Info Sekolah
Sunday, 21 Jul 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah Membuat NPWP Online Melalui HP di Tahun 2022

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara membuat Npwp online lewat hp 2022

Cara membuat NPWP online lewat HP tahun 2022 dengan mudah dan praktis. Ikuti langkah-langkahnya dan daftarkan diri Anda sekarang juga!

Berikut adalah panduan lengkap tentang cara membuat NPWP secara online lewat HP pada tahun 2022. Jika Anda ingin mengurus administrasi pajak dengan mudah dan cepat, inilah solusi terbaik yang dapat Anda gunakan. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, kini Anda dapat membuat NPWP hanya dengan menggunakan ponsel pintar Anda. Tidak perlu lagi mengantri panjang atau mengisi formulir fisik, semua dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana melalui aplikasi resmi yang tersedia. Jadi, mari kita jelajahi bersama bagaimana langkah-langkahnya!

Cara Membuat NPWP Online Lewat HP 2022

Saat ini, teknologi semakin berkembang pesat dan memberikan banyak kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal administrasi perpajakan. Salah satu perangkat yang memudahkan kita dalam membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah smartphone atau handphone (HP). Dengan menggunakan HP, kita dapat membuat NPWP secara online tanpa harus datang ke kantor pajak. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Siapkan Persyaratan yang Dibutuhkan

Persyaratan

Sebelum memulai proses pembuatan NPWP online lewat HP, pastikan kamu telah menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan. Persyaratan umumnya meliputi fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Kartu Keluarga (KK), dan nomor telepon yang aktif. Selain itu, ada juga persyaratan tambahan yang mungkin diperlukan tergantung pada kebijakan masing-masing kantor pajak.

Langkah 2: Unduh Aplikasi e-Registration

Unduh

Setelah persyaratan siap, langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi e-Registration. Aplikasi ini tersedia di Play Store untuk pengguna HP berbasis Android dan App Store untuk pengguna iPhone. Cari aplikasi dengan kata kunci e-Registration dan unduh aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Langkah 3: Buka Aplikasi e-Registration

Buka

Setelah mengunduh aplikasi e-Registration, buka aplikasi tersebut di HP kamu. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil untuk memastikan proses pembuatan NPWP berjalan lancar.

Langkah 4: Pilih Jenis Wajib Pajak

Pilih

Pada tahap ini, kamu akan diminta untuk memilih jenis wajib pajak yang sesuai dengan status kamu. Pilihlah sesuai dengan kondisi kamu, apakah sebagai Pegawai Tidak Tetap (PTT), Pegawai Tetap (PT), Wiraswasta, atau jenis lainnya.

Langkah 5: Isi Data Diri

Isi

Selanjutnya, lengkapi data diri kamu dengan benar sesuai dengan KTP dan KK yang kamu miliki. Pastikan tidak ada kesalahan dalam mengisi data agar proses pembuatan NPWP berjalan lancar.

Langkah 6: Masukkan Nomor Telepon

Masukkan

Pada tahap ini, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang aktif. Nomor telepon ini akan digunakan untuk verifikasi data kamu, sehingga pastikan nomor yang kamu masukkan dapat dihubungi.

Langkah 7: Unggah Dokumen Pendukung

Unggah

Setelah mengisi data diri dan nomor telepon, kamu akan diminta untuk mengunggah dokumen pendukung seperti fotokopi KTP dan KK. Pastikan dokumen yang kamu unggah jelas dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Langkah 8: Verifikasi Data

Verifikasi

Setelah semua data dan dokumen terisi dengan benar, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi data. Pastikan semua data yang kamu masukkan sudah benar sebelum melanjutkan proses verifikasi.

Langkah 9: Tunggu Proses Verifikasi

Tunggu

Setelah melakukan verifikasi data, kamu perlu menunggu proses verifikasi dari pihak Direktorat Jenderal Pajak. Biasanya, proses ini membutuhkan waktu beberapa hari kerja. Pastikan kamu tetap memantau aplikasi e-Registration untuk melihat status permohonan NPWP kamu.

Langkah 10: Dapatkan NPWP

Dapatkan

Jika semua data dan dokumen sudah diverifikasi dengan baik, kamu akan mendapatkan NPWP secara elektronik melalui aplikasi e-Registration. NPWP ini dapat digunakan dalam berbagai keperluan administrasi perpajakan yang membutuhkan nomor identitas wajib pajak.

Demikianlah cara membuat NPWP online lewat HP pada tahun 2022. Dengan menggunakan aplikasi e-Registration, kita dapat mengurus NPWP secara mudah dan praktis tanpa harus datang ke kantor pajak. Selamat mencoba!

Pengaturan Awal

1. Membuka Aplikasi e-Filing

a. Unduh aplikasi e-Filing dari Play Store atau App Store.

b. Instal dan buka aplikasi di ponsel Anda.

2. Mendaftar Akun

a. Tekan tombol Daftar untuk membuat akun baru.

b. Isi informasi pribadi seperti nama, nomor identitas, alamat email, dan nomor telepon.

c. Buat kata sandi yang kuat dan ingatlah untuk masa mendatang.

