Info Sekolah
Monday, 26 Feb 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah dan Cepat Daftar BPJS Lewat HP

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara daftar Bpjs lewat hp

Bingung cara daftar BPJS lewat HP? Simak langkah-langkah mudahnya di sini. Dapatkan akses layanan kesehatan terbaik tanpa ribet!

Cara daftar BPJS lewat HP sangat mudah dan praktis. Dalam beberapa langkah sederhana, kamu dapat mendaftarkan diri secara online tanpa harus datang ke kantor BPJS. Pertama-tama, pastikan kamu sudah memiliki nomor telepon yang terdaftar di BPJS. Kemudian, unduh aplikasi BPJS Kesehatan melalui Play Store atau App Store. Setelah itu, buka aplikasi dan pilih Daftar. Dalam proses pendaftaran, kamu akan diminta untuk mengisi data pribadi seperti nama, alamat, nomor identitas, dan informasi kontak lainnya. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen pendukung seperti kartu identitas dan bukti alamat. Dengan cara ini, kamu dapat memperoleh manfaat dari program BPJS dengan lebih mudah dan cepat. Yuk, segera daftarkan dirimu dan keluargamu sekarang juga!

Pendahuluan

BPJS Kesehatan adalah program jaminan kesehatan yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Program ini memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia yang terdaftar sebagai peserta. Sebagai peserta BPJS Kesehatan, kita harus membayar iuran setiap bulan. Nah, jika Anda belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan ingin mendaftar, Anda bisa melakukan pendaftaran melalui HP. Berikut adalah cara daftar BPJS lewat HP.

Syarat dan Ketentuan

Syarat

1. Warga Negara Indonesia

Syarat pertama untuk bisa mendaftar BPJS Kesehatan adalah Anda harus menjadi warga negara Indonesia. Karena BPJS Kesehatan hanya diperuntukkan bagi warga negara Indonesia yang memiliki KTP.

2. Usia Minimal 1 Tahun

Usia minimal untuk bisa mendaftar BPJS Kesehatan adalah 1 tahun. Jadi, jika anak Anda belum berusia 1 tahun, Anda tidak bisa mendaftarkannya ke BPJS Kesehatan.

3. Memiliki Nomor Handphone

Anda harus memiliki nomor handphone yang aktif untuk bisa mendaftar BPJS Kesehatan lewat HP. Nomor handphone ini akan digunakan untuk verifikasi saat proses pendaftaran.

Cara Daftar BPJS Lewat HP

Cara

1. Unduh Aplikasi Mobile JKN

Pertama, unduh aplikasi Mobile JKN di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan klik tombol Daftar.

2. Isi Data Pribadi

Isi

Isi data pribadi Anda seperti nama lengkap, tanggal lahir, tempat lahir, alamat rumah, dan nomor handphone. Pastikan data yang Anda isi sesuai dengan KTP Anda.

3. Verifikasi Nomor Handphone

Verifikasi

Setelah mengisi data pribadi, Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor handphone Anda. Masukkan kode tersebut untuk memverifikasi nomor handphone.

4. Buat Akun

Buat

Setelah nomor handphone Anda terverifikasi, buat akun dengan memasukkan email dan password. Ingatlah email dan password yang Anda masukkan, karena akan digunakan untuk login di aplikasi Mobile JKN.

5. Pilih Jenis Peserta

Pilih

Setelah berhasil membuat akun, pilih jenis peserta yang akan Anda daftarkan. Ada tiga jenis peserta yaitu mandiri, pekerja/bukan pekerja, dan keluarga.

6. Masukkan Data Keluarga (Opsional)

Masukkan

Jika Anda memilih jenis peserta keluarga, Anda bisa menambahkan data keluarga yang akan didaftarkan. Masukkan data keluarga seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor KTP.

7. Pilih Faskes

Pilih

Pilih fasilitas kesehatan (Faskes) yang akan Anda gunakan nanti. Ada dua pilihan yaitu faskes tingkat pertama (puskesmas) atau faskes tingkat lanjutan (rumah sakit).

