Info Sekolah
Monday, 26 Feb 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara mudah Menghilangkan Background Gambar di Word 2007

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Menghilangkan Background Gambar Di Word 2007

Cara menghilangkan background gambar di Word 2007 dengan mudah dan cepat. Ikuti langkah-langkah sederhana untuk mendapatkan tampilan dokumen yang lebih baik.

Apakah Anda sering merasa kesulitan dalam menghilangkan background gambar di Word 2007? Jangan khawatir, karena kali ini kami akan berbagi cara praktis untuk mengatasinya dengan mudah. Bagi sebagian orang, menghilangkan background gambar bisa menjadi hal yang cukup merepotkan terutama jika tidak memiliki pengetahuan teknis yang memadai. Namun, dengan beberapa langkah sederhana dan penggunaan fitur yang tepat, Anda dapat menghapus latar belakang gambar di Word 2007 tanpa harus mengalami kesulitan berarti.

Cara Menghilangkan Background Gambar Di Word 2007

1. Cara Pertama

Cara

Jika Anda ingin menghilangkan background gambar pada dokumen Word 2007, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Yang pertama, Anda bisa menggunakan fitur penghapus latar belakang pada Word. Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Pilih gambar yang ingin dihilangkan background-nya.
  2. Klik tab Format yang terletak di pojok kanan atas layar.
  3. Pada grup Koreksi Gambar, klik tombol Penghapus Latar Belakang.

2. Seleksi Gambar

Seleksi

Setelah itu, akan muncul lingkaran hijau dan merah pada gambar. Lingkaran hijau menunjukkan area yang akan dipertahankan, sedangkan lingkaran merah menunjukkan area yang akan dihapus. Anda bisa menyesuaikan area tersebut dengan mengklik dan menyeret bagian yang ingin dipertahankan atau dihapus.

3. Preview Hasil

Preview

Jika sudah selesai, klik tombol Selesai pada pojok kiri atas layar. Word akan menampilkan preview hasil penghapusan latar belakang. Jika hasilnya sesuai dengan yang diinginkan, klik tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan gambar tersebut.

4. Cara Kedua

Cara

Jika cara pertama tidak berhasil atau kurang memuaskan, Anda bisa mencoba cara kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi pengedit gambar seperti Adobe Photoshop atau CorelDraw. Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Buka gambar yang ingin dihilangkan background-nya di aplikasi pengedit gambar.
  2. Pilih alat seleksi seperti Magic Wand Tool atau Quick Selection Tool.
  3. Seleksi area yang ingin dihapus background-nya.
  4. Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus background.

5. Simpan Hasil Edit

Simpan

Setelah itu, simpan hasil edit gambar tersebut dengan format file yang sesuai seperti JPG atau PNG. Kemudian, impor gambar tersebut ke dalam dokumen Word 2007.

6. Cara Ketiga

Cara

Jika kedua cara di atas tidak berhasil atau terlalu rumit, Anda bisa mencoba cara ketiga yaitu dengan menggunakan layanan online seperti remove.bg atau Clipping Magic. Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Buka situs remove.bg atau Clipping Magic.
  2. Upload gambar yang ingin dihilangkan background-nya.
  3. Tunggu beberapa saat sampai proses penghapusan latar belakang selesai.
  4. Download hasil gambar tanpa background.

7. Impor Gambar Tanpa Background

Impor

Setelah itu, impor gambar tanpa background tersebut ke dalam dokumen Word 2007. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol Insert dan memilih opsi Picture. Pilih gambar yang sudah diedit tadi, lalu klik tombol Insert.

8. Menyesuaikan Ukuran Gambar

Menyesuaikan

Jika ukuran gambar terlalu besar atau kecil, Anda bisa menyesuaikannya dengan cara mengklik gambar tersebut dan menyeret salah satu sudutnya. Atau, Anda juga bisa mengatur ukuran gambar dengan menggunakan fitur Picture Tools pada tab Format.

9. Menambahkan Efek Gambar

Menambahkan

Jika ingin menambahkan efek pada gambar seperti bayangan atau transparansi, Anda bisa menggunakan fitur Picture Effects pada tab Format. Pilih efek yang diinginkan, lalu atur intensitasnya dengan menggunakan opsi yang tersedia.

