Info Sekolah
Monday, 26 Feb 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah Menghapus Background Foto di Coreldraw X7 untuk Hasil yang Lebih Menarik

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Menghilangkan Background Foto Di Coreldraw X7

Cara mudah menghilangkan background foto di Coreldraw X7. Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk hasil yang memuaskan. #CoreldrawX7 #Tutorial

Cara menghilangkan background foto di Coreldraw X7 merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi para desainer grafis. Namun, tidak semua orang mengetahui teknik yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda menghilangkan background foto dengan mudah dan cepat.

Pertama-tama, langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka file foto yang ingin dihilangkan backgroundnya di Coreldraw X7. Kemudian, pilih tool Pick atau tekan tombol F10 pada keyboard Anda untuk memilih objek foto yang ingin dihilangkan backgroundnya.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan tool Quick Trace atau Trace Bitmap untuk mengubah objek foto menjadi vektor. Setelah itu, pilih tool Shape dan buat objek baru yang akan digunakan sebagai latar belakang. Kemudian, tempatkan objek baru tersebut di bawah objek foto.

Terakhir, pilih objek foto dan klik menu Object > PowerClip > Place Inside Container. Kemudian, pilih objek latar belakang sebagai container dan klik OK. Dengan begitu, background foto akan terhapus dan objek foto akan terlihat lebih bersih dan profesional.

Dengan menggunakan teknik ini, Anda dapat menghilangkan background foto dengan mudah dan cepat tanpa harus memakan waktu yang lama. Jangan ragu untuk mencobanya sendiri dan hasilkan karya desain yang lebih baik dan menarik perhatian!

Pengenalan

CorelDRAW adalah salah satu perangkat lunak yang paling sering digunakan oleh para desainer grafis untuk membuat berbagai macam desain, seperti logo, poster, brosur, kartu nama, dan banyak lagi. Salah satu fitur CorelDRAW yang sangat berguna adalah kemampuan untuk menghapus background pada foto atau gambar. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghilangkan background foto di CorelDRAW X7.

Logo

Langkah 1: Buka Foto atau Gambar

Pertama-tama, buka CorelDRAW X7 dan buka foto atau gambar yang ingin Anda hapus backgroundnya. Anda bisa melakukannya dengan memilih File > Open atau dengan menekan tombol Ctrl + O pada keyboard Anda.

Membuka

Langkah 2: Pilih Tool Magic Wand

Setelah foto atau gambar terbuka, pilih Tool Magic Wand pada toolbox CorelDRAW X7. Anda juga bisa menggunakan tombol keyboard W untuk memilih tool ini.

Tool

Langkah 3: Klik Background Foto atau Gambar

Setelah Tool Magic Wand terpilih, klik pada background foto atau gambar yang ingin Anda hapus. Anda akan melihat bahwa bagian background yang sama warnanya akan terpilih secara otomatis.

Memilih

Langkah 4: Hapus Background

Setelah background terpilih, tekan tombol Delete pada keyboard Anda untuk menghapusnya. Anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + X untuk menghapus background.

Menghapus

Langkah 5: Hilangkan Sisa-sisa Background

Setelah background dihapus, kemungkinan masih ada sisa-sisa background yang terlihat di sekitar objek gambar. Untuk menghilangkannya, pilih Tool Eraser pada toolbox CorelDRAW X7. Anda juga bisa menggunakan tombol keyboard E untuk memilih tool ini.

Tool

Langkah 6: Hapus Sisa-sisa Background

Setelah Tool Eraser terpilih, hapus sisa-sisa background di sekitar objek gambar dengan menggerakkan mouse Anda di atasnya. Pastikan untuk memilih ukuran dan kehalusan eraser yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menghapus

Langkah 7: Atur Warna Latar Belakang

Setelah background dihapus dan sisa-sisa background dihilangkan, Anda bisa atur warna latar belakang sesuai dengan keinginan Anda. Ada beberapa pilihan warna latar belakang yang tersedia di CorelDRAW X7, seperti putih, hitam, abu-abu, atau warna kustom yang bisa Anda buat sendiri.

