Info Sekolah
Thursday, 22 Feb 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah Menghapus Latar Belakang Putih Pada Logo Di Coreldraw

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Menghilangkan Background Putih Pada Logo Di Coreldraw

Cara mudah menghilangkan background putih pada logo di Coreldraw dengan menggunakan fitur Remove Background. Praktis dan efektif!

Logo merupakan suatu bentuk visual yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perusahaan atau produk. Namun, terkadang background putih pada logo dapat membuat tampilan logo menjadi tidak menarik dan tidak sesuai dengan desain yang diinginkan. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan background putih pada logo di Coreldraw. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Pertama-tama, Anda dapat menggunakan fitur Remove Background yang tersedia di Coreldraw. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghapus background putih pada logo secara otomatis hanya dengan beberapa klik saja. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa logo Anda memiliki kontras yang jelas antara background dan elemen lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur Mask yang ada di Coreldraw. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat membuat masker pada bagian background putih pada logo dan kemudian menghapusnya dengan mudah. Fitur ini sangat berguna jika logo Anda memiliki detail yang kompleks dan sulit dihapus secara otomatis.

Dalam menghilangkan background putih pada logo di Coreldraw, perlu diperhatikan bahwa hasil akhirnya harus tetap terlihat estetis dan profesional. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki keahlian dan pengalaman yang cukup dalam penggunaan Coreldraw sebelum mencoba cara-cara di atas.

Memahami Masalah Latar Belakang Putih pada Logo di Coreldraw

Logo

Banyak desainer grafis menggunakan Coreldraw sebagai perangkat lunak utama untuk membuat desain logo. Namun, dalam beberapa kasus, latar belakang putih yang muncul di sekitar logo dapat mengganggu tampilan keseluruhan desain. Latar belakang putih ini terbentuk jika logo tersebut dibuat dalam format bitmap dan disimpan dalam file JPEG atau PNG. Artikel ini akan menjelaskan cara menghilangkan latar belakang putih pada logo di Coreldraw.

Menggunakan Perangkat Magic Wand

Magic

Salah satu cara untuk menghilangkan latar belakang putih pada logo di Coreldraw adalah dengan menggunakan perangkat Magic Wand. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka file logo yang ingin diubah di Coreldraw.
  2. Pilih perangkat Magic Wand dari panel alat.
  3. Klik pada area latar belakang putih di sekitar logo.
  4. Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus latar belakang putih tersebut.

Menggunakan Perangkat Crop

Crop

Jika logo tersebut memiliki latar belakang yang lebih kompleks, maka perangkat Magic Wand mungkin tidak cukup efektif. Cara lain untuk menghilangkan latar belakang putih pada logo di Coreldraw adalah dengan menggunakan perangkat Crop. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih perangkat Crop dari panel alat.
  2. Geser kotak Cropping ke area logo yang ingin dipertahankan.
  3. Tekan tombol Enter pada keyboard.
  4. Logo yang telah di-crop akan ditempatkan pada area baru tanpa latar belakang putih.

Menggunakan Perintah Export

Export

Jika kedua cara sebelumnya tidak berhasil, maka bisa menggunakan perintah Export. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih menu File > Export dari menu bar Coreldraw.
  2. Pilih format file yang akan diekspor (misalnya JPEG atau PNG).
  3. Pilih opsi Transparansi.
  4. Klik tombol Export.

Menggunakan Perangkat Quick Trace

Quick

Jika logo tersebut dibuat dalam format bitmap, maka bisa menggunakan perangkat Quick Trace untuk mengonversi logo tersebut menjadi format vektor. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih logo yang ingin diubah.
  2. Pilih perangkat Quick Trace dari panel alat.
  3. Pilih opsi Logo dari menu drop-down.
  4. Pilih opsi Vector dari menu drop-down.
  5. Klik tombol Trace.

Memilih Format File yang Tepat

Format

Jika Anda ingin membuat logo tanpa latar belakang putih di Coreldraw, maka pilihlah format file yang tepat. Format file vektor seperti AI, EPS, dan CDR adalah pilihan terbaik karena logo tersebut dapat diedit dan diubah tanpa kehilangan kualitas atau detailnya. Namun, jika Anda harus menggunakan format file bitmap seperti JPEG atau PNG, pastikan untuk menghapus latar belakang putih sebelum menyimpan file.

Mengetahui Jenis Logo yang Digunakan

Jenis

Sebelum menghilangkan latar belakang putih pada logo di Coreldraw, pastikan bahwa Anda tahu jenis logo yang digunakan. Logo dengan latar belakang transparan dapat dengan mudah diedit menggunakan perangkat Magic Wand atau Crop. Namun, logo dengan latar belakang solid atau kompleks mungkin memerlukan teknik editing yang lebih canggih.

