Info Sekolah
Thursday, 25 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah Membuat QRIS BRI untuk Transaksi Online yang Lebih Mudah dan Aman

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Membuat Qris Bri

Cara membuat QRIS BRI sangat mudah. Ikuti langkah-langkahnya dan nikmati kemudahan pembayaran dengan teknologi QRIS BRI.

Cara membuat QRIS BRI merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh masyarakat Indonesia, terutama mereka yang sering melakukan transaksi keuangan. QRIS BRI adalah sistem pembayaran elektronik yang memungkinkan pelanggan untuk membayar dengan mudah dan cepat menggunakan kode QR. Dengan QRIS BRI, Anda dapat melakukan transaksi non-tunai dengan lebih aman dan efisien. Selain itu, QRIS BRI juga memiliki banyak keuntungan bagi para pengusaha, seperti meningkatkan efisiensi pembayaran dan mengurangi biaya transaksi.

Pendahuluan

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) BRI adalah sebuah teknologi yang memudahkan transaksi non-tunai. QRIS BRI juga dapat digunakan untuk menerima pembayaran dari berbagai jenis dompet digital seperti DANA, OVO, GoPay dan lainnya. Berikut adalah cara membuat QRIS BRI.

Membuat Akun BRI Merchant

BRI

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun BRI Merchant. Anda bisa mengunjungi situs https://merchant.bri.co.id/ dan pilih menu Registrasi. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.

Verifikasi Akun BRI Merchant

verifikasi

Setelah selesai mendaftar, BRI akan mengirim email untuk verifikasi akun. Klik link yang tertera pada email tersebut untuk melakukan verifikasi.

Aktivasi QRIS BRI

QRIS

Setelah berhasil login ke akun BRI Merchant, pilih menu QRIS. Masukkan kode bank yang diberikan oleh BRI. Kemudian, isi data yang diperlukan seperti nama usaha, alamat, dan nomor telepon. Setelah itu, aktifkan QRIS BRI.

Memilih Tipe QRIS BRI

QRIS

BRI menyediakan dua tipe QRIS, yaitu QRIS statis dan dinamis. QRIS statis dapat digunakan untuk transaksi dengan nominal yang sama, sedangkan QRIS dinamis dapat digunakan untuk transaksi dengan nominal yang berbeda-beda.

Mengatur Tarif QRIS BRI

tarif

Anda bisa mengatur tarif QRIS BRI sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Pastikan tarif yang ditetapkan tidak terlalu mahal sehingga dapat menarik minat pelanggan.

Mengaktifkan QRIS BRI di Mesin EDC

mesin

Untuk dapat menerima pembayaran menggunakan QRIS BRI, Anda harus mengaktifkan QRIS BRI di mesin EDC. Hubungi customer service BRI untuk melakukan pengaktifan QRIS BRI di mesin EDC.

Menerima Pembayaran dengan QRIS BRI

pembayaran

Saat pelanggan ingin membayar menggunakan QRIS BRI, minta dia untuk membuka aplikasi dompet digital dan memindai kode QR yang terdapat di mesin EDC. Setelah itu, input nominal yang akan dibayarkan dan konfirmasi pembayaran.

Mengecek Transaksi QRIS BRI

cek

Anda bisa mengecek transaksi QRIS BRI melalui akun BRI Merchant. Pilih menu Laporan dan pilih jenis laporan yang diinginkan seperti laporan transaksi harian, mingguan atau bulanan.

Keuntungan Menggunakan QRIS BRI

keuntungan

Penggunaan QRIS BRI memiliki banyak keuntungan, antara lain:

  • Memudahkan transaksi non-tunai
  • Meningkatkan efisiensi waktu dalam transaksi
  • Memperluas jangkauan pasar bisnis Anda
  • Menarik minat pelanggan untuk membeli produk atau jasa Anda

Kesimpulan

QRIS BRI adalah solusi pembayaran non-tunai yang mudah dan efisien. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat QRIS BRI dan menerima pembayaran dengan mudah. Selain itu, penggunaan QRIS BRI juga dapat meningkatkan omset bisnis Anda.

