Info Sekolah
Thursday, 22 Feb 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Praktis dan Mudah Menghilangkan Background Di Word untuk Hasil Dokumen yang Lebih Menarik

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Menghilangkan Background Di Word

Cara menghilangkan background di Word sangat mudah dilakukan. Ikuti langkah-langkahnya dan hasilkan dokumen yang lebih profesional.

Bagi seorang penulis, pengeditan dokumen merupakan bagian yang sangat penting untuk memastikan karya tulisnya menjadi lebih baik. Namun, terkadang background yang tidak diinginkan pada dokumen dapat mengganggu fokus dan konsentrasi. Oleh karena itu, cara menghilangkan background di Word menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dokumen. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara yang mudah dan efektif untuk menghilangkan background pada dokumen Word.

Cara Menghilangkan Background Di Word

Background Word dan Masalahnya

Background adalah latar belakang yang mengisi halaman dokumen di Microsoft Word. Ini dapat berupa warna polos atau gambar, dan seringkali digunakan untuk membuat dokumen terlihat lebih menarik dan profesional. Namun, kadang-kadang background ini juga dapat mengganggu dan mempersulit pembacaan dokumen. Apalagi bila Anda ingin mencetak dokumen tersebut, background bisa menyebabkan tinta habis lebih cepat dan menciptakan masalah lainnya.

Menghapus Background Word secara Manual

Jika Anda ingin menghilangkan background di Word, caranya cukup mudah. Pertama-tama, pilih tab Page Layout di bagian atas jendela Word. Lalu, klik Page Color di sebelah kanan atas dan pilih No Color untuk menghapus warna background. Jika yang ingin dihapus adalah gambar background, pilih Watermark di bawah Page Color dan pilih Remove Watermark.

Menggunakan Fitur Remove Background

Jika background yang ingin dihapus adalah gambar atau objek tertentu, Word menyediakan fitur Remove Background yang sangat berguna. Caranya cukup mudah: pilih gambar atau objek tersebut, lalu klik tab Format di bagian atas jendela Word. Di sana, Anda akan menemukan tombol Remove Background. Klik tombol ini, dan Word akan memindai gambar atau objek tersebut dan menghapus background-nya dengan cepat dan mudah.

Menyesuaikan Pengaturan Remove Background

Seperti banyak fitur lainnya di Word, Remove Background juga memiliki pengaturan kustomisasi. Jika hasil penghapusan background tidak sesuai dengan keinginan Anda, Anda dapat menyesuaikan pengaturannya secara manual. Coba gunakan fitur Mark Areas to Keep atau Mark Areas to Remove untuk menandai area mana yang harus dihapus atau dipertahankan. Anda juga dapat mengklik dan menyeret garis-garis merah atau hijau di sekitar gambar atau objek untuk menyesuaikan batas penghapusan background.

Menggunakan Add-Ins untuk Menghapus Background

Word juga menyediakan sejumlah Add-Ins atau plugin yang dapat membantu Anda menghapus background dengan lebih mudah dan efisien. Beberapa contoh Add-Ins yang populer di antaranya adalah Background Remover dan Magic Eraser. Untuk menggunakan Add-Ins tersebut, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu dari toko Add-Ins Microsoft. Setelah itu, buka dokumen Word Anda dan pilih gambar atau objek yang ingin dihapus background-nya. Klik tab Add-Ins di bagian atas jendela Word, lalu pilih Add-Ins yang telah Anda unduh sebelumnya dan ikuti instruksi yang diberikan.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika semua cara di atas tidak berhasil atau terlalu rumit, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang khusus dirancang untuk menghapus background di Word. Beberapa aplikasi populer di antaranya adalah Background Eraser dan Background Remover. Unduh aplikasi ini dari toko aplikasi yang tersedia, lalu ikuti petunjuk yang diberikan untuk menghapus background di Word.

Kesimpulan

Menghapus background di Word dapat membuat dokumen lebih mudah dibaca dan dicetak, serta membuatnya lebih profesional. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan background, mulai dari cara manual hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan jangan ragu untuk bereksperimen dengan fitur-fitur di Word untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Cara Menghilangkan Background Di Word

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghapus background pada dokumen Word.

Langkah Pertama: Pilih Background yang Ingin Dihapus

Sebelum melakukan penghapusan background, pastikan dahulu bahwa Anda telah memilih background yang ingin dihapus. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa hasil akhir akan sesuai dengan yang diinginkan.

