Info Sekolah
Thursday, 25 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Cara Praktis Membuat Abstrak Jurnal yang Menarik dan Berkualitas Tinggi

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Membuat Abstrak Jurnal

Cara membuat abstrak jurnal: jelaskan tujuan, metode, hasil dan kesimpulan penelitian dalam 150-250 kata. Gunakan bahasa yang mudah dipahami.

Cara membuat abstrak jurnal merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam penulisan sebuah jurnal. Abstrak jurnal dapat menjadi bagian yang paling dibaca oleh orang lain sebelum membaca keseluruhan jurnal. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk membuat abstrak yang baik dan menarik perhatian pembaca. Pertama-tama, sebelum memulai menulis abstrak, kita harus memahami apa yang dimaksud dengan abstrak itu sendiri. Selain itu, kita juga harus memperhatikan beberapa hal penting seperti tujuan penulisan, metodologi yang digunakan, hasil penelitian, dan kesimpulan dari penelitian tersebut. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan cara membuat abstrak jurnal yang baik dan benar. Yuk, simak selengkapnya!

Pendahuluan

Abstrak jurnal menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah publikasi ilmiah. Dalam abstrak jurnal, penulis harus bisa menjelaskan secara ringkas isi dari jurnal yang dibuat. Abstrak jurnal juga menjadi kunci untuk menarik perhatian pembaca agar tertarik untuk membaca lebih lanjut tentang hasil penelitian yang telah dilakukan. Oleh karena itu, penting bagi penulis untuk mengetahui cara membuat abstrak jurnal dengan baik dan benar.

academic

Langkah Pertama: Membaca Jurnal Secara Keseluruhan

Sebelum membuat abstrak jurnal, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membaca jurnal secara keseluruhan. Hal ini bertujuan agar penulis dapat memahami secara mendalam tentang isi jurnal tersebut. Selain itu, dengan membaca jurnal secara keseluruhan, penulis juga dapat menentukan bagian mana yang akan dijadikan fokus utama dalam abstrak jurnal.

academic

Langkah Kedua: Menentukan Fokus Utama

Setelah membaca jurnal secara keseluruhan, langkah selanjutnya adalah menentukan fokus utama dari jurnal tersebut. Fokus utama ini harus dijadikan sebagai poin penting dalam abstrak jurnal. Penulis harus dapat menjelaskan secara singkat dan jelas tentang apa yang menjadi fokus utama dalam jurnal tersebut.

academic

Langkah Ketiga: Menyusun Struktur Abstrak Jurnal

Setelah menentukan fokus utama, langkah selanjutnya adalah menyusun struktur abstrak jurnal. Struktur abstrak jurnal terdiri dari tiga bagian, yaitu introduction, methods, dan results. Introduction berisi tentang latar belakang dari penelitian yang dilakukan, methods berisi tentang bagaimana cara penelitian dilakukan, dan results berisi tentang hasil dari penelitian yang dilakukan.

academic

Introduction

Pada bagian introduction, penulis harus mampu menjelaskan secara singkat tentang latar belakang dari penelitian yang dilakukan. Penulis juga harus dapat memberikan gambaran tentang tujuan dari penelitian tersebut.

Methods

Pada bagian methods, penulis harus mampu menjelaskan secara singkat tentang metode yang digunakan dalam penelitian. Penulis juga harus dapat memberikan gambaran tentang bagaimana cara penelitian dilakukan.

Results

Pada bagian results, penulis harus mampu menjelaskan secara singkat tentang hasil dari penelitian yang telah dilakukan. Penulis juga harus dapat memberikan gambaran tentang kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian tersebut.

Langkah Keempat: Menulis Abstrak Jurnal

Setelah menyusun struktur abstrak jurnal, langkah selanjutnya adalah menulis abstrak jurnal. Dalam menulis abstrak jurnal, penulis harus mampu menjelaskan secara singkat dan jelas tentang isi dari jurnal tersebut. Abstrak jurnal harus mencakup ketiga bagian yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu introduction, methods, dan results.

academic

Langkah Kelima: Mengecek Kembali Abstrak Jurnal

Setelah menulis abstrak jurnal, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengecek kembali abstrak jurnal yang telah dibuat. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa abstrak jurnal yang dibuat sudah sesuai dengan struktur dan fokus utama dari jurnal yang telah ditentukan.

academic

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat abstrak jurnal yang baik dan benar. Dalam membuat abstrak jurnal, penulis harus mampu menjelaskan secara singkat dan jelas tentang isi dari jurnal yang dibuat. Abstrak jurnal juga harus mencakup ketiga bagian penting, yaitu introduction, methods, dan results. Selain itu, penulis juga harus mengecek kembali abstrak jurnal yang telah dibuat untuk memastikan bahwa abstrak jurnal tersebut sudah sesuai dengan struktur dan fokus utama dari jurnal yang telah ditentukan.