Mengatur

Langkah 8: Simpan Hasil Akhir

Setelah Anda puas dengan hasil akhirnya, Anda bisa menyimpannya dengan cara yang sama seperti saat membuka file. Pilih File > Save atau tekan tombol Ctrl + S pada keyboard Anda.

Menyimpan

Langkah 9: Ekspor Hasil Akhir ke Format Lain

Selain menyimpan file dalam format aslinya, Anda juga bisa mengekspornya ke format lain seperti JPEG, PNG, atau PDF. Pilih File > Export atau tekan tombol Ctrl + E pada keyboard Anda untuk memulai proses ekspor.

Mengekspor

Langkah 10: Selesai

Sekarang Anda sudah berhasil menghapus background pada foto atau gambar di CorelDRAW X7. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat desain yang lebih profesional dan menarik dengan mudah.

Cara Menghilangkan Background Foto Di Coreldraw X7 sangat mudah dilakukan dengan beberapa langkah yang harus diikuti. Persiapan sebelum Menghilangkan Background Foto adalah pastikan Anda memiliki foto yang ingin dihilangkan backgroundnya dan software Coreldraw X7 terinstal di komputer. Setelah itu, Buka Foto pada Coreldraw X7 dengan cara klik File > Open > Cari file foto yang ingin dihilangkan backgroundnya. Selanjutnya, Duplicate Layer Foto dengan mengklik kanan pada foto > Duplicate > OK. Pilih Background yang Ingin dihilangkan dengan memilih lasso tool atau magnetic tool pada toolbar Coreldraw X7 dan pilih area background yang ingin dihilangkan. Kemudian, Menghilangkan Background pada Layer yang Duplekasi dengan klik kanan pada layer duplicate foto > Properties > Klik kotak mode yang berada di bawah blending mode > Pilih Multiply. Setelah berhasil menghilangkan background foto, Lakukan Koreksi pada Area yang Tidak diinginkan dengan pilih eraser tool pada toolbar Coreldraw X7. Selanjutnya, Lakukan Koreksi pada Detail Foto dan Ubah Format File Foto dengan menyimpannya ke dalam format file yang dibutuhkan melalui Coreldraw X7. Terakhir, Simpan Hasil Kerja pada folder yang diinginkan dengan mengklik File > Save As > Pilih format file yang diinginkan > Simpan dan mencetak hasil kerjanya sesuai dengan keinginan Anda. Dengan melakukan semua langkah tersebut, maka Anda bisa menghilangkan background foto dengan mudah menggunakan Coreldraw X7.

Bagi para desainer grafis, Coreldraw X7 menjadi software yang familiar dan sering digunakan untuk membuat berbagai jenis desain. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah cara menghilangkan background foto di Coreldraw X7. Namun, apakah proses ini selalu efektif dan efisien? Mari kita lihat beberapa pro dan kontra dari Cara Menghilangkan Background Foto Di Coreldraw X7.

Pro:

  1. Cepat dan Mudah: Proses menghilangkan background foto di Coreldraw X7 tergolong cepat dan mudah dilakukan. Anda hanya perlu menggunakan alat penghapus atau masker untuk menghapus latar belakang yang tidak diinginkan.
  2. Tidak Merusak Kualitas Gambar: Dibandingkan dengan metode lain seperti crop atau cut out, menghilangkan background foto di Coreldraw X7 tidak merusak kualitas gambar asli. Anda masih bisa mempertahankan resolusi dan detail gambar yang tinggi.
  3. Banyak Pilihan Alat: Coreldraw X7 menyediakan banyak pilihan alat untuk menghilangkan background foto, mulai dari alat penghapus biasa hingga masker yang lebih presisi. Anda bisa memilih alat yang sesuai dengan kebutuhan dan level kesulitan gambar yang akan diolah.

