Info Sekolah
Thursday, 25 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah Membuat Abstrak Skripsi yang Menarik dan Efektif

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Membuat Abstrak Skripsi

Cara membuat abstrak skripsi: tulislah ringkasan singkat tentang penelitianmu, sertakan tujuan, metodologi, temuan dan kesimpulan dalam kurang dari 250 kata. #skripsi #abstrak

Banyak mahasiswa yang merasa kesulitan dalam membuat abstrak skripsi. Namun, sebenarnya cara membuat abstrak skripsi tidaklah terlalu sulit jika kita memahami konsep dan tujuan dari abstrak itu sendiri. Dalam abstrak, kita dituntut untuk menyajikan gambaran singkat mengenai isi skripsi secara jelas dan padat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat abstrak skripsi agar dapat memperoleh hasil yang baik dan memuaskan. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda dalam membuat abstrak skripsi yang efektif dan komprehensif.

Pendahuluan

Abstrak

Abstrak adalah bagian penting dari sebuah skripsi karena pada abstrak tersebut akan dijelaskan ringkasan dari seluruh isi skripsi secara singkat, padat, dan jelas. Oleh karena itu, penting bagi setiap penulis skripsi untuk dapat membuat abstrak yang baik dan sesuai dengan standar yang berlaku.

1. Menentukan Panjang Abstrak

Panjang

Sebelum memulai membuat abstrak, pertama-tama tentukan panjang abstrak yang akan dibuat. Secara umum, panjang abstrak berkisar antara 150-300 kata tergantung pada kebijakan lembaga atau jurusan yang menetapkan aturan tersebut. Pastikan juga untuk mengikuti aturan margin dan spasi yang sudah ditentukan.

2. Menjelaskan Tujuan Penelitian

Tujuan

Bagian pertama dari abstrak adalah menjelaskan tujuan penelitian. Jelaskan secara singkat apa tujuan dari penelitian yang dilakukan, misalnya untuk menemukan solusi dari masalah tertentu atau untuk menguji teori-teori yang ada.

3. Menjelaskan Metode Penelitian

Metode

Selanjutnya, jelaskan metode penelitian yang digunakan. Misalnya, apakah penelitian dilakukan dengan menggunakan data primer atau sekunder, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang dilakukan.

4. Menjelaskan Temuan Utama

Temuan

Berikutnya, jelaskan temuan utama dari penelitian yang dilakukan. Jelaskan hasil penelitian secara singkat dan jelas, serta sertakan data-data yang mendukung temuan tersebut.

5. Menjelaskan Implikasi Temuan

Implikasi

Setelah itu, jelaskan implikasi temuan dari penelitian yang dilakukan. Jelaskan secara singkat apa implikasi dari temuan tersebut, misalnya implikasi bagi kebijakan atau implikasi bagi penelitian selanjutnya.

6. Menjelaskan Kontribusi Penelitian

Kontribusi

Selanjutnya, jelaskan kontribusi penelitian yang dilakukan. Jelaskan bagaimana penelitian yang dilakukan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan/atau praktik di bidang yang diteliti.

7. Menggunakan Bahasa yang Jelas dan Tepat

Bahasa

Pastikan menggunakan bahasa yang jelas dan tepat. Hindari penggunaan bahasa yang ambigu atau sulit dipahami. Gunakan kalimat yang singkat dan padat agar abstrak mudah dipahami oleh pembaca.

8. Mencantumkan Kata Kunci

Kata

Mencantumkan kata kunci pada abstrak juga sangat penting. Kata kunci dapat membantu pembaca dalam mencari informasi yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Pilihlah kata kunci yang sesuai dengan topik penelitian yang dilakukan.

9. Menghindari Kalimat yang Terlalu Panjang

Kalimat

Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang. Kalimat yang terlalu panjang dapat membuat abstrak sulit dipahami oleh pembaca. Gunakan kalimat yang singkat dan padat agar mudah dipahami.

10. Memperhatikan Format Penulisan

Format

Terakhir, pastikan memperhatikan format penulisan abstrak. Pastikan margin dan spasi telah sesuai dengan aturan yang berlaku. Periksa juga tata bahasa dan ejaan untuk menghindari kesalahan penulisan yang dapat mengganggu kesan profesional dari abstrak yang dibuat.

