Info Sekolah
Monday, 26 Feb 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Panduan Praktis: Cara Menggunakan Tcpdf Di Codeigniter untuk Membuat Dokumen PDF

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara Menggunakan Tcpdf Di Codeigniter

Cara Menggunakan Tcpdf Di Codeigniter: Pelajari langkah-langkah mudah untuk menghasilkan dokumen PDF yang dapat disesuaikan dengan menggunakan Tcpdf di Codeigniter.

Cara menggunakan TCPDF di CodeIgniter memang bisa menjadi tantangan sendiri bagi sebagian pengguna. Namun, dengan beberapa langkah dan tips yang tepat, kamu bisa dengan mudah menghasilkan dokumen PDF yang profesional dan menarik menggunakan TCPDF di CodeIgniter. Pertama-tama, pastikan kamu sudah menginstal TCPDF pada proyek CodeIgniter-mu dan mengaktifkan library-nya pada file config/autoload.php.

Selanjutnya, kamu bisa membuat fungsi khusus pada controller-mu untuk mengatur tampilan dan isi dari dokumen PDF yang ingin kamu buat. Pastikan juga kamu telah mempelajari sintaks dan fungsi dasar dari TCPDF agar lebih mudah untuk menggunakannya dalam proyekmu.

Setelah itu, kamu bisa mulai mengatur layout dokumen PDF-mu dengan menambahkan elemen-elemen seperti header, footer, gambar, tabel, dan lain-lain. Pastikan juga kamu memperhatikan detail-detail kecil seperti jenis font, ukuran teks, dan warna yang akan digunakan agar dokumenmu terlihat lebih profesional dan menarik.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan mempelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan TCPDF di CodeIgniter, kamu akan dapat dengan mudah menghasilkan dokumen PDF yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan ragu untuk mencoba dan eksperimen dengan berbagai fitur dan fungsi yang tersedia pada TCPDF untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan memuaskan!

Memahami TCPDF

TCPDF adalah sebuah perpustakaan PHP yang digunakan untuk membuat dokumen PDF. Ini adalah pilihan yang bagus untuk para pengembang web karena TCPDF memiliki banyak fitur dan mudah digunakan. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang cara menggunakan TCPDF di CodeIgniter.

TCPDF

Instalasi TCPDF

Pertama-tama, kita harus mengunduh TCPDF. Anda dapat mengunduhnya dari situs resminya atau melalui Composer. Setelah selesai diunduh, ekstrak file ZIP dan letakkan di folder libraries di proyek CodeIgniter Anda.

Download

Menyiapkan Class TCPDF

Pada langkah selanjutnya, kita perlu menyiapkan class TCPDF. Caranya adalah dengan membuat file baru di direktori libraries dan menyimpannya sebagai Pdf.php. Kemudian, buatlah class dengan nama yang sama dan extends ke TCPDF.

“`Menggunakan Class TCPDF

Sekarang kita telah menyiapkan class TCPDF, langkah selanjutnya adalah menggunakan class tersebut. Pertama-tama, load library TCPDF pada controller yang ingin digunakan.

“`$this->load->library(‘pdf’);“`

Menyiapkan PDF

Setelah library di-load, kita perlu menyiapkan PDF sebelum membuat konten. Kita dapat melakukan ini dengan mengatur beberapa properti seperti ukuran halaman, margin, font, dll.

“`$pdf = new Pdf();$pdf->SetCreator(PDF_CREATOR);$pdf->SetAuthor(‘Your Name’);$pdf->SetTitle(‘Document Title’);$pdf->SetSubject(‘Document Subject’);$pdf->SetKeywords(‘TCPDF, PDF, example, test, guide’);$pdf->SetMargins(10, 10, 10);$pdf->SetHeaderMargin(PDF_MARGIN_HEADER);$pdf->SetFooterMargin(PDF_MARGIN_FOOTER);$pdf->SetAutoPageBreak(TRUE, PDF_MARGIN_BOTTOM);$pdf->SetFont(‘helvetica’, ”, 12);$pdf->AddPage();“`

Menambahkan Konten

Sekarang kita siap untuk menambahkan konten ke PDF. Ada banyak metode yang tersedia untuk menambahkan konten seperti teks, gambar, tabel, dll. Di bawah ini adalah contoh cara menambahkan teks:

“`$pdf->Write(0, ‘Hello World’, ”, 0, ‘C’, true, 0, false, false, 0);“`

Menyimpan PDF

Setelah selesai menambahkan konten, kita harus menyimpan PDF sehingga dapat diunduh atau dicetak oleh pengguna. Caranya adalah dengan menggunakan metode Output() dan header () untuk menentukan jenis file.

