakannya dengan mudah karena fitur-fiturnya yang user-friendly. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengedit video di CapCut tanpa harus menambahkan judul dan suara. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menghasilkan video yang profesional dan menarik dengan mudah.

Terakhir, jangan lupa untuk terus berkreasi dengan video Anda. CapCut menyediakan banyak pilihan efek dan filter yang dapat Anda gunakan untuk membuat video Anda semakin menarik. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan musik dan teks untuk meningkatkan kualitas video Anda. Sekali lagi, terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga berhasil dalam mengedit video di CapCut!

Orang juga bertanya tentang Cara mengedit video di CapCut:

  1. Bagaimana cara mengunduh CapCut?
  2. Anda dapat mengunduh CapCut dari Google Play Store atau App Store.

  3. Bagaimana cara memulai proyek pada CapCut?
  4. Setelah Anda membuka aplikasi, pilih tombol +, lalu pilih video yang ingin diedit dari galeri Anda. Setelah itu, Anda dapat mulai mengedit dengan menggunakan berbagai alat pengeditan yang tersedia.

  5. Apa saja fitur-fitur yang tersedia di CapCut?
  6. CapCut memiliki banyak fitur pengeditan video, termasuk efek visual, filter, teks, stiker, musik, dan alat pemotongan dan penggabungan video. Anda juga dapat menambahkan transisi antara potongan video Anda.

  7. Bagaimana cara menambahkan musik ke video saya di CapCut?
  8. Pilih opsi Musik di menu bawah aplikasi, lalu cari lagu yang ingin Anda tambahkan. Anda dapat memilih bagian tertentu dari lagu untuk diputar di video Anda dan menyesuaikan volume musik.

  9. Bagaimana cara menyimpan dan membagikan video yang sudah diedit di CapCut?
  10. Setelah selesai mengedit video, pilih opsi Simpan di sudut kanan atas layar. Setelah itu, Anda dapat memilih kualitas video dan lokasi penyimpanan. Untuk membagikan video, pilih opsi Bagikan dan pilih platform media sosial atau aplikasi pesan yang Anda inginkan.

Dengan CapCut, mengedit video menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Cobalah aplikasi ini hari ini!