Info Sekolah
Thursday, 22 Feb 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Menghapus Background Putih pada Logo Dengan Mudah Menggunakan Paint

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Menghilangkan Background Putih Pada Logo Dengan Paint

Cara menghilangkan background putih pada logo dengan Paint. Ikuti tutorial simpel ini untuk membuat logo transparan dengan mudah.

Cara Menghilangkan Background Putih Pada Logo Dengan Paint bisa menjadi solusi jika kamu sering mengalami kesulitan dalam mengedit logo. Namun, tahukah kamu bahwa background putih pada logo bisa membuat tampilan menjadi kurang menarik? Dalam dunia desain grafis, kualitas gambar sangat penting untuk menciptakan kesan profesional dan menarik bagi audiens. Jangan khawatir, dengan memanfaatkan fitur Paint yang sederhana, kamu bisa menghilangkan background putih pada logo dan membuat tampilannya lebih menarik dan profesional. Tertarik untuk mencoba? Berikut adalah langkah-langkah mudahnya:

Cara Menghilangkan Background Putih Pada Logo Dengan Paint

Banyak orang yang ingin menggunakan logo tanpa background putih dalam desain mereka, terutama ketika bekerja dengan media digital. Namun, tidak semua orang memiliki akses ke software editing foto seperti Photoshop atau Illustrator. Untuk itu, kita bisa menggunakan software bawaan pada komputer yaitu Paint. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka Logo Di Paint

Pertama-tama, buka logo yang ingin dihapus backgroundnya di Paint. Caranya mudah, cukup klik kanan pada file dan pilih Open with Paint. Atau jika Paint sudah terbuka, klik File dan pilih Open.

2. Pilih Magic Select

Setelah logo terbuka, pilih Magic select pada bagian atas toolbar. Fungsi dari tool ini adalah untuk memilih objek secara otomatis.

3. Atur Brush Size

Setelah memilih Magic select, kita perlu untuk mengatur brush size atau ukuran kuas pada bagian atas toolbar. Ukuran kuas yang disarankan adalah 10-20 pixel.

4. Pilih Background Yang Ingin Dihapus

Pilih background yang ingin dihapus dengan mengklik dan menyeret kuas pada bagian background. Pastikan untuk hanya memilih background dan tidak mengenai bagian logo yang akan dipertahankan.

5. Tekan Delete

Setelah memilih background yang ingin dihapus, tekan tombol Delete pada keyboard. Maka background yang sudah dipilih akan terhapus.

6. Atur Logo Agar Terlihat Lebih Rapi

Setelah background terhapus, logo mungkin terlihat tidak rapi atau memiliki bagian yang masih mempertahankan background. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa menggunakan tool Resize pada Paint untuk menyesuaikan ukuran logo dan menghapus bagian yang masih mempertahankan background.

7. Pilih Resize

Pilih tool Resize pada toolbar Paint.

8. Atur Ukuran Logo

Atur ukuran logo dengan menyeret salah satu sisi gambar pada kotak resize. Pastikan untuk menahan tombol shift agar logo tidak terdistorsi saat diperbesar atau diperkecil.

9. Simpan Hasil Editan

Setelah selesai mengedit, simpan hasil editan dengan memilih File dan pilih Save as. Pilih format file yang diinginkan dan beri nama file sesuai keinginan.

10. Selesai

Selamat, logo tanpa background putih sudah berhasil dibuat menggunakan Paint. Anda bisa menggunakan logo ini untuk desain digital atau cetak.

Cara Menghilangkan Background Putih Pada Logo Dengan Paint

Logo adalah salah satu elemen penting dalam sebuah brand atau merek. Namun, terkadang logo yang memiliki latar belakang putih dapat mengganggu tampilannya pada background berwarna-warni. Oleh karena itu, perlu dilakukan penghapusan latar belakang putih pada logo. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan background putih pada logo dengan menggunakan aplikasi Paint.

Mengapa Perlu Menghilangkan Latar Putih Pada Logo?