“`$pdf->Output(‘example.pdf’, ‘D’);“`

Contoh Penggunaan TCPDF di CodeIgniter

Berikut adalah contoh penggunaan TCPDF di CodeIgniter untuk membuat laporan PDF. Kita akan membuat laporan sederhana yang berisi judul, daftar item, dan total:

“`public function generate_pdf() { $this->load->library(‘pdf’); $pdf = new Pdf(); $pdf->SetCreator(PDF_CREATOR); $pdf->SetAuthor(‘Your Name’); $pdf->SetTitle(‘Invoice’); $pdf->SetSubject(‘Invoice’); $pdf->SetMargins(10, 10, 10); $pdf->SetHeaderMargin(PDF_MARGIN_HEADER); $pdf->SetFooterMargin(PDF_MARGIN_FOOTER); $pdf->SetAutoPageBreak(TRUE, PDF_MARGIN_BOTTOM); $pdf->SetFont(‘helvetica’, ”, 12); $pdf->AddPage(); // Add title $pdf->Write(0, ‘Invoice’, ”, 0, ‘C’, true, 0, false, false, 0); // Add items $pdf->SetFont(‘helvetica’, ”, 10); $pdf->Ln(10); $pdf->Cell(50, 8, ‘Item 1’, 1, 0, ‘L’); $pdf->Cell(20, 8, ‘Qty’, 1, 0, ‘L’); $pdf->Cell(30, 8, ‘$Price’, 1, 0, ‘L’); $pdf->Ln(); $pdf->Cell(50, 8, ‘Item 2’, 1, 0, ‘L’); $pdf->Cell(20, 8, ‘Qty’, 1, 0, ‘L’); $pdf->Cell(30, 8, ‘$Price’, 1, 0, ‘L’); $pdf->Ln(); $pdf->Cell(50, 8, ‘Item 3’, 1, 0, ‘L’); $pdf->Cell(20, 8, ‘Qty’, 1, 0, ‘L’); $pdf->Cell(30, 8, ‘$Price’, 1, 0, ‘L’); $pdf->Ln(); // Add total $pdf->SetFont(‘helvetica’, ‘B’, 10); $pdf->Cell(100, 8, ‘Total’, 1, 0, ‘R’); $pdf->Cell(30, 8, ‘$Total’, 1, 0, ‘L’); $pdf->Output(‘invoice.pdf’, ‘D’);}“`

Contoh

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah mempelajari cara menggunakan TCPDF untuk membuat dokumen PDF di CodeIgniter. Dengan TCPDF, kita dapat membuat laporan atau dokumen PDF dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menggunakan TCPDF di proyek CodeIgniter Anda.