Cara Membuat Abstrak Jurnal

Pendahuluan

Sebelum memulai cara membuat abstrak jurnal, penting untuk memahami terlebih dahulu apa itu abstrak dan fungsi dari abstrak dalam jurnal. Abstrak adalah ringkasan singkat dari sebuah artikel jurnal yang memberikan gambaran tentang topik, tujuan penelitian, metode, hasil, dan kesimpulan utama penelitian. Fungsi abstrak sendiri adalah untuk memberikan informasi penting pada pembaca tentang isi jurnal agar pembaca dapat memutuskan apakah ingin membaca seluruh artikel tersebut.

Langkah-langkah Cara Membuat Abstrak Jurnal

1. Teliti Konten Jurnal

Langkah pertama dalam membuat sebuah abstrak adalah dengan memeriksa konten jurnal yang ingin dijadikan acuan. Bacalah jurnal tersebut secara keseluruhan untuk mengidentifikasi topik penelitian, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan utama.

2. Fokus pada Idea Utama

Setelah memahami konten jurnal, fokuskan perhatian pada ide utama penelitian dan temukan argumen yang mendukung ide tersebut. Hal ini akan membantu Anda menentukan poin-poin penting yang harus disertakan dalam abstrak.

3. Hindari Informasi Mendasar

Dalam membuat abstrak, hindari menyertakan informasi mendasar yang seharusnya sudah umum diketahui oleh pembaca. Fokuslah pada hal-hal baru dan signifikan yang ditemukan dalam penelitian.

4. Buat Ringkasan

Setelah menemukan ide utama dan argumen, buat sebuah ringkasan singkat yang menyoroti hal-hal paling penting dari jurnal tersebut. Abstrak hanya berisi sekitar 150-250 kata, jadi pastikan semua informasi penting disampaikan.

5. Sebutkan Tujuan Penelitian

Dalam abstrak, sebutkan tujuan penelitian secara singkat dan jelas. Tujuan tersebut harus menjadi fokus utama penelitian dan menjadi alasan mengapa penelitian tersebut penting untuk dilakukan.

6. Rumuskan Metode Penelitian

Selain tujuan penelitian, abstrak juga harus memberikan informasi mengenai metode penelitian yang digunakan. Jelaskan dengan singkat dan jelas tentang bagaimana penelitian dilakukan.

7. Sertakan Hasil Penelitian

Setiap jurnal pasti memiliki hasil penelitian yang didapatkan setelah melakukan penelitian. Oleh karena itu, sertakan hasil penelitian secara singkat dan jelas dalam abstrak.

8. Kesimpulan Utama

Abstrak juga harus menyertakan kesimpulan utama dari penelitian yang dilakukan. Identifikasi hasil penelitian dan jelaskan kontribusi yang diberikan oleh penelitian tersebut.

9. Periksa Kembali dan Koreksi

Setelah membuat abstrak, pastikan untuk memeriksanya kembali dan melakukan koreksi jika ditemukan kesalahan. Pastikan abstrak singkat dan jelas agar pembaca dapat memahami inti dari penelitian yang dilakukan.Dengan mengikuti langkah-langkah cara membuat abstrak jurnal di atas, Anda dapat membuat abstrak yang singkat, jelas, dan informatif. Ingatlah untuk memeriksa kembali abstrak sebelum diserahkan agar tidak ada kesalahan yang terjadi. Semoga bermanfaat!

Abstrak jurnal adalah ringkasan singkat dari keseluruhan isi sebuah jurnal. Abstrak ini sangat penting karena dapat memberikan gambaran umum tentang jurnal tersebut. Namun, membuat abstrak jurnal tidaklah mudah. Berikut adalah cara membuat abstrak jurnal:

  1. Baca seluruh isi jurnal dengan seksama
  2. Membaca seluruh isi jurnal dengan seksama adalah langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat abstrak jurnal. Hal ini bertujuan agar kita dapat memahami secara keseluruhan isi jurnal tersebut dan dapat merangkumnya secara tepat.

