Info Sekolah
Sunday, 19 May 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Panduan Sempurna: Merancang RPP K13 yang Efektif dan Menginspirasi

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
panduan membuat rpp k13

Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13: Langkah demi Langkah

Sebagai seorang guru, membuat RPP K13 merupakan tugas wajib yang harus dijalankan setiap tahun ajaran baru. Namun, bagi sebagian guru, membuat RPP K13 masih menjadi tantangan tersendiri.

Ada beberapa kendala yang sering dihadapi oleh guru ketika membuat RPP K13. Di antaranya adalah kurangnya pemahaman tentang kurikulum K13, keterbatasan waktu, dan kurangnya referensi yang memadai. Kendala-kendala tersebut membuat guru kesulitan untuk membuat RPP K13 yang berkualitas.

RPP K13 bertujuan untuk memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Dengan adanya RPP K13, guru dapat menyusun rencana pembelajaran yang sistematis dan terstruktur. Selain itu, RPP K13 juga dapat membantu guru untuk mengevaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti oleh guru untuk membuat RPP K13:

  1. Pahami kurikulum K13. Sebelum membuat RPP K13, guru harus terlebih dahulu memahami kurikulum K13. Guru dapat membaca buku panduan kurikulum K13 atau mengikuti pelatihan tentang kurikulum K13.
  2. Tentukan topik pembelajaran. Setelah memahami kurikulum K13, guru dapat menentukan topik pembelajaran yang akan diajarkan. Topik pembelajaran harus sesuai dengan kurikulum K13 dan disesuaikan dengan karakteristik siswa.
  3. Buat tujuan pembelajaran. Setelah menentukan topik pembelajaran, guru dapat membuat tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berjangka waktu.
  4. Pilih metode pembelajaran. Setelah membuat tujuan pembelajaran, guru dapat memilih metode pembelajaran yang akan digunakan. Metode pembelajaran harus disesuaikan dengan topik pembelajaran dan karakteristik siswa.
  5. Siapkan materi pembelajaran. Setelah memilih metode pembelajaran, guru dapat menyiapkan materi pembelajaran. Materi pembelajaran dapat berupa buku teks, lembar kerja siswa, atau media pembelajaran lainnya.
  6. Buat rencana penilaian. Setelah menyiapkan materi pembelajaran, guru dapat membuat rencana penilaian. Rencana penilaian harus mencakup jenis penilaian, teknik penilaian, dan kriteria penilaian.
  7. Tulis RPP K13. Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, guru dapat menulis RPP K13. RPP K13 harus ditulis dengan jelas, sistematis, dan terstruktur.

Itulah langkah-langkah yang dapat diikuti oleh guru untuk membuat RPP K13. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, guru dapat membuat RPP K13 yang berkualitas dan memudahkan pelaksanaan pembelajaran di kelas.

Panduan Langkah-demi-Langkah Membuat RPP K13

Dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang berkualitas dan bermakna, guru dituntut untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP K13 merupakan salah satu perangkat pembelajaran wajib yang harus disusun oleh guru dalam rangka melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013.

Pengertian RPP K13

RPP K13 adalah rencana pembelajaran yang disusun oleh guru secara terstruktur dan sistematis untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. RPP K13 memuat rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam satu pertemuan atau lebih.

Pengertian RPP K13

Tujuan RPP K13

  • Membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien.
  • Memastikan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.
  • Membantu guru dalam mengelola waktu pembelajaran dengan baik.
  • Menjadi pedoman bagi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Komponen RPP K13

RPP K13 terdiri dari beberapa komponen, antara lain:

  1. Identitas Sekolah: Meliputi nama sekolah, alamat sekolah, dan tahun ajaran.
  2. Identitas Guru: Meliputi nama guru, mata pelajaran, dan kelas.
  3. Tujuan Pembelajaran: Meliputi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam satu pertemuan atau lebih.
  4. Kompetensi Dasar: Meliputi kompetensi dasar yang akan dicapai dalam satu pertemuan atau lebih.
  5. Materi Pembelajaran: Meliputi materi pembelajaran yang akan diajarkan dalam satu pertemuan atau lebih.
  6. Metode Pembelajaran: Meliputi metode pembelajaran yang akan digunakan dalam satu pertemuan atau lebih.
  7. Media Pembelajaran: Meliputi media pembelajaran yang akan digunakan dalam satu pertemuan atau lebih.
  8. Sumber Belajar: Meliputi sumber belajar yang akan digunakan dalam satu pertemuan atau lebih.
  9. Langkah-langkah Pembelajaran: Meliputi langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam satu pertemuan atau lebih.
  10. Penilaian Pembelajaran: Meliputi penilaian pembelajaran yang akan dilakukan untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.

