Info Sekolah
Sunday, 21 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah Membuat Abstrak Tesis yang Menarik dan Berkesan

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Membuat Abstrak Tesis

Cara membuat abstrak tesis yang baik dan efektif: fokuskan pada tujuan, metode, hasil, dan kontribusi penelitian Anda. #abstraktesis #penelitian

Cara membuat abstrak tesis merupakan langkah awal yang penting dalam menulis sebuah karya ilmiah. Abstrak tesis merupakan ringkasan singkat dari seluruh isi tesis yang telah ditulis. Dalam abstrak, terdapat informasi penting mengenai tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil temuan, dan kesimpulan yang diambil. Oleh karena itu, penting bagi penulis untuk dapat membuat abstrak yang jelas, padat, dan menggambarkan keseluruhan isi tesis. Berikut adalah beberapa tips dan trik dalam membuat abstrak tesis yang efektif.

Pendahuluan

Membuat abstrak tesis adalah salah satu tahapan penting dalam menyelesaikan sebuah tesis. Abstrak tesis berfungsi sebagai ringkasan dari seluruh isi tesis, sehingga dapat memberikan gambaran singkat mengenai topik yang dibahas dalam tesis tersebut.

abstrak

Menentukan Panjang Abstrak Tesis

Sebelum memulai menulis abstrak tesis, hal pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan panjang abstrak tesis. Biasanya, panjang abstrak tesis berkisar antara 150-300 kata. Namun, panjang abstrak tesis dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dari institusi pendidikan atau jurnal yang akan menerbitkan tesis tersebut. Pastikan untuk mengecek terlebih dahulu aturan yang berlaku di institusi pendidikan atau jurnal tersebut sebelum menulis abstrak tesis.

Mengidentifikasi Tujuan Penelitian

Selanjutnya, dalam menulis abstrak tesis, Anda harus mengidentifikasi tujuan penelitian yang ingin dicapai. Tujuan penelitian dapat dijelaskan dalam satu atau dua kalimat saja, namun harus mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai tujuan penelitian yang ingin dicapai.

tujuan

Merumuskan Masalah Penelitian

Selain tujuan penelitian, Anda juga harus merumuskan masalah penelitian yang ingin dicapai. Rumusan masalah dapat dijelaskan dalam satu kalimat saja, namun harus mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai masalah penelitian yang ingin diselesaikan.

sampul

Metode Penelitian

Selanjutnya, abstrak tesis harus mencantumkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tersebut. Metode penelitian dapat dijelaskan dalam satu atau dua kalimat saja, namun harus mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai metode penelitian yang digunakan.

metode

Hasil Penelitian

Abstrak tesis juga harus mencantumkan hasil penelitian yang telah diperoleh. Hasil penelitian dapat dijelaskan dalam satu atau dua kalimat saja, namun harus mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai hasil penelitian yang telah diperoleh.

hasil

Kesimpulan

Abstrak tesis harus mencantumkan kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian yang telah diperoleh. Kesimpulan dapat dijelaskan dalam satu atau dua kalimat saja, namun harus mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian tersebut.

kesimpulan

Kata Kunci

Terakhir, abstrak tesis harus mencantumkan kata kunci yang relevan dengan topik penelitian. Kata kunci ini berguna untuk memudahkan pembaca dalam mencari tesis yang relevan dengan topik yang mereka cari.

kata

Kesimpulan

Membuat abstrak tesis tidaklah sulit jika Anda sudah mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan. Dalam membuat abstrak tesis, pastikan untuk mencantumkan tujuan penelitian, rumusan masalah, metode penelitian, hasil penelitian, kesimpulan, dan kata kunci yang relevan. Selain itu, pastikan untuk mengecek aturan yang berlaku di institusi pendidikan atau jurnal yang akan menerbitkan tesis tersebut. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, abstrak tesis yang Anda buat akan lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Cara Membuat Abstrak Tesis

Pendahuluan

Abstrak tesis adalah ringkasan dari keseluruhan isi tesis dan menjadi hal yang sangat penting dalam tesis. Abstrak tesis akan menjadi bahan pertimbangan bagi para pembaca untuk menentukan apakah isi tesis layak untuk dibaca atau tidak.

Pilih Bahasa yang Tepat

Abstrak tesis harus ditulis dalam bahasa yang tepat dan sesuai dengan bahasa yang digunakan dalam tesis. Jika tesis ditulis dalam bahasa Indonesia, maka abstrak harus ditulis dalam bahasa Indonesia juga.