Sebelum memulai proses penghilangan latar putih pada logo, ada baiknya kita mengetahui mengapa hal ini perlu dilakukan. Logo dengan latar belakang putih dapat mengganggu tampilan pada background yang berwarna-warni. Selain itu, penghapusan latar belakang putih pada logo juga dapat meningkatkan profesionalitas tampilan logo tersebut.

Menentukan Area Latar Putih Menggunakan Crop Tool

Langkah pertama dalam menghilangkan latar belakang putih pada logo adalah menentukan area latar putih menggunakan crop tool. Crop tool dapat membantu kita untuk memotong bagian logo yang diinginkan dan menghapus bagian latar belakang putih.

Menggunakan Magic Wand Tool Untuk Memilih Latar Putih

Setelah menentukan area latar putih menggunakan crop tool, langkah selanjutnya adalah menggunakan magic wand tool untuk memilih latar putih pada logo. Magic wand tool dapat memudahkan kita dalam memilih area latar putih pada logo secara cepat dan akurat.

Menghilangkan Background Menggunakan Eraser Tool

Setelah memilih area latar putih menggunakan magic wand tool, langkah selanjutnya adalah menghilangkan background putih tersebut menggunakan eraser tool. Eraser tool dapat diatur ukurannya sesuai dengan kebutuhan dan dapat memudahkan kita dalam menghapus latar belakang putih pada logo.

Mencoba Menggunakan Background Eraser Tool

Jika eraser tool terlalu sulit digunakan untuk menghapus latar belakang putih pada logo, kita dapat mencoba menggunakan background eraser tool. Background eraser tool dapat membantu kita dalam menghapus latar belakang putih secara lebih detail dan akurat.

Menggunakan Opacity Untuk Menghilangkan Latar Putih

Selain menggunakan eraser tool atau background eraser tool, kita juga dapat menggunakan opacity untuk menghilangkan latar belakang putih pada logo. Dengan mengatur opacity pada layer logo, latar belakang putih pada logo akan menjadi semakin transparan dan akhirnya hilang.

Mencoba Metode Pembuatan Transparent Background Menggunakan Color Selection Tool

Jika semua cara di atas masih belum berhasil menghilangkan latar belakang putih pada logo, kita dapat mencoba metode pembuatan transparent background menggunakan color selection tool. Caranya adalah dengan memilih warna putih pada logo menggunakan color selection tool, lalu mengubah warna tersebut menjadi transparan.

Menyimpan File Tanpa Latar Belakang

Setelah berhasil menghilangkan latar belakang putih pada logo, langkah terakhir adalah menyimpan file tanpa latar belakang. Kita dapat menyimpan file dalam format PNG atau GIF agar latar belakang transparan dapat terlihat dengan jelas.

Cek Apakah Logo Berhasil Dihapus Backgroundnya

Sebelum menggunakan logo yang telah dihapus backgroundnya, ada baiknya untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah logo tersebut berhasil dihapus backgroundnya atau tidak. Kita dapat melakukan pengecekan dengan membuka file logo pada aplikasi pengolah gambar seperti Photoshop atau GIMP.

Teknik Coping Logo Pada Background Lain

Setelah logo berhasil dihapus backgroundnya, kita dapat menggunakan teknik coping logo pada background lain. Caranya adalah dengan menempelkan logo pada background yang diinginkan menggunakan aplikasi pengolah gambar seperti Photoshop atau GIMP.

Dengan melakukan beberapa cara di atas, kita dapat menghilangkan background putih pada logo dengan mudah dan cepat. Hal ini dapat meningkatkan profesionalitas tampilan logo dan membuatnya lebih cocok digunakan pada berbagai macam background. Selamat mencoba!

Logo adalah gambar atau simbol yang merepresentasikan suatu perusahaan atau organisasi. Agar tampilannya lebih menarik, logo biasanya memiliki background yang berbeda dengan warna yang mencolok. Namun, terkadang ketika kita ingin memakai logo tersebut pada latar belakang yang berbeda, background putih pada logo bisa mengganggu estetika tampilannya. Cara Menghilangkan Background Putih pada Logo dengan Paint adalah salah satu solusi yang dapat dilakukan.