Pengenalan QRIS BRI

QRIS BRI adalah inovasi terbaru dari Bank BRI yang memungkinkan transaksi pembayaran secara cashless menggunakan smartphone dan sistem QR code. QRIS BRI dikembangkan untuk memudahkan transaksi pembayaran dengan cepat, aman, dan mudah.

Persiapan Membuat QRIS BRI

Sebelum membuat QRIS BRI, pastikan Anda telah memiliki akun BRI Mobile dan juga memiliki aplikasi QRIS BRI. Sebab, untuk menggunakan QRIS BRI, Anda harus terlebih dahulu menghasilkan tagihan atau invoice dengan menggunakan aplikasi QRIS BRI.

Cara Mengaktifkan QRIS BRI

Untuk mengaktifkan QRIS BRI pada aplikasi BRI Mobile, Anda bisa melakukan beberapa langkah mudah. Pertama, buka aplikasi BRI Mobile dan masuk ke menu QRIS. Selanjutnya, pilih opsi Aktifkan QRIS BRI dan dalam beberapa detik QRIS BRI akan aktif.

Cara Menggunakan QRIS BRI

Untuk menggunakan QRIS BRI, Anda tinggal memindai kode QR yang terletak pada tagihan atau invoice pembayaran Anda menggunakan aplikasi QRIS BRI di smartphone Anda. Kemudian, masukkan jumlah yang akan dibayarkan dan konfirmasikan pembayaran.

Keuntungan Menggunakan QRIS BRI

Dengan menggunakan QRIS BRI, pengguna akan mendapatkan berbagai keuntungan. Beberapa keuntungan tersebut antara lain transaksi pembayaran yang lebih cepat, aman, dan terpercaya, serta tersedianya layanan pembayaran yang mudah diakses kapan saja dan di mana saja.

Cara Mengalihkan Dana QRIS BRI

Anda juga bisa mengalihkan dana yang tersimpan pada QRIS BRI ke rekening bank Anda. Caranya, buka aplikasi QRIS BRI, lalu pilih opsi Tarik Saldo. Selanjutnya, masukkan jumlah yang ingin Anda tarik dan konfirmasikan. Dana akan langsung masuk ke rekening bank Anda.

Cara Menambah Saldo QRIS BRI

Untuk menambah saldo pada QRIS BRI, Anda juga bisa melakukan beberapa langkah mudah. Pertama, buka aplikasi QRIS BRI, lalu pilih opsi Top Up. Selanjutnya, masukkan jumlah saldo yang ingin ditambah dan konfirmasikan.

Penawaran Khusus QRIS BRI

QRIS BRI juga menyediakan penawaran khusus yang bisa diakses oleh pengguna. Beberapa penawaran khusus tersebut antara lain promo cashback, diskon belanja, hingga diskon makanan dan minuman di restoran tertentu.

Potensi Pasar QRIS BRI sebagai E-wallet

QRIS BRI memiliki potensi besar sebagai e-wallet yang bisa mempermudah transaksi pembayaran bagi pengguna. Hal ini akan semakin memudahkan masyarakat dalam bertransaksi tanpa harus membawa uang tunai dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Peningkatan Penggunaan QRIS BRI di Masa Depan

Dengan potensi yang dimiliki, penggunaan QRIS BRI di masa depan diperkirakan akan semakin berkembang dan menjadi alternatif utama transaksi pembayaran yang lebih modern. Melalui dukungan dan inovasi Bank BRI, QRIS BRI siap membantu masyarakat Indonesia menuju era pembayaran tanpa cash.

