Info Sekolah
Thursday, 25 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah Membuat Abstrak yang Baik dan Benar: Panduan Praktis!

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Membuat Abstrak Yang Baik Dan Benar

Cara membuat abstrak yang baik dan benar, mulai dari memilih topik, menyusun struktur hingga menyeleksi kata-kata kunci. Pelajari di sini!

Cara membuat abstrak yang baik dan benar merupakan hal penting bagi penulis karya ilmiah. Abstrak dapat menjadi panduan bagi pembaca untuk memahami isi dari tulisan yang dibuat. Oleh karena itu, penting bagi penulis untuk menyusun abstrak yang jelas, padat, dan mudah dipahami. Namun, tidak semua penulis mampu menyusun abstrak dengan baik dan benar. Bagaimana cara membuatnya?

Pertama-tama, penulis harus memahami tujuan dari abstrak itu sendiri. Abstrak bertujuan untuk memberikan gambaran singkat tentang isi tulisan secara keseluruhan. Dalam abstrak, penulis harus menjelaskan masalah yang diangkat, metode yang digunakan, hasil yang diperoleh, dan kesimpulan yang diambil. Oleh karena itu, penulis harus mampu menuliskan setiap elemen tersebut secara singkat dan padat.

Selain itu, penulis juga harus memperhatikan penggunaan bahasa yang tepat dalam menyusun abstrak. Bahasa yang digunakan harus mudah dipahami oleh pembaca dari berbagai latar belakang. Gunakan kalimat yang sederhana namun tetap mengandung informasi yang relevan. Hindari penggunaan kata-kata yang ambigu atau sulit dipahami.

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan revisi dan editing pada abstrak yang sudah disusun. Periksa kembali setiap kalimat dan pastikan bahwa abstrak yang dibuat sesuai dengan tujuan dan isi tulisan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, penulis dapat menyusun abstrak yang baik dan benar untuk karya ilmiah yang dibuat.

Pengertian Abstrak

Abstrak adalah ringkasan singkat dari suatu tulisan yang mencakup inti dari isi tulisan tersebut. Abstrak dibuat dengan tujuan agar pembaca dapat mengetahui gambaran umum dari tulisan tersebut tanpa harus membaca secara keseluruhan. Oleh karena itu, abstrak harus ditulis dengan singkat, jelas dan padat.

Manfaat Abstrak

Abstrak memiliki manfaat yang sangat penting bagi penulis dan pembaca. Bagi penulis, abstrak dapat membantu untuk menyusun kerangka penulisan agar lebih fokus dan terarah. Selain itu, abstrak juga dapat meningkatkan kemampuan penulis dalam menyampaikan ide-ide secara singkat dan jelas.

Sementara itu, bagi pembaca, abstrak dapat membantu untuk menentukan apakah tulisan tersebut relevan dan bermanfaat untuk dibaca secara keseluruhan atau tidak. Dengan membaca abstrak, pembaca dapat mengetahui inti dari tulisan tersebut tanpa harus membaca secara detail.

Langkah-langkah Membuat Abstrak yang Baik dan Benar

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam membuat abstrak yang baik dan benar:

1. Tentukan Jenis Abstrak

Terdapat dua jenis abstrak yaitu abstrak informatif dan abstrak deskriptif. Abstrak informatif memberikan ringkasan mengenai isi tulisan, sedangkan abstrak deskriptif memberikan gambaran umum tentang topik yang dibahas.

2. Baca dan Pahami Isi Tulisan

Sebelum membuat abstrak, pastikan untuk membaca dan memahami isi tulisan secara keseluruhan. Hal ini penting agar abstrak yang dibuat dapat mencakup inti dari isi tulisan.

3. Tentukan Panjang Abstrak

Panjang abstrak biasanya tergantung pada jenis tulisan yang dibuat. Untuk tulisan yang panjangnya kurang dari 500 kata, abstrak sebaiknya tidak lebih dari 100-150 kata. Sedangkan untuk tulisan yang lebih panjang dari 500 kata, abstrak sebaiknya tidak lebih dari 250 kata.

4. Pilih Kata Kunci yang Tepat

Kata kunci sangat penting dalam abstrak karena dapat membantu pembaca untuk menemukan tulisan tersebut melalui mesin pencari. Pilihlah kata kunci yang relevan dengan isi tulisan.

5. Buat Ringkasan dari Setiap Bagian Tulisan

Buatlah ringkasan dari setiap bagian tulisan seperti pendahuluan, metodologi, hasil penelitian dan kesimpulan. Pastikan ringkasan ini mencakup informasi yang penting dan relevan.

6. Hindari Penggunaan Bahasa yang Terlalu Teknis

Hindari menggunakan bahasa yang terlalu teknis atau sulit dipahami oleh pembaca awam. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca umum.

7. Jangan Menambahkan Informasi Baru

Abstrak sebaiknya hanya berisi informasi yang sudah ada dalam tulisan. Jangan menambahkan informasi baru yang tidak terdapat dalam tulisan.

