Info Sekolah
Monday, 26 Feb 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Mudah Menghilangkan Background Putih di Microsoft Word

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Menghilangkan Background Putih Di Word

Cara menghilangkan background putih di Word adalah dengan menggunakan fitur remove background dan mengatur transparansi gambar.

Apakah Anda pernah merasa kesulitan menghapus background putih di Word? Bagi sebagian orang, hal ini memang menjadi masalah besar. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan background putih yang mengganggu tersebut. Pertama-tama, cobalah untuk menggunakan fitur Remove Background yang tersedia di program Word. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah memilih area yang ingin dihapus dan menyisakan bagian lain yang penting. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi atau software editing foto seperti Adobe Photoshop atau GIMP untuk menghapus background putih secara detail dan lebih akurat. Namun, pastikan Anda sudah memahami cara penggunaannya agar hasilnya maksimal. Bagaimana, siap mencoba?

Cara Menghilangkan Background Putih Di Word

Mungkin kamu pernah mengalami kesulitan saat ingin menghilangkan background putih di Word. Hal ini bisa menjadi masalah jika kamu ingin memasukkan gambar atau logo ke dalam dokumen Word kamu. Namun, jangan khawatir karena dalam artikel ini akan dijelaskan cara mudah untuk menghilangkan background putih di Word.

1. Gunakan Fitur Remove Background

Remove

Salah satu cara yang paling mudah untuk menghilangkan background putih di Word adalah dengan menggunakan fitur Remove Background. Fitur ini dapat membantu kamu untuk secara otomatis menghapus background putih pada gambar atau logo yang ingin kamu masukkan ke dalam dokumen Word.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu hanya perlu memilih gambar atau logo yang ingin dihapus backgroundnya, kemudian klik kanan pada gambar tersebut dan pilih opsi Remove Background. Setelah itu, kamu dapat mengatur area yang ingin dihilangkan dengan menggunakan fitur Mark Areas to Keep atau Mark Areas to Remove.

2. Menggunakan Fitur Crop

Crop

Jika kamu tidak ingin menggunakan fitur Remove Background, kamu juga bisa menggunakan fitur Crop untuk menghilangkan background putih di Word. Dengan fitur ini, kamu dapat memotong gambar atau logo agar hanya bagian yang penting saja yang ditampilkan.

Untuk menggunakan fitur Crop, kamu hanya perlu memilih gambar atau logo yang ingin dipotong, kemudian klik kanan pada gambar tersebut dan pilih opsi Crop. Setelah itu, kamu dapat menyesuaikan area yang ingin dipotong dengan menggeser garis-garis di sekitar gambar atau logo.

3. Menggunakan Background Color

Background

Jika kamu tidak ingin menghapus background putih di Word, tapi ingin mengubah warna background menjadi warna lain, kamu bisa menggunakan fitur Background Color. Dengan fitur ini, kamu dapat mengubah warna background dokumen Word sesuai dengan keinginanmu.

Untuk menggunakan fitur Background Color, kamu hanya perlu membuka tab Page Layout pada menu ribbon, kemudian pilih opsi Page Color. Setelah itu, kamu dapat memilih warna background yang ingin digunakan.

4. Menggunakan Shape atau Text Box

Shape

Jika kamu ingin memasukkan gambar atau logo ke dalam dokumen Word tanpa background putih, kamu juga bisa menggunakan shape atau text box. Dengan cara ini, kamu dapat menempatkan gambar atau logo di dalam shape atau text box sehingga background putih tidak terlihat.

Untuk menggunakan shape atau text box, kamu hanya perlu membuka tab Insert pada menu ribbon, kemudian pilih opsi Shape atau Text Box. Setelah itu, kamu dapat memilih bentuk dan ukuran shape atau text box yang ingin digunakan, kemudian masukkan gambar atau logo ke dalamnya.