10. Simpan Dokumen

Simpan

Setelah selesai mengedit gambar, jangan lupa untuk menyimpan dokumen Word 2007 tersebut. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol Save pada toolbar atau menggunakan opsi Save As jika ingin menyimpan dokumen dengan nama atau format yang berbeda.

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, Anda bisa menghilangkan background gambar pada dokumen Word 2007 dengan mudah dan cepat.

Cara Menghilangkan Background Gambar Di Word 2007

Sebagai pengguna Word 2007, pasti seringkali kita membutuhkan gambar dalam dokumen yang dibuat. Namun, terkadang background gambar tidak sesuai dengan tampilan dokumen yang diinginkan. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk menghilangkan background gambar agar lebih sesuai dengan dokumen yang dibuat.

Langkah-langkah menghilangkan background gambar di Word 2007

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan background gambar pada Word 2007. Berikut adalah beberapa langkah-langkahnya:

1. Memilih format gambar yang tepat

Pada saat memasukkan gambar ke dalam dokumen, pastikan untuk memilih format gambar yang tepat. Format gambar yang disarankan adalah PNG atau GIF, karena keduanya memiliki fitur transparansi yang akan memudahkan dalam menghilangkan background gambar.

2. Menggunakan alat crop untuk menghilangkan background gambar

Salah satu cara yang paling mudah dan cepat untuk menghilangkan background gambar adalah dengan menggunakan alat crop. Pilih gambar yang ingin dihilangkan backgroundnya, lalu pilih alat crop pada menu picture tools. Kemudian, atur area yang ingin dipertahankan dan area yang ingin dihilangkan.

3. Mengedit gambar dengan background remover

Jika cara pertama belum berhasil, Anda bisa mencoba menggunakan alat background remover pada menu picture tools. Pilih gambar yang ingin diedit, kemudian pilih alat background remover. Atur area yang ingin dihapus dengan menggunakan brush remover dan klik keep changes untuk menyimpan perubahan.

4. Membuat satu warna menjadi transparan dengan mark magic tool

Jika background gambar hanya memiliki satu warna, Anda bisa menggunakan mark magic tool untuk menghilangkan warna tersebut. Pilih gambar yang ingin dihilangkan backgroundnya, kemudian pilih mark magic tool pada menu picture tools. Atur warna yang ingin dihilangkan, dan klik keep changes untuk menyimpan perubahan.

5. Memanfaatkan fitur picture correction

Jika gambar memiliki background yang rumit, Anda bisa mencoba memanfaatkan fitur picture correction pada menu picture tools. Pilih gambar yang ingin diedit, lalu pilih picture correction. Pilih satu dari empat opsi yang tersedia untuk menghilangkan background gambar.

6. Menggunakan format painter untuk menghapus background pada gambar

Anda juga bisa menggunakan format painter untuk menghapus background pada gambar. Caranya cukup mudah, pilih gambar yang ingin dihilangkan backgroundnya, kemudian pilih format painter pada menu home. Pilih area yang ingin diubah, dan letakkan format painter pada area tersebut.

7. Membuat gambar menjadi transparan dengan fitur transparency

Jika semua cara di atas belum berhasil, Anda bisa mencoba membuat gambar menjadi transparan dengan fitur transparency pada menu picture tools. Pilih gambar yang ingin diedit, kemudian pilih transparency. Atur transparansi yang diinginkan, dan klik keep changes untuk menyimpan perubahan.

Dengan memilih salah satu dari cara-cara di atas, pengenapan background gambar pada Word 2007 akan menjadi lebih mudah dan cepat. Selamat mencoba!

Cara Menghilangkan Background Gambar Di Word 2007 adalah salah satu fitur yang sangat berguna bagi para pengguna Microsoft Word. Namun, seperti halnya dengan setiap fitur lainnya, pasti ada kelebihan dan kekurangan dalam menggunakannya.