Kesimpulan

Abstrak

Membuat abstrak skripsi yang baik dan sesuai dengan standar yang berlaku memang tidak mudah. Namun, dengan memperhatikan beberapa hal seperti panjang abstrak, tujuan penelitian, metode penelitian, temuan utama, implikasi temuan, kontribusi penelitian, bahasa yang jelas dan tepat, kata kunci, kalimat yang tidak terlalu panjang, dan format penulisan, diharapkan dapat membantu penulis dalam membuat abstrak yang baik dan bermanfaat bagi pembaca.

Bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi, abstrak skripsi merupakan hal yang penting untuk disiapkan. Abstrak skripsi adalah ringkasan singkat dari isi skripsi yang ditulis dalam beberapa paragraf. Fungsi abstrak skripsi adalah untuk memberikan gambaran umum tentang skripsi sehingga pembaca dapat memutuskan apakah membutuhkan teks lengkap atau tidak. Untuk menulis abstrak yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, menentukan panjang abstrak skripsi yang sesuai dengan kebijakan perguruan tinggi. Namun, secara umum, abstrak skripsi tidak lebih dari 400 kata untuk riset kualitatif dan 250 kata untuk riset kuantitatif.Selain itu, abstrak skripsi harus menyajikan rangkuman yang jelas dan padat, tidak mengandung kalimat yang tidak perlu. Struktur abstrak seharusnya mencakup tujuan, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan. Tujuan penelitian perlu dijelaskan pada abstrak skripsi. Hal ini akan membantu pembaca untuk memahami tentang apa topik skripsi dan fokus penelitian. Metode penelitian harus dijelaskan dengan jelas di abstrak. Semua detail metode penelitian, termasuk teknik pengumpulan data dan alat analisis, harus disebutkan.Hasil penelitian harus disajikan pada abstrak skripsi. Ini membantu pembaca untuk memahami kontribusi penelitian tersebut terhadap disiplin ilmu atau bagaimana penulis menyelesaikan masalah penelitian. Kesimpulan penelitian adalah bagian penting dari abstrak skripsi. Hal ini memungkinkan pembaca untuk memahami apakah temuan penelitian tersebut relevan dengan topik tertentu atau tidak.Abstrak skripsi sebaiknya ditulis setelah menyelesaikan draf akhir skripsi. Hal ini memastikan bahwa semua relevan informasi yang diperlukan tersedia dan lengkap. Selain itu, abstrak skripsi harus ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak menggunakan kata-kata yang sulit. Ejaan yang salah akan mengurangi kredibilitas penulis.Terakhir, menggunakan contoh abstrak skripsi berkualitas akan membantu menulis abstrak yang baik. Contoh abstrak dapat dilihat pada beberapa jurnal atau portal akademik untuk memahami struktur dan kontennya. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, mahasiswa dapat menulis abstrak skripsi yang baik dan informatif.

Membuat abstrak skripsi merupakan salah satu tahap penting dalam menyelesaikan tugas akhir. Abstrak skripsi berfungsi sebagai ringkasan singkat dari isi keseluruhan skripsi yang nantinya akan dibaca oleh pembaca atau penguji. Namun, tidak semua mahasiswa mengetahui cara membuat abstrak skripsi dengan benar. Berikut ini adalah panduan cara membuat abstrak skripsi dan pro kontra tentang penggunaannya.

Langkah-langkah Cara Membuat Abstrak Skripsi:

  1. Awali dengan judul skripsi yang jelas dan spesifik.
  2. Sajikan latar belakang masalah secara singkat.
  3. Tuliskan tujuan penelitian yang ingin dicapai.
  4. Jelaskan metode penelitian yang digunakan.
  5. Sajikan hasil penelitian secara ringkas.
  6. Terakhir, sampaikan kesimpulan dari hasil penelitian.

Pro Kontra Penggunaan Abstrak Skripsi:

Abstrak skripsi memudahkan pembaca untuk memahami isi keseluruhan skripsi dalam waktu singkat. Namun, penggunaan abstrak skripsi juga memiliki pro dan kontra. Berikut ini adalah pro kontra tentang penggunaan abstrak skripsi:

Pro:

  • Membantu pembaca untuk memahami isi keseluruhan skripsi secara singkat.
  • Mempermudah proses seleksi bagi pihak-pihak yang ingin menggunakan hasil penelitian.
  • Sebagai bahan referensi bagi peneliti yang melakukan penelitian serupa.

