Info Sekolah
Thursday, 25 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Panduan Praktis: Langkah Mudah Membuat NPWP Online Melalui Handphone (HP) pada 2023

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
Cara membuat Npwp online lewat hp 2023

Cara membuat NPWP online lewat HP pada tahun 2023, semakin mudah dan praktis. Ikuti langkah-langkahnya untuk mendapatkan NPWP dengan cepat!

Apakah Anda ingin tahu bagaimana cara membuat NPWP online lewat HP pada tahun 2023? Jika iya, Anda telah datang ke tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana Anda dapat mengajukan dan mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dengan mudah dan praktis melalui ponsel pintar Anda. Tidak perlu repot-repot pergi ke kantor pajak atau mengisi berkas-berkas yang rumit, karena sekarang proses pembuatan NPWP dapat dilakukan secara online dengan beberapa langkah sederhana. Yuk, simak penjelasan berikut untuk mengetahui caranya!

Cara

Pendahuluan

Pada era digital seperti sekarang ini, hampir semua aktivitas dapat dilakukan secara online melalui ponsel pintar. Salah satu hal yang juga bisa dilakukan secara online adalah membuat NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara membuat NPWP secara online lewat HP pada tahun 2023.

Syarat-syarat Membuat NPWP Online

Sebelum memulai proses pembuatan NPWP secara online lewat HP, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut adalah beberapa syarat yang perlu kamu persiapkan:

1. KTP

Pertama, pastikan kamu memiliki KTP yang masih berlaku. KTP ini akan digunakan sebagai identitas yang sah dalam proses pembuatan NPWP.

2. NPWP Lama (jika ada)

Jika kamu sudah memiliki NPWP sebelumnya dan ingin menggantinya dengan NPWP baru, pastikan kamu memiliki NPWP lama tersebut. NPWP lama akan digunakan sebagai referensi dalam pembuatan NPWP baru.

3. Email

Siapkan alamat email aktif yang akan digunakan untuk menerima konfirmasi dan notifikasi terkait proses pembuatan NPWP online.

Langkah-langkah Membuat NPWP Online lewat HP

1. Buka Aplikasi e-Filing

Buka

Langkah pertama adalah membuka aplikasi e-Filing yang dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Pastikan aplikasi tersebut resmi dari Direktorat Jenderal Pajak.

2. Pilih Daftar Baru

Pilih

Setelah membuka aplikasi e-Filing, pilih opsi Daftar Baru untuk memulai proses pembuatan NPWP.

3. Isi Data Diri

Isi

Selanjutnya, lengkapi semua data diri yang diminta, seperti nama, alamat, tanggal lahir, dan nomor telepon.

4. Unggah Dokumen Persyaratan

Unggah

Kemudian, unggah foto KTP dan NPWP lama (jika ada) sesuai dengan petunjuk yang diberikan pada aplikasi. Pastikan foto yang diunggah jelas dan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

5. Verifikasi Data

Verifikasi

Setelah mengisi data dan mengunggah dokumen, pastikan semua informasi yang tertera sudah benar. Lakukan verifikasi data sebelum melanjutkan proses pembuatan NPWP.

6. Tunggu Konfirmasi

Tunggu

Setelah melakukan semua langkah di atas, kamu hanya perlu menunggu konfirmasi dari Direktorat Jenderal Pajak melalui email yang telah kamu daftarkan. Konfirmasi ini akan berisi status pengajuan dan instruksi selanjutnya.

7. Aktivasi NPWP

Aktivasi

Jika pengajuan NPWP kamu disetujui, kamu akan menerima email berisi nomor NPWP baru. Gunakan nomor tersebut untuk mengaktifkan NPWP kamu melalui aplikasi e-Filing.

8. Selesai

Selesai

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, proses pembuatan NPWP secara online lewat HP telah selesai. Kamu sudah resmi memiliki NPWP yang sah dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan terkait pajak.

Kesimpulan

Dengan adanya kemudahan akses dan proses pembuatan NPWP secara online lewat HP, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah dan cepat memperoleh NPWP yang diperlukan. Penting untuk selalu memenuhi kewajiban perpajakan demi mendukung pembangunan negara.

Persiapan Awal

Sebelum memulai proses membuat NPWP online lewat HP pada tahun 2023, ada beberapa persiapan awal yang perlu dilakukan. Pastikan Anda telah mempersiapkan dokumen-dokumen penting seperti KTP, KK, dan NPWP orang tua (jika ada). Semua dokumen ini akan digunakan untuk melengkapi data Anda dalam pembuatan NPWP.