8. Periksa Kembali Abstrak yang Telah Dibuat

Setelah selesai membuat abstrak, periksa kembali apakah abstrak tersebut sudah sesuai dengan tujuan dan isi tulisan. Pastikan abstrak ditulis dengan singkat, jelas dan padat.

9. Gunakan Bahasa yang Baku dan Sesuai EYD

Gunakan bahasa yang baku dan sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dalam membuat abstrak. Hal ini penting agar abstrak terlihat lebih profesional.

10. Ajukan untuk Diperiksa oleh Rekan Sejawat atau Pembimbing

Sebelum mengirimkan tulisan, ajukan abstrak untuk diperiksa oleh rekan sejawat atau pembimbing. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan kualitas abstrak dan tulisan secara keseluruhan.

Kesimpulan

Membuat abstrak yang baik dan benar sangat penting untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi tulisan secara singkat dan jelas. Dalam membuat abstrak, pastikan untuk memahami isi tulisan secara keseluruhan, menentukan jenis abstrak, memilih kata kunci yang tepat, membuat ringkasan dari setiap bagian tulisan, menghindari penggunaan bahasa yang terlalu teknis, tidak menambahkan informasi baru, menggunakan bahasa yang baku dan sesuai EYD, serta memperiksa kembali abstrak yang telah dibuat. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, diharapkan abstrak yang dibuat dapat mencakup inti dari isi tulisan dan mudah dipahami oleh pembaca.

Pengenalan

Pernahkah kamu membuat abstrak sebelumnya? Jika belum, maka artikel ini akan membantu kamu. Abstrak sering kali menjadi bagian yang penting dalam sebuah penelitian ilmiah atau makalah. Sebagai penulis, kamu harus bisa membuat abstrak yang baik dan benar agar karya yang kamu buat dapat diterima oleh pembaca dan terbukti berharga.

Pahami Konsep Abstrak

Sebelum kamu mulai menulis, pastikan bahwa kamu telah memahami konsep abstrak dengan baik. Abstrak adalah ringkasan dari tulisan atau karya yang telah kamu buat. Ini berarti, abstrak harus menampilkan inti dari semua yang ingin kamu sampaikan dalam penelitian atau makalahmu. Abstrak juga harus menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar seperti apa, mengapa, dan bagaimana.

Umumkan Tema Utama

Abstrak harus menjelaskan tema utama dari tulisanmu. Pastikan bahwa dalam bagian abstrak, kamu menyebutkan topik atau isu utama yang ingin kamu bahas. Umumkan ide inti yang ingin kamu sampaikan dan jangan lupa untuk memberikan gambaran tentang apa yang akan kamu bahas dalam penelitian atau makalahmu.

Jangan Terlalu Panjang

Usahakan untuk membuat abstrakmu singkat dan padat. Sebab, abstrak yang terlalu panjang akan membuat pembaca bosan. Sebaiknya, usahakan untuk menulis abstrak hanya dalam satu atau dua halaman maksimal. Hindari pengulangan kata-kata yang sama dan gunakan kalimat singkat untuk memperjelas ide utama.

Hindari Penggunaan Istilah Ilmiah yang Rumit

Saat menulis abstrak, sebaiknya hindari penggunaan istilah atau bahasa ilmiah yang terlalu rumit. Ini akan membuat pembaca yang belum terbiasa dengan istilah tersebut jadi lebih sulit memahaminya. Gunakan istilah yang umum dan mudah dipahami agar abstrakmu bisa diakses oleh semua kalangan.

Tampilkan Argumen Utama

Abstrak harus menggambarkan argumen utama dari penulisanmu dengan jelas dan tegas. Ini akan membuat pembaca tertarik pada topikmu dan mendorong mereka untuk membaca lebih banyak. Usahakan untuk menampilkan argumen utama yang kuat dan dapat dibuktikan sehingga pembaca akan terkesan dengan penelitianmu.

Sarikan Temuanmu

Abstrak harus juga menampilkan temuanmu yang relevan. Ini akan memberi kesan kepada pembaca bahwa penelitianmu berharga dan berarti. Sarikan temuan yang kamu dapatkan dalam penelitianmu dengan jelas dan singkat agar pembaca dapat memahami apa yang kamu temukan.

Jelaskan Metodemu

Dalam abstrak, kamu harus juga menjelaskan metode yang kamu gunakan ketika melakukan penelitian. Ini akan memperkuat kesan bahwa penelitianmu valid dan berarti. Jelaskan metode yang kamu gunakan dengan singkat dan jelas agar pembaca dapat memahami cara-cara yang kamu gunakan untuk mendapatkan temuanmu.

Hindari Plagiarisme

Dalam menulis abstrak, pastikan untuk menghindari plagiarisme. Usahakan untuk menulis dengan bahasamu sendiri dan jangan menyalin kutipan atau paragraf dari penulisan orang lain. Jika kamu menyertakan kutipan dari sumber lain, pastikan untuk mencantumkan sumbernya dengan benar.

