Info Sekolah
Sunday, 21 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Praktis Membuat Abstrak Artikel Yang Menarik dan Efektif!

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Membuat Abstrak Artikel

Cara membuat abstrak artikel: jelaskan tujuan, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan dalam 150-250 kata. Gunakan struktur yang jelas dan singkat.

Cara membuat abstrak artikel merupakan hal yang sangat penting bagi para penulis. Abstrak adalah ringkasan singkat dari keseluruhan isi artikel yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pembaca mengenai apa yang akan dibahas dalam artikel tersebut. Oleh karena itu, abstrak haruslah ditulis dengan baik dan jelas agar dapat menarik perhatian pembaca dan membuat mereka tertarik untuk membaca seluruh artikel. Untuk memudahkan dalam membuat abstrak artikel, ada beberapa tips yang bisa diikuti.

Pendahuluan

Abstrak
Abstrak adalah ringkasan singkat dari sebuah artikel ilmiah yang berisi tentang tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan suatu penelitian. Abstrak menjadi bagian penting dalam suatu artikel karena menjadi pintu gerbang bagi pembaca untuk mengetahui isi dari artikel tersebut. Dalam artikel ini akan dijelaskan cara membuat abstrak yang baik dan benar.

Langkah-langkah Membuat Abstrak

1. Tentukan Panjang Abstrak

Panjang
Sebelum memulai membuat abstrak, tentukan dulu panjang abstrak yang sesuai dengan jurnal atau konferensi yang akan dipublikasikan. Biasanya, panjang abstrak berkisar antara 150-250 kata. Namun, pastikan untuk mengecek ketentuan panjang abstrak pada jurnal atau konferensi yang dituju.

2. Pilih Bahasa yang Tepat

Bahasa
Pilih bahasa yang tepat dan mudah dipahami oleh pembaca. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu teknis atau bahasa yang sulit dipahami.

3. Tulis Tujuan Penelitian

Tujuan
Tuliskan tujuan dari penelitian yang akan disajikan pada abstrak. Tujuan ini harus jelas dan spesifik sehingga pembaca dapat memahami apa yang ingin dicapai dalam penelitian tersebut.

4. Jelaskan Metode Penelitian

Metode
Jelaskan metode penelitian yang digunakan dengan singkat dan jelas. Metode penelitian harus relevan dengan tujuan penelitian dan dapat menjawab pertanyaan penelitian secara lengkap.

5. Sajikan Hasil Penelitian

Hasil
Sajikan hasil penelitian secara singkat dan jelas. Hasil penelitian harus sesuai dengan tujuan penelitian dan dapat menjawab pertanyaan penelitian secara lengkap.

6. Berikan Kesimpulan

Kesimpulan
Berikan kesimpulan dari hasil penelitian yang disajikan pada abstrak. Kesimpulan harus menjawab tujuan penelitian dan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan.

7. Gunakan Bahasa Aktif

Bahasa
Gunakan bahasa aktif dalam penulisan abstrak. Hindari penggunaan bahasa pasif karena akan membuat abstrak terlihat kurang menarik.

8. Hindari Pengulangan Kata-kata

Pengulangan
Hindari pengulangan kata-kata yang tidak perlu dalam penulisan abstrak. Ciptakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas agar abstrak terlihat lebih profesional.

9. Periksa Tatabahasa dan Ejaan

Tatabahasa
Periksa tatabahasa dan ejaan pada abstrak sebelum dipublikasikan. Pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan abstrak sehingga dapat memperlihatkan kualitas penelitian yang baik.

10. Beri Judul Abstrak

Judul
Beri judul pada abstrak yang mencerminkan isi dari penelitian. Judul harus singkat, jelas, dan menarik sehingga dapat menarik minat pembaca untuk membaca artikel secara keseluruhan.

Kesimpulan

Kesimpulan
Membuat abstrak yang baik dan benar adalah hal yang penting dalam penulisan artikel ilmiah. Dalam membuat abstrak, terdapat beberapa langkah yang perlu diperhatikan seperti menentukan panjang abstrak, memilih bahasa yang tepat, dan menyajikan hasil penelitian secara singkat dan jelas. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, diharapkan abstrak yang dihasilkan akan menjadi ringkasan singkat yang berkualitas dan dapat menarik minat pembaca untuk membaca artikel secara keseluruhan.

