Info Sekolah
Thursday, 22 Feb 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah dan Cepat Menghapus Cache Di Mac untuk Meningkatkan Kinerja Komputer Anda

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Menghapus Cache Di Mac

Cara Menghapus Cache Di Mac: Ikuti panduan lengkap untuk membersihkan cache browser, aplikasi, dan sistem di komputer Mac Anda.

Cara menghapus cache di Mac bisa menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Cache merupakan data sementara yang tersimpan pada perangkat Anda dan bisa memperlambat kinerja Mac. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena menghapus cache di Mac sangatlah mudah dan dapat dilakukan dalam beberapa langkah saja. Pertama-tama, Anda harus membuka aplikasi Safari dan klik ‘Safari’ di bagian atas layar. Kemudian, pilih ‘Preferences’ dan klik ‘Advanced’. Setelah itu, centang kotak ‘Show Develop menu in menu bar’.

Pendahuluan

Cache adalah suatu tempat penyimpanan sementara yang digunakan oleh sistem operasi untuk mengakses data dengan lebih cepat. Cache ini dapat mempercepat waktu akses ke suatu data, namun jika cache terlalu banyak, hal ini akan membuat komputer Anda menjadi lambat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menghapus cache di Mac.

1. Apa itu Cache?

Cache

Sebelum masuk ke cara menghapus cache di Mac, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu cache. Cache adalah suatu tempat penyimpanan sementara yang digunakan oleh sistem operasi untuk mengakses data dengan lebih cepat. Cache ini akan menyimpan data yang sering dipakai dan dapat mempercepat waktu akses ke suatu data.

2. Jenis-jenis Cache di Mac

Jenis-jenis

Terdapat beberapa jenis cache di Mac, antara lain:

  • Browser Cache: Cache yang disimpan oleh browser seperti Safari, Firefox, atau Chrome.
  • User Cache: Cache yang dibuat oleh pengguna seperti file unduhan atau dokumen yang disimpan di desktop.
  • System Cache: Cache yang dihasilkan oleh sistem operasi.

3. Menghapus Browser Cache

Menghapus

Untuk menghapus browser cache di Safari, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Safari dan klik Safari di menu bar.
  2. Pilih Preferences dan klik Advanced.
  3. Centang Show Develop menu in menu bar.
  4. Klik Develop di menu bar dan pilih Empty Caches.

4. Menghapus User Cache

Menghapus

Untuk menghapus user cache di Mac, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Finder dan klik Go di menu bar.
  2. Pilih Go to Folder dan ketik ~/Library/Caches.
  3. Hapus semua file yang ada di dalam folder tersebut.
  4. Buka Trash dan kosongkan.

5. Menghapus System Cache

Menghapus

Untuk menghapus system cache di Mac, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Terminal.
  2. Ketik sudo rm -rf /Library/Caches/
  3. Tekan Enter.
  4. Masukkan password admin jika diminta.

6. Mengetahui Ukuran Cache

Mengetahui

Untuk mengetahui ukuran cache di Mac, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Activity Monitor.
  2. Pilih Memory tab.
  3. Lihat bagian System Memory dan Cached Files.

Kesimpulan

Demikianlah cara menghapus cache di Mac. Dengan menghapus cache secara teratur, Anda dapat mengoptimalkan kinerja komputer Anda dan mempercepat waktu akses ke suatu data. Selain itu, dengan mengetahui jenis-jenis cache yang ada, Anda dapat lebih mudah dalam menghapus cache yang tidak diperlukan.

Pendahuluan

Menghapus cache di Mac adalah hal yang penting untuk menjaga performa Mac tetap optimal. Cache adalah data yang disimpan oleh aplikasi di sistem untuk mempercepat proses akses data di waktu selanjutnya. Namun, cache juga bisa memakan ruang penyimpanan dan memperlambat kinerja Mac jika tidak dihapus secara berkala.

Cara Menghapus Cache Di Mac

Cara Menghapus Cache Manual

Cara paling sederhana untuk menghapus cache di Mac adalah dengan menghapusnya secara manual melalui aplikasi Finder. Anda bisa membuka Finder dan pilih Go > Go to Folder > ketik /Library/Caches > hingga muncul folder Caches > pilih semua file dalam folder Caches > hapus.

Menggunakan Terminal

Anda juga bisa menghapus cache di Mac dengan menggunakan Terminal. Buka aplikasi Terminal dan ketikkan perintah sudo rm -rf /Library/Caches/* > tekan Enter > ketikkan sandi administrator Mac Anda.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda untuk membersihkan cache di Mac dengan mudah. Beberapa aplikasi populer adalah CleanMyMac, OnyX, dan CCleaner. Aplikasi ini menyediakan fitur pembersihan cache serta file-file sampah dan tidak diperlukan lainnya.

Membersihkan Cache Browser

Cache browser menyimpan file-file yang pernah diakses saat menjelajahi internet. Membersihkan cache browser adalah cara mudah untuk menghapus cache di Mac. Untuk menghapus cache browser, buka aplikasi browser Anda (Safari, Chrome, Firefox, dll.), lalu pilih Preferences > Privacy > Manage Website Data jika menggunakan Safari.