Yang Perlu Dilakukan Setelah Memilih Background

Setelah memilih background yang ingin dihapus, langkah selanjutnya adalah menentukan teknik yang akan digunakan untuk menghapusnya. Berikut beberapa teknik yang bisa Anda coba:

Teknik Magic Eraser untuk Menghapus Background pada Word

Teknik ini dapat digunakan untuk menghapus background pada gambar dengan cepat dan mudah. Caranya adalah dengan memilih alat Magic Eraser pada menu Ribbon dan mengklik area background yang ingin dihapus. Kemudian, klik tombol Delete pada keyboard untuk menghapusnya.

Gunakan Fitur Remove Background yang Tersedia pada Word

Fitur Remove Background pada Word memungkinkan kita untuk menghapus background pada gambar dengan mudah. Caranya adalah dengan memilih gambar yang ingin dihapus backgroundnya, kemudian pilih menu Format dan klik Remove Background. Setelah itu, gunakan alat pensil untuk menandai area yang ingin disimpan dan hilangkan area yang ingin dihapus.

Manfaatkan Lasso Tool sebagai Media untuk Menghapus Background pada Gambar

Lasso Tool adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk menghapus background pada gambar dengan mudah. Caranya adalah dengan memilih alat Lasso Tool pada menu Ribbon dan menandai area background yang ingin dihapus. Kemudian, klik tombol Delete pada keyboard untuk menghapusnya.

Gunakan Teknik Crop dalam Menghapus Background pada Dokumen Word

Teknik Crop dapat digunakan untuk menghapus background pada dokumen Word. Caranya adalah dengan memilih gambar yang ingin dihapus backgroundnya, kemudian pilih menu Crop dan geser batas crop hingga background yang tidak diinginkan hilang.

Mencoba Cutout Tool untuk Menghapus Background pada Word dengan Mudah

Cutout Tool adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk menghapus background pada gambar dengan mudah. Caranya adalah dengan memilih alat Cutout Tool pada menu Ribbon dan menandai area background yang ingin dihapus. Kemudian, klik tombol Delete pada keyboard untuk menghapusnya.

Cara Menghapus Background pada Gambar dengan Menggunakan Pen Tool

Pen Tool adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk menghapus background pada gambar dengan presisi yang tinggi. Caranya adalah dengan memilih alat Pen Tool pada menu Ribbon dan membuat path pada area background yang ingin dihapus. Setelah itu, klik tombol Delete pada keyboard untuk menghapusnya.

Cara Cepat dan Mudah Menghapus Background pada Word menggunakan Paint

Jika Anda tidak memiliki akses ke program pengeditan gambar seperti Photoshop, Paint bisa menjadi alternatif yang baik untuk menghapus background pada gambar. Caranya adalah dengan membuka gambar di Paint, memilih alat pemotong, menandai area background yang ingin dihapus, dan klik tombol Delete pada keyboard untuk menghapusnya.

Merapikan Hasil Menghapus Background dengan Fitur Zoom dan Edit Gambar

Setelah berhasil menghapus background, pastikan Anda merapikan hasilnya dengan memanfaatkan fitur zoom dan edit gambar di Word. Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur ulang ukuran gambar, memperbaiki kualitas gambar, dan mengedit detail gambar lainnya.

Dari beberapa teknik yang telah disebutkan di atas, pilihlah teknik yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingatlah untuk selalu merapikan hasil akhir agar terlihat lebih profesional dan memuaskan.

Banyak orang mungkin pernah merasa kesulitan saat ingin menghapus background pada dokumen Word. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan background di Word. Namun, apakah semua cara tersebut efektif dan aman digunakan?

Proses Menghilangkan Background di Word

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus background di Word:

  1. Menggunakan fitur Remove Background
  2. Fitur ini bisa ditemukan pada tab Picture Tools> Format. Cara kerjanya adalah dengan memilih gambar yang ingin dihilangkan background-nya lalu klik Remove Background. Kemudian, Anda bisa mengatur ulang area gambar yang akan dihapus dan yang akan dipertahankan.

  3. Menggunakan fitur Crop
  4. Crop adalah fitur yang berguna untuk memotong bagian gambar yang tidak diinginkan. Dalam hal ini, crop bisa dimanfaatkan untuk memotong area background yang ingin dihilangkan.