Kontra:

  • Abstrak skripsi hanya bersifat ringkas dan tidak mendetail, sehingga ada kemungkinan terjadi kesalahan interpretasi oleh pembaca.
  • Terdapat mahasiswa yang menyalin abstrak dari sumber lain tanpa memberikan referensi, sehingga dapat dikategorikan sebagai plagiat.
  • Abstrak skripsi bukanlah satu-satunya kriteria yang digunakan untuk menilai kualitas sebuah skripsi, sehingga tidak selalu menjadi indikator utama dalam penilaian skripsi.

Dalam hal ini, sebagai mahasiswa yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas akhir, sebaiknya kita memahami cara membuat abstrak skripsi dengan benar agar dapat memberikan pengaruh positif bagi pembaca serta menghindari dampak negatif yang mungkin terjadi.

Salam pembaca setia! Setelah membaca panduan lengkap Cara Membuat Abstrak Skripsi di atas, kami harap Anda dapat lebih memahami pentingnya membuat abstrak dengan baik dan benar. Sebagai penulis skripsi, abstrak adalah hal pertama yang dibaca oleh para pembaca, sehingga harus mampu memberikan gambaran singkat namun jelas tentang isi skripsi secara keseluruhan.

Untuk membuat abstrak yang baik, Anda perlu mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan secara detail di atas. Pertama, pahami tujuan dari penulisan abstrak dan cermati kriteria yang harus dipenuhi. Kemudian, buatlah kerangka abstrak dengan menuliskan bagian-bagian penting seperti latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Terakhir, jangan lupa periksa kembali abstrak yang telah Anda buat untuk memastikan tidak ada kesalahan atau kekurangan.

Kami berharap panduan ini dapat membantu Anda dalam menulis abstrak skripsi yang baik dan memuaskan. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam menyelesaikan skripsi Anda! Jangan lupa kunjungi blog kami lagi untuk mendapatkan informasi dan tips menarik seputar dunia akademik. Sampai jumpa!

.

Jakarta – Abstrak skripsi merupakan bagian penting dari tugas akhir mahasiswa. Bagi sebagian besar mahasiswa, membuat abstrak skripsi bisa menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, People Also Ask tentang cara membuat abstrak skripsi.

  1. Apa itu abstrak skripsi?

    Abstrak skripsi adalah ringkasan singkat dari isi skripsi yang dibuat dalam satu atau dua paragraf. Abstrak skripsi biasanya berisi tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil penelitian, dan kesimpulan. Abstrak skripsi harus mampu menggambarkan secara jelas dan akurat isi skripsi.

  2. Bagaimana cara membuat abstrak skripsi?

    Untuk membuat abstrak skripsi, ada beberapa langkah yang dapat diikuti:

    • Baca dan pahami isi skripsi dengan baik
    • Tentukan tujuan penelitian dan metode yang digunakan
    • Singkatkan hasil penelitian dan temuan yang paling penting
    • Buatlah kesimpulan yang jelas dan ringkas
    • Periksa kembali abstrak skripsi untuk memastikan tidak ada kesalahan
  3. Berapa jumlah kata yang sebaiknya digunakan dalam abstrak skripsi?

    Idealnya, abstrak skripsi sebaiknya terdiri dari 150 hingga 250 kata. Namun, hal ini tergantung pada kebijakan kampus atau fakultas masing-masing.

  4. Apakah abstrak skripsi harus ditulis dalam bahasa Indonesia?

    Iya, abstrak skripsi sebaiknya ditulis dalam bahasa Indonesia. Namun, ada beberapa kampus atau fakultas yang memperbolehkan abstrak skripsi ditulis dalam bahasa Inggris.

  5. Apakah abstrak skripsi harus mengikuti format tertentu?

    Ya, umumnya abstrak skripsi harus mengikuti format tertentu seperti judul, nama penulis, tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil penelitian, dan kesimpulan. Namun, format dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan kampus atau fakultas masing-masing.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, mahasiswa diharapkan dapat membuat abstrak skripsi yang baik dan mudah dipahami oleh pembaca.