Pro

  1. Mudah digunakan: Cara Menghilangkan Background Gambar Di Word 2007 sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Hanya dengan beberapa klik, background gambar dapat dihapus dengan cepat dan mudah.
  2. Meningkatkan kualitas presentasi: Dengan menghilangkan background gambar, presentasi atau dokumen yang dibuat akan terlihat lebih profesional dan rapi. Hal ini akan meningkatkan kesan positif pada pembaca atau audiens.
  3. Mempercepat proses pembuatan dokumen: Dengan menggunakan fitur ini, waktu yang dibutuhkan untuk mengedit atau membuat dokumen dapat dipersingkat secara signifikan.

Cons

  1. Potensi kesalahan: Ada kemungkinan bahwa ketika menghapus background gambar, bagian dari gambar yang seharusnya tetap dipertahankan akan terhapus. Hal ini dapat menyebabkan kesalahan atau ketidakakuratan pada dokumen.
  2. Keterbatasan penggunaan: Fitur ini hanya dapat digunakan pada gambar yang memiliki latar belakang yang kontras dengan objek utama. Jika latar belakang gambar tidak kontras, maka fitur ini tidak dapat digunakan.
  3. Hasil yang kurang memuaskan: Terkadang, hasil dari penghapusan background gambar menggunakan fitur ini tidaklah memuaskan. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti kualitas gambar atau tingkat kontras antara latar belakang dan objek utama.

Dalam kesimpulannya, Cara Menghilangkan Background Gambar Di Word 2007 adalah fitur yang sangat berguna bagi para pengguna Microsoft Word. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari fitur ini agar dapat digunakan dengan efektif dan efisien.

Terima kasih telah membaca artikel kami tentang Cara Menghilangkan Background Gambar di Word 2007. Kami harap tutorial ini dapat membantu Anda dalam mengedit dokumen Word Anda dengan lebih mudah dan efisien.

Dalam tutorial ini, kami telah menjelaskan step-by-step cara menghapus latar belakang gambar di Word 2007. Selain itu, kami juga memberikan tips tambahan untuk mengoptimalkan penggunaan fitur di Word 2007.

Jangan lupa untuk selalu mempraktikkan tips dan trik yang kami berikan agar Anda dapat memanfaatkan Word 2007 secara maksimal. Terus ikuti blog kami untuk mendapatkan tutorial-tutorial menarik lainnya seputar Microsoft Office dan teknologi informasi.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Cara Menghilangkan Background Gambar di Word 2007

  1. Bagaimana cara menghapus background gambar di Word 2007?

    Jawab: Anda bisa menghapus background gambar di Word 2007 dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut:

    • Klik kanan pada gambar yang memiliki background yang ingin dihapus.
    • Pilih opsi Ubah Gambar dari menu yang muncul.
    • Pilih opsi Bersihkan latar belakang dari toolbar yang muncul di sebelah kiri layar.
    • Pilih bagian gambar yang ingin dihapus dan klik tombol Selesai di toolbar.
    • Gambar sekarang harus memiliki latar belakang yang bersih.
  2. Apakah saya bisa menghapus background gambar di Word 2007 tanpa menggunakan alat pengeditan gambar?

    Jawab: Ya, Word 2007 memiliki fitur built-in yang memungkinkan Anda untuk menghapus background gambar tanpa harus menggunakan alat pengeditan gambar. Dengan menggunakan opsi Bersihkan latar belakang, Anda dapat menghapus latar belakang gambar dengan cepat dan mudah.

  3. Apakah saya masih bisa mengedit gambar setelah menghapus latar belakangnya di Word 2007?

    Jawab: Ya, setelah menghapus latar belakang gambar, Anda masih bisa mengedit gambar seperti biasa. Namun, pastikan untuk menyimpan gambar dalam format yang tepat agar perubahan yang Anda buat tetap terlihat.

  4. Apakah saya bisa menggunakan fitur Bersihkan latar belakang di Word 2007 untuk menghapus latar belakang gambar yang kompleks?

    Jawab: Ya, Anda bisa menggunakan fitur Bersihkan latar belakang di Word 2007 untuk menghapus latar belakang gambar yang kompleks. Namun, Anda mungkin perlu menggunakan alat pengeditan gambar tambahan untuk membuat penyesuaian jika ada bagian dari gambar yang tidak dihapus dengan benar.