Gunakan Gaya Bahasa Formal

Abstrak tesis harus ditulis dengan style bahasa yang formal dan akademis. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu rancu atau terlalu informal, karena abstrak tesis harus memberikan kesan yang profesional dan serius.

Gunakan Kalimat yang Singkat dan Padat

Abstrak tesis harus ditulis dengan kalimat yang singkat dan padat. Hindari penggunaan kalimat panjang dan bertele-tele karena dapat mengurangi kualitas abstrak tesis dan membuat pembaca cepat bosan. Penggunaan kata-kata yang tepat dan jelas akan membantu meningkatkan kualitas abstrak tesis.

Jelaskan Tujuan Tesis

Abstrak tesis harus menjelaskan secara jelas tujuan dari penelitian yang ditulis. Pembaca harus dengan mudah memahami maksud dari penelitian tersebut dan mengapa penelitian tersebut dilakukan. Penggunaan kalimat yang tepat dan jelas akan membantu memudahkan pemahaman pembaca.

Jelaskan Metodologi Penelitian

Abstrak tesis juga harus menjelaskan metode yang digunakan dalam penelitian tersebut. Metode yang digunakan harus dijelaskan dengan cara yang jelas dan ringkas. Penggunaan kalimat yang singkat dan padat akan membantu meningkatkan kualitas abstrak tesis.

Hasil Penelitian

Abstrak tesis harus menjelaskan hasil dari penelitian yang dilakukan. Hasil harus dijelaskan dengan singkat, tepat, dan akurat. Penggunaan kata-kata yang tepat dan jelas akan membantu meningkatkan kualitas abstrak tesis.

Implicasi dari Penelitian

Abstrak tesis harus menjelaskan implikasi dari penelitian yang dilakukan. Implikasi harus dijelaskan dengan ringkas dan jelas. Penggunaan kalimat yang singkat dan padat akan membantu meningkatkan kualitas abstrak tesis.

Kesimpulan

Abstrak tesis harus diakhiri dengan kesimpulan atau kesimpulan umum yang dapat diambil dari penelitian yang dilakukan. Kesimpulan harus dijelaskan dengan singkat dan jelas. Penggunaan kalimat yang tepat dan jelas akan membantu meningkatkan kualitas abstrak tesis.

Koreksi dan Edit

Sebelum pengumpulan, pastikan untuk mengoreksi dan mengedit abstrak tesis. Pastikan tidak ada kesalahan atau kesalahan gramatika. Koreksi dan edit adalah tahap terakhir dan sangat penting untuk memastikan kualitas abstrak tesis.

Dalam membuat abstrak tesis, penting untuk menggunakan bahasa yang tepat, gaya bahasa formal, kalimat yang singkat dan padat, dan menjelaskan tujuan, metodologi, hasil, dan implikasi penelitian. Kesimpulan dan koreksi serta edit juga harus dilakukan sebelum pengumpulan abstrak tesis. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, abstrak tesis akan memiliki kualitas yang baik dan dapat membantu pembaca untuk memahami isi tesis dengan lebih mudah.

Ada sebuah tugas akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa, yaitu membuat tesis. Namun, sebelum menulis tesis, mahasiswa harus memahami terlebih dahulu cara membuat abstrak tesis. Abstrak tesis merupakan ringkasan dari isi tesis yang ditulis dengan singkat dan jelas. Berikut ini adalah cara membuat abstrak tesis:

  1. Memahami tujuan dari abstrak tesis
  2. Tujuan dari abstrak tesis adalah memberikan gambaran umum mengenai isi tesis. Abstrak tesis harus mampu memberikan informasi yang cukup untuk menarik minat pembaca dan menjelaskan tentang topik yang akan dibahas.

  3. Membuat kerangka abstrak tesis
  4. Kerangka abstrak tesis terdiri dari beberapa bagian, yaitu: latar belakang, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, dan simpulan. Mahasiswa harus memperhatikan setiap bagian agar abstrak tesis dapat disusun dengan baik.

  5. Menjelaskan latar belakang
  6. Latar belakang harus dijelaskan secara singkat dan jelas. Mahasiswa harus menjabarkan masalah yang akan dipecahkan dalam tesis dan pentingnya topik tersebut untuk diteliti.