PendahuluanTCPDF adalah salah satu library yang sangat berguna untuk menghasilkan file PDF. Sedangkan Codeigniter merupakan salah satu framework PHP yang banyak digunakan oleh para developer. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan TCPDF di Codeigniter. Instalasi TCPDFPertama-tama, kita perlu mengunduh TCPDF dari situs resmi. Setelah itu, buka folder application/third_party di Codeigniter dan copy folder tcpdf ke dalamnya. Dengan cara ini, TCPDF akan tersedia dan siap digunakan di dalam aplikasi kita.Pemanfaatan TCPDFUntuk memanfaatkan TCPDF, kita perlu membuat sebuah class yang akan digunakan untuk membuat objek TCPDF dan mengatur properti seperti ukuran kertas, margin, dan sebagainya. Class ini juga akan digunakan untuk menambahkan konten ke dalam halaman PDF.Konfigurasi TCPDFPada class yang telah dibuat, kita perlu mengatur nilai-nilai properti seperti ukuran kertas, orientasi kertas, margin, dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tampilan PDF yang dihasilkan sesuai dengan keinginan kita.Membuat Konten PDFSetelah TCPDF terkonfigurasi, kita dapat membuat konten PDF dengan menambahkan konten menggunakan metode seperti SetFont(), Cell(), dan Write(). Metode SetFont() digunakan untuk mengatur jenis font, metode Cell() digunakan untuk menambahkan sel ke dalam halaman PDF, dan metode Write() digunakan untuk menambahkan teks ke dalam halaman PDF.Menghasilkan File PDFSetelah konten PDF selesai dibuat, kita dapat menyimpannya ke dalam file dengan memanggil method Output(). PDF yang dihasilkan dapat disimpan di server atau langsung didownload oleh pengguna.Menggunakan TCPDF dengan Codeigniter ViewPada Codeigniter, kita dapat memanfaatkan view untuk menghasilkan konten HTML. Kemudian, view ini dapat digunakan untuk membuat PDF dengan TCPDF. Dengan cara ini, kita dapat membuat PDF yang menarik dengan menggunakan template yang telah ada sebelumnya.Menggunakan TCPDF dengan Data dari DatabaseTCPDF juga dapat digunakan untuk menghasilkan PDF dari data yang ada di database. Kita hanya perlu mengambil data dari database dan menambahkannya ke dalam template PDF. Dengan cara ini, kita dapat membuat laporan atau dokumen lain yang berisi data dari database dengan mudah dan efisien.Custom PDF dengan PHPKita dapat menyesuaikan tampilan PDF dengan menambahkan kode PHP. Kita dapat memanfaatkan metode seperti SetTextColor(), SetFillColor(), dan Line() untuk menambahkan style ke PDF. Dengan cara ini, kita dapat membuat PDF yang sesuai dengan keinginan kita dan terlihat lebih menarik.KesimpulanTCPDF merupakan library yang sangat bermanfaat untuk menghasilkan PDF. Dalam artikel ini, kita telah membahas cara menggunakan TCPDF di Codeigniter. Dengan memanfaatkan library ini, kita dapat membuat PDF yang menarik dengan mudah dan efisien. Dalam pengembangan aplikasi, penggunaan TCPDF akan sangat membantu dalam pembuatan laporan atau dokumen-dokumen lainnya.

Berikut adalah pandangan tentang cara menggunakan TCPDF di Codeigniter:

  1. TCPDF adalah library PHP yang digunakan untuk membuat dokumen PDF. Dalam Codeigniter, kita dapat mengintegrasikan TCPDF dengan mudah.
  2. Langkah pertama adalah men-download TCPDF dan menyalinnya ke folder libraries di dalam proyek Codeigniter.
  3. Setelah itu, kita dapat membuat file controller yang berisi kode untuk membuat dokumen PDF menggunakan TCPDF.
  4. Kita dapat menentukan ukuran halaman, font, jenis kertas, dan parameter lainnya saat membuat dokumen PDF.
  5. Kita juga dapat menambahkan gambar dan tabel ke dalam dokumen PDF.
  6. Setelah semua selesai, kita dapat menyimpan dokumen PDF ke server atau mengirimkannya langsung ke pengguna melalui browser.

Berikut adalah beberapa keuntungan dan kerugian dari menggunakan TCPDF di Codeigniter:

Keuntungan:

  • TCPDF sangat cepat dan dapat membuat dokumen PDF yang kompleks dalam waktu singkat.
  • Integrasi dengan Codeigniter sangat mudah dan tidak memerlukan konfigurasi tambahan.
  • TCPDF memiliki dokumentasi yang lengkap dan banyak contoh kode yang tersedia.
  • Dokumen PDF yang dihasilkan memiliki tampilan yang konsisten di berbagai platform dan perangkat.

Kerugian:

  • Memiliki kurva belajar yang tinggi untuk pemula.
  • Memerlukan pengetahuan tentang PHP dan Codeigniter untuk menggunakannya dengan efektif.
  • Tidak selalu cocok untuk membuat dokumen PDF yang sangat kompleks atau interaktif.