Pengertian Abstrak Artikel

Abstrak artikel merupakan sebuah ringkasan singkat yang memberikan gambaran pada pembaca untuk memahami isi keseluruhan artikel. Biasanya abstrak artikel ditempatkan di depan artikel dan berisi tentang tujuan penulisan, metode penelitian singkat, hasil penelitian serta alasannya.

Tentukan Panjang Abstrak Artikel

Menentukan panjang abstrak artikel harus disesuaikan dengan standar jurnal atau media publikasi yang menjadi sasarannya. Ada beberapa jurnal yang hanya memperbolehkan abstrak tidak lebih dari 150 kata, namun ada juga yang memperbolehkan hingga 500 kata.

Pilih Frase atau Kata Perkataan Tepat

Pilihlah kata-kata sesuai dengan tema besar yang ada pada artikel kamu, lebih baik gunakan cara singkat dan padat. Hindari menggunakan pernyataan general dan opini pribadi.

Jangan Gunakan Kalimat Reflektif Pada Abstrak Artikel

Hindari kalimat atau frasa yang reflektif pada abstrak artikel. Pada umumnya abstrak artikel disusun pada bentuk orang ketiga.

Jangan Menambahkan Informasi Tambahan

Abstrak artikel bertujuan memberikan gambaran singkat tentang isi artikel, maka dari itu jangan tambahkan informasi tambahan jika belum tercantum pada isi artikel.

Mencantumkan Hasil Penelitian

Salah satu musti-haves yang ada pada abstrak artikel adalah hasil penelitian. Percantuman hasil penelitian dapat memberikan gambaran paling jelas tentang isi keseluruhan artikel.

Konten yang Harus Dimasukkan

Bila sebuah artikel berisi hasil penelitian, maka dalam abstrak artikel juga harus mencantumkan pendekatan yang digunakan, sampel yang digunakan jika ada, metode analisis serta hasil penelitian.

Memperhatikan Susunan Kata Ungkapan

Hasil penelitian harus selalu disebutkan pada susunan yang tepat. Contohnya, jika kamu menggarap sebuah usaha penelitian, maka hasil penelitian harus disebutkan tidak dalam urutan pengumpulan data melainkan pada susunan penting lainnya.

Sesuaikan Gaya Abstrak Artikel

Dalam abstrak artikel tidak harus menggunakan bahasa formal atau bahasa yang terlalu akademis. Biarkan abstrak artikel cukup singkat dan mengikuti gaya penulisan kamu.

Perbaiki Struktur Abstrak Artikel Sampai 3 Kali

Setelah abstrak artikel tercipta, baca berulang kali dan sebaiknya buat perbaikan hingga tiga kali. Hal ini dilakukan agar abstrak artikel benar-benar memuat informasi penting serta kemudian mudah dipahami oleh pembaca.

Cara Membuat Abstrak Artikel adalah langkah penting dalam menulis sebuah artikel ilmiah maupun non-ilmiah. Abstrak bisa diartikan sebagai ringkasan dari keseluruhan isi artikel yang akan dibahas. Dalam membuat abstrak, terdapat beberapa poin penting yang harus diperhatikan, antara lain:

  1. Menentukan tujuan penulisan abstrak
  2. Tujuan dari abstrak adalah memberikan gambaran singkat dan jelas tentang isi artikel yang akan dibahas. Oleh karena itu, sebelum membuat abstrak, kita harus menentukan terlebih dahulu tujuan penulisan abstrak tersebut.

  3. Menyusun kalimat pembuka yang menarik
  4. Kalimat pembuka yang menarik sangat penting untuk menarik perhatian pembaca. Kalimat pembuka bisa berupa pernyataan yang mengejutkan atau fakta menarik tentang topik yang akan dibahas.

  5. Menjelaskan metode penelitian yang digunakan
  6. Penjelasan mengenai metode penelitian yang digunakan sangat penting untuk memberikan gambaran tentang cara penulis melakukan penelitian dan analisis data dalam artikel.