  5. Menggunakan fitur Select Objects
  6. Fitur ini bisa ditemukan pada tab Home> Editing. Dengan fitur ini, kita bisa memilih objek tertentu pada gambar dan menghapus background-nya.

  7. Menggunakan aplikasi pihak ketiga
  8. Selain menggunakan fitur bawaan dari Word, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Photoshop atau GIMP untuk menghilangkan background pada gambar.

Pro dan Kontra Menghilangkan Background di Word

Sebagai seorang jurnalis, saya melihat ada beberapa pro dan kontra ketika menggunakan cara menghilangkan background di Word:

Pro

  • Memperindah tampilan dokumen
  • Dengan menghilangkan background pada gambar, dokumen akan terlihat lebih rapi dan profesional. Hal ini bisa meningkatkan kredibilitas dokumen tersebut.

  • Meningkatkan fokus pembaca
  • Tanpa adanya background yang mengganggu, pembaca bisa lebih fokus pada isi dokumen. Ini bisa membantu pesan yang ingin disampaikan dalam dokumen lebih mudah dipahami.

Kontra

  • Mengurangi kualitas gambar
  • Beberapa cara menghilangkan background di Word bisa menyebabkan gambar menjadi pecah atau buram. Hal ini tentu saja akan mengurangi kualitas gambar dan membuat tampilan dokumen menjadi kurang menarik.

  • Menghabiskan waktu
  • Beberapa cara yang tersedia untuk menghilangkan background di Word memerlukan waktu dan kesabaran yang cukup. Jika Anda sedang terburu-buru atau memiliki deadline yang ketat, menggunakan cara ini mungkin tidak efektif.

Dalam menghilangkan background pada dokumen Word, setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum memutuskan untuk menghilangkan background pada gambar, pastikan bahwa cara yang digunakan aman dan tidak merusak kualitas gambar.

Salam pembaca setia, kami berharap artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara menghilangkan background di Word. Sebagai seorang jurnalis, kami menyadari bahwa kebutuhan akan penulisan dokumen yang rapi dan profesional sangatlah penting. Oleh karena itu, kami berusaha memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami.

Pada artikel ini, kami telah membahas dua metode yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan background pada dokumen Word. Pertama, menggunakan fitur Remove Background yang sudah tersedia di program Microsoft Word. Metode ini sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan keterampilan khusus. Kedua, dengan menggunakan aplikasi pengedit gambar seperti Adobe Photoshop atau GIMP. Metode ini lebih kompleks, namun memberikan hasil yang lebih akurat dan sesuai dengan keinginan Anda.

Terakhir, kami ingin menekankan pentingnya menjaga profesionalisme dalam penulisan dokumen. Dengan menghilangkan background yang tidak diperlukan, dokumen Anda akan terlihat lebih rapi dan mudah dibaca. Kami harap informasi yang kami bagikan dapat membantu Anda dalam membuat dokumen yang lebih baik dan meningkatkan kualitas pekerjaan Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Pertanyaan yang Sering Diajukan: Cara Menghilangkan Background Di Word

  1. Apa itu background di Word dan mengapa perlu dihilangkan?

    Background di Word adalah gambar atau warna latar belakang yang ditempatkan di halaman dokumen. Kadang-kadang, background ini dapat mengganggu atau mengaburkan konten teks atau gambar yang ingin ditampilkan pada dokumen tersebut.

  2. Bagaimana cara menghilangkan background di Word?

    Untuk menghilangkan background di Word, ikuti langkah-langkah berikut:

    • Pilih tab Design pada menu ribbon di bagian atas jendela dokumen.
    • Klik Page Color pada bagian kanan menu ribbon.
    • Pilih opsi No Color di bagian bawah daftar warna yang tersedia.
  3. Apakah ada cara lain untuk menghilangkan background di Word?

    Ya, selain menggunakan opsi No Color pada tab Design, pengguna juga dapat menghapus gambar atau objek latar belakang secara manual dengan mengklik dan menekan tombol Delete pada keyboard.

  4. Bisakah background di Word diubah menjadi gambar atau warna lain?

    Ya, pengguna dapat memilih gambar atau warna latar belakang yang berbeda dengan mengklik opsi Page Color pada tab Design dan memilih warna atau gambar dari daftar yang tersedia. Pengguna juga dapat menambahkan gambar atau objek latar belakang kustom dengan memilih opsi Fill Effects pada bagian bawah menu Page Color.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat dengan mudah menghilangkan atau mengubah background di Word sesuai kebutuhan mereka.