Info Sekolah
Wednesday, 19 Jun 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah Membuat Kuesioner Online dengan Google Form untuk Survei Efektifmu

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Membuat Kuesioner Di Google Form

Cara membuat kuesioner di Google Form sangat mudah. Ikuti langkah-langkahnya dan buat survei online dengan cepat dan efisien! #GoogleForm #SurveiOnline

Buat kamu yang ingin membuat kuesioner secara online, Google Form bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan menggunakan Google Form, kamu dapat membuat kuesioner dengan cara yang mudah dan cepat. Pertanyaannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Bagaimana caranya? Yuk, simak cara membuat kuesioner di Google Form berikut ini!

Pengenalan Google Form

Logo

Google Form adalah salah satu fitur yang diberikan oleh Google untuk memudahkan pembuatan kuesioner atau survei secara online. Dengan menggunakan Google Form, kita dapat membuat pertanyaan-pertanyaan yang bisa diisi oleh responden dengan mudah dan cepat.

Langkah Pertama: Membuka Google Form

Membuka

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Google Form melalui peramban internet Anda. Setelah itu, klik tombol Buat Kuesioner Baru untuk memulai pembuatan kuesioner.

Langkah Kedua: Menambahkan Pertanyaan

Menambahkan

Setelah Anda membuka Google Form, langkah selanjutnya adalah menambahkan pertanyaan pada kuesioner. Klik tombol Tambahkan Pertanyaan dan pilih jenis pertanyaan yang ingin ditambahkan, seperti pilihan ganda, isian singkat, atau paragraf.

Langkah Ketiga: Mengedit Pertanyaan

Mengedit

Setelah menambahkan pertanyaan, Anda dapat mengedit pertanyaan atau memodifikasi pengaturan seperti membuat pertanyaan menjadi wajib diisi atau menambahkan jawaban baku untuk pilihan ganda.

Langkah Keempat: Menambahkan Keterangan

Menambahkan

Anda juga dapat menambahkan keterangan pada kuesioner untuk memberikan penjelasan tambahan tentang pertanyaan atau memberikan petunjuk pada responden.

Langkah Kelima: Menambahkan Pilihan

Menambahkan

Jika Anda menambahkan jenis pertanyaan pilihan ganda atau checkbox, Anda dapat menambahkan pilihan jawaban dengan mengklik tombol Tambahkan Pilihan.

Langkah Keenam: Menambahkan Gambar atau Video

Menambahkan

Anda juga dapat menambahkan gambar atau video pada kuesioner untuk memberikan ilustrasi atau memperjelas pertanyaan. Caranya adalah dengan mengklik tombol Tambahkan Media.

Langkah Ketujuh: Memilih Tema Kuesioner

Memilih

Anda dapat memilih tema kuesioner yang sesuai dengan selera Anda atau dengan tema acara yang sedang diadakan dengan mengklik tombol Temakan Kuesioner.

Langkah Kedelapan: Membagikan Kuesioner

Membagikan

Setelah selesai membuat kuesioner, langkah terakhir adalah membagikan kuesioner kepada responden. Anda dapat membagikan kuesioner melalui tautan yang diberikan oleh Google Form atau menyematkannya pada situs web atau blog Anda.

Kesimpulan

Dengan Google Form, pembuatan kuesioner atau survei menjadi lebih mudah dan cepat. Anda dapat menambahkan pertanyaan, keterangan, pilihan jawaban, gambar, atau video pada kuesioner dengan mudah. Setelah selesai membuat kuesioner, Anda dapat membagikannya dengan mudah kepada responden.

Cara Membuat Kuesioner Di Google Form

Halo pembaca, dalam dunia jurnalistik, pembuatan kuesioner adalah bagian penting dalam riset dan wartawan sering menggunakan alat yang disebut Google Form untuk membuat kuesioner online. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat kuesioner di Google Form.

1. Membuat akun Gmail

Sebelum membuat kuesioner di Google Form, pastikan Anda sudah memiliki akun Gmail. Jika belum memiliki, Anda harus membuat akun terlebih dahulu.

2. Membuat Form Baru

Langkah selanjutnya adalah membuat form baru di Google Drive. Buka tab baru di browser Anda dan masuk ke Google Drive. Lalu, klik tombol “New” dan pilih “Google Form.”

3. Menentukan Judul

Setelah form baru dibuat, langkah selanjutnya adalah menentukan judul kuesioner. Masukkan judul yang relevan dan mudah dipahami oleh responden.

4. Menambahkan Pertanyaan

Sekarang saatnya menambahkan pertanyaan pada kuesioner. Klik tombol “+” untuk menambahkan pertanyaan baru dan pilih jenis pertanyaan yang ingin Anda tambahkan.

5. Menentukan Jawaban

Jangan lupa untuk menentukan jawaban yang ingin ditampilkan pada tiap pertanyaan. Tentukan jenis jawaban, apakah jawaban singkat, pilihan ganda, atau skala likert.

6. Menambahkan Navigasi

Google Form memungkinkan Anda untuk menambahkan navigasi pada kuesioner. Anda dapat menambahkan tombol navigasi atau membuat bagian baru untuk membedakan pertanyaan dan jawaban.