Komponen RPP K13

Langkah-langkah Membuat RPP K13

  1. Menetapkan tujuan pembelajaran.
    Tujuan pembelajaran merupakan hal yang ingin dicapai oleh guru melalui kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Tujuan pembelajaran harus jelas, terukur, dan dapat dicapai.
  2. Mengidentifikasi kompetensi dasar.
    Kompetensi dasar merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Kompetensi dasar harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
  3. Menentukan materi pembelajaran.
    Materi pembelajaran merupakan materi yang akan disajikan oleh guru kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran. Materi pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.
  4. Memilih metode pembelajaran.
    Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan oleh guru untuk menyajikan materi pembelajaran kepada siswa. Metode pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, dan materi pembelajaran yang telah ditetapkan.
  5. Menyiapkan media pembelajaran.
    Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan oleh guru untuk menyajikan materi pembelajaran kepada siswa. Media pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan metode pembelajaran yang telah ditetapkan.
  6. Menyiapkan sumber belajar.
    Sumber belajar merupakan buku, jurnal, artikel, atau bahan bacaan lainnya yang dapat digunakan oleh siswa untuk mempelajari materi pembelajaran. Sumber belajar harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang telah ditetapkan.
  7. Menyusun langkah-langkah pembelajaran.
    Langkah-langkah pembelajaran merupakan tahapan-tahapan yang akan dilakukan oleh guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran harus jelas, terstruktur, dan sistematis.
  8. Menyusun penilaian pembelajaran.
    Penilaian pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Penilaian pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan langkah-langkah pembelajaran yang telah ditetapkan.

Langkah Pembuatan RPP K13

Tips Membuat RPP K13 yang Baik

  • Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.
  • Hindari menggunakan istilah-istilah yang abstrak dan tidak dikenal oleh siswa.
  • Susun langkah-langkah pembelajaran secara rinci dan sistematis.
  • Pilih metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, materi pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan karakteristik siswa.
  • Siapkan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan sumber belajar.
  • Siapkan sumber belajar yang lengkap dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan karakteristik siswa.
  • Lakukan penilaian pembelajaran secara berkala untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.

Kesimpulan

RPP K13 merupakan perangkat pembelajaran wajib yang harus disusun oleh guru dalam rangka melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013. RPP K13 memuat rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam satu pertemuan atau lebih. RPP K13 harus disusun secara terstruktur dan sistematis agar dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

FAQ

  1. Apa itu RPP K13?
    RPP K13 adalah rencana pembelajaran yang disusun oleh guru secara terstruktur dan sistematis untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. RPP K13 memuat rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam satu pertemuan atau lebih.

  2. Apa tujuan RPP K13?
    Tujuan RPP K13 adalah untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien, memastikan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan, membantu guru dalam mengelola waktu pembelajaran dengan baik, dan menjadi pedoman bagi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

  3. Apa saja komponen RPP K13?
    Komponen RPP K13 meliputi identitas sekolah, identitas guru, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

  4. Bagaimana cara membuat RPP K13 yang baik?
    Untuk membuat RPP K13 yang baik, guru harus menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, menghindari menggunakan istilah-istilah yang abstrak dan tidak dikenal oleh siswa, menyusun langkah-langkah pembelajaran secara rinci dan sistematis, memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, materi pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan karakteristik siswa, menyiapkan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan sumber belajar, menyiapkan sumber belajar yang lengkap dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan karakteristik siswa, serta melakukan penilaian pembelajaran secara berkala untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.

  5. Apa saja manfaat RPP K13?
    Manfaat RPP K13 adalah membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien, memastikan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan, membantu guru dalam mengelola waktu pembelajaran dengan baik, menjadi pedoman bagi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan meningkatkan kualitas pembelajaran.