Kontra:

  1. Tidak Otomatis: Meskipun cukup mudah, proses menghilangkan background foto di Coreldraw X7 tidak bisa dianggap otomatis. Anda masih perlu melakukan pengaturan dan penghapusan secara manual untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Kesulitan pada Gambar yang Rumit: Pada gambar dengan detail yang rumit atau banyak objek, proses menghilangkan background foto di Coreldraw X7 bisa menjadi sangat menantang. Anda mungkin perlu lebih banyak waktu dan usaha untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
  3. Tidak Sempurna: Menghilangkan background foto di Coreldraw X7 tidak selalu menghasilkan hasil yang sempurna. Beberapa bagian gambar mungkin masih terlihat blur atau ada sisa-sisa background yang tidak terhapus dengan baik. Anda masih perlu melakukan editing tambahan untuk memperbaiki hasilnya.

Dalam kesimpulan, Cara Menghilangkan Background Foto Di Coreldraw X7 memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum digunakan. Namun, dengan pengaturan yang tepat dan pemilihan alat yang sesuai, proses ini bisa menjadi solusi cepat dan efektif untuk mengolah gambar dengan latar belakang yang tidak diinginkan.

Selamat datang di blog kami yang membahas tentang cara menghilangkan background foto di Coreldraw X7. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari solusi untuk menghilangkan background foto pada desain grafis Anda.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan langkah-langkah yang jelas dan mudah dipahami, sehingga Anda dapat langsung mempraktekkan dengan menggunakan Coreldraw X7. Selain itu, kami juga memberikan tips agar hasil akhir dari desain grafis Anda lebih maksimal.

Terakhir, kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda di blog kami. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog kami untuk mendapatkan informasi seputar desain grafis dan tutorial-tutorial menarik lainnya. Sampai jumpa di artikel kami yang selanjutnya!

Jakarta – CorelDRAW X7 adalah salah satu aplikasi desain grafis populer yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, seringkali kita perlu menghilangkan background foto atau gambar yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang cara menghilangkan background foto di CorelDRAW X7.

1. Apa itu background foto?

Background foto adalah latar belakang atau latar belakang gambar yang muncul di sekitar objek utama. Biasanya, background foto berwarna putih atau transparan, tapi bisa juga berwarna lain.

2. Mengapa saya perlu menghilangkan background foto?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin perlu menghilangkan background foto, seperti:

  • Untuk memperbaiki komposisi gambar atau membuat desain yang lebih menarik
  • Untuk mengganti background dengan warna atau pola yang berbeda
  • Untuk membuat gambar transparan agar dapat digunakan di situs web atau dokumen lain

3. Apakah CorelDRAW X7 memiliki fitur untuk menghilangkan background foto?

Ya, CorelDRAW X7 memiliki fitur yang disebut Masking. Dengan fitur ini, Anda dapat menghilangkan background foto atau gambar dari objek utama dan membuatnya transparan. Masking dapat dilakukan menggunakan berbagai alat seleksi dan penghapus, serta dengan menggunakan gambar referensi atau warna latar belakang.

4. Bagaimana cara menghilangkan background foto di CorelDRAW X7 menggunakan fitur Masking?

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghilangkan background foto di CorelDRAW X7 menggunakan fitur Masking:

  1. Pilih objek gambar atau foto yang ingin Anda edit
  2. Klik pada menu Object dan pilih Masking dari daftar opsi
  3. Pilih alat seleksi yang sesuai untuk memilih objek utama dan membuat area seleksi
  4. Jika perlu, gunakan alat penghapus untuk membersihkan area seleksi dari bagian yang tidak diperlukan
  5. Pilih gambar referensi atau warna latar belakang yang Anda inginkan
  6. Klik pada tombol Apply untuk menerapkan efek masking dan menghilangkan background foto

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menghilangkan background foto di CorelDRAW X7 dan membuat gambar atau desain yang lebih menarik.