Menghapus Cache Email

Cache email menyimpan file-file email yang pernah diterima atau dikirim. Anda bisa membersihkan cache email dari aplikasi email seperti Apple Mail dengan menjalankan perintah Mailbox > Erase Deleted Items atau Erase Junk Mail.

Membersihkan Cache Font

Cache font berisi data font yang pernah digunakan oleh sistem. Anda bisa membersihkan cache font dengan menjalankan perintah sudo atsutil databases -remove.

Menghapus Cache Aperture

Jika Anda menggunakan aplikasi Aperture untuk mengelola foto, Anda bisa menghapus cache di Aperture dengan membuka aplikasi tersebut, klik Aperture di bilah menu atas > Preferences > Previews > Delete Previews.

Membersihkan Cache Sistem

Cache sistem menyimpan file-file yang dibutuhkan oleh sistem Mac. Anda bisa membersihkan cache sistem dengan menghapus cache kernel, boot, dan file-file cache lainnya melalui Terminal dengan perintah sudo periodic daily weekly monthly atau sudo periodic daily.

Kesimpulan

Menghapus cache di Mac merupakan salah satu tindakan yang perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga performa Mac tetap optimal. Metode yang bisa digunakan untuk menghapus cache di Mac antara lain cara manual, menggunakan Terminal, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan cache browser, email, font, dan sistem secara berkala. Dengan melakukan pembersihan cache secara rutin, Mac Anda akan bekerja dengan lebih baik dan optimal.

Cara Menghapus Cache Di Mac

Banyak orang yang menggunakan komputer Mac dan mengalami masalah dengan performa yang lambat. Salah satu cara untuk meningkatkan performa adalah dengan menghapus cache. Berikut adalah cara untuk menghapus cache di Mac:

  1. Buka Safari dan klik Safari di menu bar
  2. Pilih Preferences
  3. Klik Advanced dan centang kotak di bawah Show Develop menu in menu bar
  4. Klik Develop di menu bar
  5. Pilih Empty Caches
  6. Anda juga dapat menghapus cache aplikasi dengan membuka Finder, pilih Go di menu bar, dan pilih Go to Folder
  7. Ketik ~/Library/Caches/
  8. Pilih semua folder dan file dalam folder Caches dan hapus

Poin-poin penting tentang Cara Menghapus Cache Di Mac:

  • Menghapus cache adalah salah satu cara untuk memperbaiki performa komputer Mac yang lambat
  • Ada dua cara untuk menghapus cache di Mac: melalui Safari dan melalui Finder
  • Jangan khawatir jika Anda menghapus cache karena itu tidak akan menghapus data penting seperti kata sandi atau riwayat browsing
  • Anda dapat menghapus cache secara rutin untuk menjaga performa komputer Mac Anda tetap optimal

Dengan menghapus cache di Mac, Anda dapat meningkatkan performa komputer dan mengurangi kemungkinan masalah seperti crash atau lag. Menghapus cache juga sangat mudah dan aman dilakukan. Jadi, jangan ragu untuk mengikuti langkah-langkah di atas untuk membersihkan komputer Mac Anda dari cache yang tidak perlu!

Terima kasih sudah membaca artikel tentang cara menghapus cache di Mac. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan performa Mac dengan membersihkan cache secara teratur.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan tanda-tanda Mac yang mulai terasa lambat atau tidak responsif. Karena bisa jadi itu adalah tanda bahwa cache sudah menumpuk dan perlu segera dihapus. Dengan membersihkan cache secara teratur, maka Mac Anda akan kembali berjalan dengan lancar dan optimal.

Terakhir, kami juga ingin mengingatkan untuk selalu berhati-hati saat menghapus cache. Pastikan untuk hanya menghapus cache yang aman dan jangan sampai menghapus file atau data penting lainnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Orang-orang juga sering bertanya tentang cara menghapus cache di Mac. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

  1. Apakah menghapus cache di Mac akan membantu mempercepat komputer saya?
  2. Apa itu cache dan mengapa harus dihapus?
  3. Bagaimana cara menghapus cache di Mac?

Jawabannya adalah sebagai berikut:

  1. Menghapus cache di Mac dapat membantu mempercepat komputer Anda dalam beberapa kasus. Ini tergantung pada seberapa banyak cache yang disimpan di komputer Anda dan seberapa sering Anda membersihkannya.
  2. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh komputer Anda untuk mempercepat proses pengambilan data di masa depan. Namun, terlalu banyak cache dapat memperlambat komputer Anda. Oleh karena itu, menghapus cache secara teratur dapat membantu menjaga kinerja komputer Anda.
  3. Untuk menghapus cache di Mac, Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti CleanMyMac atau Onyx. Anda juga bisa membersihkannya secara manual dengan membuka folder Library di Finder, kemudian cari folder Caches. Di dalam folder ini, Anda bisa menghapus cache yang tidak diperlukan.

Dalam melakukan penghapusan cache di Mac, pastikan Anda hanya menghapus cache yang tidak diperlukan. Jangan menghapus cache yang dibutuhkan oleh sistem atau aplikasi tertentu, karena hal ini bisa menyebabkan masalah pada komputer Anda.