Pendaftaran NPWP

3. Mengakses menu Pendaftaran NPWP

a. Setelah berhasil masuk ke akun, cari menu Pendaftaran NPWP di layar utama aplikasi.

b. Klik pada menu tersebut dan biarkan aplikasi membuka formulir pendaftaran baru.

4. Mengisi Formulir

a. Isi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi yang akurat, seperti nama lengkap, alamat, pekerjaan, dan informasi pendukung lainnya.

b. Pastikan semua bidang yang wajib diisi terisi dengan benar dan lengkap untuk menghindari kendala saat proses verifikasi.

5. Melampirkan Dokumen Pendukung

a. Siapkan dokumen pendukung seperti fotokopi identitas, surat keterangan penghasilan, dan dokumen lain yang diminta.

b. Unggah dokumen-dokumen tersebut ke aplikasi menggunakan fitur unggah file.

Verifikasi dan Pengesahan

6. Menunggu Verifikasi

a. Setelah mengajukan formulir, tunggu proses verifikasi dari pihak berwenang.

b. Pastikan nomor telepon atau alamat email Anda aktif, karena Anda mungkin akan menerima notifikasi verifikasi melalui metode tersebut.

7. Mengikuti Petunjuk Verifikasi

a. Jika informasi yang Anda berikan diperiksa oleh pihak berwenang, Anda mungkin diminta untuk melengkapi atau memperbaiki data yang salah.

b. Ikuti petunjuk yang diberikan dan perbaiki informasi yang diminta.

8. Pengesahan NPWP

a. Setelah proses verifikasi selesai, Anda akan menerima pemberitahuan bahwa permohonan NPWP Anda disetujui.

b. Cetak dan simpan NPWP yang disetujui sebagai dokumen resmi. Anda juga dapat menyimpannya dalam format digital.

Penyampaian dan Pembayaran

9. Penyampaian Bukti Potong

a. Laporkan penghasilan bulanan dan sampaikan bukti potong pajak menggunakan aplikasi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

b. Ikuti panduan aplikasi dan unggah bukti potong yang valid.

10. Pembayaran Pajak

a. Lakukan pembayaran pajak yang tertera pada bukti potong.

b. Ikuti instruksi pembayaran yang ditetapkan.

Nah, itulah langkah-langkah cara membuat NPWP online lewat hp pada tahun 2022. Pastikan untuk mengikuti semua petunjuk dan persyaratan yang telah ditentukan agar proses pendaftaran dan pengajuan NPWP Anda berjalan lancar. Selamat mencoba!

Cara Membuat NPWP Online Lewat HP 2022

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat NPWP secara online melalui ponsel pintar pada tahun 2022:

  1. Siapkan ponsel pintar Anda dan pastikan terhubung dengan koneksi internet yang stabil.
  2. Buka browser di ponsel pintar Anda dan kunjungi situs resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) atau aplikasi e-Filing DJP.
  3. Pilih menu atau opsi yang sesuai, biasanya terdapat instruksi yang jelas pada beranda situs atau aplikasi.
  4. Masukkan data diri Anda dengan lengkap dan benar pada formulir yang disediakan. Pastikan Anda memiliki informasi seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan nomor identitas yang valid.
  5. Setelah mengisi formulir, verifikasi data yang telah Anda masukkan untuk memastikan tidak ada kesalahan. Periksa dengan teliti sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
  6. Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen pendukung seperti KTP, KK, atau dokumen lain yang diperlukan. Pastikan dokumen yang diunggah dalam format yang sesuai dan memiliki ukuran file yang tidak terlalu besar.
  7. Setelah dokumen terunggah, lanjutkan dengan mengirimkan permohonan pembuatan NPWP Anda.
  8. Tunggu beberapa saat sampai permohonan Anda diproses. Pada beberapa kasus, Anda mungkin akan diminta untuk melakukan verifikasi tambahan atau mengirimkan dokumen pendukung lainnya.
  9. Jika permohonan Anda disetujui, Anda akan menerima nomor NPWP dan bukti pendaftaran melalui email atau pesan teks. Pastikan Anda menyimpan informasi ini dengan baik untuk keperluan masa depan.
  10. Pastikan untuk membayar kewajiban pajak Anda tepat waktu dan secara rutin.

Point of View tentang Cara Membuat NPWP Online Lewat HP 2022

Dalam proses membuat NPWP secara online melalui ponsel pintar pada tahun 2022, pengguna diberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mengurus administrasi perpajakan. Metode ini memungkinkan individu untuk mengakses layanan pajak dengan mudah tanpa harus datang langsung ke kantor pajak.

Pendekatan yang jelas dan sistematis dalam panduan ini memudahkan pengguna untuk mengikuti langkah-langkah yang diperlukan. Instruksi yang rinci dan formulir yang jelas memastikan bahwa data diri yang dimasukkan benar dan lengkap.

Dalam prosesnya, pengguna akan diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan sebagai bagian dari verifikasi. Oleh karena itu, pastikan untuk memiliki akses ke dokumen yang relevan dan mengunggahnya dalam format yang sesuai.