5. Menggunakan Gambar dengan Format PNG

PNG

Jika kamu ingin memasukkan gambar atau logo ke dalam dokumen Word tanpa background putih, kamu juga bisa menggunakan gambar dengan format PNG. Gambar dengan format PNG telah dihapus background putihnya, sehingga kamu dapat langsung memasukkannya ke dalam dokumen Word tanpa perlu melakukan editing lagi.

Untuk menggunakan gambar dengan format PNG, kamu hanya perlu mencari gambar atau logo dengan format tersebut di internet, kemudian simpan gambar tersebut ke dalam komputermu. Setelah itu, kamu dapat memasukkan gambar tersebut ke dalam dokumen Word seperti biasa.

6. Simpan Dokumen sebagai PDF

PDF

Jika kamu ingin memastikan bahwa background putih di Word benar-benar hilang saat dokumen tersebut dibuka di komputer lain, kamu bisa menyimpan dokumen tersebut sebagai PDF. Dengan cara ini, kamu dapat memastikan bahwa dokumen Wordmu akan terlihat sama di semua komputer.

Untuk menyimpan dokumen Word sebagai PDF, kamu hanya perlu membuka tab File pada menu ribbon, kemudian pilih opsi Save As. Setelah itu, pilih format PDF pada opsi Save as type, kemudian klik Save.

7. Menggunakan Add-Ins atau Plugin

Add-Ins

Jika kamu sering mengedit gambar atau logo di Word, kamu bisa menggunakan add-ins atau plugin untuk mempercepat proses editing. Beberapa add-ins atau plugin yang dapat membantu kamu menghilangkan background putih di Word antara lain Adobe Photoshop Express, Lunapic, Remove.bg, dan sebagainya.

Untuk menggunakan add-ins atau plugin, kamu hanya perlu mengunduh dan menginstalnya ke dalam komputermu, kemudian buka dokumen Word yang ingin diedit. Setelah itu, kamu dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh add-ins atau plugin tersebut.

8. Edit Gambar atau Logo di Program Lain

Edit

Jika kamu memiliki program editing gambar atau logo yang lebih advanced di komputermu, kamu juga bisa mengedit gambar atau logo tersebut di program tersebut terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam dokumen Word. Dengan cara ini, kamu dapat menghilangkan background putih di gambar atau logo dengan lebih mudah.

Untuk menggunakan program editing gambar atau logo lain, kamu hanya perlu membuka program tersebut di komputermu, kemudian buka gambar atau logo yang ingin dihapus backgroundnya. Setelah itu, kamu dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh program tersebut untuk menghapus background putih di gambar atau logo.

9. Membeli Software Editing Gambar atau Logo

Software

Jika kamu sering bekerja dengan gambar atau logo di Word, kamu mungkin membutuhkan software editing gambar atau logo yang lebih advanced. Beberapa software editing gambar atau logo yang populer antara lain Adobe Photoshop, CorelDRAW, GIMP, dan sebagainya.

Untuk menggunakan software editing gambar atau logo, kamu hanya perlu mengunduh dan menginstalnya ke dalam komputermu, kemudian buka program tersebut. Setelah itu, kamu dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh software tersebut untuk menghapus background putih di gambar atau logo.

10. Menggunakan Jasa Designer Grafis

Designer

Jika kamu tidak memiliki waktu atau keahlian untuk menghilangkan background putih di gambar atau logo, kamu bisa menggunakan jasa designer grafis. Dengan cara ini, kamu dapat meminta designer grafis untuk mengedit gambar atau logo sesuai dengan keinginanmu.

Untuk menggunakan jasa designer grafis, kamu hanya perlu mencari designer grafis yang terpercaya dan memiliki portofolio yang bagus. Setelah itu, kamu dapat memberikan gambar atau logo yang ingin diedit, kemudian diskusikan dengan designer grafis mengenai hasil akhir yang diinginkan.

Dengan demikian, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan background putih di Word. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu, sehingga kamu dapat memasukkan gambar atau logo ke dalam dokumen Word dengan lebih mudah dan efisien.