Dalam kesimpulan, TCPDF adalah library PHP yang sangat berguna untuk membuat dokumen PDF di Codeigniter. Namun, pengguna harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang PHP dan Codeigniter untuk menggunakannya dengan efektif dan menghindari beberapa kerugian yang mungkin terjadi.

Selamat datang kembali para pembaca setia blog kami! Kali ini, kami akan memberikan informasi tentang Cara Menggunakan Tcpdf Di Codeigniter. Sebelumnya, apa itu TCPDF? TCPDF adalah sebuah library PHP untuk membuat dokumen PDF dengan mudah dan cepat. Dan, CodeIgniter merupakan salah satu framework PHP yang populer untuk membangun website.Pertama-tama, pastikan bahwa Anda sudah menginstal CodeIgniter dan TCPDF pada server Anda. Kemudian, buatlah folder baru di dalam folder libraries pada project CodeIgniter Anda. Setelah itu, salin file TCPDF yang sudah Anda download ke dalam folder tersebut. Selanjutnya, buatlah file baru pada folder application/libraries/ dengan nama Pdf.php. Di dalam file Pdf.php, tulis kode berikut ini untuk mengatur header dan footer pada file PDF:“`php// load library$this->load->library(‘tcpdf’);// create new PDF document$pdf = new TCPDF(PDF_PAGE_ORIENTATION, PDF_UNIT, PDF_PAGE_FORMAT, true, ‘UTF-8’, false);// set document information$pdf->SetCreator(PDF_CREATOR);$pdf->SetAuthor(‘Your Name’);$pdf->SetTitle(‘Document Title’);$pdf->SetSubject(‘Document Subject’);$pdf->SetKeywords(‘keywords, separated, by, commas’);// set default header data$pdf->SetHeaderData(PDF_HEADER_LOGO, PDF_HEADER_LOGO_WIDTH, PDF_HEADER_TITLE.’ 001′, PDF_HEADER_STRING);// set default footer data$pdf->setFooterData(array(0,64,0), array(0,64,128));// set header and footer fonts$pdf->setHeaderFont(Array(PDF_FONT_NAME_MAIN, ”, PDF_FONT_SIZE_MAIN));$pdf->setFooterFont(Array(PDF_FONT_NAME_DATA, ”, PDF_FONT_SIZE_DATA));// set default monospaced font$pdf->SetDefaultMonospacedFont(PDF_FONT_MONOSPACED);// set margins$pdf->SetMargins(PDF_MARGIN_LEFT, PDF_MARGIN_TOP, PDF_MARGIN_RIGHT);$pdf->SetHeaderMargin(PDF_MARGIN_HEADER);$pdf->SetFooterMargin(PDF_MARGIN_FOOTER);// set auto page breaks$pdf->SetAutoPageBreak(TRUE, PDF_MARGIN_BOTTOM);// set image scale factor$pdf->setImageScale(PDF_IMAGE_SCALE_RATIO);// set some language-dependent strings (optional)if (@file_exists(dirname(__FILE__).’/lang/eng.php’)) { require_once(dirname(__FILE__).’/lang/eng.php’); $pdf->setLanguageArray($l);}// ———————————————————// add a page$pdf->AddPage();// write HTML$pdf->writeHTML($html, true, false, true, false, ”);// ———————————————————// close and output PDF document$pdf->Output(‘example_001.pdf’, ‘I’);“`Kemudian, di dalam controller yang ingin menghasilkan file PDF, panggil library Tcpdf dan Pdf yang sudah dibuat tadi dengan cara sebagai berikut:“`php// load library$this->load->library(‘tcpdf’);$this->load->library(‘Pdf’);// create new PDF document$pdf = new TCPDF(PDF_PAGE_ORIENTATION, PDF_UNIT, PDF_PAGE_FORMAT, true, ‘UTF-8’, false);// set document information$pdf->SetCreator(PDF_CREATOR);$pdf->SetAuthor(‘Your Name’);$pdf->SetTitle(‘Document Title’);$pdf->SetSubject(‘Document Subject’);$pdf->SetKeywords(‘keywords, separated, by, commas’);// set default header data$pdf->SetHeaderData(PDF_HEADER_LOGO, PDF_HEADER_LOGO_WIDTH, PDF_HEADER_TITLE.’ 