Info Sekolah
Thursday, 25 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Muhammadiyah 3 Weleri

Siswa Bolos Demi Karier Artis? Ini Solusi dari Guru SMA

Diterbitkan : - Kategori : Tutorial
anda adalah seorang guru di sma ada seorang anak yang sering bolos kelas dikarenakan dia adalah artist sehingga kadang harus melakukan kegiatan pada saat jam sekolah anak tersebut menghadap kepada a

Sebagai seorang guru SMA, saya dihadapkan pada seorang murid yang kerap bolos kelas, bukan karena alasan akademis, melainkan karena ia adalah seorang seniman berbakat yang terkadang harus melakukan kegiatan di jam sekolah. Murid ini, sebut saja Anya, memiliki bakat luar biasa dalam seni lukis dan kerap berpartisipasi dalam kompetisi seni tingkat nasional. Hal ini tentu menjadi dilema bagi saya, antara mendukung perkembangan bakatnya atau menegakkan disiplin kelas.

Anya sering meminta izin untuk absen di jam-jam tertentu karena harus mempersiapkan atau mengikuti perlombaan. Sebagai guru, saya memahami minatnya dan ingin mendukung potensinya berkembang. Namun di sisi lain, bolos kelas berulang kali juga dapat menghambat proses belajarnya. Saya khawatir kehadirannya yang tidak teratur akan berdampak negatif pada prestasinya di sekolah.

Setelah berdiskusi dengan Anya dan orang tuanya, kami menemukan solusi yang dapat mengakomodasi kedua belah pihak. Anya diizinkan untuk absen dalam waktu yang terbatas, dengan catatan ia harus bertanggung jawab untuk mengejar materi yang terlewat dan memenuhi tugas-tugasnya. Selain itu, ia juga harus membuat rencana belajar tambahan untuk memastikan bahwa ia tetap menguasai materi pelajaran.

Dengan komitmen dan kerja sama dari Anya, orang tuanya, dan saya sendiri, Anya berhasil menyeimbangkan kegiatan seninya dengan pendidikannya. Ia tetap bisa mengikuti kompetisi seni yang menjadi passionnya, sekaligus menjaga prestasinya di sekolah. Pengalaman ini mengajarkan saya pentingnya pendekatan fleksibel dan komunikasi yang baik dalam memberikan dukungan kepada murid yang memiliki minat khusus, seperti Anya.

Anda Adalah Seorang Guru di SMA, Ada Seorang Anak yang Sering Bolos Kelas Dikarenakan Dia Adalah Artist

Sebagai seorang guru, saya harus mengelola kelas yang terdiri dari siswa dengan latar belakang dan minat yang beragam. Salah satu tantangan yang saya hadapi adalah menangani siswa yang sering bolos kelas. Baru-baru ini, saya memiliki seorang siswa yang sering absen karena dia adalah seorang artis. Dia memiliki jadwal yang padat dengan latihan, pertunjukan, dan kegiatan terkait seni lainnya yang sering berbenturan dengan jam sekolah.

Memahami Situasinya

Saya понимай ситуацию ученика. Pengembangan bakat seni penting untuk masa depannya, dan saya tidak ingin menghalangi hal itu. Namun, sebagai seorang guru, saya juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa siswa saya hadir di kelas dan menerima pendidikan yang layak.

Mencari Solusi

Saya memutuskan untuk berbicara dengan siswa tersebut dan menanyakan alasan ketidakhadirannya. Dia menjelaskan situasinya dan menunjukkan jadwalnya yang sibuk. Bersama-sama, kami mencari solusi yang memungkinkan dia untuk mengejar passion seninya tanpa mengorbankan pendidikannya.

Kolaborasi dengan Orang Tua

Saya juga menghubungi orang tua siswa untuk mendapatkan dukungan dan memahami situasi mereka. Orang tuanya sangat mendukung pilihan karir anaknya dan bersedia bekerja sama untuk menemukan solusi. Mereka menyarankan agar siswa tersebut mengambil kelas tambahan atau online untuk menebus jam belajar yang terlewatkan.

Modifikasi Jadwal

Kami sepakat untuk memodifikasi jadwal siswa tersebut agar memungkinkan dia untuk menghadiri kelas tertentu yang penting untuk kelulusannya. Dia akan absen dari beberapa kelas yang tidak terlalu penting, tetapi dia akan bertanggung jawab untuk mengejar materi yang terlewatkan secara mandiri.

Perjanjian Performa

Saya membuat perjanjian performa dengan siswa tersebut, yang menguraikan harapan dan konsekuensinya. Dia harus mempertahankan nilai tertentu, menghadiri semua kelas yang dijadwalkan, dan menebus semua jam belajar yang terlewatkan. Jika dia gagal memenuhi persyaratan ini, dia akan kehilangan hak istimewanya untuk memodifikasi jadwal.

Dukungan Tambahan

Saya juga menyediakan dukungan tambahan untuk siswa tersebut, seperti bimbingan belajar dan kesempatan untuk meninjau materi yang terlewatkan. Saya bekerja sama dengan guru lain untuk memastikan bahwa dia menerima semua informasi dan sumber daya yang dia perlukan untuk berhasil.

Hasil Positif

Solusi yang kami temukan berhasil untuk siswa tersebut. Dia mampu mengejar minatnya pada seni sambil tetap memenuhi tanggung jawab akademiknya. Dia lulus tepat waktu dan melanjutkan pendidikan seni di perguruan tinggi.

Kesimpulan

Menangani siswa yang sering bolos kelas karena minat di luar sekolah bisa menjadi tantangan. Namun, dengan memahami situasinya, mencari solusi, dan bekerja sama dengan orang tua, dimungkinkan untuk menemukan keseimbangan antara pengembangan bakat dan pendidikan formal. Dengan memberikan dukungan dan modifikasi yang diperlukan, guru dapat membantu siswa mencapai potensi mereka di semua bidang kehidupan.

Video penyebab dan cara mengatasi siswa yang bolos

SMK Muhammadiyah 3 Weleri

NSPN : 20321849
Jl. Bahari No.345, Weleri, Kendal
TELEPON 0294641743
EMAIL info@smkmugaweleri.sch.id
WHATSAPP +6281931952352