Cara Menghilangkan Background Putih Di Word

Memperbarui versi Microsoft Word

Untuk menghilangkan background putih di Word, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperbarui versi Microsoft Word ke versi terbaru. Hal ini dikarenakan versi terbaru dari Microsoft Word sudah memiliki fitur-fitur terbaru yang dapat membantu mempermudah proses pengeditan dokumen.

Mengubah mode tampilan dokumen ke draft

Setelah memperbarui versi Microsoft Word, langkah selanjutnya adalah mengubah mode tampilan dokumen ke draft. Dalam mode draft, tampilan dokumen akan lebih sederhana dan tidak menampilkan gambar atau objek lainnya yang dapat mengganggu proses pengeditan dokumen.

Menghilangkan watermark

Jika terdapat watermark pada dokumen, maka hal tersebut juga perlu dihilangkan agar dokumen terlihat lebih profesional. Caranya adalah dengan mengklik Design pada menu bar, kemudian pilih opsi Watermark dan pilih Remove Watermark.

Mengatur ulang margin dokumen

Margin dokumen juga perlu diatur ulang agar dokumen terlihat lebih rapi dan mudah dibaca. Caranya adalah dengan mengklik Page Layout pada menu bar, kemudian pilih opsi Margins dan atur margin sesuai dengan kebutuhan.

Mengubah warna background dokumen

Untuk mengubah warna background dokumen, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengklik Design pada menu bar, kemudian pilih opsi Page Color dan pilih warna yang diinginkan.

Memotong bagian yang tidak diinginkan di gambar

Jika terdapat gambar dengan background putih, maka bagian yang tidak diinginkan dapat dipotong agar gambar terlihat lebih proporsional. Caranya adalah dengan menggunakan fitur Crop pada Microsoft Word.

Menggunakan gambar dengan background transparan

Untuk menghindari masalah background putih pada gambar, disarankan untuk menggunakan gambar dengan background transparan. Gambar dengan background transparan dapat dengan mudah ditemukan di internet atau dapat dibuat sendiri menggunakan software pengeditan gambar seperti Adobe Photoshop.

Menerapkan efek bayangan pada gambar

Untuk membuat gambar lebih menarik, dapat diterapkan efek bayangan pada gambar. Caranya adalah dengan mengklik gambar, kemudian pilih opsi Picture Effects dan pilih efek bayangan yang diinginkan.

Merubah format gambar menjadi PNG

Jika gambar masih memiliki background putih meskipun telah dipotong atau menggunakan gambar dengan background transparan, maka hal tersebut dapat diatasi dengan merubah format gambar menjadi PNG. Format PNG adalah format gambar yang mendukung transparansi sehingga tidak akan muncul background putih.

Menambahkan garis penjelas pada gambar

Jika gambar digunakan untuk tujuan penjelasan, maka disarankan untuk menambahkan garis penjelas pada gambar. Caranya adalah dengan menggunakan fitur Shapes pada Microsoft Word dan membuat garis sesuai dengan kebutuhan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka background putih pada dokumen atau gambar dapat dengan mudah dihilangkan sehingga dokumen terlihat lebih profesional dan rapi. Pastikan juga untuk selalu memperbarui versi Microsoft Word agar selalu mendapatkan fitur-fitur terbaru yang dapat membantu dalam proses pengeditan dokumen.

Sebagai seorang jurnalis, saya sering menggunakan Microsoft Word untuk membuat dokumen dan artikel. Namun, salah satu masalah yang sering saya temui adalah background putih pada gambar atau grafik yang ingin saya sisipkan dalam dokumen tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan background putih di Word:

  1. Menggunakan fitur Remove Background di Microsoft Word
    Pros: Mudah digunakan dan terintegrasi dengan program
    Cons: Tidak selalu berhasil menghapus seluruh background dan bisa merusak gambar jika tidak hati-hati
  2. Menggunakan software pengedit gambar seperti Adobe Photoshop
    Pros: Lebih akurat dan dapat menghapus seluruh background
    Cons: Membutuhkan keahlian khusus dalam pengeditan gambar dan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan fitur bawaan di Word
  3. Menggunakan situs web penghapus background seperti remove.bg
    Pros: Mudah dan cepat digunakan tanpa perlu mengunduh software tambahan
    Cons: Terkadang hasilnya kurang akurat dan kualitas gambar dapat menurun