Menggunakan Layer untuk Mengedit Logo

Layer

Menggunakan layer adalah cara yang mudah dan efektif untuk mengedit logo di Coreldraw. Dengan menggunakan layer, Anda dapat mengedit bagian tertentu dari logo tanpa mempengaruhi bagian lainnya. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih logo yang ingin diubah.
  2. Pilih menu Object > Create New Layer dari menu bar Coreldraw.
  3. Tempatkan logo pada layer baru tersebut.
  4. Geser layer latar belakang ke bawah layer logo.
  5. Hapus layer latar belakang jika diperlukan.

Menggunakan Perangkat Pen untuk Mengedit Logo

Pen

Jika logo tersebut memiliki latar belakang yang kompleks, maka Anda bisa menggunakan perangkat Pen untuk mengedit logo tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih perangkat Pen dari panel alat.
  2. Buat path di sekitar logo (termasuk latar belakang putih).
  3. Pilih bagian yang ingin dihapus dengan menggunakan perangkat Shape tool.
  4. Tekan tombol Delete pada keyboard.

Menggunakan Perangkat Power Trace untuk Mengubah Bitmap menjadi Vektor

Power

Jika logo tersebut dibuat dalam format bitmap dan tidak memungkinkan untuk mengekspor ke format vektor, maka Anda bisa menggunakan perangkat Power Trace untuk mengubahnya menjadi format vektor. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih logo yang ingin diubah.
  2. Pilih perangkat Power Trace dari panel alat.
  3. Pilih opsi Logo dari menu drop-down.
  4. Pilih opsi Vector dari menu drop-down.
  5. Klik tombol Trace.

Kesimpulan

Kesimpulan

Menghilangkan latar belakang putih pada logo di Coreldraw dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada jenis logo yang digunakan. Cara terbaik untuk menghindari masalah ini adalah dengan memilih format file yang tepat dan memahami jenis logo yang digunakan. Dengan menggunakan perangkat dan teknik yang tepat, Anda dapat membuat logo yang lebih profesional dan menarik.

Cara Menghilangkan Background Putih Pada Logo Di Coreldraw

Langkah-langkah menghilangkan background putih pada logo di Coreldraw

Bagi para desainer grafis, mengedit gambar dan logo merupakan rutinitas sehari-hari. Terkadang, kita mendapatkan file logo dengan background putih yang tidak diinginkan. Namun, jangan khawatir, Coreldraw memiliki fitur untuk menghilangkan background putih pada logo dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membuka file logo pada Coreldraw

Langkah pertama adalah membuka file logo yang ingin dihilangkan background putihnya pada aplikasi Coreldraw. Setelah itu, pilih objek logo yang ingin dihilangkan background putihnya.

2. Memilih objek logo yang ingin dihilangkan background putihnya

Pada toolbar, pilih alat Pick Tool dan klik pada objek logo yang ingin dihilangkan background putihnya. Pastikan bahwa objek logo sudah terpilih dengan benar.

3. Membuat duplikat objek logo sebagai backup

Sebelum melakukan penghapusan background putih pada objek logo, disarankan untuk membuat duplikat objek logo sebagai backup terlebih dahulu. Hal ini berguna jika terjadi kesalahan saat menghapus background putih pada objek logo.

4. Menggunakan alat Magic Wand untuk memilih background putih

Setelah objek logo terpilih, pilih alat Magic Wand pada toolbar Coreldraw. Alat ini berguna untuk memilih background putih pada objek logo secara otomatis.

5. Menghapus background putih menggunakan tombol Delete

Setelah memilih background putih dengan alat Magic Wand, tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus background putih tersebut.

6. Membuat lapisan Background baru

Selanjutnya, buat lapisan Background baru pada objek logo yang sudah dihilangkan background putihnya. Caranya adalah klik kanan pada objek logo dan pilih Add New Layer. Kemudian, beri nama lapisan baru tersebut dengan Background.

7. Membuat warna latar belakang yang diinginkan pada lapisan baru tersebut

Pada lapisan Background yang sudah dibuat, pilih alat Rectangle Tool pada toolbar Coreldraw. Buatlah kotak berwarna sesuai dengan warna latar belakang yang diinginkan untuk objek logo.

8. Menyesuaikan posisi lapisan agar background sesuai dengan objek logo

Setelah membuat kotak berwarna pada lapisan Background, atur posisi kotak tersebut agar sesuai dengan objek logo. Untuk mengatur posisi kotak, pilih alat Pick Tool pada toolbar Coreldraw dan geser kotak ke posisi yang diinginkan.

9. Menggabungkan objek logo dengan lapisan background

Setelah selesai menyesuaikan posisi kotak pada lapisan Background, gabungkan objek logo dengan lapisan tersebut. Caranya adalah dengan mengklik kedua objek secara bersamaan dan pilih Group pada toolbar Coreldraw.

10. Menyimpan file logo dalam format yang diinginkan dan dengan background yang sudah dihapus

Terakhir, simpan file logo dalam format yang diinginkan dan pastikan bahwa background putih sudah berhasil dihapus dari objek logo.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita bisa dengan mudah menghilangkan background putih pada logo di Coreldraw. Selamat mencoba!