001′, PDF_HEADER_STRING);// set default footer data$pdf->setFooterData(array(0,64,0), array(0,64,128));// set header and footer fonts$pdf->setHeaderFont(Array(PDF_FONT_NAME_MAIN, ”, PDF_FONT_SIZE_MAIN));$pdf->setFooterFont(Array(PDF_FONT_NAME_DATA, ”, PDF_FONT_SIZE_DATA));// set default monospaced font$pdf->SetDefaultMonospacedFont(PDF_FONT_MONOSPACED);// set margins$pdf->SetMargins(PDF_MARGIN_LEFT, PDF_MARGIN_TOP, PDF_MARGIN_RIGHT);$pdf->SetHeaderMargin(PDF_MARGIN_HEADER);$pdf->SetFooterMargin(PDF_MARGIN_FOOTER);// set auto page breaks$pdf->SetAutoPageBreak(TRUE, PDF_MARGIN_BOTTOM);// set image scale factor$pdf->setImageScale(PDF_IMAGE_SCALE_RATIO);// set some language-dependent strings (optional)if (@file_exists(dirname(__FILE__).’/lang/eng.php’)) { require_once(dirname(__FILE__).’/lang/eng.php’); $pdf->setLanguageArray($l);}// ———————————————————// add a page$pdf->AddPage();// write HTML$pdf->writeHTML($html, true, false, true, false, ”);// ———————————————————// close and output PDF document$pdf->Output(‘example_001.pdf’, ‘I’);“`Demikianlah, artikel tentang Cara Menggunakan Tcpdf Di Codeigniter ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat file PDF secara mudah dan cepat. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi ini. Terima kasih telah membaca, sampai jumpa pada artikel selanjutnya!1. Apa itu TCPDF dan bagaimana cara menggunakannya di Codeigniter?Sebagai library PHP yang digunakan untuk membuat dokumen PDF, TCPDF dapat digunakan di dalam framework Codeigniter. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mengunduh library TCPDF terlebih dahulu dari website resminya kemudian menaruhnya di dalam folder third_party di dalam folder aplikasi Codeigniter.2. Bagaimana cara membuat file PDF menggunakan TCPDF di Codeigniter?Untuk membuat file PDF menggunakan TCPDF di Codeigniter, pertama-tama kita harus membuat sebuah class controller yang akan membentuk halaman PDF. Kemudian, kita dapat menambahkan fungsi-fungsi seperti Header(), Footer(), dan AddPage() untuk memformat dokumen. Selanjutnya, kita bisa menambahkan elemen-elemen seperti teks, gambar, dan tabel pada halaman PDF tersebut. Setelah selesai, kita dapat menyimpan file PDF tersebut dengan menggunakan fungsi Output().3. Apakah TCPDF gratis untuk digunakan?Ya, TCPDF adalah library open source yang dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja. Namun, jika Anda berniat untuk menggunakan TCPDF secara komersial, disarankan untuk memberikan donasi kepada pengembang sebagai bentuk dukungan dan apresiasi.4. Apakah TCPDF memiliki fitur-fitur yang lengkap untuk membuat dokumen PDF?Ya, TCPDF memiliki fitur-fitur lengkap seperti kemampuan untuk menambahkan teks, gambar, tabel, dan grafik ke dalam dokumen PDF. Selain itu, TCPDF juga mendukung berbagai macam format font dan encoding karakter serta menyediakan fitur keamanan seperti enkripsi dan digital signature.5. Apakah TCPDF mudah digunakan oleh pemula?Meskipun TCPDF memiliki fitur-fitur lengkap, namun penggunaannya cukup mudah untuk dipelajari oleh pemula sekalipun. Dokumentasi resmi yang disediakan juga cukup jelas dan lengkap sehingga dapat membantu pengguna dalam mengembangkan aplikasi yang menggunakan TCPDF.