Info Sekolah
Thursday, 22 Feb 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah Menghapus Background Gambar di Corel untuk Hasil Design Lebih Profesional

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Menghilangkan Background Gambar Di Corel

Cara menghilangkan background gambar di Corel dengan mudah dan cepat. Ikuti langkah-langkahnya di sini dan hasilkan desain yang lebih menarik!

Cara Menghilangkan Background Gambar Di Corel bisa menjadi tugas yang sulit bagi banyak orang. Namun, tidak perlu khawatir karena ada beberapa trik yang dapat digunakan untuk membuat proses ini menjadi lebih mudah dan cepat. Pertama-tama, langkah awal yang perlu dilakukan adalah membuka program Corel terlebih dahulu. Setelah itu, silahkan pilih gambar yang ingin diedit dan pastikan sudah di-import ke dalam program. Selanjutnya, gunakan alat seleksi dengan cermat untuk memisahkan objek utama dari latar belakang gambar. Dengan cara ini, Anda dapat menghilangkan background gambar dengan mudah dan membuat objek utama menjadi lebih menonjol.

Cara Menghilangkan Background Gambar Di Corel

Bagi pengguna CorelDRAW, menghapus background gambar merupakan hal yang sering dilakukan dalam proses desain grafis. Namun, banyak orang yang masih bingung bagaimana cara menghilangkan background gambar di CorelDRAW. Berikut adalah beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk menghapus background gambar di CorelDRAW.

1. Memilih Gambar yang Ingin Dihapus Background-nya

Pertama-tama, pilih gambar yang ingin dihilangkan background-nya. Pastikan gambar tersebut berformat .jpeg atau .png agar memudahkan proses penghapusan background.

2. Membuat Salinan Gambar

Langkah selanjutnya adalah membuat salinan gambar yang akan dihilangkan background-nya. Caranya, klik kanan pada gambar dan pilih opsi Copy. Setelah itu, klik kanan lagi dan pilih Paste. Dengan demikian, kita akan memiliki dua lapisan gambar yang sama.

3. Membuka Fitur PowerTrace

Setelah itu, buka fitur PowerTrace dengan mengklik menu Bitmaps dan pilih opsi Outline Trace. Pada jendela yang muncul, pilih opsi Logo untuk gambar dengan background kompleks atau Line Drawing untuk gambar dengan background sederhana. Kemudian klik tombol Ok.

4. Mengatur Settingan PowerTrace

Setelah itu, atur settingan PowerTrace sesuai dengan kebutuhan. Pastikan hasil akhirnya tidak terlalu banyak detail dan cukup halus. Kemudian, klik tombol Trace.

5. Membuat Lapisan Baru

Setelah proses Trace selesai, buat lapisan baru dengan mengklik menu Layer dan pilih opsi New Layer. Kemudian, pindahkan hasil trace ke lapisan baru tersebut.

6. Menghapus Background pada Lapisan Asli

Kembali ke lapisan asli, hapus background-nya dengan menggunakan Eraser Tool. Pastikan penghapusan dilakukan dengan hati-hati dan tidak merusak bagian gambar yang penting.

7. Menggabungkan Kedua Lapisan Gambar

Setelah background dihapus, gabungkan kedua lapisan gambar dengan mengklik menu Layer dan pilih opsi Combine.

8. Membersihkan Hasil Akhir

Untuk hasil akhir yang lebih bersih, gunakan Shape Tool untuk memotong bagian gambar yang tidak diperlukan. Kemudian, save hasil akhir dengan format .png agar background-nya benar-benar transparan.

9. Mengecek Hasil Akhir

Sebelum menyimpan hasil akhir, pastikan untuk mengecek apakah background sudah benar-benar terhapus atau masih ada sisa-sisa. Hal ini dapat dilakukan dengan memindahkan gambar ke latar belakang berbeda dan melihat apakah ada bagian yang tidak transparan.

10. Menyimpan Hasil Akhir

Setelah yakin bahwa background sudah terhapus dengan sempurna, save hasil akhir dengan format .png agar dapat digunakan pada berbagai platform tanpa masalah.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna CorelDRAW dapat dengan mudah menghilangkan background gambar dengan hasil akhir yang lebih bersih dan profesional.

Cara Menghilangkan Background Gambar Di Corel

Bagi para pengguna Corel, menghilangkan background gambar menjadi salah satu hal yang sering dilakukan. Dalam proses pembuatan desain grafis, menghapus background pada sebuah gambar sangat penting untuk memperoleh hasil yang maksimal. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan background gambar di Corel.