Setelah permohonan terkirim, pengguna perlu bersabar menunggu proses verifikasi dari Direktorat Jenderal Pajak. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa saat, tergantung pada volume permohonan yang sedang diproses. Dalam beberapa kasus, pengguna mungkin juga diminta untuk memberikan verifikasi tambahan atau dokumen pendukung.

Setelah permohonan disetujui, pengguna akan menerima nomor NPWP dan bukti pendaftaran melalui email atau pesan teks. Pastikan untuk menyimpan informasi ini dengan baik karena akan diperlukan di masa depan.

Sebagai penutup, penting bagi pemegang NPWP untuk membayar kewajiban pajak mereka tepat waktu dan secara rutin. Dengan mengikuti panduan ini, pembuatan NPWP dapat dilakukan dengan mudah melalui ponsel pintar, menjadikan proses administrasi perpajakan lebih efisien dan praktis.

Halo para pembaca setia blog ini! Kami berharap artikel mengenai cara membuat NPWP online lewat HP tahun 2022 ini telah memberikan Anda informasi yang bermanfaat. Sebagai penggunaan teknologi semakin berkembang, pemerintah Indonesia juga terus beradaptasi dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan berbagai proses secara online, termasuk pembuatan NPWP.

Untuk memulai proses pembuatan NPWP online lewat HP tahun 2022, Anda perlu mengikuti beberapa langkah yang telah dijelaskan dalam artikel ini. Pertama, pastikan Anda memiliki akses internet yang stabil dan smartphone yang sudah terhubung dengan jaringan. Selanjutnya, unduh aplikasi e-Registration yang dapat ditemukan di Play Store atau App Store.

Setelah mengunduh aplikasi e-Registration, buka aplikasi tersebut dan ikuti langkah-langkah yang ada di dalamnya. Anda akan diminta untuk mengisi data diri dan melampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti KTP dan NPWP orang tua jika Anda masih berstatus sebagai anak. Pastikan data yang Anda isi sesuai dengan dokumen asli Anda.

Dengan menggunakan cara membuat NPWP online lewat HP tahun 2022, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu datang ke kantor pajak secara langsung. Prosesnya juga lebih cepat dan efisien. Namun, pastikan Anda tetap menjaga keamanan data pribadi Anda saat melakukan proses ini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat NPWP secara online lewat HP pada tahun 2022. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih atas kunjungan Anda dan sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya!

1. Apa itu NPWP?

Jawab:

  • NPWP merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak.
  • NPWP adalah identitas pajak yang diberikan kepada setiap individu atau entitas yang memiliki kewajiban perpajakan di Indonesia.
  • NPWP digunakan untuk melakukan transaksi keuangan, pelaporan pajak, dan juga sebagai persyaratan administrasi dalam berbagai hal terkait kegiatan bisnis atau pekerjaan.

2. Bagaimana cara membuat NPWP online lewat HP pada tahun 2022?

Jawab:

  1. Buka aplikasi e-Filing dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melalui ponsel Anda.
  2. Pilih opsi Registrasi atau Buat NPWP Baru.
  3. Masukkan informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat, tanggal lahir, dan nomor telepon.
  4. Unggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti foto KTP, foto selfie dengan KTP, dan surat keterangan domisili dari kelurahan.
  5. Tunggu proses verifikasi data Anda oleh DJP.
  6. Jika data Anda telah diverifikasi, Anda akan menerima NPWP secara elektronik melalui email atau dapat diunduh langsung dari aplikasi.

3. Apakah ada biaya untuk membuat NPWP online lewat HP?

Jawab:

Tidak, proses pembuatan NPWP online melalui HP tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, pastikan Anda memiliki akses internet yang stabil untuk menggunakan aplikasi e-Filing DJP secara lancar.

4. Apakah NPWP online lewat HP diakui secara resmi oleh pemerintah?

Jawab:

Iya, pemerintah Indonesia mengakui NPWP yang dibuat secara online melalui HP. Setelah berhasil membuat NPWP, Anda akan mendapatkan nomor dan dokumen elektronik yang sah sebagai bukti identitas pajak Anda.

5. Apa saja keuntungan membuat NPWP online lewat HP?

Jawab:

  • Prosesnya lebih cepat dan praktis karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui HP Anda.
  • Tidak perlu mengunjungi kantor pajak secara langsung, sehingga menghemat waktu dan tenaga.
  • Anda dapat dengan mudah mengakses dan mencetak dokumen NPWP kapan pun diperlukan.
  • Memiliki NPWP membantu memperkuat identitas pajak Anda sebagai wajib pajak yang taat.

Harap diingat bahwa panduan ini berlaku untuk tahun 2022 dan dapat berubah sesuai dengan kebijakan terbaru dari Direktorat Jenderal Pajak. Pastikan untuk selalu memeriksa sumber resmi atau menghubungi pihak terkait jika ada perubahan atau ketidakjelasan dalam proses pembuatan NPWP online lewat HP.