  3. Identifikasi tujuan penelitian
  4. Selanjutnya, identifikasi tujuan penelitian yang diungkapkan dalam jurnal tersebut. Dengan mengetahui tujuan penelitian, kita dapat mengekstrak informasi yang relevan untuk dimasukkan ke dalam abstrak.

  5. Pilih kalimat-kalimat kunci
  6. Pilih kalimat-kalimat kunci yang merupakan inti dari keseluruhan isi jurnal. Kalimat-kalimat ini harus mencakup tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan penelitian.

  7. Rangkum kalimat-kalimat kunci tersebut
  8. Rangkum kalimat-kalimat kunci tersebut menjadi satu paragraf yang singkat dan padat. Paragraf ini merupakan abstrak jurnal yang akan dipresentasikan pada pembaca.

Dalam membuat abstrak jurnal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas dan keefektifan abstrak tersebut:

  • Pilih kata-kata yang tepat dan mudah dipahami
  • Abstrak harus ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan kata-kata yang ambigu atau sulit dipahami.

  • Jangan menambahkan informasi baru
  • Abstrak harus merangkum isi jurnal yang sudah ada. Jangan menambahkan informasi baru yang tidak terdapat dalam jurnal tersebut.

  • Gunakan bahasa formal
  • Bahasa yang digunakan dalam abstrak harus formal dan sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membuat abstrak jurnal yang efektif dan berkualitas. Abstrak jurnal yang baik akan membantu pembaca memahami isi jurnal secara singkat namun komprehensif.

Terima kasih telah membaca artikel ini tentang cara membuat abstrak jurnal. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam merangkum jurnal yang Anda baca. Sebagai penutup, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ingat saat membuat abstrak:

Pertama, pastikan untuk mengidentifikasi tujuan utama jurnal tersebut. Apa yang ingin dicapai oleh penulis dengan melakukan penelitian ini? Selanjutnya, jelaskan metodologi yang digunakan dalam penelitian tersebut. Bagaimana penulis mengumpulkan data dan menganalisisnya? Terakhir, sampaikan hasil penelitian dan kesimpulan yang ditarik oleh penulis.

Dalam membuat abstrak, pastikan untuk menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan jelas. Hindari penggunaan bahasa teknis yang sulit dipahami oleh pembaca awam. Selain itu, pastikan abstrak Anda memiliki struktur yang jelas dan mudah diikuti. Penggunaan kalimat pendek dan padat juga dapat memudahkan pembaca dalam memahami isi abstrak.

Sekali lagi, terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga Anda dapat membuat abstrak jurnal yang baik dan efektif. Jangan ragu untuk memberikan komentar atau pertanyaan di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya!

People also ask tentang Cara Membuat Abstrak Jurnal:

  1. Apa itu abstrak jurnal?
  2. Abstrak jurnal adalah ringkasan singkat dari isi jurnal yang akan memberikan gambaran umum atau informasi penting mengenai penelitian yang telah dilakukan.

  3. Mengapa kita harus membuat abstrak jurnal?
  4. Abstrak jurnal sangat penting karena dapat membantu pembaca untuk memahami tujuan, hasil dan kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan. Selain itu, abstrak jurnal juga digunakan sebagai referensi bagi para peneliti untuk menentukan apakah jurnal tersebut relevan dengan topik penelitian mereka.

  5. Bagaimana cara membuat abstrak jurnal yang baik?
    • Tuliskan tujuan penelitian secara jelas dan singkat
    • Sertakan informasi mengenai metode yang digunakan dalam penelitian
    • Sebutkan hasil penelitian yang paling signifikan
    • Berikan kesimpulan yang jelas dan ringkas
    • Pastikan abstrak jurnal Anda tidak terlalu panjang dan sulit dimengerti
  6. Berapa kata yang diperbolehkan untuk abstrak jurnal?
  7. Umumnya, abstrak jurnal dibatasi hanya 150 – 250 kata saja. Namun, terkadang ada juga jurnal yang memperbolehkan abstrak hingga 500 kata.

  8. Apa yang harus dihindari saat membuat abstrak jurnal?
    • Hindari menggunakan bahasa yang terlalu teknis atau sulit dimengerti
    • Jangan menambahkan informasi yang tidak relevan dengan penelitian
    • Hindari melebih-lebihkan hasil penelitian
    • Jangan membuat abstrak jurnal terlalu panjang atau terlalu singkat