1. Memilih Bagian Background yang Harus Dihilangkan di Corel

Langkah pertama dalam menghapus background gambar di Corel adalah dengan memilih bagian background yang ingin dihilangkan. Untuk memudahkan proses pemilihan, bisa menggunakan alat pick tool yang ada di menu toolbox. Setelah itu, pilih bagian background yang hendak dihapus dengan menekan dan menahan tombol kiri mouse.

2. Gunakan Alat Masking untuk Menghilangkan Background dari Gambar di Corel

Jika bagian background yang hendak dihilangkan telah terpilih, langkah selanjutnya adalah menggunakan alat masking. Alat masking berfungsi untuk menyembunyikan atau menghapus bagian tertentu dari gambar. Untuk mengakses alat masking, klik kanan pada bagian gambar yang telah dipilih sebelumnya, kemudian pilih opsi masking pada menu pop-up.

3. Cara Menggunakan Alat Quick Mask pada Corel untuk Menghapus Background Gambar

Salah satu alat masking yang bisa digunakan di Corel adalah quick mask. Quick mask memungkinkan pengguna untuk menggambar seleksi dengan bebas menggunakan kuas atau alat lainnya. Untuk menggunakan quick mask, klik pada ikon quick mask di menu toolbox, lalu gambar seleksi pada bagian background yang hendak dihapus.

4. Menggunakan Magic Wand pada Corel untuk Perbaikan Masking pada Background Gambar

Selain quick mask, pengguna Corel juga bisa menggunakan alat magic wand untuk perbaikan masking pada background gambar. Alat ini bekerja dengan cara memilih area tertentu berdasarkan warna dan nilai kecerahan pada gambar. Untuk mengakses alat magic wand, klik pada ikon magic wand di menu toolbox, lalu atur tingkat sensitivitas dan toleransi sesuai kebutuhan.

5. Cara Menghapus Background dengan Alat Lasso pada Corel

Selain quick mask dan magic wand, pengguna Corel juga bisa menggunakan alat lasso untuk menghapus background pada gambar. Alat lasso memungkinkan pengguna untuk membuat seleksi dengan bentuk yang lebih kompleks, seperti garis lengkung atau sudut tajam. Untuk menggunakan alat lasso, klik pada ikon lasso di menu toolbox, lalu gambar seleksi pada bagian background yang hendak dihapus.

6. Mengatur Tepi Pada Foto dan Background yang Dihapus pada Corel

Setelah background gambar berhasil dihapus, langkah selanjutnya adalah mengatur tepi pada foto dan background yang dihapus. Hal ini bertujuan untuk memperoleh hasil yang lebih natural dan rapi. Untuk mengatur tepi, bisa menggunakan alat feather pada menu property bar.

7. Tips Menghilangkan Background Gambar Berlapis pada Corel

Jika gambar yang hendak dihapus backgroundnya berlapis, maka pengguna Corel bisa menggunakan alat object manager untuk memilih layer yang ingin dihapus. Setelah itu, lakukan langkah-langkah seperti pada poin 2 hingga 6.

8. Menggunakan Alat Pen pada Corel untuk Menghapus Background Foto

Selain alat masking dan lasso, pengguna Corel juga bisa menggunakan alat pen untuk menghapus background pada foto. Alat pen memungkinkan pengguna untuk membuat seleksi berdasarkan garis atau kurva yang dibuat dengan tangan. Untuk menggunakan alat pen, klik pada ikon pen di menu toolbox, lalu gambar seleksi pada bagian background yang hendak dihapus.

9. Praktek Dengan Menambahkan Latar Belakang Baru Setelah Background dihilangkan di Corel

Setelah berhasil menghapus background pada sebuah gambar, pengguna Corel bisa mencoba untuk menambahkan latar belakang baru. Langkah ini bertujuan untuk melihat hasil akhir dari proses penghapusan background yang telah dilakukan. Untuk menambahkan latar belakang baru, bisa menggunakan alat rectangle atau ellipse pada menu toolbox.

10. Bagaimana Menyimpan atau Mengekspor Gambar Tanpa Background pada Corel

Setelah berhasil menghapus background pada gambar, langkah terakhir adalah menyimpan atau mengekspor gambar tanpa background. Untuk menyimpan atau mengekspor gambar, bisa menggunakan opsi export atau save as pada menu file. Pilih format file yang diinginkan, lalu atur kualitas dan ukuran resolusi sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan background gambar di Corel. Dengan menguasai teknik ini, pengguna Corel bisa menghasilkan desain grafis yang lebih profesional dan menarik.