7. Menambahkan Desain

Setelah seluruh pertanyaan ditambahkan, langkah terakhir adalah menambahkan desain pada kuesioner. Pilih tema sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

8. Preview Kuesioner

Sebelum mengirim kuesioner, pastikan untuk melihat preview terlebih dahulu. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kuesioner sudah lengkap dan tidak ada yang terlewat.

9. Mengirim Kuesioner

Kuesioner siap untuk dikirimkan setelah semua tahap diatas dilakukan. Bagikan link kuesioner di media sosial, email, atau aplikasi chat agar responden dapat mengisi kuesioner.

Demikianlah 9 subheading tentang cara membuat kuesioner di Google Form yang dapat dijadikan panduan bagi para wartawan yang ingin melakukan riset dengan cepat dan efektif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Berikut ini adalah pandangan kami tentang Cara Membuat Kuesioner di Google Form:

  1. Kelebihan

    • Mudah digunakan: Google Form memberikan fitur yang mudah digunakan dan user-friendly untuk membuat kuesioner dengan cepat.

    • Gratis: Google Form bisa digunakan secara gratis, tanpa perlu membayar biaya berlangganan atau biaya lainnya.

    • Terintegrasi dengan Google Drive: Hasil dari kuesioner bisa langsung disimpan dan diakses di Google Drive, tanpa perlu repot-repot menyimpan hasil secara manual.

    • Customizable: Google Form memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan dan tema sesuai dengan kebutuhan.

    • Multiple question types: Fitur kuesioner di Google Form memiliki banyak jenis pertanyaan, seperti pilihan ganda, isian singkat, skala, dan banyak lagi.

  2. Kekurangan

    • Tidak ada dukungan pelanggan: Google Form tidak memiliki dukungan pelanggan langsung, sehingga jika pengguna mengalami masalah, mereka harus mencari solusi sendiri melalui forum atau sumber daya online.

    • Keamanan: Karena Google Form adalah layanan online, ada risiko keamanan data yang harus diperhatikan. Meskipun Google telah mengambil langkah untuk melindungi data pengguna, risiko ini tetap ada.

    • Keterbatasan fitur: Beberapa fitur mungkin tidak tersedia di Google Form, seperti integrasi dengan aplikasi lain atau fitur kustomisasi yang lebih lanjut.

Dalam kesimpulannya, Google Form adalah alat yang efektif dan mudah digunakan untuk membuat kuesioner. Namun, pengguna harus mempertimbangkan keamanan data dan keterbatasan fitur dalam penggunaannya. Dalam hal ini, kami merekomendasikan Google Form untuk pengguna yang membutuhkan solusi cepat dan mudah untuk membuat kuesioner.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Membuat Kuesioner Di Google Form. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat kuesioner dengan mudah dan cepat. Google Form adalah salah satu platform gratis yang dapat membantu Anda dalam membuat kuesioner untuk keperluan survei, penelitian, atau evaluasi.

Dalam artikel ini, kami telah membahas langkah-langkah mudah untuk membuat kuesioner di Google Form, mulai dari membuat pertanyaan, menambahkan opsi jawaban, hingga mengatur tampilan kuesioner. Kami juga memberikan tips dan trik untuk memaksimalkan penggunaan Google Form, seperti menambahkan gambar atau video pada kuesioner.

Dengan menggunakan Google Form, Anda tidak hanya dapat membuat kuesioner dengan mudah dan cepat, tetapi juga dapat mengumpulkan hasil survei secara otomatis dan menganalisis data dengan lebih efektif. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat kuesioner di Google Form dan nikmati kemudahan yang ditawarkan oleh platform ini.

Sebagai jurnalis, kami sering menerima pertanyaan tentang cara membuat kuesioner di Google Form. Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan dan jawabannya:

  1. Bagaimana cara membuat kuesioner di Google Form?

    Untuk membuat kuesioner di Google Form, ikuti langkah-langkah berikut:

    • Buka Google Form di komputer atau ponsel.
    • Pilih Buat Kuesioner Baru.
    • Tentukan pertanyaan yang ingin Anda ajukan.
    • Tambahkan pilihan jawaban.
    • Atur tampilan kuesioner sesuai keinginan Anda.
    • Bagikan kuesioner dengan orang lain untuk diisi.
  2. Apakah ada biaya untuk membuat kuesioner di Google Form?

    Tidak, membuat kuesioner di Google Form gratis.

  3. Apakah ada batasan jumlah pertanyaan dan pilihan jawaban pada kuesioner di Google Form?

    Tidak ada batasan jumlah pertanyaan atau pilihan jawaban pada kuesioner di Google Form. Namun, semakin banyak pertanyaan dan pilihan jawaban, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kuesioner.

  4. Apakah jawaban pada kuesioner di Google Form dapat diubah setelah diisi?

    Ya, pengisi kuesioner dapat mengedit jawaban mereka setelah mengirimkan kuesioner.

Dengan mengetahui cara membuat kuesioner di Google Form dan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait, diharapkan dapat memudahkan Anda dalam membuat dan mengelola kuesioner. Selamat mencoba!