8. Bayar Iuran BPJS

Bayar

Setelah semua data terisi dan dipilih, bayar iuran BPJS sesuai dengan jenis peserta yang Anda daftarkan. Iuran BPJS akan dihitung otomatis oleh aplikasi Mobile JKN.

9. Verifikasi Data Peserta

Verifikasi

Setelah membayar iuran BPJS, verifikasi data peserta yang telah Anda daftarkan. Pastikan data yang tertera sudah benar dan sesuai dengan KTP Anda. Jika ada kesalahan, segera hubungi BPJS Kesehatan.

10. Aktivasi Kartu BPJS

Aktivasi

Jika semua data sudah benar dan terverifikasi, Anda akan menerima kartu BPJS di rumah dalam waktu 14 hari. Aktifkan kartu BPJS dengan cara mengunjungi faskes yang sudah dipilih saat mendaftar.

Kesimpulan

Nah, itulah tadi cara daftar BPJS lewat HP yang bisa Anda coba. Pastikan data yang Anda masukkan benar dan sesuai dengan KTP. Jangan lupa bayar iuran BPJS setiap bulan agar Anda bisa mendapatkan perlindungan kesehatan yang baik dari BPJS Kesehatan.

Cara Daftar BPJS Lewat HP

Berikut adalah penjelasan mengenai cara mendaftar BPJS melalui perangkat handphone:

1. Persiapkan Dokumen-Dokumen

Pastikan kamu sudah menyiapkan dokumen-dokumen penting seperti KTP atau SIM, serta nomor NPWP untuk memudahkan proses registrasi.

2. Unduh Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile

Unduh aplikasi BPJS Kesehatan Mobile yang tersedia di Play Store atau App Store. Pastikan juga kamu memiliki koneksi internet yang cukup stabil.

3. Buka Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile

Setelah selesai mengunduh aplikasi, buka aplikasinya dan tekan tombol Daftar.

4. Pilih Jenis Peserta

Pilih jenis peserta yang sesuai dengan profilmu, apakah kamu tergolong peserta mandiri atau peserta dari perusahaan.

5. Masukkan Data Diri

Isi data diri dengan lengkap dan benar, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan tanggal lahir.

6. Pilih Jaminan Kesehatan

Pilih jaminan kesehatan yang ingin kamu daftarkan, apakah itu jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) atau jaminan Kesehatan Mandiri (JKM).

7. Verifikasi Nomor Telepon

Setelah itu, kamu akan diminta untuk memverifikasi nomor teleponmu dengan memasukkan kode verifikasi yang diberikan melalui SMS.

8. Tambahkan Anggota Keluarga

Jika kamu ingin menambahkan anggota keluarga lainnya, juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini.

9. Lakukan Pembayaran

Setelah semua data terisi dengan lengkap dan benar, kamu akan diminta untuk melakukan pembayaran sesuai dengan tarif yang berlaku.

10. Tunggu Konfirmasi

Tunggu konfirmasi dari pihak BPJS Kesehatan mengenai kelengkapan data dan bila sudah terverifikasi, kamu sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Dengan menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, kamu dapat mendaftar sebagai peserta BPJS secara mudah dan cepat tanpa perlu datang ke kantor BPJS. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah di atas dengan teliti dan benar agar proses pendaftaran dapat berjalan lancar. Selamat mencoba!