  7. Menjelaskan tujuan penelitian
  8. Tujuan penelitian harus dijelaskan dengan singkat dan jelas. Mahasiswa harus menyebutkan tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam tesis.

  9. Menjelaskan metode penelitian
  10. Metode penelitian harus dijelaskan dengan singkat dan jelas. Mahasiswa harus menyebutkan jenis penelitian yang digunakan, teknik pengambilan data, dan analisis data yang dilakukan.

  11. Menjelaskan hasil penelitian
  12. Hasil penelitian harus dijelaskan dengan singkat dan jelas. Mahasiswa harus menyebutkan temuan-temuan penting yang didapatkan dari penelitian.

  13. Menjelaskan simpulan
  14. Simpulan harus dijelaskan dengan singkat dan jelas. Mahasiswa harus menyebutkan kesimpulan dari hasil penelitian dan memberikan rekomendasi untuk penelitian lanjutan.

    Dalam cara membuat abstrak tesis, mahasiswa harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak terlalu rumit. Mahasiswa juga harus memperhatikan tata bahasa dan ejaan yang baik dan benar. Dengan memahami cara membuat abstrak tesis, mahasiswa dapat membuat abstrak tesis yang baik dan dapat menarik minat pembaca.

    Terima kasih telah membaca artikel ini tentang cara membuat abstrak tesis. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menyusun abstrak tesis yang baik dan benar. Sebagai penutup, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun abstrak tesis.

    Pertama, pastikan abstrak tesis anda mencakup semua elemen penting dari tesis anda. Abstrak harus memberikan gambaran secara singkat tentang topik, metodologi, temuan, dan kesimpulan tesis anda. Jangan lupa untuk menjelaskan mengapa topik tesis anda penting dan relevan bagi bidang studi anda.

    Kedua, gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Abstrak tesis harus dapat dimengerti oleh pembaca yang tidak memiliki latar belakang yang sama dengan anda. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu teknis atau jargon yang mungkin tidak dimengerti oleh pembaca awam.

    Terakhir, pastikan abstrak tesis anda singkat dan padat. Abstrak sebaiknya tidak lebih dari 250 kata dan harus mampu memberikan gambaran singkat namun lengkap tentang tesis anda. Jangan lupa untuk memeriksa kembali abstrak anda sebelum mengirimkannya ke pihak yang berwenang.

    Semoga tips-tips di atas dapat membantu anda dalam menyusun abstrak tesis yang baik dan benar. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan petunjuk dari pembimbing anda dalam menyusun abstrak tesis. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga sukses dalam penulisan tesis anda!

    Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Cara Membuat Abstrak Tesis

    1. Apa itu Abstrak Tesis?

    2. Abstrak Tesis adalah ringkasan singkat dari isi keseluruhan tesis yang berisi latar belakang masalah, tujuan penelitian, metodologi, hasil penelitian, dan kesimpulan.

    3. Bagaimana Cara Membuat Abstrak Tesis yang Baik?

    4. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat abstrak tesis yang baik:

      • Mulailah dengan menentukan latar belakang masalah yang jelas dan spesifik.
      • Sebutkan tujuan penelitian secara singkat dan jelas.
      • Jelaskan metode penelitian yang digunakan dengan singkat dan padat.
      • Ringkaslah hasil penelitian yang paling penting.
      • Simpulkan hasil penelitian dan berikan implikasi praktis dari penelitian tersebut.
    5. Berapa Panjang Abstrak Tesis yang Ideal?

    6. Abstrak tesis yang ideal seharusnya tidak lebih dari 250 kata, tergantung pada ketentuan dari institusi atau jurnal yang memuatnya.

    7. Kapan Sebaiknya Abstrak Tesis Dibuat?

    8. Abstrak tesis biasanya dibuat setelah seluruh bagian tesis selesai ditulis, sehingga dapat merefleksikan isi keseluruhan tesis dengan baik.

    9. Apa Bedanya Abstrak Tesis dengan Sinopsis?

    10. Abstrak tesis berisi ringkasan dari setiap bagian penting dalam tesis, sedangkan sinopsis hanya berisi gambaran umum tentang isi cerita atau tulisan tanpa menyebutkan detail-detail yang penting.

    Dengan mengikuti tips di atas dan memahami perbedaan antara abstrak tesis dan sinopsis, Anda dapat membuat abstrak tesis yang baik dan efektif untuk menjelaskan hasil penelitian Anda secara singkat dan jelas.