Mengunduh Aplikasi e-Filing

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasi e-Filing yang sesuai dengan sistem yang akan digunakan pada tahun 2023. Pastikan aplikasi yang Anda unduh merupakan versi terbaru dan kompatibel dengan perangkat HP Anda.

Mendaftar Akun

Setelah mengunduh aplikasi e-Filing, buka aplikasi tersebut dan lakukan pendaftaran akun dengan mengisi semua data yang diminta. Pastikan Anda mengisi data dengan benar dan sesuai dengan identitas pribadi Anda.

Mengisi Formulir Pendaftaran

Setelah berhasil membuat akun, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran NPWP secara online. Formulir ini akan meminta Anda untuk mengisi informasi pribadi seperti nama, alamat, pekerjaan, dan data keluarga.

Melengkapi Data Dokumen

Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk melengkapi data dokumen yang diperlukan untuk proses pembuatan NPWP, seperti KTP, KK, dan NPWP orang tua. Pastikan Anda mengunggah dokumen yang valid dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Verifikasi Data

Setelah semua data terisi lengkap, pastikan untuk memeriksa kembali semua data yang telah Anda masukkan sebelum melanjutkan tahap berikutnya. Anda akan diminta untuk memverifikasi data yang telah Anda isi sebelumnya.

Melakukan Pembayaran

Setelah data terverifikasi, Anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran biaya pembuatan NPWP. Pastikan untuk membaca dengan teliti petunjuk pembayaran yang diberikan dan lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tertera.

Menunggu Proses Verifikasi

Setelah pembayaran selesai, Anda hanya perlu menunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh pihak terkait. Harap bersabar karena proses ini dapat memakan waktu beberapa hari. Pastikan Anda terus memantau status akun Anda.

Mengunduh NPWP

Setelah proses verifikasi selesai, Anda akan menerima pemberitahuan bahwa NPWP Anda telah selesai dibuat. Anda dapat mengunduh NPWP tersebut melalui aplikasi e-Filing dan menyimpannya secara elektronik atau mencetaknya jika diperlukan.

Mencetak Kartu NPWP

Selain mengunduh NPWP, Anda juga dapat mencetak kartu NPWP fisik yang dapat digunakan sebagai bukti keberadaan NPWP Anda. Informasi mengenai cara mencetak kartu fisik biasanya dapat diakses melalui aplikasi e-Filing. Pastikan Anda mengikuti instruksi yang tertera untuk mendapatkan versi cetak kartu NPWP yang sah.

Cara membuat NPWP online lewat HP pada tahun 2023 adalah proses yang mudah dan efisien. Dalam cerita ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah yang dapat diikuti oleh setiap individu untuk mendapatkan NPWP secara online menggunakan ponsel pintar mereka.

Poin-poin penting tentang cara membuat NPWP online lewat HP 2023

  1. Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi NPWP terbaru yang tersedia di toko aplikasi ponsel Anda. Pastikan Anda mengunduh versi yang sesuai dengan perangkat Anda.
  2. Buka aplikasi NPWP dan ikuti petunjuk untuk membuat akun baru. Anda akan diminta untuk memasukkan informasi pribadi Anda, seperti nama lengkap, alamat, tanggal lahir, nomor telepon, dan alamat email.
  3. Setelah berhasil membuat akun, masuk ke aplikasi menggunakan detail login yang telah Anda buat.
  4. Pilih opsi Membuat NPWP Baru dan ikuti langkah-langkah selanjutnya. Anda akan ditanya tentang pekerjaan dan penghasilan Anda. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat.
  5. Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan, Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen pendukung, seperti fotokopi KTP atau paspor, dan salinan bukti alamat (seperti tagihan listrik atau air).
  6. Periksa kembali semua informasi yang telah Anda berikan sebelum mengirimkan permohonan. Pastikan tidak ada kesalahan atau kelalaian yang dapat mempengaruhi proses pengajuan Anda.
  7. Setelah Anda mengirimkan permohonan, Anda akan menerima nomor referensi. Anda dapat menggunakan nomor ini untuk melacak status aplikasi Anda secara online melalui aplikasi NPWP.
  8. Proses verifikasi dan persetujuan dari otoritas pajak dapat memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu. Pastikan Anda memeriksa aplikasi Anda secara berkala untuk pembaruan status.
  9. Jika aplikasi Anda disetujui, Anda akan menerima pemberitahuan melalui aplikasi NPWP dan email yang Anda daftarkan. NPWP Anda akan dikirimkan ke alamat yang Anda berikan dalam waktu tertentu.
  10. Segera setelah Anda menerima NPWP fisik Anda, jangan lupa untuk mengaktifkannya dengan mengunjungi kantor pajak terdekat atau melalui layanan online yang disediakan oleh otoritas pajak.