Cara daftar BPJS lewat hp sangat mudah dan praktis. Dengan menggunakan teknologi internet, masyarakat kini dapat mengakses layanan BPJS dengan lebih cepat dan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah cara daftar BPJS lewat hp:

  1. Buka aplikasi BPJS Kesehatan pada hp Anda.
  2. Pilih menu Daftar Online.
  3. Isi data pribadi Anda, seperti nama lengkap, nomor KTP, alamat, dan nomor telepon yang aktif.
  4. Setelah itu, pilih jenis kepesertaan yang diinginkan, apakah sebagai peserta mandiri atau peserta dari perusahaan.
  5. Isi juga data keluarga Anda jika ingin mendaftarkan anggota keluarga sebagai peserta BPJS.
  6. Setelah semua data terisi dengan benar, klik tombol Daftar untuk mengirimkan data Anda.
  7. Tunggu konfirmasi dari BPJS Kesehatan melalui nomor telepon atau email Anda.
  8. Jika sudah mendapatkan konfirmasi, Anda dapat melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui ATM, internet banking, atau mobile banking.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara daftar BPJS lewat hp sangatlah mudah dan praktis. Dengan menggunakan teknologi internet, masyarakat dapat mengakses layanan BPJS dengan lebih cepat dan mudah tanpa harus datang ke kantor BPJS. Selain itu, proses pendaftaran yang dilakukan lewat hp juga lebih efisien dan hemat waktu. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi masyarakat untuk memanfaatkan layanan ini agar dapat menjadi peserta BPJS dengan mudah dan nyaman.

Salam hangat untuk pembaca setia blog ini. Kami sangat senang bisa berbagi informasi mengenai cara daftar BPJS lewat HP dengan kalian semua. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan membantu kalian yang ingin mendaftar BPJS dengan mudah dan cepat.

Dari informasi yang kami berikan, dapat disimpulkan bahwa proses pendaftaran BPJS lewat HP cukup mudah dan cepat. Kalian hanya perlu mengunduh aplikasi mobile BPJS Kesehatan, kemudian melakukan registrasi dengan memasukkan nomor KTP dan nomor telepon aktif. Setelah itu, kalian dapat memilih paket layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Dengan begitu, kalian sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan dapat menikmati manfaat jaminan kesehatan yang diberikan oleh BPJS.

Kami juga ingin menegaskan pentingnya memiliki jaminan kesehatan seperti BPJS. Dalam situasi pandemi seperti saat ini, kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Dengan memiliki BPJS, kalian dapat mengakses layanan kesehatan yang berkualitas tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Selain itu, BPJS juga memberikan perlindungan finansial bagi peserta jika terjadi risiko kesehatan yang tidak terduga. Oleh karena itu, mari segera daftar BPJS lewat HP dan jangan lupa membayar iuran secara berkala agar tetap terlindungi.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Jangan ragu untuk berbagi informasi ini kepada teman dan keluarga yang membutuhkan. Kami berharap kalian semua sehat selalu dan tetap produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Beberapa Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Cara Daftar BPJS Lewat HP

  1. Bagaimana cara mendaftar BPJS lewat HP?
  2. Anda dapat mendaftar BPJS lewat HP dengan mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan di Play Store atau App Store dan mengikuti langkah-langkah yang tertera pada aplikasi tersebut.

  3. Apakah bisa mendaftar BPJS lewat HP tanpa harus pergi ke kantor BPJS?
  4. Ya, Anda bisa mendaftar BPJS lewat HP tanpa harus pergi ke kantor BPJS. Dengan menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan, Anda dapat mendaftar dengan mudah tanpa harus datang ke kantor BPJS.

  5. Apa saja syarat untuk mendaftar BPJS lewat HP?
  6. Anda hanya perlu memiliki nomor handphone yang masih aktif dan nomor identitas seperti KTP atau SIM untuk mendaftar BPJS lewat HP.

  7. Bagaimana cara membayar iuran BPJS setelah mendaftar lewat HP?
  8. Setelah mendaftar lewat HP, Anda dapat membayar iuran BPJS dengan menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan atau melalui layanan e-banking yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

  9. Apakah saya bisa memilih jenis program BPJS yang ingin saya daftarkan lewat HP?
  10. Ya, setelah melakukan pendaftaran lewat HP, Anda dapat memilih jenis program BPJS yang ingin Anda daftarkan seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan atau keduanya.