  7. Menyebutkan hasil penelitian yang ditemukan
  8. Hasil penelitian yang ditemukan juga perlu disebutkan dalam abstrak. Hal ini berguna untuk memberikan gambaran tentang apa yang telah dicapai dalam penelitian tersebut.

  9. Menarik kesimpulan dari hasil penelitian
  10. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian juga perlu disebutkan dalam abstrak. Hal ini berguna untuk memberikan gambaran tentang apa yang bisa dipetik dari penelitian tersebut.

  11. Menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami
  12. Bahasa yang digunakan dalam abstrak haruslah jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan istilah-istilah teknis yang sulit dipahami oleh orang awam.

  13. Membatasi jumlah kata
  14. Abstrak sebaiknya dibatasi dalam jumlah kata yang cukup singkat, antara 150-250 kata. Hal ini agar pembaca tidak bosan dan mudah memahami isi artikel yang akan dibahas.

Dalam menggunakan cara membuat abstrak artikel, kita harus memperhatikan beberapa hal penting seperti yang telah dijelaskan di atas. Dalam menulis abstrak, kita perlu menggunakan suara penjelasan dengan nada yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, kita juga perlu menghindari penggunaan bahasa teknis yang rumit dan sulit dipahami oleh orang awam. Sebagai penulis, kita harus memastikan bahwa abstrak yang kita tulis dapat memberikan gambaran yang jelas dan ringkas tentang artikel yang akan dibahas.

Terima kasih sudah membaca artikel kami tentang cara membuat abstrak artikel. Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda untuk membuat abstrak yang baik dan efektif. Penting untuk diingat bahwa abstrak adalah bagian penting dari sebuah artikel ilmiah. Dalam abstrak, Anda harus memberikan ringkasan singkat tentang topik, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan dari artikel Anda. Abstrak juga harus mampu menarik perhatian pembaca dan membuat mereka tertarik untuk membaca seluruh artikel Anda.Agar abstrak Anda efektif, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal seperti penggunaan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, menggunakan kata kunci yang relevan, serta menyajikan fakta dan data yang akurat. Selain itu, pastikan juga untuk mengikuti aturan dan panduan yang diberikan oleh jurnal atau penerbit yang Anda ajukan artikel tersebut.Kami harap Anda dapat mempraktikkan tips dan saran yang telah kami berikan dalam artikel ini. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan rekan-rekan Anda atau bahkan dengan para ahli jika Anda memiliki kesulitan dalam membuat abstrak. Semoga sukses dalam menulis artikel ilmiah Anda!

Orang sering bertanya-tanya tentang Cara Membuat Abstrak Artikel. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

  1. Apa itu abstrak artikel?

    Jawab: Abstrak artikel adalah ringkasan singkat dari isi artikel yang disusun dengan tujuan memberikan gambaran umum tentang topik dan hasil penelitian yang dilakukan.

  2. Berapa panjang abstrak artikel yang ideal?

    Jawab: Panjang abstrak artikel yang ideal sekitar 150-250 kata. Namun, panjang abstrak juga tergantung pada kebijakan jurnal atau penerbit tempat Anda mengirimkan artikel.

  3. Apa yang harus dimasukkan dalam abstrak artikel?

    Jawab: Abstrak artikel harus mencakup latar belakang masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan. Selain itu, abstrak juga harus menonjolkan kontribusi penelitian Anda dalam bidang yang lebih luas.

  4. Bagaimana cara menulis abstrak artikel yang baik?

    Jawab: Untuk menulis abstrak artikel yang baik, pastikan Anda menjawab semua pertanyaan di atas dengan jelas dan padat. Gunakan kalimat-kalimat yang singkat dan mudah dipahami serta hindari penggunaan kata-kata yang tidak perlu. Selain itu, pastikan abstrak Anda mencerminkan isi artikel secara akurat.

  5. Apakah abstrak artikel diperlukan?

    Jawab: Ya, abstrak artikel sangat diperlukan karena menjadi inti dari artikel itu sendiri. Abstrak adalah pintu masuk bagi pembaca untuk memahami isi artikel secara ringkas dan efektif. Selain itu, abstrak juga digunakan untuk memperkenalkan artikel Anda kepada editor jurnal atau penerbit yang akan menilai apakah artikel Anda layak untuk dipublikasikan atau tidak.