Berikut adalah cara membuat QRIS BRI:

  1. Pertama-tama, pastikan Anda memiliki akun BRI dan sudah terdaftar sebagai merchant.
  2. Login ke akun merchant Anda di portal BRI dan pilih menu “QRIS”.
  3. Pilih opsi “Tambah QRIS” dan masukkan informasi detail tentang bisnis Anda seperti nama toko, alamat, nomor telepon, dan lainnya.
  4. Setelah itu, pilih jenis layanan yang ingin Anda tawarkan melalui QRIS BRI seperti pembayaran tagihan, pembelian produk, atau transfer uang.
  5. Upload logo bisnis Anda dan pilih warna latar belakang QRIS sesuai dengan branding bisnis Anda.
  6. Setelah informasi lengkap, klik “Submit” dan QRIS BRI Anda akan segera dibuat.

Dalam membuat QRIS BRI, perlu diperhatikan beberapa hal:

  • Pastikan informasi bisnis yang Anda masukkan akurat dan jelas agar pelanggan dapat mengenali bisnis Anda dengan mudah.
  • Pilih jenis layanan yang sesuai dengan bisnis Anda agar pelanggan dapat memanfaatkan QRIS BRI dengan maksimal.
  • Pilih warna latar belakang yang kontras dengan logo bisnis Anda agar QRIS BRI mudah dibaca dan di-scan oleh pelanggan.
  • Jangan lupa untuk mempromosikan QRIS BRI Anda kepada pelanggan untuk meningkatkan penggunaan dan meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Terima kasih telah membaca artikel kami mengenai cara membuat QRIS BRI. Kami harap informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai bisnis dan mencari cara untuk mempermudah transaksi keuangan.

Dengan menggunakan QRIS BRI, Anda dapat menerima pembayaran dari pelanggan dengan cepat dan mudah. Selain itu, Anda juga dapat melacak transaksi dan laporan keuangan dengan lebih efisien. Dengan begitu, Anda dapat fokus pada pengembangan bisnis Anda tanpa harus khawatir dengan masalah administrasi keuangan.

Untuk memulai menggunakan QRIS BRI, Anda cukup mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan di artikel ini. Pastikan Anda memiliki akun BRI dan perangkat yang mendukung teknologi QRIS. Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan BRI untuk mendapatkan bantuan.

Sekali lagi, terima kasih telah membaca artikel ini. Kami berharap Anda sukses dalam bisnis Anda dan selalu memanfaatkan teknologi untuk mempermudah proses bisnis Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

People Also Ask About Cara Membuat QRIS BRI:

  1. Apa itu QRIS BRI?
  2. QRIS BRI adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard yang merupakan standar nasional Indonesia untuk pembayaran digital yang dikembangkan oleh Bank Indonesia. QRIS BRI digunakan sebagai sarana pembayaran elektronik yang dapat digunakan oleh semua bank di Indonesia, termasuk Bank Rakyat Indonesia (BRI).

  3. Bagaimana cara membuat QRIS BRI?
  4. Untuk membuat QRIS BRI, Anda perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

    • Daftar ke BRI Merchant Online dengan mengunjungi website https://merchant.bri.co.id dan pilih menu Daftar.
    • Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.
    • Setelah Anda menerima email konfirmasi dari BRI Merchant Online, login ke akun Anda dan pilih menu QRIS.
    • Klik tombol Tambah QRIS dan masukkan informasi yang diperlukan seperti nama toko, alamat, nomor telepon, dan lain-lain.
    • Setelah selesai, klik tombol Simpan dan QRIS BRI Anda akan segera aktif.
  5. Apa saja keuntungan menggunakan QRIS BRI?
  6. Beberapa keuntungan menggunakan QRIS BRI antara lain:

    • Memudahkan transaksi pembayaran melalui smartphone atau tablet.
    • Transaksi pembayaran lebih cepat dan aman.
    • Tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar.
    • Memperluas jangkauan bisnis Anda dengan menyediakan metode pembayaran yang lebih beragam.
  7. Apakah ada biaya untuk menggunakan QRIS BRI?
  8. Tidak, QRIS BRI tidak dikenakan biaya apapun baik untuk pendaftaran maupun penggunaannya.