Berikut adalah pandangan saya tentang cara menghilangkan background gambar di Corel:

Kelebihan Menggunakan Cara Menghilangkan Background Gambar Di Corel

  1. Memiliki banyak pilihan tools dan fitur yang dapat digunakan untuk menghilangkan background gambar dengan cepat dan mudah.

  2. Hasil akhir yang dihasilkan sangat presisi dan profesional, terutama jika dilakukan oleh orang yang sudah terlatih dalam penggunaan software Corel.

  3. Dapat menghemat waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk mengedit gambar secara manual, misalnya dengan menggunakan gunting kertas dan lem.

  4. Dapat menghasilkan gambar dengan latar belakang transparan yang dapat digunakan untuk keperluan desain grafis, seperti membuat logo, brosur, dan poster.

Kekurangan Menggunakan Cara Menghilangkan Background Gambar Di Corel

  1. Menggunakan software Corel membutuhkan pemahaman yang cukup dalam penggunaannya, sehingga untuk orang yang belum terbiasa dengan software ini mungkin akan merasa kesulitan.

  2. Dalam beberapa kasus, menghilangkan background gambar dengan software Corel dapat menghasilkan hasil yang kurang sempurna, terutama jika gambar memiliki detail yang kompleks atau tidak jelas.

  3. Menggunakan software Corel membutuhkan biaya, karena software ini merupakan software berbayar. Namun, ada juga yang menyediakan versi gratis dengan fitur yang lebih terbatas.

  4. Dalam beberapa kasus, menghilangkan background gambar dengan software Corel dapat membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama jika gambar memiliki detail yang kompleks atau ukuran yang besar.

Secara keseluruhan, cara menghilangkan background gambar di Corel dapat menjadi pilihan yang baik untuk mengedit gambar dengan cepat dan mudah. Namun, sebelum menggunakan cara ini, perlu dipertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya agar dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Selamat datang kembali para pembaca setia blog kami. Pada kesempatan kali ini, kami telah membahas tentang cara menghilangkan background gambar di CorelDRAW. Semoga artikel yang kami sajikan dapat memberikan manfaat dan membantu Anda dalam menyelesaikan tugas desain grafis.

Dalam proses desain grafis, menghilangkan background gambar adalah hal yang sering dilakukan. Dengan menghilangkan background gambar, hasil desain akan terlihat lebih profesional dan menarik. Salah satu aplikasi desain grafis yang banyak digunakan adalah CorelDRAW. Di CorelDRAW, ada beberapa cara untuk menghilangkan background gambar, seperti menggunakan fitur Mask atau PowerClip.

Semua teknik yang telah kami jelaskan dalam artikel ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam mengaplikasikannya. Namun, dengan latihan yang terus-menerus dan pemahaman yang baik tentang teknik-teknik tersebut, Anda pasti akan dapat menguasainya dengan mudah.

Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda dalam menyelesaikan tugas desain grafis Anda. Terima kasih telah berkunjung ke blog kami. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog kami untuk artikel-artikel menarik lainnya seputar desain grafis dan teknologi informasi. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Journalist Voice: Sebagai seorang pengguna Corel, Anda mungkin pernah mengalami kesulitan dalam menghapus background gambar. Beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna Corel tentang cara menghilangkan background gambar di Corel adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana cara menghapus background gambar di Corel?
  2. Jawaban: Untuk menghapus background gambar di Corel, Anda dapat menggunakan alat yang disebut Masking. Dengan Masking, Anda dapat membuat area seleksi pada gambar dan memberikan efek transparansi pada bagian yang ingin dihilangkan.

  3. Apakah ada cara mudah untuk menghapus background gambar tanpa menggunakan Masking?
  4. Jawaban: Ada beberapa cara lain untuk menghapus background gambar di Corel, seperti menggunakan alat Magic Wand atau Quick Selection. Namun, metode ini seringkali tidak akurat dan memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan Masking.

  5. Bisakah saya menghapus background gambar secara otomatis di Corel?
  6. Jawaban: Ya, Anda dapat menggunakan fitur Remove Background yang tersedia di CorelDRAW 2020. Fitur ini menggunakan kecerdasan buatan untuk secara otomatis menghapus latar belakang dari gambar, meskipun hasilnya mungkin tidak selalu sempurna.

  7. Apakah saya bisa menghilangkan background gambar di Corel Painter?
  8. Jawaban: Ya, Anda dapat menghapus background gambar di Corel Painter dengan menggunakan alat Eraser atau Crop. Namun, jika Anda ingin hasil yang lebih akurat, disarankan untuk menggunakan CorelDRAW atau Corel PHOTO-PAINT.

Journalist Voice: Itulah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara menghilangkan background gambar di Corel. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengedit gambar dengan lebih mudah dan efisien.