Dalam cerita ini, kami menggunakan suara dan nada yang informatif dan instruktif untuk menjelaskan langkah-langkah yang harus diikuti oleh individu untuk membuat NPWP online lewat HP pada tahun 2023. Penjelasan ini disusun dalam bentuk poin-poin dengan menggunakan tag

    dan

  1. untuk mempermudah pembaca dalam memahami dan mengikuti prosesnya. Diharapkan penjelasan ini dapat membantu masyarakat Indonesia dalam memperoleh NPWP dengan mudah melalui aplikasi NPWP di ponsel pintar mereka.

    Halo para pembaca setia blog kami, pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai cara membuat NPWP secara online lewat HP pada tahun 2023. Sebagai warga negara Indonesia, memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) merupakan hal yang penting dan wajib dilakukan. Dengan NPWP, kamu dapat melaksanakan kewajiban dan hak-hak sebagai wajib pajak dengan mudah dan teratur. Nah, untuk mempermudah proses pembuatan NPWP, kini sudah tersedia layanan online yang dapat diakses melalui HP kamu.

    Pertama-tama, kamu perlu mengunduh aplikasi e-Registration NPWP yang tersedia di Play Store atau App Store. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, buka dan ikuti petunjuk yang ada di dalamnya. Pastikan kamu memiliki dokumen-dokumen yang diperlukan seperti Kartu Keluarga (KK), KTP, dan nomor telepon yang masih aktif. Jangan lupa juga untuk menyiapkan foto diri dengan format dan ukuran yang sesuai agar proses verifikasi berjalan lancar.

    Selanjutnya, pilih opsi Pendaftaran NPWP di dalam aplikasi dan isi data-data yang diminta dengan lengkap dan benar. Pastikan tidak ada kesalahan pengetikan atau kekeliruan dalam mengisi data pribadi, karena informasi yang salah dapat menyebabkan penundaan atau penolakan proses pengajuan NPWP. Setelah semua data terisi dengan benar, jangan lupa untuk menyimpan dan mencatat nomor registrasi yang diberikan sebagai bukti bahwa proses pendaftaran sudah berhasil.

    Demikianlah informasi mengenai cara membuat NPWP secara online lewat HP pada tahun 2023. Melalui layanan ini, diharapkan proses pembuatan NPWP menjadi lebih praktis dan efisien bagi seluruh warga negara Indonesia. Jangan lupa untuk selalu memperbarui data diri dan melakukan kewajiban perpajakan dengan tepat waktu. Terima kasih atas kunjungan Anda di blog kami, semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam proses pembuatan NPWP. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

    Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan orang tentang cara membuat NPWP secara online melalui hp pada tahun 2023:

    1. Bagaimana cara membuat NPWP online lewat hp?

    Berikut langkah-langkah untuk membuat NPWP secara online lewat hp pada tahun 2023:

    • Buka situs resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Indonesia.
    • Pilih opsi Pendaftaran NPWP Baru.
    • Isi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi yang akurat.
    • Lengkapi dokumen-dokumen yang diminta, seperti scan KTP dan foto diri.
    • Verifikasi data yang telah diisi.
    • Tandatangani formulir elektronik.
    • Setelah selesai, Anda akan mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) secara online.

    2. Apakah saya perlu mengunduh aplikasi tertentu untuk membuat NPWP lewat hp?

    Tidak, pada tahun 2023, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi khusus untuk membuat NPWP lewat hp. Anda dapat melakukannya langsung melalui situs resmi DJP Indonesia menggunakan browser di hp Anda.

    3. Apakah ada biaya yang harus dibayarkan saat melakukan pendaftaran NPWP online?

    Tidak, proses pendaftaran NPWP secara online melalui hp pada tahun 2023 tidak memerlukan pembayaran biaya pendaftaran. Namun, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil untuk mengakses situs DJP Indonesia.

    4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan NPWP setelah mendaftar secara online?

    Setelah Anda menyelesaikan proses pendaftaran online, biasanya Anda akan mendapatkan NPWP secara online dalam waktu 1-3 hari kerja. Namun, waktu ini dapat bervariasi tergantung pada tingkat permintaan dan kebijakan DJP Indonesia.

    5. Apakah saya perlu mengunjungi kantor pajak setelah membuat NPWP secara online?

    Pada tahun 2023, Anda tidak perlu mengunjungi kantor pajak setelah membuat NPWP secara online. NPWP yang Anda dapatkan secara online sudah sah dan dapat digunakan untuk keperluan perpajakan.

    Harap diingat bahwa prosedur dan kebijakan terkait NPWP dapat berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk memeriksa situs resmi DJP Indonesia atau menghubungi mereka langsung untuk informasi terbaru.