Cara Menghilangkan Background Putih Pada Logo Di Coreldraw adalah topik yang banyak dibicarakan oleh para desainer grafis. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa ini adalah cara mudah untuk memperindah sebuah logo, namun ada juga yang menentangnya karena berbagai alasan. Simak ulasan kami tentang pro dan kontra dari Cara Menghilangkan Background Putih Pada Logo Di Coreldraw.

Pro

  1. Membuat tampilan logo lebih profesional

    Dengan menghilangkan background putih pada logo, maka tampilannya akan terlihat lebih bersih dan profesional.

  2. Memudahkan proses cetak

    Dalam proses cetak, logo dengan background putih dapat menyebabkan masalah seperti warna yang tidak sesuai. Dengan menghilangkan background putih, proses cetak akan menjadi lebih mudah dan hasilnya lebih akurat.

  3. Meningkatkan kreativitas

    Dengan menghilangkan background putih pada logo, desainer dapat lebih bebas bereksperimen dengan berbagai macam kombinasi warna dan efek, sehingga logo akan terlihat lebih menarik dan unik.

Kontra

  1. Mengurangi kesan formal

    Tidak semua perusahaan atau institusi menginginkan logo mereka terlihat terlalu kreatif atau modern. Beberapa perusahaan atau institusi lebih memilih logo dengan kesan formal dan konservatif.

  2. Menghilangkan identitas merek

    Background putih pada logo sering kali menjadi bagian dari identitas merek. Dengan menghilangkannya, logo dapat kehilangan karakteristik uniknya dan sulit dikenali oleh konsumen.

  3. Membuat logo tidak sesuai dengan brand guide

    Banyak perusahaan memiliki panduan desain (brand guide) yang harus diikuti dalam pembuatan logo. Jika menghilangkan background putih tidak sesuai dengan brand guide, maka logo tersebut tidak akan diakui dan digunakan oleh perusahaan tersebut.

Demikianlah pro dan kontra dari Cara Menghilangkan Background Putih Pada Logo Di Coreldraw. Meskipun terdapat beberapa kekurangan, namun pada akhirnya keputusan untuk menghilangkan background putih pada logo adalah sepenuhnya tergantung pada kebutuhan dan preferensi dari perusahaan atau institusi yang bersangkutan.

Selamat malam para pembaca setia blog ini. Dalam artikel kali ini, kami telah membahas tentang cara menghilangkan background putih pada logo di Coreldraw. Kami berharap artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat logo dengan latar belakang transparan.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menghilangkan background putih pada logo di Coreldraw. Kami juga memberikan tips-tips yang dapat membantu Anda dalam membuat logo dengan hasil yang lebih baik dan profesional.

Terkadang, membuat logo dengan latar belakang transparan memang memerlukan kesabaran dan ketelitian. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah yang kami jelaskan dalam artikel ini, Anda akan dapat membuat logo yang memukau dengan latar belakang transparan tanpa masalah.

Sekali lagi, terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang mungkin membutuhkan informasi ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Sebagai seorang desainer grafis, mungkin Anda pernah mengalami kesulitan dalam menghilangkan background putih pada logo di Coreldraw. Hal tersebut seringkali menjadi masalah yang cukup membingungkan bagi para desainer, terutama jika mereka belum menguasai teknik yang tepat.

People Also Ask Cara Menghilangkan Background Putih Pada Logo Di Coreldraw

  1. 1. Apa yang harus dilakukan jika logo memiliki background putih?
  2. Jika logo yang Anda miliki memiliki background putih, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan fitur Background Eraser atau Magic Wand yang terdapat pada Coreldraw. Dengan menggunakan fitur tersebut, Anda dapat menghapus background putih secara cepat dan mudah.

  3. 2. Bagaimana cara menggunakan fitur Background Eraser?
  4. Untuk menggunakan fitur Background Eraser, pertama-tama pilihlah objek yang ingin dihapus backgroundnya. Setelah itu, pilihlah tool Background Eraser dan atur brush size serta tolerance level sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, klik dan tahan mouse pada bagian background yang ingin dihapus hingga background tersebut hilang.

  5. 3. Apakah ada cara lain untuk menghilangkan background putih pada logo?
  6. Selain menggunakan fitur Background Eraser, Anda juga dapat menggunakan fitur Mask yang terdapat pada Coreldraw. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat membuat mask pada objek logo dan menghapus background putih dengan mudah. Caranya adalah dengan membuat objek baru di belakang logo dan memberikan warna yang berbeda dengan background putih. Kemudian, pilihlah objek logo dan buat mask pada objek tersebut. Setelah itu, hapuslah background putih dengan menggunakan tool Mask.

Dengan menguasai teknik-teknik tersebut, Anda dapat dengan mudah menghilangkan background putih pada logo di Coreldraw. Selamat mencoba!