Berikut beberapa pendapat mengenai Cara Menghilangkan Background Putih pada Logo dengan Paint:

  1. Kelebihan
    • Mudah dan cepat dilakukan, karena Paint sudah tersedia di komputer.
    • Tidak membutuhkan keahlian khusus dalam pengeditan gambar.
    • Tidak memerlukan biaya tambahan untuk aplikasi pengeditan gambar.
  2. Kekurangan
    • Tidak dapat menghasilkan hasil yang sempurna bagi logo yang kompleks.
    • Tidak dapat melakukan penyesuaian warna dengan baik sehingga logo bisa terlihat kurang natural.
    • Tidak dapat melakukan penyimpanan gambar dengan format yang lebih baik seperti PNG atau SVG.

Dalam perspektif jurnalistik, meskipun Cara Menghilangkan Background Putih pada Logo dengan Paint memiliki kelebihan dalam kemudahan dan efisiensi, namun juga memiliki kekurangan dalam hal kualitas dan fleksibilitas pengeditan gambar. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan aplikasi pengeditan gambar yang lebih canggih dan profesional untuk menghasilkan logo yang lebih baik dan representatif bagi perusahaan atau organisasi.

Selamat! Kini Anda telah mengetahui cara menghilangkan background putih pada logo dengan Paint. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang membutuhkan. Ingatlah bahwa teknik yang disebutkan di atas bukan satu-satunya cara untuk menghapus latar belakang putih pada logo, namun cara ini cukup mudah dan sederhana untuk diterapkan bahkan bagi pemula.

Jangan lupa untuk selalu berlatih dan bereksperimen dengan teknik ini, sehingga Anda dapat menghasilkan logo yang lebih baik dan profesional. Selain itu, jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang desain grafis, ada banyak sumber daya online yang dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan Anda dalam bidang tersebut.

Terakhir, terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga sukses dalam membuat logo Anda. Jangan ragu untuk mengunjungi blog kami lagi untuk mendapatkan tips dan trik lainnya seputar desain grafis dan teknologi.

Sebagai jurnalis, saya sering mendapat pertanyaan dari pembaca tentang cara menghilangkan background putih pada logo dengan Paint. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

  1. Apakah mungkin untuk menghilangkan background putih pada logo dengan Paint?

  2. Bisakah saya menggunakan Paint untuk menghilangkan background putih pada logo tanpa mengubah warna logo itu sendiri?

  3. Bagaimana cara menghilangkan background putih pada logo dengan Paint?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, mari kita mulai dengan pertanyaan pertama.

  1. Apakah mungkin untuk menghilangkan background putih pada logo dengan Paint?

Jawabannya: Ya, mungkin. Namun, tergantung pada kompleksitas logo dan keahlian Anda dalam menggunakan Paint. Jika logo tersebut memiliki banyak detail atau bayangan, mungkin akan sulit untuk menghapus background putih tanpa merusak bagian lain dari logo.

  1. Bisakah saya menggunakan Paint untuk menghilangkan background putih pada logo tanpa mengubah warna logo itu sendiri?

Jawabannya: Ya, bisa. Paint memiliki alat Magic Wand yang dapat digunakan untuk memilih area tertentu pada gambar dan menghapusnya. Anda juga dapat menggunakan alat Eraser untuk secara manual menghapus background putih. Pastikan Anda memilih opsi Transparent sebagai warna latar belakang ketika menyimpan gambar agar logo tetap terlihat.

  1. Bagaimana cara menghilangkan background putih pada logo dengan Paint?

Jawabannya: Berikut adalah langkah-langkah untuk menghilangkan background putih pada logo dengan Paint:

  1. Buka logo yang ingin diubah dengan Paint.
  2. Pilih alat Magic Wand atau Eraser.
  3. Pilih area background putih yang ingin dihapus.
  4. Tekan tombol Delete pada keyboard atau klik kanan pada mouse dan pilih Cut.
  5. Pilih opsi Transparent sebagai warna latar belakang ketika menyimpan gambar.
  6. Simpan gambar.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menghilangkan background putih pada logo dengan Paint dan menjadikannya terlihat lebih profesional. Namun, jika Anda memiliki logo yang sangat kompleks atau sulit, mungkin lebih baik meminta bantuan dari seorang desainer grafis profesional.