Sebagai kesimpulan, meskipun ada beberapa cara untuk menghilangkan background putih di Word, setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai jurnalis, saya merekomendasikan menggunakan fitur Remove Background di Microsoft Word karena mudah digunakan dan terintegrasi dengan program. Namun, jika Anda membutuhkan hasil yang lebih akurat, maka menggunakan software pengedit gambar seperti Adobe Photoshop adalah pilihan yang lebih baik.

Selamat sore, para pembaca setia blog kami. Pada kesempatan kali ini, kami telah membahas tentang cara menghilangkan background putih di Word. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara untuk mengganti warna latar belakang di Microsoft Word.Pertama-tama, Anda dapat menggunakan fitur Page Color di Word untuk mengubah warna latar belakang. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka dokumen yang ingin diubah, lalu klik tab Page Layout dan pilih Page Color. Kemudian, pilih warna yang diinginkan dan klik OK. Dengan cara ini, latar belakang dokumen Anda akan berubah sesuai dengan warna yang dipilih.Selain itu, Anda juga dapat menggunakan gambar sebagai latar belakang di Word. Caranya pun cukup sederhana, Anda hanya perlu memilih tab Design, klik Watermark, lalu pilih Custom Watermark. Setelah itu, pilih Picture Watermark, lalu pilih gambar yang ingin digunakan sebagai latar belakang. Anda juga dapat menyesuaikan tampilan gambar dengan mengatur opsi Scale dan Washout.Terakhir, Anda dapat menggunakan fitur Texture di Word untuk memberikan efek tekstur pada latar belakang dokumen. Caranya sama seperti sebelumnya, yaitu dengan memilih tab Page Layout, lalu klik Page Color, dan pilih Fill Effects. Kemudian, pilih tab Texture, dan pilih jenis tekstur yang diinginkan. Anda juga bisa menyesuaikan skala dan rotasi tekstur.Itulah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan background putih di Word. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah mengunjungi blog kami, dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di blog kami. Sampai jumpa!

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Cara Menghilangkan Background Putih di Word

  1. Apakah mungkin untuk menghapus background putih di Word?

    Jawaban: Ya, sangat mungkin untuk menghapus background putih di Word. Anda dapat menggunakan fitur Remove Background atau Crop untuk melakukan tugas ini.

  2. Bagaimana cara menghapus background putih di Word?

    Jawaban: Ada dua cara untuk menghapus background putih di Word. Yang pertama adalah dengan menggunakan fitur Remove Background dan yang kedua adalah dengan menggunakan fitur Crop. Kedua cara ini cukup mudah dilakukan dan dapat memberikan hasil yang baik.

  3. Apakah semua versi Word memiliki fitur untuk menghapus background putih?

    Jawaban: Tidak semua versi Word memiliki fitur Remove Background atau Crop. Namun, sebagian besar versi Word yang lebih baru memiliki fitur tersebut.

  4. Apakah menghapus background putih di Word dapat mempengaruhi kualitas gambar?

    Jawaban: Ya, tergantung pada bagaimana Anda melakukannya. Jika Anda menggunakan fitur Remove Background atau Crop dengan benar, maka kualitas gambar seharusnya tidak terpengaruh. Namun, jika Anda menghapus background secara manual atau menggunakan alat yang tidak tepat, maka kemungkinan besar akan mempengaruhi kualitas gambar.

  5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghapus background putih di Word?

    Jawaban: Waktu yang dibutuhkan untuk menghapus background putih di Word tergantung pada ukuran gambar dan tingkat detail yang ingin Anda pertahankan. Namun, umumnya tugas ini dapat diselesaikan dalam beberapa menit.

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, diharapkan dapat membantu pengguna Word dalam menghilangkan background putih di dokumen mereka dengan mudah dan aman.