Tulis dengan Bahasa Mudah Dipahami

Terakhir, pastikan untuk menulis abstrakmu dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siapa saja. Jangan lupa untuk menggunakan kalimat-kalimat yang jelas dan mudah dipahami agar abstrakmu mudah dimengerti oleh pembaca. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu rumit dan gunakan kata-kata yang umum agar abstrakmu dapat diakses oleh semua kalangan. Dengan begitu, abstrakmu akan menjadi lebih efektif dan mampu menarik perhatian pembaca.

Abstrak adalah ringkasan singkat dari penelitian yang telah dilakukan. Abstrak sangat penting untuk dimiliki karena mampu memberikan gambaran umum mengenai penelitian tersebut. Oleh karena itu, membuat abstrak yang baik dan benar menjadi suatu hal yang sangat penting.

Berikut ini adalah cara membuat abstrak yang baik dan benar:

  1. Menjaga kata-kata tetap singkat dan jelas. Hindari penggunaan kata-kata yang tidak perlu atau mengulang-ulang.
  2. Mendeskripsikan tujuan penelitian secara singkat dan padat. Tujuan penelitian harus terlihat jelas dalam abstrak.
  3. Menuliskan metode yang digunakan dalam penelitian. Hal ini akan memudahkan pembaca untuk memahami proses penelitian yang dilakukan.
  4. Menuliskan hasil penelitian secara singkat dan padat. Hasil penelitian harus terlihat jelas dan dapat dipahami oleh pembaca.
  5. Menjelaskan implikasi hasil penelitian secara singkat dan padat. Implikasi hasil penelitian harus terlihat jelas dalam abstrak.

Cara membuat abstrak yang baik dan benar harus diperhatikan dengan seksama. Abstrak yang baik akan memudahkan pembaca untuk memahami isi dari penelitian yang telah dilakukan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kejelasan dan kepadatan informasi dalam abstrak.

Terima kasih telah membaca artikel ini tentang cara membuat abstrak yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda semua dalam membuat abstrak. Sebagai penutup, kami ingin menekankan bahwa pentingnya abstrak dalam sebuah karya ilmiah. Abstrak adalah bagian yang paling awal dibaca oleh pembaca, sehingga harus mampu memberikan gambaran secara jelas tentang isi karya.Dalam membuat abstrak, pastikan Anda memahami benar isi karya yang akan diabstraksi. Gunakan bahasa yang sederhana namun tetap menjaga keakuratan informasi. Sertakan juga tujuan dan hasil dari penelitian atau karya yang diabstraksi tersebut. Hindari penggunaan kata-kata yang ambigu atau tidak jelas maknanya.Selain itu, perhatikan juga ukuran abstrak yang ditentukan oleh jurnal atau penerbit. Jangan terlalu panjang atau terlalu singkat. Selalu periksa kembali kebenaran informasi dan ejaan sebelum mengirimkan abstrak ke jurnal atau penerbit. Dengan demikian, abstrak yang Anda buat akan menggambarkan dengan baik isi karya yang Anda tulis. Sekali lagi, terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga sukses dalam membuat abstrak yang baik dan benar!

Orang-orang sering bertanya tentang cara membuat abstrak yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

  1. Apa itu abstrak?

    Abstrak adalah ringkasan singkat dari sebuah karya tulis seperti artikel jurnal, tesis, atau disertasi. Abstrak berisi informasi penting tentang isi karya tulis tersebut.

  2. Apa tujuan dari abstrak?

    Tujuan dari abstrak adalah untuk memberikan gambaran singkat tentang isi karya tulis. Abstrak membantu pembaca untuk memahami topik yang dibahas dalam karya tulis tanpa harus membaca seluruhnya. Abstrak juga membantu orang untuk menentukan apakah karya tulis tersebut relevan dengan topik yang mereka cari.

  3. Bagaimana cara membuat abstrak yang baik dan benar?

    Berikut adalah beberapa tips untuk membuat abstrak yang baik dan benar:

    • Tulislah abstrak setelah menyelesaikan seluruh karya tulis.
    • Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.
    • Singkatlah informasi penting dan hindari detail yang tidak perlu.
    • Jangan menambahkan kutipan atau referensi dalam abstrak.
    • Pastikan abstrak mencakup semua bagian penting dari karya tulis, seperti tujuan penelitian, metode, hasil, dan kesimpulan.
  4. Ada berapa jenis abstrak?

    Ada dua jenis abstrak yaitu abstrak deskriptif dan abstrak informatif. Abstrak deskriptif hanya memberikan gambaran umum tentang topik yang dibahas dalam karya tulis, sedangkan abstrak informatif memberikan informasi lebih detail tentang tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan dari karya tulis tersebut.

  5. Berapa panjang abstrak seharusnya?

    Panjang abstrak tergantung pada aturan yang ditentukan oleh lembaga atau jurnal yang mempublikasikan karya tulis tersebut. Namun, umumnya abstrak memiliki panjang antara 150-250 kata.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat abstrak yang baik dan benar untuk karya tulis Anda.